dampak internet bagi kehidupan manusia

DAMPAK TEKNOLOGI INTERNET PADA KEHIDUPAN MANUSIA DAN PENGELOLAAN INSTITUSI PENDIDIKAN PSIKOLOGI

Oleh : Jamaludin Ancok

Ada beberapa dampak yang diakibatkan oleh marak teknologi internet di kalangan masyarakat. Namun, satu hal saja yang dapat dibahas dalam tulisan ini. Tidak lain agar mampu menjelaskan lebih khusus dan lebih mudah dipahami. Menurut Jamaludin Ancok bahwa salah satu dampak negatif yang dapat dirasakan pada masyarakat sekarang ini dan sangat berbahaya untuk perkembangan psikologis pada anak – anak serta para remaja..

Banyak fenomena psikologis yang muncul akibat pesatnya perkembangan teknoligi internet sekarang – sekarang ini tidak hanya dikalangan dewasa atau remaja.
bahkan sudah menjalar pada anak – anak kecil, seperti yang diungkapkan Jamaludin Ancok. „bahwa dalam media internet dapat digunakan uintuki menjalin hubungan, yang disebut pacaran melalui program internet relay chating. Internet dapat pula mengakses gambar – gambar dan film forno. Walaupun film forno dan cerita forno dapat didapat dari berbagai sumber namun kehadiran internet dapat mempermudah perolehan fornografi tersebut“.

hal ini sangat memberi pengaruh negatif, sebagian masyarakat tidak asing lagi dengan media elektronik berupa komputer, laptop dan hp. Dimana masyarakat tersebut dapat mengaplikasikan internet melalui media tersebut. Tidak heran karena pengaruh zaman yang semakin modern menuntut orang tua untuk menyediakan sarana alat komunikasi tersebut anak-anaknya. Teknologi internet yang dipikirkan oleh mereka dapat membantu anak-anaknya memiliki pola pikir yang maju dan pengetahuan yang luas ternyata dirusak moralnya dengan adanya situs-situs fornografi melalui internet.

Ada beberapa stasiun televisi menayangkan tingginya tingkat pelecehan seksual, aborsi dan hubungan seks bebas di kalangan remaja. Tidak hanya itu sekarang sekarangt anak kecil sudah mengetahui dunia orang dewasa melalui tayangan fornografi melalui internet. Hal tersebut sangat mencemaskan para orang tua, perkembangan seksualitas yang muncul sebelum waktunya. Pola piker anak-anak yang seharusnya bermain harus berganti menjadi cara bergaul orang-orang yang usianya jauh diatas mereka.

Rasa ingin tahu para remaja dan anak – anak tentang ilmu seksualitas yang mungkin belum mereka dapatkan dilingkungan rumah atau sekolah. Namun mereka dapat mengetahui secara jelas dan nyata melalui media gerak yang sebelumnya hanya mendengar tanpa tahu hal yang seperti apa, bisa didapatkan dengan mudah melalui internet yang bisa diakses tanpa ada orang lain yang tahu. Hal tersebut dapat memicu keterangsangan seksual anak – anak atau remaja untuk melakukan hubungan intim. Ini tidah hanya sebagai “ isapan jempol” tetapi banyak kejadian para remaja dan anak-anak pernah melakukan hubungan intim. Dan beberapa darai mereka mengatakan bahwa “ mereka melakukan hal tersebut karena sering menonton tayangan fornografi” yang salah satu cara mendapatnya adalah melalui media internet

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 9.7/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
dampak internet bagi kehidupan manusia, 9.7 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image