About the Author

author photo

Hmm...just a writer...nothing else...

See All Posts by This Author

Tips dan Trik penulisan Artikel

Hmm…saya punya sedikit (yang berarti gak banyak :P ) tips dan trik penulisan artikel dalam Dashboard yang menggunakan Engine WordPress ini. Mudah – mudahan bisa ngebantu temen – temen semua dalam menulis artikel di UG Warta Warga. Dari trik – trik yang akan saya bahas, mungkin temen – temen udah pada tau. So, saya cuma mengingatkan kembali aja…hhe…

Tips dan trik penulisan artikel di UG Warta Warga :

Mengatur Tampilan Artikel

1. Gunakan bahasa indonesia yang populer namun tetap mengacu kepada bahasa indonesia yang baik dan benar. Karena, tulisan yang terlalu baku pun menjadi tulisan yang kurang enak untuk dibaca.Hihi…
2. Gunakan <!–more–> untuk memotong artikel yang terlalu panjang. Hal ini agar pada halaman depan UG Warta Warga yang kita cintai ini (caelah…bahasanya… :P) tidak terlalu berat untuk dibuka. Hal ini juga bertujuan agar tulisan dari user – user lainnya bisa terbaca. Perintah <!–more–> itu digunakan pada proses pengeditan dengan mode HTML. Untuk mode Visual, anda dapat mengklik tools seperti tertera dibawah ini pada bagian dimana anda ingin memotong artikel anda.

Tools untuk memotong artikel

Sehingga, nantinya hanya tampil sebagian saja dari artikel pada halaman depan UG Warta Warga. (untuk artikel saya ini, harusnya hanya sampai sini saja yang bisa terbaca pada halaman Home UG Warta Warga. Dibawah tulisan ini akan muncul tulisan Read More yang bila diklik, akan menuju ke artikel utuh yang saya tulis. :D )

3. Perindah tulisan anda dengan mewarnai beberapa bagian dari tulisan/artikel anda sehingga menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Menambahkan gambar pada Artikel.

4. Untuk menyertakan Image pada tulisan anda, UG Warta Warga belum memperbolehkan kita untuk melakukan peng-upload-an gambar ke server gunadarma. Hal ini bisa kita atasi dengan menggunakan memilih pilihan insert Image From URL pada saat akan menambahkan gambar. Anda bisa menggunakan fasilitas penyimpanan Foto/gambar gratis yang ada di internet. Pake Facebook juga bisa ko. Hho…Lebih bagus lagi kalo kalian punya blog sendiri di luar yang engine-nya pake wordpress juga. Kalo demikian, kalian bisa masukkan fotonya ke Media Library baru kemudian kalian ambil link-nya untuk diletakkan disini. :D

Add Media From URL

5. Agar proses loading menjadi lebih cepat, harap image yang akan ditambahkan kedalam artikel, ber-format *.GIF. Karena, bila dibandingkan dengan format *.JPEG, format *.GIF berukuran jauh lebih kecil sehingga mempercepat proses. Walaupun kualitas gambarnya menjadi menurun. :P

Proses Pengeditan artikel.

6. Bila anda merasa gambar yang anda letakkan terlalu besar, anda bisa melakukan penyesuaian ukuran pada gambar tersebut. Anda bisa melihat dengan mode HTML untuk kemudian mengaturnya pada bagian Height dan Width gambar yang bersangkutan. Bila kamu menggunakan mode Visual, yang harus kamu lakukan adalah :

  1. klik gambar yang ada pada artikel kamu (dalam mode penulisan / didalam Dashboard).
  2. Klik gambar image yang muncul.
  3. Pilih berapa % dari gambar yang ingin kamu tampilkan agar tampilan artikel menjadi rapih.
  4. Kamu juga bisa memilih pengaturan yang lebih rinci pada bagian Advance Settings.

Edit gambar

Edit Gambar - step 2

Edit Gambar - step 2

7. Mau ngedit postingan kita yang lama, tapi udah ketumpuk sama tulisan temen – temen yang lain. Bingung cara ngeditnya gimana ? Di Dashboard WordPress sendiri terdapat fasilitas search pada saat kalian klik submenu Edit pada menu Posts. Kalian tinggal tulis aja judul tulisan artikel yang mau kalian edit di kotak search. Kemudian klik search posts. Maka, akan muncul artikel kalian saja…hho.. :P

Contoh pencarian artikel
Contoh pencarian artikel

NB : Maaf kalo gambar yang satu ini terlalu lebar. Habis untuk contoh biar jelas…hhe… :P

Lain – lain

8. Bila anda merasa Dashboard yang ada di studentsite terlalu kecil, anda bisa memperbesarnya dengan cara :

  1. Login ke studentsite.
  2. Buka tab baru, kemudian tuliskan http://wartawarga.gunadarma.ac.id
  3. Kemudian lihat pada bagian Meta, ada Site Admin. Klik tulisan Site Admin tersebut.
  4. Tada, maka muncullah suatu Dashboard yang lebih besar.

Memperbesar Dashboard

9. Gunakan lah fasilitas Search yang ada di pojok kanan atas dari halaman, untuk menuju ke suatu artikel tertentu secara lebih cepat. Hal ini sangat efisien untuk mencari artikel yang ingin kita baca kembali dan sudah “tertiban” oleh artikel baru. Perkembangan jumlah artikel di UG Warta Warga ini begitu cepat setiap harinya ( lebih cepat pada hari – hari kuliah ) sehingga sangat terasa sekali manfaat dari fasilitas search ini. :D

Search Box di UG Warta Warga

10. Di UG Warta Warga ini sebenarnya kita bisa langsung masuk ke Dashboard tanpa harus login ke studentsite. Caranya adalah kalian masuk ke http://wartawarga.gunadarma.ac.id/wp-login.php, gunakan username dan password yang biasa kamu gunakan untuk login ke Studentsite.

11. Cara memperbesar tempat menulis artikel kita. Kalian cukup menekan tombol seperti pada gambar dibawah ini pada toolbar dalam mode Visual Editing. Maka, tampilan kamu penulisan kamu akan menjadi lebih besar.

Memperbesar lembar penulisan

Memperbesar lembar penulisan

12. Gunakan RSS Feed dari UG Warta Warga pada blog pribadi anda agar anda selalu Up to Date dengan berita – berita yang ditulis oleh teman – teman kita. Untuk para pengguna WordPress ( Versi 2.8.4, bila anda masih belum menggunakan, silahkan Update WordPress anda. ), Cara menambahkan RSS Feed ini pada blog adalah dengan cara :

  1. Buka bagian Appearance kemudian klik bagian Widgets.
  2. Letakkan Available Widgets dengan judul RSS pada salah satu Sidebar anda ( kalau anda memiliki lebih dari satu Sidebar pada blog anda ).
  3. Masukkan URL “http://wartawarga.gunadarma.ac.id/feed” pada bagian URL Feed dari Widget RSS anda untuk menampilkan Artikel terbaru pada Widget RSS kamu. Atau bisa juga kamu masukkan URL “http://wartawarga.gunadarma.ac.id/comments/feed” pada bagian URL Feed untuk menampilkan komentar terbaru.
  4. Berikan Judul RSS.
  5. Pilih fasilitas apa saja yang ingin anda tampilkan di Widget RSS tersebut ( tampilkan Isi Artikel , tampilkan Nama Penulis, tampilkan Tanggal Terbit ).
  6. Atur berapa banyak artikel yang akan muncul pada Widget RSS kamu.
  7. Klik Save.
Contoh Setting Widget RSS

Contoh Setting Widget RSS

Dengan demikian, maka kamu akan selalu Up To Date dengan UG Warta Warga sekalipun kamu sedang beraktivitas di blog pribadi anda.

Bila anda ingin menyimpan atau menerbitkan artikel, anda harus kembali lagi ke mode awal dengan menekan tool yang sama.

13. Sebenarnya, kita bisa memampang foto pada profile kita di Dashboard UG Warta Warga. Caranya cukup mudah, kalian tinggal mendaftarkan Account email di Gravatar kemudian meng-upload foto profile kita disana. Cara menggunakannya cukup mudah, atur E-mail kita yang ada dalam profile dengan E-email yang telah didaftarkan di Gravatar tadi. Kalian bisa menggunakan foto yang sama untuk semua blog yang mendukung fasilitas Gravatar. Sebenarnya, pada bagian komentar, foto profile kita seharusnya terlihat. Namun, pada UG Warta Warga ini tidak diperlihatkan. Mungkin tujuannya agar tidak memberatkan proses pembukaan setiap halaman.

14. Kalian bisa menggunakan beberapa HTML Code dalam menuliskan komentar. Beberapa HTML yang dapat digunakan adalah :

  1. <i>”tulisan kamu”</i> : digunakan untuk membuat tulisan kita miring ( italic ).
  2. <b>”tulisan kamu”</b> : digunakan untuk membuat tulisan kita tebal ( Bold ).
  3. <a href=”http://link ke website tertentu”>”tulisan kamu”</a> : digunakan untuk menambahkan LINK ke suatu website kedalam tulisan kita.
  4. <del>”tulisan kamu”</del> : digunakan untuk mencoret tulisan kamu. ( Delete )
  5. <blockquote>”tulisan yang akan kamu kutip”</blockquote> : digunakan untuk menambahkan kutipan dari omongan seseorang.

Untuk menggunakan HTML kode diatas, kamu tinggal mengganti saja tulisan yang bertanda kutip dengan tulisan kamu. ;)

15. Bila kita keluar sebelum tulisan kita selesai dibuat atau diterbitkan, tulisan kita akan otomatis tersimpan ( Autosave ) dengan kategori DRAFT. Untuk melanjutkan Draft tulisan kita sebelumnya yang masih belum selesai, cara yang paling umum adalah dengan menuju ke Dashboard dari WartaWarga ini. Kemudian cari tab “Recent Draft “. Nah, pada bagian ini, akan muncul list dari draft – draft kita. Kita tinggal pilih saja salah satu untuk kemudian melanjutkan menulisnya lagi.

Kira – kira itulah sedikit trik – trik dari saya seputar penulisan artikel. Mungkin kalo ada temen – temen yang punya trik lagi, bisa menuliskannya pada bagian komentar di tulisan saya ini. Hhe… ;) ( Moch. Rasyid )

Last Updated : 30 September 2009 and will be edited again as soon as necessary. ;)

There Are 38 Responses So Far. »

  1. Mantafffff gan tips&tricks-nya :) Semoga dapat membantu para UG-er yang lain, agar Wartawarga semakin indah dan “berwarna” hehehe. Soal moderator, ternyata ada opsi lain tuh dari blog seorang dosen, yang ada di comments saya pada “News” dari redaksi wartawarga

  2. @campus, bused…baru juga kelar nulis dah di komentarin….wkwkwkw….sip dah, kalo nanti muncul trik – trik baru lagi, mungkin bakal di tambah di sini aja kali…biar gak menuh2in…

    iya, wa dah baca ko yang di blog dosen itu…hho…

  3. __bolehnanya??kenapa dinamain warta warga??__
    __apa ada hubnya ama wartakota..__

  4. sering-sering ditambah lagi nih gan tip&tricknya yah biar makin asik..
    hehe

  5. nice inpoh, cied ……

    tambahin yang laen klo ada lagi yah :D

  6. […] masih baru dalam penulisan artikel, anda bisa melihat halaman ini untuk referensi tentang cara penulisan. Silahkan bertanya seputar penulisan artikel pada tulisan […]

  7. oke gan..

    dah ane baca..

    sip sip…

    tapi klo misalkan postingan ane masih kacau harap di bimibing yak..
    :D

  8. saya kok g berhasil memotong artikel ..

    kasihh tw caranya lebih terperinci dong

    makasih sebelumnya:)

  9. @dyah, kamu pake editor Visual ato HTML ? kalo pake editor visual, kamu tinggal klik aja tools seperti pada gambar di atas, atau dengan menekan tombol Alt + Shift + T pada bagian yang ingin di potong.

    kalo pake mode HTML, silahkan taro tulisan [!–more–] pada bagian yang ingin dipotong. Ganti tanda [ dengan < begitu juga sebaliknya ;)

  10. UPDATED : 12 September 2009

    Penambahan trik RSS Feed pada point nomor 12.
    Dibaca yach, kawan – kawan … ;)

  11. duuh…kalo diwarnain macem2 kayaknya jadi gag efektif de!! kata2 yang seharusnya ditekankan malah jadi susah diliat, kadang justru blend sama background…

    kalo menurut saya sih,,warna tulisan lebih bagus cuma ada dua. Satu untuk tulisan biasa, satunya lagi untuk tulisan yang ingin ditekankan. Dengan syarat pemilihan warna harus contrast background-nya, biar tulisannya semakin jelas, bukan semakin tidak jelas.

  12. Iya juga seh..kadang – kadang, kalo milih warnanya gak sesuai, bisa blend sama background…huhuh…tapi katanya kalo pake warna itu, katanya lebih meningkatkan daya ingat seseorang terhadap kata / kalimat penting.

    siph kk, masukannya di tampung and mudah – mudahan di dengerin sama yang baca… ;)

  13. okek siap d terapkan…

  14. Sip infonya. Di blog saya juga dah ditaro RSS postingan dari Wartawarga dan RSS dari agregator blog dosen :)

  15. @buher, sepp…trus di update ko halaman ini begitu ada trik baru lagi…hehe… ;)

  16. widihh mantab.. okok chipp dh cid..

  17. @dani, sip dah…ketemu juga kita disini. :D

  18. […] [Update untuk Tugas Sosial Budaya]Apa sih beda BELAJAR Indonesia dengan Jepang [Baca] (22)» Tips dan Trik penulisan Artikel […]

  19. Updated : 26 September

    penambahan point ke-14 tentang HTML Code dalam menulis komentar.

    ;)

  20. manteb gan tips ntrikny..
    pasti berguna bgd wat UG-er baru nih ..

    tapi gan ane mo nanya nih ..
    kok blog ane ga bisa dibuka ya ??
    problem loading page mlu ..
    itu knapa ya ??
    mohon bantuannya ..

    thx

  21. Updated : 30 September
    Penambahan point ke-15, Cara pengeditan Draft.

    @muhammad rosyid (namanya sama kek nama gw..hahah… ;) ), Blog kamu, hosting di mana ? Ngeblogs.Com ? Kayaknya, semua blog yang ada di ngeblogs memang sedang tidak dapat diakses. Mungkin lagi ada trouble di bagian servernya…hhe…

  22. AssaLamualaikum,,
    saya anggota baru di warta warga,,salam kenal semuanya
    saya mau tanya ke teman-teman maupun redaksi yang mengetahui jawaban dari pertanyaan saya
    saya masih awam dibidang blogger seperti ini

    yang saya ingin tanyakan ialah
    apa yang pertama kali harus saya lakukan dalam memenuhi tugas softskill ini?
    untuk blog pribadi,saya sudah memilikinya dari blogspot.com
    namun setelah itu,apa yang harus saya lakukan dalam pemenuhan tugas softskill ini?
    mohon bantuan dari teman-teman semua yaa
    terima kasih banyak

    wassalam

  23. @suci, waalaikumsalam..salam kenal juga… ;)

    Untuk tugas softskills, kamu diwajibkan memunyai blog pribadi. Bila kamu masih awam ber-blogging ria di blogspot, silahkan kunjungi SITUS INI. Isinya nanti akan saya update terus menerus.

    Setelah kamu menulis di blog pribadi kamu, kamu bisa me-SUBMIT URL dari tulisan kamu tersebut pada menu “TUGAS” yang ada di Studentsite. Tugas- tugas tersebut, nanti akan diberikan oleh dosen pengampu dari kelas kamu. Silahkan rajin – rajin kunjungi menu Lecturer Message yang ada di Studentsite.

    mudah – mudahan cukup membantu…bila masih ada pertanyaan, silahkan bertanya di sini. ;)

  24. wah…asik nuh…bikin ouisi di bkogs…temen2 mampir dong pusi ane ydah banyak,,,,,,,,,,, untuk trik nya aku kurang ngerti,,,wajar otak ku agak lemot,,,heheheheh:0

  25. @fery, bacanya pelan2 aja….sambil di aplikasikan di blog kamu. Oh iya, tulisan blog kamu di Profile Dashboard Wartawarganya salah tuh..bukan ngebligs tapi ngeblogs harusnya… betuln yach… ;)

  26. artikelnya menarik pak, makasih infonya.

  27. Ass mas, tanya donk, ikon bintang (GD Star ko ga salah) tolong dijelasin juga yah, maklum masih banyak belajar :)

  28. @hidayanto, ada apa dengan GD Star Rating ? saya masih belum nangkep pertanyaan kamu…hehe…by the way, ini suatu sistem ranking yang semua user bisa ikut ambil bagian dalam menentukan apakah suatu tulisan itu bagus atau tidak. ;)

  29. mas, maksud saya Star Rating yang ada di bagian klo kita pengen nulis Post baru. Di sana ada ikon bintang Star Rating, trus klo ditekan bakal muncul menu lagi berisi tab-tab Insert, general, filter, dan graphic. Klo mas ngerti semuanya tolong share di sini ya :):):)

  30. mas tugas softskill itu buat apa sih trus buat kapan??

    rada gak mudeng nih gara” jarang buka student site karena internet lemot..

  31. hai,gw mau tanya yang ini nih :
    13. Sebenarnya, kita bisa memampang foto pada profile kita di Dashboard UG Warta Warga. Caranya cukup mudah, kalian tinggal mendaftarkan Account email di Gravatar kemudian meng-upload foto profile kita disana. Cara menggunakannya cukup mudah, atur E-mail kita yang ada dalam profile dengan E-email yang telah didaftarkan di Gravatar tadi. Kalian bisa menggunakan foto yang sama untuk semua blog yang mendukung fasilitas Gravatar. Sebenarnya, pada bagian komentar, foto profile kita seharusnya terlihat. Namun, pada UG Warta Warga ini tidak diperlihatkan. Mungkin tujuannya agar tidak memberatkan proses pembukaan setiap halaman.

    tolong kasih tau penjelasannya step by step yah… trims…

  32. Updated : 19 November 2009

    Penggantian langkah nomor 10, yaitu untuk login langsung ke wartawarga tanpa melalui studentsite.

  33. @Yudha, tugas softskills itu tergantung dosen pengampu sama jadwal matakuliah softskills yang ada di KRS kamu.

    @bustamil, untuk Gravatar itu, tidak begitu terlihat fungsinya di sini. Mengapa ? karena di UG wartawarga, setiap komentar tidak diperlihatkan foto yang berkomentar. Jadi penggunaan gravatar disini, tidak begitu terasa.

    Step by step nya, kamu masuk ke Gravatar.com baru kemudian daftarkan email. Setelah itu, kamu upload foto yang akan digunakan. Kemudian, saat berkomentar pada blog tertentu ( yang mendukung gravatar ), gunakan alamat email yang tadi sudah didaftarkan…nanti secara otomatis, foto profil kamu akan muncul.

  34. OK’s banget…
    Trims ya buat tipsnya.

  35. […] baru studentsite bias dilihat disini. Tips dan Trik penulisan artikel di WartaWarga bisa dilihat disini. Mengapa ada Mata Kuliah softskill dapat dilihat disini dan softskill vs hardskill dapat dilihat […]

  36. […] 4. Tips dan Trik Penulisan Artikel di Wartawarga: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/tips-dan-trik-penulisan-artikel/ 5. Mengapa ada MK adaptif “softskills”: […]

  37. smangat gan ^^

  38. Tampilan visual wordpress saya hilang, kenapa bisa begitu dan bagaimana agar bisa tampil lagi? Yang tampil cuma mode HTML, jadi kerepotan nih, cos masih nyubie… Trims

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image