contoh penulisan ilmiah

PENULISAN ILMIAH

APLIKASI BOM ( BOX OF MUSIC ) DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

ABSTRAKSI

Aplikasi BOM ( Box Of Music ) Dengan Menggunakan VISUAL BASIC 6.0
PROPRESS, Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2008
Kata Kunci : Aplikasi, BOM, Visual Basic 6.0

( vii + 21 + Lampiran )

Perkembangan komputer saat ini sudah semakin pesat, hampir semua bidang pekerjaan menerapkan sistem komputerisasi dalam melakukan pekerjaannya sehari – hari. Pasti dalam mengerjakan apa – apa dalam komputer membutuhkan hiburan, salah satu hiburan yang dapat dinikamati disela – sela kesibukan bekerja adalah dengan mendengarkan musik melalui media pemutar musik.
Untuk itu penulis ingin membuat sebuah aplikasi media pemutar musik walaupun tidak secanggih dan selengkap media – media yang sudah ada sekarang, tapi merupakan aplikasi yang original. Dan penulis membuat media aplikasi pemutar musik BOM ( Box Of Music ).
Dalam penulisan ini penulis menawarkan penggunaan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 untuk aplikasinya.

Daftar Pustaka ( 1999 – 2000 )

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penulisan proyek presentasi ini dengan baik dan tepat waktu.
Penulisan proyek presentasi dengan judul “ BOM ( Box Of Music ) ” adapun maksud penyusunan penulisamn proyek presentasi ini untuk memenuhi salah satu persayaratan dalam menjalankan tugas praktikum laboratorium universitas gunadarma.
Keberhasilan penulis dalam menyelesaikan penulisan proyek prensentasi ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak diantaranya :

1. Kedua Orang Tua, yang telah mensuport demi kelancaran aplikasi penulis
2. Bpk. Setiawan, yang telah menyumbang saran tentang aplikasi penulis
3. Teman – teman yang telah membantu bertukar pikiran dengan penulis.

Akhirnya penulis berharap semoga penulisan proyek presentasi ini memberikan manfaat dan masukan ataupun sebagai referensi bagi yang memerlukannya. Dan masih banayak terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat penulis harapkan demi kelengkapan dan kesempurnaan penulisan proyek presentasi. Penulis juga mohon maaf apabila dalam penulisan dan selama penulisan menyinggung pihak – pihak tertentu.

Jakarta, 21 Januari 2009

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………. i
ABSTRAKSI ……………………………………………………………………….. ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….. iv
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………………..vi
DAFTAR TABEL …………………………………………………………………..vii
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………………. viii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………….….……. 1
1.1 Latar Belakang Masalah …………………………………….. 1
1.2 Ruang Lingkup ……………………………………………… 1
1.3 Tujuan Penulisan ……………………………………………. 2
1.4 Metode Penelitian …………………………………………… 2
1.5 Sistematika Penulisan ……………………………………….. 2
BAB II PERANCANGAN PROGRAM …………………………………….. 4
2.1 Perancangan Storyboard …………………………………….. 4
2.2 Logika Program dan Alur Flowchart ……………………….. 6
2.3 Perancangan Navigasi ………………………………………. 7
2.4 Perancangan DataBase ……………………………………… 8
2.5 Landasan Teori …………………………………………….. 10
2.5.1 Sejarah Visual Basic 6.0 …………………… 10
2.5.2 Tool Pada Visual Basic 6.0 ………………… 11

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN PROGRAM …………………… 14
3.1 Penjelasan Output Program …………………………………. 14
3.1.1 Konsistensi ( Penggunaan Warna ) ………… 14
3.1.2 Estetika Warna ……………………………… 14
3.1.3 Estetika Font ……………………………….. 14
3.1.4 Penggunaan Menu Dialog ………………….. 15
3.1.5 Penggunaan Navigasi ………………………. 15
3.1.6 Keterhubungan Setiap Tombol …………….. 15
3.1.7 Pencegahan Kesalahan ……………………… 15
3.1.8 Dialog Penutup …………………………….. 15
3.2 Kegunaan Program ………………………………………… 16
3.2.1 Fasilitas yang ada pada BOM ……………… 17
3.3 Pembahasan Program ………………………………………. 18
3.3.1 Tampilan Utama ……………………………. 18
3.3.2 Tabel Properties ……………………………. 19
BAB IV PENUTUP …………………………………………………………. 21
4.1 Kesimpulan …………………………………………………. 21
4.2 Saran ……………………………………………………….. 21
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………. 22
LAMPIRAN LISTING PROGRAM ……………………………………………… L-1
LAMPIRAN OUTPUT PROGRAM …………………………………………….. L-2

DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 2.1 Rancangan Menu Utama ……………………………………………. 5
Gambar 2.2 Rancangan Flowchart ………………………………………………. 6
Gambar 2.3 Rancangan Navigasi ………………………………………………… 7
Gambar 2.4 Rancangan DataBase ERD …………………………………………. 8
Gambar 2.5 Rancangan DataBase DFD …………………………………………. 9
Gambar 2.6 Tampilan Visual Basic 6.0 …………………………………………. 12
Gambar 3.1 Penjelasan Output ……………………………………………………16 Gambar 3.2 Tampilan Utama ……………………………………………………..18

DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 3.1 Tabel Properties Visual Basic ……………..……………………… 20

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman
Lampiran 1 Listing Program ………………………………………………….. L-1
Lampiran 2 Output Program ………………………………………………….. L-2

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Di masa yang semakin berkembang ini setiap orang membutuhkan hiburan, salah satu hiburan yang dapat dinikamati disela – sela kesibukan bekerja adalah dengan mendengarkan musik melalui media pemutar musik yang dapat dengan mudah dipasang pada komputer anda. Sayangnya media – media pemutar musik tersebut didapat melalui software – software yang tidak asli alias bajakan. Oleh karena itu penulis ingin membuat sebuah aplikasi media pemutar musik walaupun tidak secanggih dan selengkap media – media yang sudah ada sekarang tapi merupakan aplikasi yang original dan penulis membuat media aplikasi pemutar musik ini dengan nama BOM ( Box Of Music ), dengan menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam melakukan pembuatan proyek penulis yang didalamnya terdapat sebuah kotak, gambar, dan berupa lagu. Penulis membatasi hanya mengenai berupa musik saja. Dan mengunakan perangkat lunak Visual Basic 6.0.

1.3 Tujuan Penulisan
Ada pun tujuan dari tema yang penulis ambil yaitu tentang BOM ( Box Of Music ), di harapkan agar masyarakat menerima aplikasi penulis sebagai media untuk mendengarkan musik.

1.4 Metode Penelitian
Dalam pembuatan proyek, penulis akan mengumpulkan data – data yang penulis perlukan untuk membuat aplikasi penulis. Dengan cara mendownload atau dengan cara lainnya seperti bertanya.

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika pembuatan proyek penulis ini dari masing-masing bab agar diperoleh gambaran secara keseluruhan mengenai pembuatan proyek dan dibagi ke dalam 4 ( empat ) bab diantaranya :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada Bab ini dibahas mengenai Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan Penulisan, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dalam pembuatan proyek penulis.
BAB II : PERANCANGAN PROGRAM
Pada Bab ini berisikan tentang Landasan perancangan program yang akan penulis buat dan terutama teknik – teknik perancangan yang sesuai dengan yang diajarkan dalam perkuliahan.

BAB III : ANALISA DAN PEMBAHASAN PROGRAM
Dalam Bab ini menjelaskan bagaimana output program yang penulis buat yang sesuai dengan yang diajarkan.
BAB IV : PENUTUP
Bab ini bisa terdiri dari kesimpulan dan saran.

BAB II
PERANCANGAN PROGRAM

2.1 Perancangan Storyboard
Salah satu aplikasi yang sangat popular untuk memutar musik adalah Winamp. Maka dari itu penulis akan menjelaskan bagaimana cara membuat proyek winamp :
1. Bukalah proyek baru menggunakan Standart.Exe,
2. Tambahkan beberapa komponen kedalam Toolbox, yaitu melalui menu Project Components, Kemudian aktifkan tanda check box pada komponen :
• Microsoft Commom Dialog Control 6.0,
• Microsoft Multimedia Control 6.0,
• Microsoft Windows Common Control 6.0, dan
• MSWeb DVD 1.0 Type Library.
3. Tambahkan beberapa objek ke dalam form, yaitu Frame, ListView, ProgressBar, Label, MMControl, Timer, dan CommandButton.
4. Kemudian buat form yang akan anda inginkan menurut kreatifitas anda seperti gambar dibawah ini :

Gambar 2.1 Rancangan Menu Utama

Didalam jendela Menu Utama terdapat tombol Play, Pause, Stop, Add, Mute On, ProgresBar, Label Track, Form, Gambar dan tombol keluar.

2.2 Logika Program dan Alur Flowchart
Dalam pembuatan aplikasi ini penulis terlebih dahulu membuat flowchart untuk program yang akan penulis buat, dalam hal ini penulis melakukan pembuatan flowchart agar mudah menentukan langkah – langkah selanjutnya untuk menyelesaikan aplikasi yang penulis buat. Berikut adalah flowchart dari aplikasi BOM ( Box Of Music ).

Ya
Tidak

Gambar 2.2 Rancangan Flowchart

Penjelasan Algoritma :

1. Mulai masuk program,
2. Pilih tombol Add yang ada pada program,
3. Setelah kita klik tombol Add, kita akan memilih lagu yang kita inginkan,
4. Apakah anda ingin pilih lagi,
5. Jika ya maka proses akan dimulai dari awal lagi, jika tidak maka program selesai,
6. Selesai.

2.3 Perancangan Navigasi

Gambar 2.3 Rancangan Navigasi

Penjelasan Algoritma :

1. Dalam menu utama terdapat tombol Mute On, Play, Pause, Stop, Add, Keluar.
2. Tombol Mute On berfungsi untuk memberhentikan suara.
3. Tombol Play berfungsi untuk memainkan lagu.
4. Tombol Pause berfungsi untuk memberhentikan lagu sementara.
5. Tombol Stop berfungsi untuk berhenti lagu.
6. Tombol Add berfungsi untuk mengambil musik pada Windows Explorer.
7. Tombol keluar berfungsi untuk keluar dari aplikasi musik.

2.4 Rancangan Database
2.4.1 ERD ( Entity Relationship Diagram )

1 1

1 1
1 1

Gambar 2.4 Rancangan Database ERD

Penjelasan Algoritma :

1. Jika kita pilih tombol add maka didalam tombol add bisa kita ambil video atau musik tergantung yang kita sukai,
2. Tombol add hanya bisa menampilkan satu track lagu saja,
3. Sedangkan track bisa mengambil satu musik saja,
4. Dan tombol play bisa memainkan satu musik saja.

2.4.2 DFD ( Data Flow Diagram )

menjalankan

meminta mainkan

informasi lagu

Gambar 2.5 Rancangan Database DFD

Penjelasan Algoritma :

1. User meminta lagu kepada system mp3,
2. Kemudian dari system mp3 menginformasikan lagu kepada user,
3. Jika sudah informasi lagu dari user ok,
4. Maka system mp3 akan menjalankan ke tombol play.

2.5 Landasan Teori
2.5.1 Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis GUI ( Graphical User Interface ). Visual Basic merupakan event-driven programming yang berasal dari BASIC, artinya program menunggu sampai adanya respon dari user berupa event atau kejadian tertentu ( tombol diklik, menu dipilih, dll ). Ketika event terdeteksi, event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan oleh user.
Sejarah singkat Visual Basic:
1. Diperkenalkan pertama kali tahun 1991 yaitu program Visual Basic untuk DOS dan untuk Windows.
2. Visual Basic 3.0 dirilis tahun 1993
3. Visual Basic 4.0 dirilis pada akhir 1995 ( tambahan dukungan untuk aplikasi 32 bit )
4. Visual Basic 6.0 dirilis pada akhir 1998
Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu:
1. Standard Edition : merupakan produk dasar
2. Professional Edition : berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine (database) dan pembuatan server OLE automation
3. Enterprise Edition : adalah edisi client server.

Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif. Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain.
2.5.2 Tools Pada Visual Basic 6.0
Memprogram pada pemrograman Visual Basic 6.0 memerlukan beberapa perangkat Bantu ( tool ). Perangkat Bantu itu digunakan untuk melengkapi aplikasi. Form adalah lembar kerja pada pemrograman Visual Basic 6.0 yang digunakan untuk membuat dan menjalankan program. Dibawah ini merupakan tool yang ada pada Visual Basic 6.0.
1. Form
2. Propertise
3. Toolbar
4. Menubar
5. Project

Gambar 2.6 Tampilan Visual Basic 6.0

1 2 3 4 5

Keterangan :
1. Tool Bar : Berisikan File, Edit, View, Project, Format, Debug, dll.
2. Tool Box : Berisikan Command Button, List View, Check Box, dll.
3. Form : Lembar kerja pada Project dalam Visual Basic
4. Propertise : Didalamnya ada beberapa option untuk lembar Form
5. Project : Lembar kerja yang ada didalamnya berupa Form

Command Dialog : Berfungsi untuk memanggil Windows Explorer
MMC : Untuk menjalankan tombol play, pause, stop
Picturebox : Untuk menempatkan gambar pada aplikasi
Label : Untuk memunculkan track lagu
Command Button : Untuk membuat tombol play, pause, add, keluar, dan tombol mute On

BAB III
ANALISA DAN PEMBAHASAN PROGRAM

3.1 Penjelasan Output Program
Dalam bab ini terdiri dari atas 2 bagian yang utama. Yang pertama penulis menerangkan hasil dari perancangan aplikasi yang penulis buat. Yaitu pembahasan setiap aplikasi winamp, yang sesuai dengan yang penulis buat diantaranya :

3.1.1 Konsistensi ( Penggunaan warna )
Dalam hal ini penulis membuat aplikasi winamp, dengan menggunakan warna biru muda dan tombol – tombol yang berada di aplikasi BOM ( Box Of Music) penulis masih menggunakan warna standart.
3.1.2 Estetika warna
Penulis menggunakan warna biru muda dikarenakan warna tersebut tidak telalu terang, dan tidak terlalu mencolok. Jadi tidak terlalu full color .
3.1.3 Estetika font
Bentuk font dalam aplikasi BOM ( Box Of Music ), penulis menggunakan jenis font ( Tulisan ) Lucida Sans Typewriter. Karena jenis tulisan tersebut sangat sesuai dengan aplikasi penulis.

3.1.4 Penggunaan menu dialog
Untuk penggunaan menu dialog pada aplikasi BOM ( Box Of Music ) yaitu Command Button, Frame, ProgressBar, Label, Picture Box dan MMControl. Command Button pada aplikasi penulis meliputi tombol – tombol Play, Pause, Stop, Add, Mute On, dan keluar. Label digunakan pada pembuatan Track lagu.
3.1.5 Penggunaan navigasi
Pada Penggunaan navigasi sangat penting pada aplikasi BOM ( Box Of Music ), karena berfungsi mempermudah pembuatan aplikasi dan program yang penulis butuhkan.
3.1.6 Keterhubungan setiap tombol
Keterhubungan setiap tombol dalam aplikasi sangat penting bagi setiap penulis, karena jika tidak terhubung maka setiap aplikasi mengalami kesalahan atau disebutnya syntax error.
3.1.7 Pencegahan kesalahan
Pencegahan kesalahan terkait dengan keterhubungan setiap tombol. Mengapa terkait pada keterhubungan setiap tombol, karena dalam semua aplikasi harus mempunyai fungsi masing – masing. Dan dijalankan sesuai dengan prosedur.
3.1.8 Dialog penutup
Mudah – mudahan aplikasi yang penulis buat bisa diterima dan dijadikan manfaat oleh masyarakat.

3.2 Kegunaan Program
Yang kedua penjelasan setiap fungsi yang digunakan dalam pembuatan winamp tersebut, yang sesuai dengan teori dan fasilitas yang ada di dalam aplikasi penulis. dibawah ini gambar output penulis yang sudah selesai.

1 2 3 4 5 6 7 8

Gambar 3.1 Penjelasan Output

Penjelasan Output :

1. Label Track : Untuk menampilkan nama lagu yang sedang dijalankan
2. MMControl : Untuk menjalankan lagu dan terdapat beberapa tombol
3. Tombol Play : Untuk memainkan lagu
4. Tombol Mute On : Untuk mengaktifkan maupun tidak suara pada winamp
5. MsWebDVD : Sebuah bentuk sound yang unik
6. Picture : Untuk meletakkan gambar pada winamp
7. Tombol Keluar : Mengexit program winamp
8. Tombol Add : Mencari lagu pada Windows Explorer

3.2.1 Fasilitas yang terdapat pada BOM ( Box Of Music )
Fasilitas yang terdapat pada BOM ( Box Of Music ) yaitu, Tombol Play, Pause, Stop, Add, MuteOn, PictureBox, ProgresBar, dan tombol keluar.

3.3 Pembahasan Program
3.3.1 Tampilan Utama

Gambar 3.2 Tampilan Pertama

Didalam tampilan pertama pada aplikasi, penulis membuat beberapa tombol dan fungsinya dengan menggunakan Label, Command Button, MMC, Image, MsWebDVD. Dibawah ini penjelasan dari tombol – tombol yang ada pada aplikasi penulis dan menjelaskan masing – masing fungsi dari beberapa tombol dari aplikasi penulis.

Penjelasan :
1. Label 1 : Untuk Track lagu atau menampilkan judul lagu
2. MMC : Untuk mengcontrol antara Play, Pause, Stop
3. Button 1 : Tombol Play untuk memainkan lagu
4. Button 2 : Tombol Stop untuk memberhentikan lagu
5. Button 3 : Tombol Pause untuk memberhentikan lagu sementara
6. Button 4 : Tombol Add untuk menampilkan Windows Explorer
7. MsWebDVD : Untuk menampilkan suara pada aplikasi
8. Picture 1 : Untuk menampilkan gambar
9. Button 5 : Untuk tidak menampilkan suara
10. Button 6 : Untuk keluar dari aplikasi

3.3.2 Tabel Properties
Tabel properties ini untuk menentukan apa – apa yang kita butuhkan dalam menggunakan Visual Basic 6.0, contohnya pada Label 1 penulis memberi nama Track, lalu memberi warna pada Command Button coklat. Adapun tampilan properties yang lain bisa dilihat pada tabel properties dibawah ini :

Name Properties Keterangan
Label 1 Name LaguJalan
Caption Lagu
Font Lucida Sans Unicode
Back Color Coklat
MMC Name MMC
Back Color Abu – abu
Button 1 Name TbPlay
Caption Play
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu
Button 2 Name TbStop
Caption Stop
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu
Button 3 Name TbPause
Caption Pause
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu
Button 4 Name TbBuka
Caption Add
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu
MsWebDvd Name Sound
Caption Sound
Picture 1 Name Picture 1
Picture (Bitmap)
Button 5 Name TbMute
Caption Mute On
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu
Button 6 Name TbKeluar
Caption Keluar
Font Lucida Sans Unicode
Mask Color Abu – abu

Tabel 3.1 Tabel Properties

BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Penulis membuat aplikasi BOM ( Box Of Music ) ini, dengan menggunakan program Visual Basic versi 6.0. Yang terdapat pada aplikasi penulis meliputi tombol Play, Pause, Stop, Add, Mute On, dan tombol keluar. Masing – masing tombol pada aplikasi tersebut mempunyai fungsi, supaya untuk melakukan pengetikan pada komputer meminimalisasikan faktor – faktor kejenuhan.

Saran
Bahasa pemrograman Visual Basic sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi media player. Dengan menggunakan script – script yang mudah dimengerti, dan mudah – mudahan dalam pembuatan aplikasi mp3 ini, dapat terpakai didalam masyarakat untuk mendengarkan lagu. Maka disaat pengetikan didalam komputer tidak mengalami kejenuhan.
Program yang dibuat diatas belum memiliki tampilan yang memadai, masih banyak kekurangan yang ada pada program. Apabila tertarik untuk mengembangkan lebih lanjut disarankan untuk memperbaiki kualitas dari aplikasi yang penulis buat.

DAFTAR PUSTAKA

[1.] J. Alam, M Agus, MMTG: Microsoft Visual Basic Versi 6.0., Penerbit PT. Elex Media Komputindo, 1999.

[2.] Pramono, Joko., Mudah Mengusai Visual Basic 6.0., Penerbit PT. Elex Media Komputindo, 1999.

[3.] Supardi, Yuniar, Ir., CMB C & Flowchart Lewat Praktek., Penerbit Dinastindo, 2000 Cetakan pertama.

LAMPIRAN
LISTING PROGRAM

Option Explicit
Private looper As Boolean

Private Sub TbBuka_Click()
On Error Resume Next
BukaFile.Filter= “MP3|*.mp3|ASF|*.asf|ASX|*.asx|WAV|*.wav|AVI|*.avi|”
BukaFile.ShowOpen

MMC.FileName = BukaFile.FileName
MMC.Command = “close”
MMC.Command = “open”
LaguJalan.Caption = “TRACK: ” & BukaFile.FileTitle
End Sub

Private Sub TbMute_Click()
If Sound.Mute = True Then
TbMute.Caption = “Mute ON”
Sound.Mute = False
ElseIf Sound.Mute = False Then
TbMute.Caption = “Mute OFF”
Sound.Mute = True
End If
End Sub
Private Sub TbPause_Click()
If TbPause.Caption = “Pause” Then
TbPause.Caption = “Resume”
ElseIf TbPause.Caption = “Resume” Then
TbPause.Caption = “Pause”
End If
MMC.Command = “Pause”
End Sub

Private Sub TbPlay_Click()
MMC.Command = “seek”
MMC.Command = “play”
End Sub

Private Sub TbStop_Click()
MMC.Command = “Stop”
TbPause.Caption = “Pause”
End Sub

Private Sub TbKeluar_Click()
Unload Me
End Sub

Private Sub minimize_Click()
FmLagu.WindowState = vbMinimized
End Sub

LAMPIIRAN
OUTPUT PROGRAM

Tampilan Utama

Tampilan Open

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 6.3/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
contoh penulisan ilmiah, 6.3 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image