Perkembangan Hard Disk dalam Dunia Teknologi Informasi

A. Pengertian Hard Disk

Hard Disk merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer.  Hard Disk mempunyai nama lain yang secara umum disebut Recording Media, yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi.  Data yang tersimpan di dalam Hard Disk akan disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar, kemudian data tersebut akan disimpan di dalam lingkaran konsentris yang disebut track.  Setiap track tersebut akan dibagi menjadi beberapa segment yang dikenal sebagai sector, untuk mencari sector – sector tertentu digunakanlah head yang berada di setiap piringan, head inilah yang kemudian akan mencari sector yang diinginkan.  Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track.  Jangka waktu yang digunakan untuk mencari track ini dinamakan latency, sedangkan waktu yang digunakan untuk mencari sector disebut seek time.

B. Sejarah Hard Disk Drive atau HDD

Hard Disk pertama kali dibuat pada tahun 1956 oleh perusahaan IBM yang kemudian disebut sebagai Hard Disk Drive generasi pertama.  Reynold Johnson merupakan orang pertama yang berhasil menemukan dan menciptakan HDD pertama yang diberi label RAMAC 305 yang memiliki kapasitas sebesar 5 Mega Byte atau 5.000.000 Byte dan memiliki ukuran 24 inch yang pengaksesannya menggunakan single head.

Kemudian pada tahun 1961 IBM mengembangkan kembali Hard Disk dengan menggunakan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya, yang kemudian disebut juga sebagai Disk Storage Unit Control System Meganical International System.

Setelah perkembangan yang begitu pesat, Hard Disk Drive atau HDD masih terus dikembangkan oleh IBM dan menghasilkan IBM 3340, yaitu HDD pertama yang menggunakan Sealed Head atau Disk Assembly (HDA), yang dikembangkan pada tahun 1973 oleh Kenneth Haughton.

Sebelum tahun 1980-an, kebanyakan HDD memiliki ukuran 8 inch atau 14 inch, sehingga membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan HDD tersebut.  Kemudian pada tahun 1980, sebuah perusahaan komputer yaitu Seagate Technology mengenalkan HDD pertama yang memiliki ukuran 5,25 inch dengan kapasitas 5 Mega Byte yang diberi nama ST-506.

C. Karakteristik Perkembangan Hard Disk

Perkembangan Hard Disk Drive atau HDD dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut :

1. Kerapatan Data merupakan ukuran teknologi bahan yang akan digunakan untuk mengukur seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satuan persegi.  Pada awalnya bahan yang digunakan untuk media penyimpan adalah Iron Oxide, tetapi sekarang banyak yang menggunakan media Thin Film sebagai media penyimpan, karena media ini lebih banyak menyimpan data dari pada Iron Oxide pada luasan yang sama dan sifatnya yang lebih awet.

2. Struktur Head Baca atau Tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik.  Head akan memproses data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik.  Teknologi Head yang paling kuno adalah Ferrite Head yang terbuat dari inti besi berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis.  Teknologi ini diperkenalkan pada Hard Disk Seagate ST-251 dan biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas kurang dari 50 MB.  Adapun penyempurnaan dari Ferrite Head adalah Metal-In-Gap (MIG), yang biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas 50 MB sampai 100 MB.  Metal-In-Gap ini pun kembali dikembangkan menjadi Thin Film (TF) Heads yang dibuat dengan proses Photolothografi seperti yang digunakan dalam pembuatan Processor.  Head jenis Thin Film biasa diimplementasikan pada  Hard Disk ukuran 1 GB sampai dengan 30 GB.  Kemudian peneliti dari Eropa yaitu Peter Gruenberg dan Albert Fert mengembangkan teknologi Head ini menjadi Giant Magnetoresistive (GMR) Heads yang kemudian biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas berukuran besar seperti 75 GB yang memiliki kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 GBits/in2.

3. Kecepatan Putar Disk pada awalnya hanya sekitar 3600 RPM. Dengan semakin berkembangnya Hard Disk maka kecepatannya pun ditingkatkan menjadi 4500 RPM sampai 5400 RPM. Karena kebutuhan media penyimpan lebih tinggi maka kecepatan disk pun ditingkatkan menjadi 7200 RPM yang biasa digunakan pada Hard Disk SCSI (Small Computer Standart Interface).

4. Kapasitas Hard Disk saat ini memang sangat besar, hingga mencapai ratusan Giga Byte, hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik dan kerapatan data yang semakin tinggi.  Teknologi Hard Disk dari perusahaan Western Digital saat ini telah mampu membuat Hard Disk berkapasitas 200 GB dengan kecepatan 7200 RPM, sedangkan Maxtor sudah berhasil membuat Hard Disk yang memiliki kapasitas 300 GB dengan kecepatan 5400 RPM dan dinamai dengan nama Maxtor Maxline-II

Hard Disk generasi baru atau modern pada jaman ini, memiliki kapasitas yang sangat besar, kapasitasnya bisa mencapai 200.000 kali lipat dibandingkan Hard Disk pertama, kapasitasnya pun bukan hanya mencapai Mega Bites lagi, tapi Giga Bites bahkan Terra Bites.

Nama/NPM : Rudi Setiawan/25209065

Nama/NPM : A. Rauf

Kelas : 1EB09

VN:D [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Perkembangan Hard Disk dalam Dunia Teknologi Informasi, 7.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image