[STOP PRESS] Semoga menjadi bahan pembelajaran dan tidak terulang lagi

Pada tanggal 16 Oktober 2009 redaksi Wartawarga menerima komplain dari Ibu Merry Magdalena atas nama pengelola www.netsains.com. Isinya berkaitan dengan tulisan dari seorang UG-er di Wartawarga yang menyalin kembali artikel di situs tersebut tanpa menyebutkan sumbernya. Tulisan tersebut merupakan karya tulis Prof. Andrianto Handojo dari ITB yang dipublikasi di situs www.netsains.com.


Redaksi Wartawarga sudah memberikan klarifikasi melalui email dan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Semoga kejadian ini menjadi bahan pembelajaran buat kita semua, dengan harapan kejadian tersebut adalah yang terakhir. Untuk itu, redaksi Wartawarga memohon perhatian dan kepedulian semua kontributor Wartawarga untuk menghormati Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dari individu atau instansi lain. Marilah kita saling mengingatkan sesama UG-er untuk selalu menjaga etika dan budaya ilmiah, termasuk menjunjung tinggi HaKI.

Semoga Wartawarga menjadi lebih baik di masa yang akan datang, terima kasih.

Postingan terkait:

  1. Sekilas tentang Wartawarga
  2. Himbauan kepada Kontributor Wartawarga
  3. Evaluasi 1000 postingan
  4. Tips dan Trik Penulisan Artikel

There Are 31 Responses So Far. »

  1. Menulis & jurnalisme harus masuk kurikulum nie……biar gak ada plagit, soalnya anak UG tuh berbakat dalam ide, tapi sayang pengetahuan tentang menulis artikelnya jelek.

  2. Hayo, bagi yang suka copas trus masukin kesini, tolong diperhatiin. Pake tata krama nya. kalo mau copas, masukin web asalnya.

    Kenapa ga pada bikin sendiri ya, tulisan sendiri tuh lebih afdol deh kalo disini.. hehe

    ohya, kalo mau curhat jangan disini, mentang-mentang mau masuk ke top poster, masukin berita dari kompa*, atau dari tempat lain kesini, kalo mau begitu di kaskus aje,, hehe..

  3. setuju sama orang2 di atas saya.

    bukannya memang sudah aturannya wartawarga tidak boleh meng-copy and paste dari link luar? setau saya, wartawarga berisikan artikel yg original bukan disalin dari luar karena semua post yang ditulis di wartawarga akan menjadi portfolio tulisan (masa portfolio salinan dari website luar?)

    Oia, sebenarnya mudah sekali untuk mendeteksi artikel itu copy and paste atau bukan. kalo mau tau caranya, baca artikel saya :
    http://www.creativebrain.web.id/media.php?action=readnews&id=77&title=Cara%20Mudah%20Mendeteksi%20Artikel%20yang%20Copy%20and%20Paste%20di%20Internet

  4. kira-kira bisa tau gk tulisannya kaya gimana..!!!
    takut punya saya yang kena neh..

    kasih tau link nya deh..!!

    ..mkasih..

  5. @semua yang baca, kalau bisa, tulisan yang kalian post di sini, jangan yang sudah ada di website lain. Biar lebih terasa ke-orisinilan-nya… ;)

  6. hayo…hayo!!

    ketangkep deh…

  7. Untung aja tulisan saya bersumber dari buku (yang sudah sedikit diedit tentunya) dan opini atau pengalaman sendiri, fuhh aman :)
    Hidup kreatifitas!!!

  8. kalo yang ketauan copas, disunat aja post-nya
    hahaha… :D

  9. emang kalo orang indonesia yang kurang baek ya kaya gitu bisanya cuma copy-paste

  10. Gak semuanya copas itu merugikan, kalo tulisan hasil copas dari sumber lain tetapi sangant bermanfaat buat kita knapa nggak? ya asal yg copasnya itu tw diri juga ya disebutkan gitu sumbernya jangan jadi hak milik.. :)

  11. untung ga untung buat pembaca itu tergantung.. tapi buat yg bikin itu tulisan pertama kali ya pasti mutung..

    klo emang males minta ijin buat yg udah nulis min. di kopas lagi halaman web atau sumber tulisan tersebut. jangan cuman rajin kopas tulisannya ajah

  12. setahu aku d sini ga boleh copas
    coba liat d about, poin 3:
    Tulisan tersebut harus merupakan karya orisinal dari mahasiswa. Jika ada kutipan atau rujukan dalam tulisan tersebut, harus disebutkan sumbernya. Intinya tulisan tersebut harus mengindahkan etika ilmiah, menghormati Hak atas Kekayaan Ilmiah (HaKI) dari orang lain atau bukan merupakan “Plagiarisme”.

    dtulis di situ “Jika ada kutipan atau rujukan dalam tulisan tersebut, harus disebutkan sumbernya.” kutipan itu tidak sama dengan salinan atau copas.

  13. ayo smuanya tunjukan pada dunia bahwa kita itu bisa. apalagi 5 hari lagi kita merayakan hari sumpah pemuda. jadi bt kawan-kawan yang berjiwa muda semangat untuk membangun cita-cita kita.

  14. Pak admin misalnya ada UG-er yang ngutip dari tulisan orang lain, langsung di hapus aja tulisannya. lalu kirim email ke UG-er untuk di peringatkan

  15. saling sadar-menyadarkan aja..jangan saling salah-menyalahkan
    kalo mau copas mending maen di forum jangan di warta warga..
    kalo cuma sekedar mau sharing pengetahuan sih
    langsung aja urlnya..

    cmiiw

  16. wah kurang kreatif tuh UG-er yang satu itu.
    saya sampai sekarang belom posting apapun di warta warga, karena saya bingung mau ambil topik yang bagus buat di para UG-er..
    semoga aja gak terulang hal seperti itu lagi
    .amien.

  17. hhahaha
    Kalo Gw ma Selalua buat tulisan sendiri… kan itu yang nama-nya blog….
    kalo copas ma bukan blog…
    iya gag???

  18. bodong ahh mana SOFT SKIILL NYA

  19. memang seharusnya kalau menulis di warta warga itu harus murni tulisan sendiri, kalau menurut saya, para UG-er yang seperti itu harus ditegur secara halus, misalnya dikirim email oleh redaksi ke studentsite yang bersangkutan, yang namanya salah itu wajar, kalau salahnya hanya beberapa kali, kalau salahnya terus-terusan sih tegur secara nilai aja, paling juga pada nurut.

  20. netsains harusnya biasa aja, detik atau kompas aja yang sering di copas in di kaskus aja no problemo emang itu udah jadi resiko

    sikap pengelola netsains.com seolah dia orang baru di dunia maya

    fuh..

  21. __REEELAX__
    “kita masih dlm proses belajar”

  22. Bagaimana jka tulisan kita yg kena imbasnya ditempat lain??apakah Warta Warga juga akan komplain di tempat tulisan kita yang di plagiat??
    apakah tulisan kita yang masuk warta warga sudah di lisensi oleh warta warga selain masuk ke dalam fortofolio??

  23. pemahaman dan sosialisasi tentang pembuatan artikel belum sampai ke mahasiswa,jadi wajar aja kalau asal copas karena hanya mengejar postingan semata dan nilai yang dijanjikan,karena pihak universitas membutuhkan banyak peran dan partisipasi untuk membuat link dan atktivitas mahasiswa dalam penggunaan web 2.0 dan internet pada umumnya.

    halus kata memang perlu persiapan matang dalam sosialisasi,jangan asal beri hak akses ke wartawarga dalam hal posting artikel baru untuk ke depannya.

  24. yaaaa wajar lah…

    namanya jugaa Mahasiswa…

    mohon maklum….

  25. gak kreatip,,,
    ga ada ide ga usah posting,,,,,
    NGAMBANG,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  26. kalaupun mengutip alangkah baiknya jika sudah izin dahulu ke penulis aslinya. tp lebih baik lagi klo tulisannya hasil karya sendiri

  27. kasih tau donk tulisannya yang mana… biar orang tersebut tau, dan tidak melakukannya lagii… klo di terka-terka ya gk akan sadar kaliii….

  28. YANG PADA intinya KALAU NGGAKPUNYAIDEMENDING NGGAKUSAH POSTING TULISAN DI WARTA WARGA YAaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  29. buat admin…
    tolong dibuatkan list user, yang telah melakukan pelanggaran; copy paste, plagiat, posting yang tidak di potong, dll…

    agar kedepannya tehnik penulisan blog menjadi lebih baik, dan tidak sekedar menggugurkan kewajiban menulis blog.

    trims

  30. saling menghargai ya..
    salam kenal dari Karawang :)

  31. Kunjungan perdana dulu…salam kenal deh

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image