[Dari Redaksi] Evaluasi 1000 Postingan

Akhirnya pada tanggal 25/09/09, jumlah postingan di Wartawarga sudah melewati 1000 postingan. Jika mengingat umur Wartawarga yang belum genap sebulan- sebagai catatan Wartawarga di-launching secara resmi pada tanggal 02/09/09, maka rata-rata jumlah tulisannya adalah sekitar 40 postingan per hari. Sebuah angka yang lumayan tinggi. Namun angka tersebut relatif rendah jika mengingat anggota Wartawarga yang lebih dari 20 ribu orang. Bagaimana dengan mutu dan manfaat dari 1000 tulisan tersebut, tim redaksi telah melakukan evaluasi secara umum terhadap kiprah wartawarga ini :) Yuk kita lihat hasilnya berikut ini:

Pertama, masih banyak postingan yang “copas” atau sekedar menyalin dari sumber lain tanpa ada opini, pendapat, pemikiran, atau ulasan dari penulisnya. Walaupun telah disebutkan sumbernya, postingan seperti ini hanya sekedar menulis kembali tulisan dari sumber tersebut secara keseluruhan. Atau tidak ada kontribusi positif dari penulisnya, kecuali sekedar memberitahukan kembali isi atau informasi dari sumber tersebut. Jika kutipan tersebut memang menarik, penulis sebaiknya cukup memberikan link atau tautan ke sumber tulisan tersebut, lalu kupas atau telaahlah oleh para UG-er, misalnya dengan menuliskan atau menambahkan pemikiran, pendapat, atau opini dari penulisnya sendiri di wartawarga. Ketentuan umum mengenai fungsi dan persyaratan penulisan di wartawarga sebenarnya sudah disampaikan pada menu “About” yang ada di pojok kiri-atas pada halaman muka Wartawarga, atau selengkapnya dapat di baca di SINI.

Kedua, masih banyak para UG-er yang menuliskan kembali postingan-nya di blog pribadi di wartawarga. Ini mirip dengan kasus “copas” di atas, namun bedanya ini di-copas dari blog pribadi dari penulisnya sendiri. Padahal tulisan di blog pribadi tersebut dapat dilaporkan (atau direkam) ke portofolionya yaitu dengan masuk ke studentsite dan memilih menu layanan “Tugas” atau “Tulisan”. Jika postingan di blog pribadi tersebut sudah dilaporkan ke portofolio dan ternyata di-posting di wartawarga maka pada portofolio mahasiswa akan ada dua postingan yang isinya sama. Sekedar mengingatkan kembali, tulisan di wartawarga akan masuk ke portfolio secara otomatis.

Ketiga, masih banyak para UG-er yang belum bisa membedakan antara postingan dalam rangka “TUGAS” dengan postingan dalam rangka “TULISAN’. Postingan yang sifatnya “TUGAS” dari dosen pengampu WAJIB DIPOSTING di blog pribadi, kemudian dimasukkan ke portofolio melalui menu layanan “TUGAS” di studentsite. Postingan di Wartawarga ini bersifat “TULISAN” yang topiknya bebas sesuai dengan kategori tulisan yang telah disediakan. Penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan antara “TUGAS” dan “TULISAN” dapat dibaca lagi di SINI. Seorang UG-er telah menulis tentang tutorial memasukkan postingan di blog pribadi ke portofolio, yang selengkapnya dapat dibaca di SINI.

Keempat, masih ada beberapa postingan yang hanya sekedar bertanya atau latihan membuat postingan. Padahal tim redaksi dari awal sudah menghimbau untuk tidak membuat postingan semacam itu. Himbauan selengkapnya dapat dilihat di SINI. Jika masih ada yang seperti itu, maka portofolio dari mahasiswa yang bersangkutan hanya berisi tulisan-tulisan yang sifatnya “one line post” yang kurang bermanfaat dan dapat mengurangi penilaian portofolionya oleh dosen pengampu.

Kelima, masih ada para UG-er yang berpendapat bahwa penilaian mata kuliah (MK) yang adaptif softskills hanya berdasarkan postingan di wartawarga atau di blog pribadi saja. PENDAPAT TERSEBUT ADALAH KELIRU. Masih ada komponen penilaian lain seperti “Kreatifitas”, “Seminar”, “Kegiatan Kemahasiswaan” dll seperti terlihat pada menu portofolio mahasiswa. Seorang UG-er telah menuliskan kembali panduan dari pihak Kampus mengenai MK yang adaptif softskills , yang selengkapnya dapat dibaca kembali di SINI.

Keenam, sebagian besar postingan belum memanfaatkan tips dan trik penulisan yang efektif, misalnya bagaimana memotong tulisan agar tidak semua tulisan ditampilkan, membuat link atau tautan ke sumber rujukan, mengunggah (upload) foto, dll. Beberapa tips dan trik penulisan tersebut sudah dibuat dan dituliskan di wartawarga oleh seorang UG-er, yang selengkapnya dapat dibaca kembali di SINI. Cara efektif untuk berlatih “blogging” adalah dengan bertanya atau diskusi langsung dengan teman-teman yang sudah relatif lebih mahir. Seperti pepatah, malu bertanya sesat di jalan :) Namun mohon jangan bertanya dengan membuat postingan baru di wartawarga, namun cukup dengan membuat komentar pada postingan relevan yang sudah ada. Contoh postingan yang digunakan untuk tempat bertanya adalah INI, INI, dan INI :) Mohon dibaca terlebih dahulu semua pertanyaan dan jawaban yang sudah ada di postingan tersebut. Maksudnya agar para UG-er tidak menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah ditanyakan sebelumnya dan sudah dijawab oleh teman-teman UG-er yang lain.

Ketujuh, masih banyak postingan yang belum menggunakan kategori tulisan dengan tepat. Sebagian besar postingan di wartawarga berkategori “umum” yang sifatnya default. Hal tersebut bisa disebabkan karena penulis tidak memilih “kategori” tulisan ketika membuat postingan di Wartawarga. Jika masih ada yang seperti itu, redaksi memohon kepada para penulis untuk menggantinya. Kan postingan-nya masih bisa disunting melalui fasilitas “edit” pada menu “posts” :)

Kedelapan, masih ada UG-er yang menulis dengan kata-kata yang disingkat sepeti banyak digunakan pada “bahasa SMS” :) misalnya “aku” ditulis “aq”, “harus” ditulis “hrs”, dan sebagainya. Bahasa penulisan di wartawarga memang populer atau bukan artikel ilmiah (misalnya Penulisan Ilmiah, Skripsi, Jurnal, dll), namun bukan berarti menulis dengan “sebebas-bebasnya”. Mari kita berlatih bersama dan saling mengingatkan, termasuk Tim Redaksi sendiri yang masih perlu belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar :)

Itulah sedikit evaluasi terhadap 1000 postingan di Wartawarga. Semoga tulisan ini menjadi bahan renungan, perhatian, dan pengertian dari para UG-er. Mari kita saling mengingatkan dan belajar bersama di wartawarga. Wartawarga adalah “dari UG-er, untuk UG-er, dan oleh UG-er, namun syukur-syukur bermanfaat untuk masyarakat

Terakhir dan yang paling utama,

Mumpung masih dalam suasana hari Raya Iedul Fitri, Tim Redaksi Mengucapkan “Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin”

There Are 41 Responses So Far. »

  1. Wuihh…ada review-nya gini…keren…kalo bisa, ada intervalnya untuk setiap kali evaluasi. Jadi, gak cuma satu kali evaluasi aja… ;)

    mudah – mudahan UG makin MAJU !

  2. terima kasih buat teadm redaksi yang memberikan reviewnya… maju terus UG

    mw sedikit bertanya, tentang masalah Tugas dari dosen pengampu.. seperti dikatakan

    “Postingan yang sifatnya “TUGAS” dari dosen pengampu WAJIB DIPOSTING di blog pribadi, kemudian dimasukkan ke portofolio melalui menu layanan “TUGAS” di studentsite.

    berarti kita harus mempunyai blog sendiri.?? dan cara untuk mendaftarkan blog kita di dalam studentsite ini bagaimana?? dan cara memasukkan tugas kita ke dalam portofolio bagaimana agar dapat di nilai oleh dosen pengampu??

    mohon penjelasaannya.. soalanya saya masih baru.. terima kasih…

  3. Om Acid, Insya Allah nanti evaluasinya berkelanjutan, atau minimal ada “catatan redaksi” atau “info redaksi” yang perlu diketahui oleh semua UG-er.

    @Stefanus, setiap UG-er memang wajib punya blog yang digunakan untuk menulis “TUGAS” atau “TULISAN”. Tidak perlu mendaftarkan secara khusus alamat blog. Cukup dengan melaporkan (submit) sejumlah postingan- baik dalam rangka “TUGAS” maupun “TULISAN” di blog tersebut yaitu dengan masuk ke studentsite, terus pilih menu layanan “TUGAS” atau “TULISAN”.

    Bagaiman caranya? Coba anda perhatikan butir “ketiga” pada postingan di atas. Pada kalimat terakhir ada “link” ke postingan yang dibuat teman anda tentang tutorial memasukkan postingan di blog pribadi ke portofolio. Coba aja di-klik pada kata “SINI” pada kalimat terakhir pada butir “ketiga” di atas :)

    Setiap dosen pengampu mempunyai statistik dari setiap mahasiswa yang diampunya dalam MK adaptif “softskills”. Jadi dosen akan mengetahui berapa jumlah tulisan, jumlah tugas, jumlah seminar, dan statistik lainnya pada menu portofolio mahasiswanya. Dosen pengampu akan memberikan nilai berdasarkan kuantitas dan kualitas portofolio tersebut.

    Semoga membantu

  4. Wah jadi lebih jelas nih… sebelumnya agak rancu.. tapi kalo diblog pribadi ada tulisan yang mau di posting larinya ke tulisan portofolio kan???

    Dosen pengampu blum masuk ni di 3KA12.. Jadi temen2 saya pun jadi banyak yg blm aktif ataupun tau soal ini..

    mudah2an bs jalan yaa program softskill ini…

    oiya, minal aidin ya..

    Salam knal juga sebelumnya…

    _wyoeholic_

  5. @wyoe, iya, di submit aja URL-nya di menu “Tulisan”…
    sama neh, di kelas gw juga, belom masuk dosen pengampunya…he…

  6. waw…review yang bagus!! memperjelas para pengguna warta warga…

  7. owh kalo tugas post nya d.blog pribadi ya..
    jelas deh semuanya

  8. numpang nanya dong
    nich kayana baru banget kan coz kayana belum bnyak yang tau banget tentang warta warga ini
    dan ini diwajibkan untuk semua angkatan/tingkatan atau hanya angkatan/tingkatan tertentu???
    trus kalo gak di lakukan apa resikona???
    atau berpengaruh gak sama kelulusan????
    kalo sangat berpengaruh tolong di publikasikan lebih baik kepada smua mahasiswa

    itu Z terimakasih
    n_n

  9. jadi intinya kita semua harus punya blog di luar warta-warga kan..!!!!!!!

    duh dosen saya salah pengertian neh..

    harusnya ada dosen khusus yg menjelaskan softskill ini ke setiap kelas supanya jelas.
    soalnya kadang2 dosen nya blum faham betul..

    maju terus deh…..

  10. Sebenarnya, pengumuman MK yang adaptif softskills ini sudah disampaikan di studentsite kok dengan dilampiri dengan panduan yang lengkap. Coba deh baca lagi butir kelima di atas pada kalimat terakhir. Coba klik pada kata “SINI” yang ada pada kalimat terakhir tersebut. Saya informasikan lagi saja deh link-nya berikut ini :)

    http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/panduan-tugas-softskill/

    Semoga cukup jelas setelah membaca panduan tersebut. Mohon pengertian dan kesabarannya kalo masih ada kekurangan atau masalah dalam pelaksanaannya.

  11. mahasiswa gunadarma ada brapa ya…??? sampai 1000 lebih gitu…

    trus, evaluasinya banyak juga….”masih banyak” “masih banyak”…

    hmm.ternyata kita emang masih banyak ya…. :D

    semangat-semangat tuk buat tulisan yang lebih baik lagi….!!!!!!!

  12. […] kita lihat post tentang Evaluasi 1000 Postingan, maka kita bisa lihat bahwa masih banyak post yang kurang dari berbagai macam sisi. Masih banyak […]

  13. jadi malu,, hehe,, tapi saya ga pernah copas dari web orang secara full!! ^^ hanya sebagai referensi,, lagi pula kenapa harus copas,, dari pada cape-cape copas, kasi aja link tuh website yg bikin,, hahahhaha,, thx reviewnya, semoga jadi tolak ukur bagi kita para UGers untuk menulis lebih baik lagi di warta warga! GO UG!!

  14. ^
    Setuju ma atas .. kasih link,, beres deh..
    Tapi nantinya sama aja kayak ga posting klo cuma link yang ditaruh..
    Kalau copas lalu edit sih menurut saya wajar, mungkin ingin menambahkan informasi yang lebih up2date.

  15. hadoohh.. mau maju susah bgd,
    tapi terima kasih tambahan info ny

  16. @Jemiro: mana PKM nya? :) Segera hubungi via email ya

    @Arief: Memang bukan hanya sebatas naro link aja, tapi tuliskan opini, pendapat, atau setuju atau tidak setujunya para UG-er terhadap informasi/berita yang ada di link tersebut. Jadi semacam pembahasan terhadap postingan di link eksternal tersebut

  17. Saran dong, tambah admin buat jadi hansip hehe. Terus coba pahami penggunaan tanda baca, banyak banget yang mengganti koma dengan “…” atau apalah itu. Sangat tidak enak dibaca hehe, kalimat jadi agak hambar gitu lho. Teman saya berkata, “kalau kamu punya waktu buat nulis, kamu punya waktu buat nulis dengan baik dan benar”.

    Kesan akan wartawarga, awalnya sangat antusias sekali dengan adanya wartawarga. Namun setelah beberapa minggu, saya kecewa. Banyak mahasiswa yang masih belum paham akan blog, tetapi itu hal wajar dan dapat dimaklumi. Namun yang paling bikin malas adalah, postingannya tidak rapih dan seperti yang dibahas oleh tim redaksi di atas.

    Semoga wartawarga dapat maju dan tidak dianggap remeh lagi. Semangat! :]

  18. @Adhitama: Terima kasih masukannya. Tim pengelola sedang terus memantau perkembangan penggunaan Wartawarga sebagai media yang inspiratif dan bermanfaat untuk civitas academika. Sebagai media baru yang baru berumur sebulan, wartawarga masih dalam tahap “positioning” dan “conditioning”. Semoga menjadi lebih baik. Kita lihat perkembangannya nanti. Jika masih banyak UG-er yang belum memperhatikan catatan redaksi atau himbauan dari UG-er yang lain tentang persyaratan penulisan di wartawarga, tim pengelola mungkin saja menetapkan beberapa kebijakan, misalnya setiap postingan perlu melalui proses moderasi atau persetujuan dari tim redaksi atau editor. Saat ini pihak kampus sedang dalam proses rekrutmen untuk menambah tim redaksi dan editing. Selain itu, alternatif kebijakan lainnya adalah menghapus semua postingan yang bersifat “TUGAS” mata kuliah- yang seharusnya diposkan di blog pribadi.

  19. Makasi ya buat warta warga atas saran dan himbauannya insyaallah bisa lebih baik lagi semangat warta warga

  20. mau tanya, boleh gak jika saya tidak melakukan post di wartawarga tetapi hanya posting di blog pribadi (tulisan di blog pribadi kemudian saya post di kolom portofolio studentsite).
    soalnya post disini langsung tenggelam sama port dari teman-teman lain :D padahal mungkin artikelnya bagus.
    trus penilaian jika saya post di wartawarga dengan post di blog pribadi apakah beda? misal nilai untuk post di wartawarga lebih besar daripada jika post di blog probadi.

  21. @Elm: Seperti sudah dijelaskan di atas, membuat “TULISAN” dapat dengan dua cara yaitu (1) Menulis di Wartawarga dan (2) Menulis di blog sendiri. Bedanya, menulis di wartawarga otomotis masuk ke portofolio, sedanhkan menulis di blog pribadi harus memasukkan ke portofolio melalui menu layanan “tulisan’ di studentsite. Tidak ada perbadaan nilai dari kedua cara tersebut. Yang perlu diingat sekali lagi, perbedaan antara “TUGAS” dan “TULISAN” yang juga sudah dijelaskan pada salah satu link di postingan di atas.

  22. saya aja masih bingung posting lewat warta warga gmn ..

    hehehehe*

  23. AssaLamualaikum,,
    saya anggota baru di warta warga,,salam kenal semuanya
    saya mau tanya ke teman-teman maupun redaksi yang mengetahui jawaban dari pertanyaan saya
    saya masih awam dibidang blogger seperti ini

    yang saya ingin tanyakan ialah
    apa yang pertama kali harus saya lakukan dalam memenuhi tugas softskill ini?
    untuk blog pribadi,saya sudah memilikinya dari blogspot.com
    namun setelah itu,apa yang harus saya lakukan dalam pemenuhan tugas softskill ini?
    mohon bantuan dari teman-teman semua yaa
    terima kasih banyak

    wassalam

  24. Jadi kesimpulannya: Warta Warga hanya diperuntukan untuk tulisan yang bersifat jurnalis, bukan untuk posting tugas kuliah.

  25. hooo…

  26. maaf..
    saat ini warta warga tidak bisa digunakan yah??

    lalu bagaimana dengan kami yang diperintahkan oleh dosen mata kuliah kami untuk menulis diwarta warga yang diposting paling lambat hari sabtu ini..

    tolong diperhatikan..
    terima kasih..

  27. untuk yang tidah bisa masuk ke wartawarga melalui studentsite, bisa coba KLIK DISINI. Gunakan id studentsite kamu tanpa embel2 @student.gunadarma.ac.id. Seperti login ke Studentsite aja… ;)

  28. meskipun blum sempet ngeposting, jd tau kira-kira apa yg mo diposting…bravo gundar!

  29. hoaaamm…..

    saya mengerti pak

  30. Assalamualaikum malam semuanya
    komentar : wajar saja bila warta warga tiap hari 40 posting lihat saja mahasiswa UG ada berapa ? Ribuan…. salut dengan perancang softskill ini demi menjadi nomor 1 di dunia maya UG TOP manage mahasiswanya untuk berkreasi dalam ngeblog apapun bentuk kegiatannya mari kalahkan univ yang lain terutama univ tetangga !

  31. wah ternyata mahasiswa gunadarma pada hebat-hebat yah dalam menulis, kalo w masih dlm tahap mencoba meskipun masih banyak yang di ambil dari tulisan orang laen maklumlah masih gaptek informasi nie :D :D :D

  32. Tolong sampaikan ke pengelola web http://wartawarga.gunadarma.ac.id

    Pada web Anda http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/9100/comment-page-1/#comment-1734 , termuat artikel Kolam Surya Pembagnkit Listrik yang di situ seolah2 ditulis oleh orang bernama ANGGA SURAHMAN SUDIBYA.

    Padahal artikel itu adalah karya otentik dari Prof. Andrianto Handojo yang dimuat di http://netsains.com/2009/10/kolam-surya-untuk-pembangkit-listrik/ . Prof. Andrianto adalah pengajar pada Program Studi Teknik Fisika ITB sejak tahun 1980 dan mulai tahun 1999 menjadi guru besar dengan bidang keahlian optika. Andrianto Handojo mengajar sebagai guru besar dengan bidang keahlian optika pada Program Studi Teknik Fisika ITB. Dan keotentikan tulisannya bisa dipertanggungjwabkan.

    Artinya web Anda sudah memuat artikel jiplakan dan melanggar hak cipta. Kami minta agar artikel itu dicabut dan penjiplaknya memohon maaf pada penulis aslinya, Prof. Andrianto.

    Di Netsains kami mengizinkan pemuatan ulang artikel kami asal tetap
    menyebutkan nama penulis aslinya beserta sumbernya, bukan dengan mengganti nama penulis. Ini sudah merupakan tindakan pelanggaran hak cipta. Semoga Anda sebagai institusi pendidikan mengindahkan masalah ini.

    Hormat Kami
    Merry Magdalena
    http://www.netsains.com

  33. wah gtu ya ,, maaf deh .. kLo emang masih copas atau cuma nuLis artikeL ga jeLas .. hhe
    makLum kan masih pemuLa ,, jd bwt rame2in doang ..

  34. bener – bener..

    semoga UG makin keren aza..

    banyak fasilitas – fasilitas barunya..

  35. anak2 TI UG jago2 yaaa… salam warga gundar

  36. benar saya juga masih belajar untuk cara menulis yang baik di warta warga ini

    semoga UG semakin maju….

  37. to redaksi

    ada yang mau saya tanyakan tentang upload tulisan di warta warga:

    * hari rabu tanggal 4 november 2009, dosen pengampu di kelas saya baru masuk, dan beliau bilang “kalau sudah membuat tulisan di warta warga harus di buat juga di blog biar nilainya dapat dua – duanya di warta warga dapat dan di blog juga dapat”
    nah dari pernyataan dosen pengampu tersebut yang ingin saya tanyakan, kenapa tulisan yang saya buat di warta warga maupun blog yang muncul di PORTFOLIO saya hanya 1 tulisan???kan seharusnya 2 tulisan, jadi yang benar bagaimana??? terimakasih

  38. oke.. terima kasih.. maklum,buka blogs kl lg ada tugas az.. :-)

  39. […] Jawa Timur 8,8 Skala Richter (69)» [NEWS] Himbauan kepada Kontributor Wartawarga (52)» [Dari Redaksi] Evaluasi 1000 Postingan (38)» Tips dan Trik penulisan Artikel […]

  40. hmm… mesti banyak peningkatan lagi dari segi kreatifitas penulisan…

  41. harus bnyk perbaikan nih saya.. hehehe

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image