KESANTUNAN PARAGRAF

KESANTUNAN PARAGRAF

I.Pengertian paragraf.
Paragraf adalah bagian karangan yang terdiri dari beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh serta membentuk satu kesatuan pikiran.Berkaitan secara utuh artinya isi dari kalimat-kalimat tersebut bertalian secara logis dan padu tanpa keluar dari topk.unsur – unsur paragraf berupa :
1. kalimat topik atau kalimat utama
2. Kalimat pengembang
3. Kalimat penegas
4. Kalimt, klausa,prosa dan penghubung
Sedangkan pungsi dari paragraf :
1. Untuk menandai pembukaan atau gagasan baru
2. Sebagai engembang lebih lanjut tentang ide sebelumnya
3. Sebagai penegas terhadap gagasan yang telah diungkapkan terlebih dahulu
II. Syarat – syarat Paragraf
1. Kepaduan paragraf
Paragraf yang baik adalah paragraf yang memperhatikan persyaratannya yaitu adanya kepaduan, kesatuan dan kelengkapan untuk mencapai kepaduan langkah langkah yang harus ditempuh adalah kemampuan merangkai kalimat secara bertalian. Agar kalimat bertahan secara logis dan padu sebaiknya digunakan kata penghubung.Ada dua jenis kata penghubung,yaitu kata penghubung intra kalimat dan kata penghubung antar kalimat.Kata penghubung intra kalimat adalah kata yang menghubungkan antara anak dan induk kalimat, contohnya karena, sehingga,apabila,tetapi,jika. Sedangkan kata penghububg antar kalimat adalah kaat yang menghubungkan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya contohnya namun ,oleh karena itu ,kemudian ,jadi .dan lain lain.

2. Kesatuan paragraf
Artinya setiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang di wujudkan dalam kalimat utama, kalimat utama diletakakan diawal dan diakhir paragaraf, ciri –ciri kalimat utama yaitu mengandung permasalahan yang berpotensi untuk diperinci atau dijabarkan lebih lanjut, ciri – ciri yang lainnya dapat dibuat lengkap dan berdiri sendiri tanpa kata penghubung.

3. Kelengkapan Paragraf
Paragraf yang lengkap adalah paragraf yang didalamnya terdapat kalimat kalimat penjelas yang lengkap untuk menunjuk pokok pikiran atau kalimat utama kelengkapan paragraf berhubungan dengan pengembanagan paragraf, paragraf bisa dikembangkan dengan cara analogi, contoh,s ebab akibat,klasifikasi dan perbandingan
III. Pengembangan Paragraf
Agar Paragraf bisa berkembang dapat dengan cara perbandingan, analogi, pertentangan, sebab akibat,contoh,definisi dan klarifikas,berikut cara penjelasannya:
1.Cara Perbandingan, biasanya menggunakan kata sama dengan, akan tetapi, sementara itu, sedangkan dan lain- lain
2.Cara Analogi,yaitu bentuk pengungkapan suatu objek dengan perumpamaan.Kata-kata yang dipakai biasanya:ibarat,seperti,dan bagaikan.
3.Cara sebab akibat,yaitu pengmbangan paragraf dengan cara menerangkan suatu kejadian dari segi sebab akibat.Ungkapan yang digunakan biasanya;padahal,oleh karena itu,karena,dan lain-lain.
4.Cara Definisi,kata yang digunakan biasanya:yaitu,adalah,ialah.
5.Cara Klasifikasi,yaitu pengembangan paragraf dengan cara pengelompokan berdasarkan ciri-ciri tertentu.Kata yang biasa dipakai adalah dibagi manjadi,digolongkan menjadi,mengklasifikasikan dan lain-lain.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image