Jaket Almamater

Bagi para mahasiswa, tentunya jaket almamater adalah suatu kebanggan dimana jaket tersebut adalah ciri khas dari perguruan tingginya. Jaket almamater tiap perguruan tinggi berbeda-beda. Meskipun terkadang ada kesamaan warna, namun tentunya desain dari jaket tersebut pasti berbeda.

Pada jaket almamater tentunya terdapat tanda pengenal dari perguruan tinggi tempat almamater tersebut berasal, seperti emblem atau sekedar tulisan nama perguruan tinggi sehingga dapat diketahui oleh orang banyak. Terkadang ada juga pada almamater tersebut diberikan pengenal tambahan untuk tiap fakultas berbeda.

Dalam hal ini, saya ingin berbagi pendapat saya tentang kegunaan jaket almamater tersebut, yaitu :

  • Kegiatan di dalam kampus , seperti PPSPPT/Ospek, seminar, dan acara-acara lain yang diselenggarakan oleh kampus tersebut. Selain itu ada juga yang digunakan dalam menjalankan sosialisasi kemasyarakatan di dalam kampus (saat meminta bantuan korban bencana alam, menyampaikan kabar ke kelas-kelas, biasanya panitia menggunakan jaket almamater).
  • Kegiatan di luar kampus, seperti menghadiri acara di luar kampus sendiri, menghadiri acara televisi, dan dalam acara-acara perkumpulan berbagai perguruan tinggi. Selain itu, dalam mengadakan unjuk rasa di hadapan umum, biasanya menggunakan jaket almamater agar lebih dikenal.
  • Selain kegiatan-kegiatan kampus, jaket almamater juga bisa menjadi ajang promosi dalam sosialisasi ke sekolah (SMA), dimana dalam kunjungan ke sekolah tersebut, mahasiswa akan memperkenalkan perguruan tingginya dan menggunakan jaket almamater agar dikenal oleh siswa-siswa tersebut.

Untuk warna dan desain dari jaket almamater dari setiap perguruan tinggi, biasanya ditentukan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

There Are 8 Responses So Far. »

  1. ah males!!!! jaket almamater gundar yang gue dapet ga berkualitas, kaya baju partai, bikinnya ngasal, gimana gue mau bangga make itu almamater????

  2. sorry nih, pendapat gue pribadi nih

  3. wah saya setuju nih…..
    memalukan….

    pdhl saya membanggakan kuliah disana…

    and satu lagi nih…. ada yang tahu ga???

    yang Ngedit Foto KTM tahun 2009..
    muka saya jadi lebar kesamping….

    jadi Kaya kodok….

    huhf….

  4. sip, tapi udah liat belum kualitas alamamaternya gimana..?
    baru dapet, kancing lepas, jahitan kemana-mana, hello???? gimana tuh???

  5. kalau kualitas alamamaternya seperti itu apakah menghargai nilai historisnya??

  6. hahaha.. iya juga sih.. pada dasarnya kita ngga perlu terlalu membanggakan wong saya saja ga pernah make tuh almamater sampe sekarang..

  7. produk jg punya ID SENDIRI jg dunk…sesuai pembuatnya kualitas pa g http://www.dhezign.com

  8. emeang nye bener? kalo faktanya begitu?……kalo emang….waduh gw kan mahasiswa baru tahun 2010
    sekarang_____________________________________

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image