BADAN USAHA

BADAN USAHA

Pengertian Badan Usaha
Badan usaha merupakan lembaga yang memberi paying hokum pada perusahaan yang menjalankan usaha untuk menghasilkan barang dan jasa. Dengan demikian badan usaha adalah satu kesatuan yuridis (hokum) dan ekonomis tempat pengusaha mengelola faktor-faktor produksi untuk mendapat keuntungan.

Jenis-Jenis Badan Usaha

1. Jenis-Jenis Badan Usaha Berdasarkan Kegiatan yang Dilakukan
a. Badan Usaha Agraris
Badan usaha agraris berproduksi membudidayakan alam untuk mengolah barang tertentu sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kegiatannya meliputi pengolahan bahan,menyemat bibit, pertenakan, dan perikanan darat. Contoh: PT. Perkebunan Negara dan Badan Usaha Tambak.

b. Badan Usaha Ekstraktif
Badan usaha ekstraktif bergerak dalam mengolah dan mengambil apa yang dihasilkan oleh sumber daya alam sehinnga dapat memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adlah PT Kertas Kraft Aceh, PT Garam, PT Perikan, dan sebagainya.

c. Badan Usaha Industri
Badan usaha industri berusaha meningkatkan nilai ekonomi statu barang yang meliputi pengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi yang Siap dikonsumsi. Contoh badan usaha industri adalah PT Kimia Farma, dan PT Pusri.

d. Badan Usaha Perdagangan
Badan usaha perdagangan melakukan aktivitas pembelian dan penjualan suatu barang tanpa mengubah bentuknya dengan maksud untuk dijual kembali pada pihak lain. Tujuannya adalah untuk mencari keuntungan. Contoh: PT Sarinah dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia.

e. Badan Usaha Jasa
Badan usaha jasa aktivitasnya yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Perusahaan ini dapat berbentuk finansial, yang kegiatannya menyalurkan dana kepada masyarakat dan mengumpulkan dana dari masyarakat yang lain. Perusahaan yang berbentuk bukan finansial, yaitu memberi pelayanan di luar lalu lintas dana.

2. Jenis-Jenis Badan Usaha Berdasarkan Kepemilikan Modal
a. Badan Usaha Milik Negara
Bdan usaha milik negara adalah perusahaan yang modalnya dimiliki negara atau pemerintah. Pada umumnya badan usaha ini membidangi kegiatan yang menguasai hajat hidup orang banyak dan memberi pelayanan kepada masyarakat. Contoh: PT Pertamina, Perum Penggadaian, Perum Damri, dan sebagainya.

b. Badan Usaha Milik Swasta
Badan usaha milik swasta adalah preusan yang modalnya dimiliki oleh swasta. Contoh: PT Gramedia, PT Matahari, dan PT Bank Mega.

c. Koperasi
Dalam UU Perkoperasian No.25 Tahun 1992 pasal 1, koperasi diartiakn sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi yang melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi. Modal koperasi berasal dari anggotanya. Contoh koperasi yaitu koperasi Pegawai Negeri, koperasi Nelayan, dan koperasi Simpan Pinjam.

d. Badan Usaha Campuran
Badan usaha campuran adalah badan usaha yang kepemilikan modalnya dimiliki oleh negara dan pihak swasta. Pembagian hasil keuntungan berdasarkan besarnya modal yang ditanamkan. Contoh: PT Pembangunan Jaya, kepemilikan modalnya adalah Pemda DKI dan pihak swasta.

3. Jenis-Jenis Badan Usaha Berdasarkan Wilayah Negara
a. Badan Usaha Penanaman Modal Sendiri
Kepemilikan modalnya adalah masyarakat negara itu sendiri. Penanaman modal dalam negeri ini sangat membantu pemerintah dalam pembiayaan pembangunan. Contohnya adalah badan usaha yang dimiliki pihak swasta Indonesia.

b. Badan Usaha Penanaman Modal Asing
Kepemilikan modalnya adalah masyarakat luar negeri yang kegiatan usahanya di Indonesia.Tujuan diizinkannya penanaman modal asing oleh pemerintah adalah untuk membuka kesempatan kerja, mempercepat alih teknologi, dan meningkatkan ekspor. Contohnya: PT Standart Chartered Bank, dan sebagainya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.1/10 (9 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
BADAN USAHA, 5.1 out of 10 based on 9 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image