[NEWS] Himbauan kepada Kontributor Wartawarga

Hallo UG-er, mohon maaf saya secara pribadi memberikan himbauan ini demi kebaikan dan kemaslahanan dari Wartawarga yang kita cintai ini :) Himbauan ini bukan sebagai bentuk intervensi atau ‘sensor” terhadap tulisan dari para UG-er ya. Sekali lagi, tulisan di wartawarga ini demi kepentingan pengisian portofolio mahasiswa yang dibaca juga oleh masyarakat umum.

Melihat perkembangan terakhir ini, ada beberapa tulisan yang hanya sekedar “latihan” atau “tanya-jawab” yang tidak sesuai dengan tujuan dari wartawarga ini. Tulisan semacam itu sebaiknya disampaikan di UG Community saja yang beralamat di http://community.gunadarma.ac.id yang lebih bersifat “bebas” namun tetap mempertimbangkan kaidah dan norma-norma kehidupan kampus. Atau jika ada pertanyaan mengenai UG, selain bisa disampaikan di UG Community, juga bisa disampaikan melalui fasilitas helpdesk online di http://helpdesk.gunadarma.ac.id

Perlu diketahui, semua tulisan para UG-er di wartawarga akan terpampang di portofolionya masing-masing, lengkap dengan identitas nama dan NPM-nya masing-masing. Artinya, kontributor wartawarga menggunakan nama asli atau tidak menggunakan nama alias atau “tidak dikenal” seperti banyak dipraktekan di blog luar atau di UG Community. Hal ini menunjukkan bahwa Wartawarga adalah media resmi dalam proses belajar-mengajar di UG, yang sekaligus bertujuan untuk berbagai tulisan yang bermanfaat, inspiratif, dan mempertimbangkan kaidah-kaidah atau norma-norma yang dianut di perguruan tinggi dan masyarakat. Tujuan ini sesuai dengan “term&condition” yang sudah disajikan di bagian “about” di bagian atas dari halaman depan wartawarga.

Alangkah membanggakannya jika suatu saat nanti akhirnya berbagai tulisan dari para UG-er untuk setiap kategori bisa diterbitkan menjadi seri buku, misalnya dengan seri buku dengan judul “UG-er on The Blog“. Siapa tahu ada kumpulan puisi atau cerpen dalam seri buku “UG-er on the Blog“, begitu juga dengan berbagai pengetahuan, pengalaman, atau tips&tricks dari berbagai bidang ilmu yang terwakili dalam kategori tulisan di wartawarga ini. Semuanya adalah ‘posted by UG-er“.

Mohon pengertian, dukungan, dan tanggapannya dari para UG-er, terima kasih.

NB (UPDATED):

  1. Jika memang terpaksa, gunakanlah postingan ini sebagai media tanya-jawab seputar Wartawarga. Maksudnya agar bisa dilokalisir atau tidak perlu buat postingan baru jika ada kesulitan, pertanyaan atau masalah tentang Wartawarga. Nanti kita rembug bersama di sini.
  2. Beberapa tulisan yang masuk kategori “kurang pantas” akan dihapus setelah himbauan ini, walaupun belum bisa seluruhnya.

Peace ya :)

There Are 57 Responses So Far. »

  1. Saya setuju. Bila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai How to post atau bagaimana cara menulis artike di UG Warta Warga, kalian bisa tulis di Komunitas Gunadarma (UG Community).

    Kalau bisa, disini lebih dititikberatkan pada artikel, bukan sekedar tanya jawab.

    Maju terus UG ! :D

  2. saya mahasiswa baru,..saya sangat antusias dengan wartawarga ini,..semoga kedepannya wartawarga benar2 menjadi wadah aspiratif mahasiswa gunadarma,..semagat,………:-D

  3. Setuju banget…

    Tapi himbauan saja tidaklah cukup!! Karena satu hal yang perlu diingat bahwa wartawarga ini bukanlah forum, melainkan portal.

    Untuk redaksi, saya sarankan:
    » moderasi untuk setiap konten yang di posting oleh selain pihak administrator atau pengelola.
    » engine default wordpress kurang powerfull dalam penangan sebuah portal komunitas dan me-manage user dalam jumlah yang banyak.
    » jika tidak ada modifikasi pada kode engine yang digunakan ini, saya sangat menganjurkan untuk mengganti dengan engine yang memang ditujukan untuk sebuah portal seperti joomla atau drupal, mungkin juga wordpress-mu.

  4. Wah bagus juga usulan dari el7cosmos. Mudah-mudahan jadi pertimbangan pengelolanya. Namun menurut opini saya, kita lihat dulu perkembangannya saja. Memang secara teknis member Wartawarga adalah seluruh mahasiswa UG, dan itu berarti lebih dari 20 ribu orang. Katanya, konsep awal dari Wartawarga adalah memberi kepercayaan kepada para mahasiswa untuk menulis, tanpa ada proses moderasi. Itu “bocoran” yang saya ketahui, dan jangan dianggap informasi yang valid ya hehehe. Menurut saya sih, biarlah para UG-er sendiri yang saling mengingatkan satu sama lain. Lagian, sesuai dengan “term&conditon” di “about”, kayaknya redaksi atau pengelola mempunyai hak untuk menghapus sebuah tulisan yang dianggap “kurang pantas” untuk tampil di wartawarga. Harapan saya, semoga pihak redaksi atau pengelolanya mempunyai waktu dan tenaga untuk “mlototin” semua tulisan yang dah ter-publish di sini :) Atau gimana kalo moderator-nya dipilih dari member juga? Mungkin bisa didiskusikan persyaratan dan mekanisme pemilihannya disini hehehe

  5. Kalo misalnya dipilih dari member, tolong dipilih yang sudah memiliki “jam terbang” yang tinggi (senior lah ibaratnya ) agar pemilihan artikel bisa dilakukan secara seobjektif mungkin.

    saya juga setuju sama elcosmos tentang masalah moderasi tulisan. Itu merupakan hal penting untuk menjaga keseimbangan isi dari UG Warta Warga ini.

    itu menurut opini saya saja loooo…. :D

  6. Wah ternyata sudah ada dosen yang mengulas kebertadaan Wartawarga di blognya, termasuk usulan atau ajakan kepada bapak/ibu dosen untuk menjadi moderator di wartawarga. Mungkin sebuah opsi juga, walaupun saya sendiri berpendapat sebaiknya moderatornya dari mahasiswanya sendiri, kan namanya juga UG Student Journalism ya hehehe. Kita lihat saja nanti ke depannya ya :) Ulasan dosen tesebut selengkapnya bisa dibaca di alamat berikut:

    http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana/2009/09/06/membaca-tulisan-mahasiswa-di-wartawarga-ug-yuk/

  7. […] Asyik juga ternyata membaca tulisan mahasiswa di Wartawarga UG, yang baru beberapa hari yang lalu di-launching. Sekedar informasi, fasilitas Wartawarga merupakan adopsi dari konsep citizen journalism yang diterapkan untuk mahasiswa UG, sehingga diplesetkan menjadi UG Student Journalism. Wartawarga ini juga merupakan media bagi mahasiswa untuk melengkapi portofolio mahasiswa untuk aspek “tulisan”. Fungsi tersebut merupakan amanat dari mata kuliah “soft skills” yang mulai diberlakukan di UG pada semester ini untuk semua program D3 dan S1 Jadi kepada teman-teman yang menjadi dosen pengampu MK tersebut, dimohon untuk “ngomporin” mahasiswanya untuk menulis disitu, namun tetap harus memperhatikan “term and condition” yang ada di halaman depan Wartawarga yang selengkapnya bisa di baca di sini, atau himbauan dari redaksi yang sudah diposting dalam sebuah tulisan di sini […]

  8. Infonya sudah di-update dan beberapa tulisan sudah dihapus, terutama postingan setelah himbaun ini disampaikan. Mohon perhatian dan pengertian dari para UG-er ya.

  9. klo mw comment gmn caranya ya…n masih bingung gunainya..hehe

  10. @Redaksi: Ok deh boss
    @Tono: Tuh dah muncul commnets-nya :)

  11. gan
    kalo mw masukin foto ke profile gmn??
    dah otak atik gk ngerti
    hehehe
    infonya gan

  12. Kalo maw masukin foto ke profile, kamu daftarin e-mail address yang kamu pake di profile ke Website Gravatar.

    Disana nanti kamu masukin fotonya. :D
    Foto itu terpakai terus untuk email yang sama dimana pun kamu memberikan komentar ( kalau blog tersebut mensuport gravatar ) :)

  13. yg sekarang membingungkan
    mw tanya lagi nih
    kok saya gk bisa buka inbox di studentsite ya
    kalo di yahoo tgl klik aja
    tapi kalo di studentsite gmn??
    tolong gan pencerahannya

  14. Om mimin ato om redaksi ato siapa pun yang ngurusin ini warta warga. Saya ada sedikit saran. Gimana kalo dibuatin halaman sesuai kategori aja bang…soalnya, kalo kek gini Homepagenya numpuk. Gak jarang juga beberapa tulisan gak sempet kebaca gara – gara ketumpuk sama tulisan yang lainnya. Pengalaman beberapa hari ini seh kek gitu…Kalo ada halamannya kan asik tuh…. :D

    cuman sekedar saran loh…

  15. Mudah2an dibaca sama Om redaksinya ya :) Tapi biasanya UG suka melakukan pembenahan atau inovasi lain. Kita tunggu aja dengan sabar dan ikhlas hehehe. Btw, kategori tulisannya kayaknya dah ditambah tuh hehehe

  16. saya setuju dengan pernyataan di atas.warta warga lebih di khususkan kepada artikel.mohon kepada om admin warta warga agar di kategorikan tulisan2nya,jdi tidak terlalu menumpuk begut..terimakasih.

  17. Kayaknya sudah bertambah tuh jumlah kategorinya,, cuma belum terlihat di halaman depan karena belum ada tulisan pada kategori barunya. Katanya beberapa kategori baru tersebut adalah Indonesiaku, tips&trick, Obat&Kesehatan, Olah Raga, dll :) Ada usulan kategori lainnya?

  18. saya usul adakan kategori lifestyle, hobby atau curhat…
    jadi bisa lebih spesifik lagi

  19. Ok, nanti saya sampaikan usulannya ke Om Redaksi :) Menurut saya sih Lifestyle dan hobby saja ya, curhatnya jangan deh hehehe. Curhatnya lewat comments aja di tulisan yang relevan :)

  20. @campus, usulan page-nya dunk…kasian pada ketumpuk tulisannya tanpa sempet kebaca sama yang lain. Btw, ko banyak tema yang sama seh ( Ms. Office Project ) ??? kenapa tuh ???

    @all, Ada sedikit tips dan trik untuk menulis artikel disini. Silahkan kunjungi http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/tips-dan-trik-penulisan-artikel/

    Maaf komentarnya sama di beberapa tempat. Soalnya masih suka bnyak yang nanya kalo saya liat…hhe.. :D

  21. Mungkin lagi eforia, semua tugas dari dosen dipublish disini :( Padahal kalo “tugas” sebaiknya diupload di blognya masing2, kalo nulis di sini kan untuk “tulisan” di portofolio yang harusnya sih tulisannya relatif diluar mata kuliah tapi tetap inspiratif dan memberikan pencerahan ke masyarakat. Mungkin masih perlu waktu dan kesabaran untuk membangun wartawarga yang “baik” ya :) Soal “page” dah disampeiin sih, tapi adminnya baru aja pergi ke eropa hehehe, belum sempet diutakatik deh. Mau bantu? hehehe

  22. @campus, wew..udah jadi maen ngabur ke eropa aja… :( …lama kaga tuh ? saya kurang begitu paham kalo ngatur2 web kek gini…apalagi milik khalayak banyak begini…hahha..

  23. […] Kuningan » UG Warta Warga, Fasilitas baru Studentsite (26)» Pendatang Baru (25)» [NEWS] Himbauan kepada Kontributor Wartawarga (22)» Apa sih beda BELAJAR Indonesia dengan Jepang [Baca] (15)» Website Edukasi […]

  24. Om Redaksi dah memindahkan info ini ke halaman tersendiri yaitu pada menu “Catatan dari Redaksi” :) Wah bagus juga ya,, mudah-mudahan para UG-er membaca sebelum membuat “postingan” di wartawarga. Syukur-syukur membaca juga “about” dan “tips dan trik penulisan di Wartawarga” yang juga sudah di taro di menu tersediri yang ada di bagian kanan-atas halaman Wartawarga ini :) Keberhasilan dan kemajuan Wartawarga ini sangat memerlukan perhatian dan pengertian dari segenap UG-er, terima kasih :)

    Oh Iya, berbagai pertanyaan atau masalah tentang wartawarga bisa disampaikan dalam bentuk komentar atau comments di menu-menu yang ada di kanan-atas tersebut, terima kasih lagi :)

  25. Salah satu yang perlu dihimbau dan dibudayakan juga adalah etika penulian komentar ya, bukan hanya sekedar- misalnya menulis “pertamax” hihihi

  26. saya murid baru dan saya belum terbiasa dengan tugas2 demikian…tapi diantara itu teman-teman saya belum tahu harus mulai dari mana. .mohon dosen pembimbing memberi perintah langsung atau dicantumkan dimading

  27. Sebenarnya, penjelasannya sudah diumumkan di studentsite :) Tapi saya mengulang kembali, mudah-mudahan tidak semakin bingung ya :) Oh iya, di UG itu relatif tidak menggunakan mading, kecuali terpaksa. Semua pengumuman untuk mahasiswa dipublish di studentsite. Ok, inilah langkah2 yang harus anda lakukan:

    Langkah pertama, biasakanlah lebih “mengenal” dan mengakses secara rutin studentsite, siapa tahu ada pengumuman seminar, berita dari dosen di “leturer message”, atau acara lomba2 yang bisa diikuti.

    Kedua, teruslah menulis postingan baru di blog anda, misalnya yang di ngeblogs.com. Jika ada postingan yang “bagus” dan “bermanfaat” untuk orang lain, submit tulisan di blog anda tersebut ke portofolio anda melalui studentsite pada menu “tulisan” Semakin banyak anda menulis di blog anda sendiri dan disubmit ke portofolio, maka semakin “penuh” portofolio anda.

    Jika ada tugas dari dosen yang terkait dengan materi kuliah, buatlah tugas di blog pribadi anda, kemudian postingan tersebut disubmit ke portofolio melalui studentsite pada menu “tugas”.

    Ketiga, menulislah di wartawarga, namun sebelum menulis di wartawarga, bacalah informasi pada “about”, “tips dan trik penulisan di wartawarga”, dan “catatan redaksi” yang ada di menu kanan-atas wartawarga. Potingan anda di wartawarga akan otomatis masuk ke portofolio anda.

    Keempat, seringlah mengikuti seminar, kegiatan kemahasiswaan, dan lomba-lomba yang sering diadakan di UG. berbagai kegiatan tersebut sering diumumkan di studentsite kok. Coba deh anda cek lagi pengumuman di studentsite semuanya, termasuk pengumuman tentang Mata Kuliah yang adaptif softskills, di situ sudah dijelaskan secara lengkap kok. Sekali lagi sering2lah mengakses studentsite ya :)

    Jadi yang perlu ditekankan sekali lagi, Nilai MK Softskill bukan hanya sekedar menulis di blog saja, tapi kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif yang diikuti di luar kelas, seperti seminar, lomba, kegiatan kemahasiswaan, prestasi yang diraih, dll.

    Sekian dulu informasinya, nanti kalo masih ada pertanyaan lagi, silahkan buat komentar lagi disini.

  28. mas redaksi,, saya cari alamat blog saya yang di wartawarga ini kok ga ada ya??
    apa blog ini gak bisa diliat oleh umum?? maksudnya selain mahasiswa dan kontributor UG??

  29. Alamat blog anda memang tidak perlu di-link di wartawarga, kecuali memang ada menaroh link tersebut dalam tulisan anda

    Blog anda seharusnya masuk ke portofolio setelah anda sendiri yang submit dengan cara masuk ke studentsite dan memilih menu layanan “tugas” atau “tulisan”. Beda antara “tugas” dan “tulisan” dapat anda baca di link berikut:

    http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/info-perbedaan-tugas-dan-tulisan-pada-mk-adaptif-softskills/

    :)

  30. nah gw mau nanya nih mas, berarti MK softskill itu ga ada hubungannya kan sama Layanan Perlombaan Blog Mingguan di studentsite??

    soalnya dari tulisan di artikle2 itu kita cuma submit tulisan dari blog pribadi kita aja kan, jadi kita ga perlu daftarin blog kita..

    masalahnya gw udah daftar blog di lomba blog mingguan sebelum diterangin tentang softskill..

  31. Perlomban blog memang tidak berhubungan secara langsung dengan MK adaptif softskills. Namun jika anda termasuk pemenang lomba blog tersebut, nanti akan mengisi “kreatifitas” pada portofolio anda :)

  32. oh gituh..
    sip deh, makasih yah..

    :)

  33. kok pas saya liat di studentsite harus log-in dulu??gimana dunx nii saya jadi bingung..
    Nur Azifah (20208914)

  34. mau tanya nih, ,boleh g c qta copi paste dari sumber2 tertentu buat ngisi warta warga ini ??

  35. @Nur: Memang harus login dulu kan kalo mau menggunakan layanan studentsite

    @M Yusuf: Tolong dibaca terlebih dahulu postingan berikut:

    http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/dari-redaksi-evaluasi-1000-postingan/

  36. saya ada pertanyaan,
    1. daftar blog lewat studentsite itu wajib ya untuk semua mahasiswa UG? yang lewat fasilitas ‘pendaftaran lomba blog’ studentsite. kalau iya, apa tema blognya bebas?
    2. di blog softskill http://npm.student.gunadarma.ac.id/ di situ kan ada kolom kreatifitas. kebetulan saya pernah jadi salah satu pemenang lomba penulisan cerita, ini url pengumuman pemenang dari situs penerbitnya http://gagasmedia.net/Info/Pemenang-Sayembara-Kucing-Melulu-Cerita-Cinta-Melulu.html apa itu termasuk kreatifitas yang dimaksud di blog softskill studentsite?? kalau termasuk untuk melapor/ menghubungi ke dosen pengampu bagaimana caranya?
    3. siapa nama dosen pengampu untuk kelas 2db14 dan alamat email staffsitenya?

    mohon dijawab..
    terimakasih..

  37. maaf mw tnya donx!!
    setelah submit blog kita di tulisan portofolio dan tugas portofolio distudentsite kmudian diapain lagi???
    ktnya hrs tulis diwarta warga yach??
    itu gmna cranya???

  38. @Redaksi : Tulisan yg kurang pantas seperti apa penjabarannya?

    @Ulfah : Mau bantu nih, untuk menulis di warta warga itu.Masuk aja di Studentsite kamu, truz pilih option “Warta Warga”, nah km bikin tulisan deh d situ n di postingnya jg lewat situ,gtu…

  39. akuu baru ni di warta warga, nyoba ngasih comment, =)

  40. @redaksi: qo warta warga nggak bisa dibuka ia? yang kebuka cuma student journalism terus???

  41. Untuk yang gak bisa login, Silahkan login di sini. Gunakan ID & Password studentsite kamu.
    ;)

  42. gmn si cara nya supaya tugas portofolio yang di blog masuk ke blog dosen

  43. Mas Rasyid, minta kasih tahu caranya buat hyperlink ke blog sendiri lewat nama di Wartawarga, kan jadi mempermudah kawan2 UG mempromosikan web-nya?. Jelasnya seperti komen mas di atas:
    MOCHAMAD RASYID Says:
    Tulisan huruf besarnya mengarah ke blog mas sendiri. Nah biar saya bisa kayak gitu juga gimana caranya?

  44. @ires, tugas portofolio kamu, submit-nya lewat menu TUGAS yang ada di studentsite. Bukan di blog dosen. Blog dosen itu ya blog pribadi punya dosen… ;)

    @Hidayato, kamu masuk ke dashboard dulu. trus di sebelah kanan ada menu PROFILE, kamu klik aja…nanti tulis aja Website kamu di kolom Website yang sudah disediakan. ;)

  45. O gitu ya, mas :)
    ternyata gampang juga, makasih

  46. ada yang mau saya tanyakan tentang upload tulisan di warta warga:

    * hari rabu tanggal 4 november 2009, dosen pengampu di kelas saya baru masuk, dan beliau bilang “kalau sudah membuat tulisan di warta warga harus di buat juga di blog biar nilainya dapat dua – duanya di warta warga dapat dan di blog juga dapat”
    nah dari pernyataan dosen pengampu tersebut yang ingin saya tanyakan, kenapa tulisan yang saya buat di warta warga maupun blog yang muncul di PORTFOLIO saya hanya 1 tulisan???kan seharusnya 2 tulisan, jadi yang benar bagaimana??? terimakasih

  47. semoga “UG-er on The Blog“ bisa cepat beredar…

  48. saya ghina.. anak industri 08.. saya ga ngerti maksudnya softkill.. saya dapet matakuliah TEKNIK TENAGA LISTRIK.. sedangkan dosennya ga ngasih tahu apa2 tentang softkill ini, dan sekarang dosennya ngilang.. ada penggantinya anmun belum masuk2 juga sampe sekarang.. tolong kasih informasi dunk…
    terimakasih…

  49. waduh giman nie, kayanya nilai tulisan di wartawarga masih stagnan aja.
    setiap saya masuk ke wartawarga pasti ada postiangan yang hanya berupa judul doang. saya harapkan kepada Redaktur dan admin menyaring tulisan yang akan diupload di wartawarga biar tulisan yang ada disini bukan hanya postingan2 sampah tapi menjadi ajang berkreasi dalam menulis yang baik.tq

  50. […] Fasilitas baru Studentsite (86)» [Info] Siaga Gempa Jawa Timur 8,8 Skala Richter (69)» [NEWS] Himbauan kepada Kontributor Wartawarga (49)» [Dari Redaksi] Evaluasi 1000 Postingan (38)» Tips dan Trik penulisan Artikel […]

  51. hmmm.. wartawarga emg sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa..

  52. Setuju , Biar lebih Mudah Ngebolgnya

  53. kalau Bisa yg Di tampilin di Home warta warga yang berisi dikit dunk, kalo yg di tampilin cma skedar yg banyakin tulisan si percuma..

    kya ttg kesehatan dan info teraktual,, ya pko’a yg lbih berimbang deh..
    smoga wartawarga ni bsa lebih mengenalkan dan mengembangkan kreatiitas Mahasiswanya.. Key

  54. Memang gak mudah memegang web ini, banyak cobaan dan semoga admin nya tidak bosan2.

    Coba Ubah sedikit tampilan web dalam tahun 2010, lebih fresh walaupun tidak mengurangi makna dari maksud admin.

    dari
    http://www.bisnistiket.net/?id=pesawat_online

  55. wuahhh makin maju aza neh UG sekarang yach.. kaget pas login studentsite lagi udah ada tools2 baru hoho…
    btw klo buat alumni seperti saya masih boleh ga yach buat nulis di blog ini? hohoho….

  56. saran diterima… sip..

  57. maklum, kalo jam terbang rendahnya jadinya cuma ngejunk, kudu dibata gan :repost :mad:

    plus +1 aja

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image