[Info] Siaga Gempa Jawa Timur 8,8 Skala Richter

Jawa Timur Siaga Gempa 8,8 Skala Richter

Gubernur Jawa Timur Soekarwo minta pada seluruh kabupaten/kota di Jatim melakukan siaga bencana melalui early warning system atau sistem peringatan dini. Sebab menurut peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jawa Timur bagian selatan memiliki potensi gempa karena berada dalam patahan Samudera Indonesia.

“Saya minta seluruh kabupaten/kota di Jatim, khususnya di wilayah selatan agar melakukan antisipasi gempa melalui sistem peringatan dini. Antisipasi itu bisa dilakukan dengan menyiapkan masyarakat melakukan langkah-langkah darurat jika terjadi gempa,” kata Soekarwo Senin 5 Oktober 2009.

Terkait itu, dibeberapa daerah di Jatim sudah melakukan itu. Misalnya di Lumajang, khususnya daerah pesisir selatan Jatim.

Sistem peringatan dini tidak harus berupa alat yang canggih. “Masyarakat bisa dilatih menggunakan kentongan sebagai sistem peringatan dini. Agar mereka mengetahui kalau ada bahaya gempa dan harus segera mengungsi.”

Lebih jauh dikatakan, pesisir selatan Jatim dan Bali masuk dalam zona bahaya gempa yang berpotensi tsunami. Sebab di wilayah selatan Jatim terdapat patahan panjang mulai dari Sumatera. Bahkan salah satu pakar geologi dari LIPI, Danny Hilman Natawidjaja, mengatakan bahwa terjadinya gempa di Aceh dan Sumatera Utara pada 26 Desember 2004, gempa Jogyakarta pada 27 Mei 2006 dan Gempa Padang yang terjadi pada 30 Septenber 2009 kemarin, memicu patahan di Samudera Indonesia.

Adanya patahan itu diperkirakan bakal terjadi gempa dahsyat berkekuatan lebih dari 8 Skala Richter yang berpotensi Tsunami. Prediksi itu beralasan, dari penelitian Prof Kerry Sieh dari Nanyang Technology University (NTU) Singapura, memiliki catatan gempa dan patahan yang terjadi di selatan Jawa selama 12 tahun. Jika tekanan terhadap patahan semakin tinggi, bisa jadi memicu gempa yang mencapai 8,8 SR.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi UGers semua. :D

visit my Blog : http://blackantzz.blogspot.com

There Are 71 Responses So Far. »

  1. wah2 serem parah 8,8sr wow -0-

  2. ak d jatiimm oyy !
    daerah jmber kena ga ??
    ya allohh !!!

    T.T

  3. bukankah gempa tidak bisa diprediksi di awal ? saya rasa agak berlebihan memastikan akan terjadi 8.8 SR tanpa dasar yang jelas.

  4. Saya lebih setuju dgn pendapat para pakar geologi, bahwa gempa tidak dapat dipastikan kapan dan dimana lokasi terjadinya, hanya kekuatan dan akumulasinya bisa diperhitungkan.

  5. Walah….jangan sampe!
    Takut nih…
    besok ulangan…gak lengkap la an..

  6. Astghfirulloh!

  7. ya ALLAH Lindungi lah seluruh hamba hamba mu yg berada di jawa timur.,.,

  8. ya TUHAN, ampunilah segala dosa dan pelanggaran kami… seandainya gempa benar akan terjadi, biarlah kami serahkan seluruh hidup dan mati kami hanya ke dalam tangan pengasihan-Mu saja… AMIN

  9. beneran nggak bahwa isu gempa terjadinya malem ini (jam 12.00 wib/7/10/09)???????????

  10. maksud saya jam 24.00……

  11. bukanx kekuatan gempa bru bsa di ukur setelah terjadinya gempa…..

    saya rasa dgn menyebutkan akan terjadi gempa 8,8 SR akan membuat smuanya menjadi panik…

  12. saya hanya pasrah dengan apa yang terjadi seandainya terjadi-terjadilah

  13. saya setuju dengan uche prediksi tanpa didasari bukti kurang meyakinkan!!!!!!!!!!!!!

  14. http://www.bmg.go.id/depan_isu_gempa.bmkg

  15. ya Alloh lindungi kami semua,hindarkan kami dari bencana.
    dan semoga pakar geologi salah memprediksi,amien.skala 8,8 sangat mengerikan!!!!

  16. takut….jgn gt ta….koq serem bgt sich…. :(

  17. Ya allah, q yakin padamu. Kau beri apa pun yg baek pda umatmu. Smg d pacitan tdk trjd ap2

  18. Mungkin aja sih bisa di prediksi…kan pertemuan antara lempeng tanah di bumi ini juga udah ada ilmu-nya kan ? so, mungkin aja akibat tubrukan yang terlalu parah antara lempeng, sehingga salah satunya patah and akibatnya gempa deh…

    tapi ya mudah2an gak sampe kejadian gempanya. kasian saudara2 kita yang menderita…huhu…

  19. wah ini bikin anak kos gak bisa tidur…bener gak prediksiya itu…yang bener kalo ngasi informasi…

  20. y allah Lindungi Smua Kluarga ku Yg Ada Di Jatim,Smoga Ini Cman Perkiraan aja ….Amieeeeen

  21. ojok meden-medeni omah q ndek lumajang morotuo ndek gondoruso pasirian

  22. yg pntg siap2 aja…sp tau gmpany bnran jadi dtg..wkwkwk…God Bless All !

  23. JANGAN MENYEBARKAN ISU,YG MEMBUAT PANIK MAS…PREDIKSI,,TEORI,,ANALISA,,,APAPPUN…15 SR PUN BOLEH2 AJA…KEPUTUSAN DITANGAN YANG ALLAH SWT…..KITA BERDOA AJA,,TIDAK ADA LAGI GEMPA DI INDONESIA, PINDAH SAJA GENMPANYA KE ISRAEL !!!!!

  24. ya allah .. semoga hal itu tidak terjadi . aminn ..

  25. Moga2 nggak ada gempa ato bencana apapun juga…

  26. Ya Allah,,bnrkah prediksi itu?
    8,8 itu bsr bgt..
    Bs d blg hampir kiamat.
    Astaughfirullah..
    Mari qt byk berdoa dan smkn mndekatkan diri padanya.

  27. Jangan menyebarkan ISU yg membuat banyak orang panik dan ketakutan…..
    Banyak dosanya tahu….

  28. Sip SAM.. Setuju sm loe..

  29. ya allah Lingdungilah jawa timur dari segala mara bahaya………………

  30. ya prediksi adalah prediksi….semua ditangan Tuhan….mw kejadian or gak….tapi kalo menurut penelitian hal itu mungkin terjadi itu menurut pakar….jadi g da salahnya kita waspada…emmm….kira2 pa yang bisa dilakukan untuk antisipasi…..

  31. ih,,cman isu g sedap thu…

  32. tiwas aq ud sbarin ma tmn2Q..e……..tnyta cman isuuu :(

  33. semoga ga terjadi.. :(

  34. kita emang perlu untuk mengetahui akan ada gempa bumi, tapi kalau dengan menyatakan kekuatan gempa sekian koma sekian rasanya kok berlebihan, yang perlu digaris gawahi adalah masyarakat perlu mewaspadai adanya gempa dan di beri cara untuk mengantisipasinya, sehingga apabila memang terjadi kita bisa meminimalkan korban

  35. Pasrahh aja. .

    Tp bneran gag c?
    Apa cm gosip?

  36. whaattzzzz????
    astaghfirullahal adzim…
    gimana ini???
    semoga keluargaku selamat smuah!!!!
    amienn

  37. belum ada satu teknologi di dunia ini yang bisa memprediksikan gempa bumi secara pasti kapan terjadinya. Kalaupun ada yang mengeluarkan statement bakal ada gempa besar di suatu tempat itu sifatnya hipotesis belaka dan tidak didukung dasar ilmiah yang kuat. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja di daerah yang dikatakan rawan. Tapi bukan berarti bisa ditentukan apakah akan terjadi dalam waktu dekat dan dengan kekuatan sekian. Jadi jangan terpancing isu spt itu…
    Berdasarkan sejarah seismisitas jawa timur, daerah rawan gempa berada di sepanjang samudra hindia di selatan jawa karena merupakan kawasan subduksi pertemuan lempeng indoaustralia dan eurasia yang selalu bergerak rata2 6-7cm/thn. Di kawasan tenggara situbondo ato asembagus juga pernah terjadi gempa besar pada september 2007, diduga merupakan aktifitas patahan backarc thrust yang membentang di utara dari laut timor hingga laut bali. Berdasarkan historis gempa bumi merusak, beberapa gempa bumi besar dan merusak pernah terjadi di jawa timur yang merupakan efek dari aktifitas lempeng2 tersebut. Gempa bumi di kawasan tersebut berdasarkan data BMKG selalu terjadi tiap harinya dengan kekuatan yg bervariasi.
    Jadi isu gempa 8.8SR itu sekali lagi menurut saya sifatnya hipotesis belaka karena gempa sekuat itu berdasarkan teori seismologi, memiliki peluang yang tinggi terjadi di daerah yang disebut seismic gap, yaitu kawasan yang memiliki seismistas lebih rendah dibandingkan daerah sekitarnya, padahal daerah tersebut merupakan kawasan rawan gempa. Meninjau data gempa bumi BMKG di daerah selatan jawa timur, sering terjadi gempabumi berkekuatan kecil hingga menengah, dengan kata lain selatan jawa timur blm dapat dikatakan daerah seismic gap, sehingga peluang terjadinya gempa sekuat itu relatif kecil. Dengan demikian saya sebagai warga jawa timur,mengajak agar masyarakat tidak terpancing isu tersebut. Yang terpenting bagaimana kita mempersiapkan diri menghadapi gempa bumi yang bisa terjadi kapan saja khususnya didaerah rawan tersebut.

  38. Segala sesuatu adalah ketentuan-Nya
    sebagai manusia kita harus selalu berusaha dengan di iringi do’a.
    Semoga Allah melindungi kita semua…. Amiiin

  39. wdch…………………. mas2………..smua kptsn cm di tngn thn……………. n itu nmx syirik……………… dosa tau………!!!

  40. y aLlah.. LindungiLah kami sekeLuarga.. seLamatkan saudara2 kami semua ya allah… semoga kita semua seLamat,,

  41. SAHABAT” KU JANAN PERCAYA ATAS PENELITI LIPI YANG MEMBAWA ISU IDAK MENYENYANGKAN. MAU JADI APA INDONESIA KALAU SEMUA WILAYAH TERKENA GEMPA. TERJADINYA GEMPA ATAU TIDAK HANYA ALLAH YANG MENGIJINKAN!!! TOLONG JANGAN MENAMBAH’ ISU GEMPA JATIM!!!

  42. SAHABAT” KU JANGAN PERCAYA ATAS PENELITI LIPI YANG MEMBAWA ISU IDAK MENYENYANGKAN. MAU JADI APA INDONESIA KALAU SEMUA WILAYAH TERKENA GEMPA. TERJADINYA GEMPA ATAU TIDAK HANYA ALLAH YANG MENGIJINKAN!!! TOLONG JANGAN MENAMBAH’ ISU GEMPA JATIM!!!

  43. Gila………….

    sumpe lu gemPa?????????????

    gendeng gendeng gendeng gendeng………….

    ojo kemeroh ta?????

    ngerti ngerti

    teknologi wis canggih

    tapi yo,,,,,

    sing nentokno kan Allah!!!!!!!

    YO
    TAK
    BERI
    TAU

    POSITIF
    THINKING
    AE

    BERARTI
    KIAMAT
    SUDAH
    DEKAT

    Ndang tobat Wong

    Ojo kok NggOsiiiiiiiiiip ae…

    Nambah nambahi duso

    NEROKO

  44. WE ARE BLESSED BY GOD! AMEN…

  45. 0,0 q msh ngin idup..
    mga JaTim gpp..
    prcy g prcy.. kmbli k Allah SWT.. T.T..
    hmmftt..

  46. heh 9 skala ritcher tuh cuma pernah terjadi sekali waktu jaman dinosaurus dulu…lah nek 8.8 apa ntar kita bisa kembali ke jaman primitif…yo bukan cuma jatim lah seluruh dunia siaga satu…

    kalo bikin berita yang bener mikir….jangan bikin susah orang ajah!!!

  47. jika memang terjadi semoga kita semua di beri ketabahan dan kekuatan mengtahapi bencana alam ini?

    krena semua kembli kepada tuhan yang maha ESA?

  48. please dong jangan menyebarkan isu yang membuat orang panik.gempa berkekuatan 8,8 SR itu besar banget.apa ini mau kiamat ya?ya allah lindungilah warga jawa timur.qt harus banyak2 berdoa mudah – mudahan tidak akan terjadi gempa.

  49. Subhanallah….
    Mungkinkah itu cmua khand trjdi?
    I hope no..
    Ya Allah…Protect me and other my brothers in all of indonesia…I’ll always pray..
    Amien..

  50. Jadi tkut nie.. q dari Lumajang. perbatsan lgsung dngan samudra selatan.. belum lagi klo ada Gunung Semeru.. klo trjadi gempa.. pasti ada longsor.. belum lagi musim hujan memicunya longsor.. Apapun yang terjadi harus siap siaga.. Jgan lengah terhadap apapun, klo prediksi ini kita biarkan, klo dah terjdi psti nyesal!!!!! So SEMANGGATTT. Jgan LENGAHH !

  51. jo ngedahuluin takdir dunkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!

    atut neeeeeeeee…………..

  52. Info ini cukup akurat berhubung merupakan hasil penelitian dari LIPI, saya sudah buka site asli (sumber langsung) LIPI dan memang info ini ada.
    Memang kapan dan dimana akan terjadi gempa tidak pernah bisa di prediksikan, dan hanya kekuatan dan akumulasi kerusakan yang bisa diprediksi.
    Namun jika dilihat dari jalur patahan Samudera Indonesia, memang daerah yang rentan terkena gempa akibat pergeseran petahan tersebut adalah Jawa Timur sebelah selatan, tanpa menyebutkan nama satu tempat, yang pasti ya sepanjang garis pinggir pantai selatan Jawa Timur…..

  53. Saya hanya bisa pasrah ja,karena semua itu hanya ALLAH SWT yang tahu

  54. masak jam gene pak Gub cman diem aja???
    TV ga ada info bro….
    masuk akal ga ya???
    smoga isu doank………………..

  55. waduhh waduh 8,8 sr???ya…qta pasrahinn ma yang datas mdah mdahan g trjdi

  56. wUiH…………

    JnGn AmPe’ d gEmPa dUnK. . .
    TkUt nIeH?????

    yA aLlAh4 jGn AmPe’ d “GEMPA”
    QKuW loMz sIap BeNcANa nIe tRJaDi….

  57. Saya kemarin lihat film ilmiah di keong mas judulnya “force of nature”, menceritakan proses terjadinya gempa : bila satu daerah telah melepaskan ketegangan lempengnya (terjadi gempa) maka ketegangan lempeng akan bergerak ke daerah lain dan akan terlihat secara komputerized oleh pakar gempa ketegangan itu berpindah dan terakumulasi pada suatu daerah tertentu. Saya ibaratkan ada satu ruangan tertutup yg didalamnya penuh sesak dengan orang2. Apabila satu titik terjadi desakan orang yg terlalu kuat dan orang2 ingin bergerak ketempat yg longgar maka dia akan mendesak orang disebelahnya dan terjadi desakan beruntun yg akhirnya akan mengakibatkan akumulasi tekanan yg kuat pada titik yg lain. Kita harus menghargai tiap tetesan keringat para ilmuwan dlm upayanya untuk mencari karakter lempeng dan “perilakunya” toh itupun dlm upayanya untuk menyelamatkan umat manusia dari keganasan gempa bumi dengan jalan mencari teori seabsolut mungkin. Kita hargai mereka dengan cara berterimakasih atas peringatannya dan mendukung sepak terjang mereka untuk lebih tekun mencari teori yg lebih sempurna lagi. Tapi di sisi lain kita tahu mereka juga manusia biasa yg tidak sempurna maka kita berlindung saja kepada Allah YM Kuasa, tetap yakin Allah Maha Pengasih, tiada dapat dibandingkan dengan orang yg paling pengasih sekalipun, jd dibalik gempa ini pasti ada rahasia Allah yg kita tak mampu menjangkaunya, tetap khuznuzon pada Allah, berserah diri padaNya dan sebagai manusia kita harus berikhtiar untuk keselamatan kita jd waspadalah!! pelajari sj apa yg harus kita lakukan bila gempa datang, ajal tak dapat dimajukan atau diundurkan barang sedetikpun jika Dia menghendaki. Gimana Setuju ???

  58. wah…quw d’home ndiri nhuy…or2quw d’sby,sdgkand quw d’kediri…cp tar yg nlongind quh…???jgand dumz ya Allah

  59. Assalamualaikum,…
    sya warga Lumajang yg sedang merantau…
    untuk semua keluargaku dan kawan-kawanku d Lumajang,tidak ada ruginya kita semua waspada terhadap isu gempa ini.Hidup dan mati ada di tangan Allah SWT, tp kita jg diharuskan berikhtiar. Semoga semua berakhir indah….amin.

  60. Sy tinggal di Kota Malang nih..
    Smoga Allah slalu melindungi Indonesia umumnya
    Kota Malang dan skitar khususnya…

  61. Subhanallah Hal Adzim*………..
    sEmoGa sEmua tdk akn pRnh tErjadiAmien…
    Kita akn trs berusaha,,melindungi diri sendri dan seluruh warga Negara Indonesia,,,kHususya dP.JAWA …..
    AMIEN…
    GOD BLESS INDONESIA!!!!!!!!!!!!!

  62. emang sih, ini kan cuma info. kalo emang ga terjadi , sangat sangat lah kita bersyukur, tapi jika ini akan terjadi, apa salahnya kita mempelajari bagaimana cara untuk kembali bersujud padaNya. tapi entahlah, perkumpulan Kiyai yang membahas alam (lupa namanya, tapi kaya tim rukyat gitu) emang sudah meramalkan ada gemapa diatas 8 SR, tapi entah lah dimana dan kapan, bagaimana kalo kita ga usah mikirin tempat , dan kapa, serta gedenya gempa. ga ada yang pernah tau maut kita di gempa atau dengan keselek makanan.

  63. ya,,,qta bdoa ja dweh….

  64. nakut2n ja nie……….

  65. gempa salah satu bencana yang mengerikan, banyak berdo’a saja..semoga tidak terjadi hal2 yang tidak di ingin kan. walau itu harus terjadi mungkin kehendak yang maha kuasa…sebagai manusia kita hanya bisa berdo’a dan berusaha tabah menerima segala ujian tuhan…

  66. subhanallah semua musibah hanya kehendak Allah, bagi org beriman knapa takut?

  67. yupz…saya setuju sama pendapat chipling, kalo kita selalu menyerahkan segalal sesuatu pada tuhan dan selalu bertakwa kapada-Nya kenapa harus takut ?

  68. TERIMA KASIH UNTUK SAUDARA-SAUDARAKU YANG TELAH MEMBERIKAN KOMENTARNYA TENTANG GEMPA,SEMAKIN BANYAK UNEG2 YG KELUAR MAKA SEMAKIN TENANG JIWA KITA, INSYAALLAH SEMUA UMAT MANUSIA UDAH ADA JALAN MASING2 JANGAN KHAWATIR.ALLAH DEKAT SEKALI DENGAN KITA, “SAMPAIKANLAH DOA PADAKU MAKA AKAN AKU KABULKAN,” ITU JANJI ALLAH PADA KITA.

  69. buset. . .
    serem amat.tinggal nunggu 2012 dah .
    wktunya ngoreksi diri msing2 !

  70. ASyIK..bisa tenggelam ke dasar laut..

  71. ikt berduka.. smoga cpt berlalu..

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image