About the Author

author photo

Hmm...just a writer...nothing else...

See All Posts by This Author

[PENTING] Baca sebelum Menulis

Hmm…beberapa hari nongkrong di UG Warta Warga, keliatan banget peningkatan user – user yang mulai aktif menulis disini. Hal ini bisa dilihat dari bertambahnya jumlah artikel baru setiap harinya yang begitu meningkat dibanding beberapa waktu yang lalu. Hingga artikel ini di publikasikan, sudah ada sekitar 270 artikel yang ditulis di UG. Tentu saja hal ini merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan bagi kita semua.

Perlu saya ingatkan kembali beberapa hal penting yang mungkin terlewatkan oleh para kontributor UG Warta Warga.

  1. Silahkan baca dulu peraturan yang ada pada halaman About, dan pada postingan redaksi disini. Sehingga anda bisa lebih mengetahui tujuan dari adanya UG Warta Warga ini.
  2. Semua tulisan yang anda buat, akan masuk ke Portfolio Tulisan anda yang ada pada Studentsite. Portfolio ini nantinya akan dinilai oleh Dosen Pengampu. Jadi, hindari membuat tulisan yang hanya berisi 1 baris kalimat ( one -line post ) atau hanya berisi salam perkenalan. Lebih baik anda menuliskan sebuah artikel yang baru. Lagipula, melalui tulisan yang anda buat, semua orang lama kelamaan akan mengenal anda. :D
  3. Bila kalian terlanjur membuat artikel yang hanya terdiri dari 1 baris, mohon kalian lakukan pengeditan terhadap artikel tersebut. Judul dan isi artikel masih bisa kalian rubah ko. Gunakan fasilitas Edit pada bagian Posts untuk menggantinya. :D
  4. Untuk tulisan yang kira – kira terlalu panjang ( lebih dari 250 kata ), silahkan kalian gunakan fasilitas untuk memotong artikel. Anda cukup menekan tombol Alt + Shift + T secara bersamaan, ditempat artikel anda ingin diringkas. Hal ini bukan berarti memotong artikel anda, hanya membuat artikel anda muncul sebagian saja pada halaman depan UG Warta Warga.
  5. Bila masih baru dalam penulisan artikel, anda bisa melihat halaman ini untuk referensi tentang cara penulisan. Silahkan bertanya seputar penulisan artikel pada tulisan itu.
  6. Untuk menulis, dihimbau untuk menggunakan bahasa indonesia populer yang mengacu ke bahasa indonesia yang baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa SMS untuk menulis artikel (kecuali kalimat yang termasuk percakapan dalam kategori Cerpen ).
  7. Perlu diperhatikan bahwa UG Warta Warga adalah sebuah tempat untuk menulis artikel baru. Bukan merupakan tempat untuk menulis “Tugas”. Silahkan tulis “Tugas” ( untuk program Softskills ) anda pada blog pribadi lalu kemudian di submit melalui fasilitas “Tugas” yang ada di Studentsite. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya penulisan artikel dengan judul dan isi yang sama. ;)
  8. Bila ada pertanyaan masih seputar UG Warta Warga, kalian bisa berkomentar disini atau bertanya pada komunitas di UG Community pada Thread ini.

Saya bukan ingin mengatur para kontributor sekalian, hanya sekedar mengingatkan kembali saja. Hal ini semata- mata untuk memajukan UG Warta Warga ini. Ingat, yang membaca bukan hanya kita, tapi DUNIA ikut membaca. Hhe… :P

Maju Terus UG !

( Moch. Rasyid )

NB : Untuk redaksi, bila ada yang kurang berkenan, silahkan dilakukan pengeditan. ;)

There Are 4 Responses So Far. »

  1. Mantap deh, memang kita harus saling mengingatkan. Ada titipan dari Om Redaksi, beliau minta izin bahwa “tips dan trik penulisan artikel”-nya Om Acid ditaro di “page” hehehe Kalo masih belum pada dibaca juga, ya harus tetap bersabar ya. Proses edukasi publik memang susah-susah gampang, apalagi di sebuah komunitas yang latar belakang bidang ilmu dan pemahaman dunia internetnya relatif beragam seperti para UG-er ini.

  2. Wah, ditaro di atas…wkwkw….trus gimana ngeditnya itu ??? paling tulisan saya yang lama aja yang nanti saya edit. :D

    Kalo masih kaga di baca juga yaa….cape deee…..wakakakka… :P

  3. Gak usah kecewa dan patah arang ya :) Bersabarlah dalam memberikan pencerahan dan pendidikan publik hehehe. Btw, kalo ada trik dan tips yang baru, buat aja postingan yang baru. Kan lumayan nambah jumlah tulisa di portofolio. Nanti saya “bisikin” ke Om Redaksinya jika mau di-update informasi di “page”-nya berdasarkan postingan yang baru tersebut hehehe

  4. @buher, wkwkw…stuju saya..tapi kalo masalah buat tulisan baru lagi, engga lah…paling update tulisan lama aja kalo masih tentang penulisan di UG Warta Warga ini….mungkin kalo ada tips dan trik yang laen, baru bikin artikel lagi… Hehe… ;)

    Bisikin ? serem amat….hhahaha…

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image