makalah pengantar bisnis

KATA PENGANTAR

Assalamu’alikum wr.wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berisi macam-macam bentuk-bentuk badan usaha yang ada di Indonesia. Di dalam makalah ini juga di jelaskan pengertian dari bentuk-bentuk usaha tersebut. Contohnya Persero, Perum dll.Kami membuat makalah ini bertujuan supaya kita sebagai mahasiswa harus paham macam-macam bentuk usaha yang ada di Indonesia.

Dengan terselesaikannya makalah ini kami mohon maaf bila banyak kekurangan dari isi makalah kami. kami mohon kritik dan saran yang dapat membangun.

Wassalamu’alaikum wr.wb

tertanda

Penulis

DAFTAR ISI

1) FIRMA

Firma adalah bentuk badan usaha yang di dirikan oleh beberapa orang dengan mrnggunakan nama bersama atau satu nama di gunakan bersama. Dalam firma semua anggota bertanggung jawab sepenuhnya,baik sendiri-sendiri maupun bersama terhadap utang-utang perusahaan terhadap pihak lain. Bila perusahaan mengalami krugian akan di tanggung bersama, kalau perlu dengan seluruh kekeyaann pribadi mereka.
Kebaikan firma :
 Prosedur pendirian relative mudah
 Mempunyai kemempuian financial yang lebih besar, karena gabungan modal yang di miliki beberapa orang
 Keputusan bersam dengan pertimbangan seluruh anggota firma, sehingga keputusan-keputusan menjadi lebih baik.
Kelemahan firma :
 Utang-utang perusahaan di tanggung kekeyaan pribadi para anggota firma
 Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin, sebab bika salah seorang anggota keluar, maka firmapun bubar

Contoh-contoh Firma
1. Firma Hukum Widiani Sulustiono & Partners
Firma Hukum Widiani Sulustiono & Partners siap memberi bantuan untuk: Hukum perdata, Hukum Perusahaan, Hukum komersial, Hukum perbankan, Hukum bisnis, Hukum Keluarga, Hukum Kesehatan, Peraturan / Administrasi Hukum, Litigasi, Hubungan pemerintah, Manajemen Tenaga Kerja dan Undang-Undang, Konsultan Keuangan dan Perpajakan, Konsultan Manajemen dan Tenaga Kerja

2. Firma Barya Niaga
Kota Pekanbaru
Alamat :
Jl Sudirman 32
Kategori UsahaDistributor produk makanan

3. Firma Hukum Lubis, Santosa & Maulana Terima Sertifikat ISO
TEMPO Interaktif, Jakarta:Firma hukum Lubis, Santosa & Maulana menerima sertifikat ISO 9001:2000 dari badan sertifikasi internasional Lloyd’s Register Quality Assurance. Perayaannya dilakukan di Hotel Darmawangsa, Selasa (21/10) malam.
Firma hukum ini didirikan 1986 dengan nama Mulya Lubis & Associates. Saat ini, Lubis, Santosa & Maulana memiliki tiga partner, yaitu Todung Mulya Lubis, Lelyana Santosa, dan Ihsan Budi Maulana, dengan sekitar 20 associate yang berpengalaman di bidangnya. Firma ini juga berafilisasi dengan Herbert Smith, Law Firm dari Inggris.
ISO 9001:2000 adalah seri standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Standar ini menetapkan aturan-aturan dasar untuk sistem mutu terhadap semua produk dan jasa. Setelah sekitar tiga bulan melakukan persiapan, firma ini mulai mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, April 2003.
Pada 25 Juli 2003, Lubis, Santosa & Maulana memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 setelah diaudit oleh Llyod’s Register Quality Assurance. Sejak hari itu, firma ini diakui mampu menerapkan standar mutu bertaraf internasional dalam setiap praktek bisnis dan memberikan pelayanan konsultasi hukum kepada klien-kliennya.
“Saya bersama rekan-rekan yang lain, sangat bersyukur dengan penghargaan ini,” kata Todung Mulya Lubis ketika ditanya wartawan. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti usaha mereka dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada para klien. Todung berharap ini bisa diikuti oleh firma-firma hukum lain. Sebab, di era perdagangan bebas nanti, para pengusaha asing akan mencari firma hukum yang punya standar mutu baku dan terpercaya.

4. Rosetini & Partners ( “Firma Hukum” )
memiliki komitmen untuk menyediakan jasa hukum yang berkualitas dengan memberikan perhatian penuh terhadap kliennya. Merupakan tujuan dari Firma Hukum ini untuk membantu klien secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuannya dan menyelesaikan transaksi. Didirikan pada Januari 2005, Firma Hukum ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan, terutama perusahaan asing yang melaksanakan kegiatan usaha di Indonesia, dengan berbagai jenis kegiatan usaha, seperti usaha perbankan, keuangan, sekuritas, manufaktur dan konsultasi, hingga industri teknologi informasi dan jenis usaha lainnya. Semua partner dan associates dalam Firma Huk0um ini adalah lulusan dari fakultas hukum terkemuka di Indonesia. Firma Hukum ini secara berkelanjutan mengembangkan ketrampilan hukum dan pengetahuan khusus para konsultan hukumnya. Semua konsultan dapat berbahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, salah satu konsultannya dapat berbahasa Belanda dan seorang lagi dapat berbahasa Jepang. Di bawah ini adalah uraian singkat mengenai konsultan-konsultan hukum kami. Sebagian besar dari klien-klien Firma Hukum ini adalah perusahaan-perusahaan asing atau anak perusahaannya yang bergerak antara lain dalam bidang perbankan, keuangan, manufaktur, perdagangan, konstruksi, teknologi informasi, konsultasi dan lain-lain.

5. Rosetini & partners law firma
alamat :
Wisma Kyoei Prince 17th fl. – Jl. Jend. Sudirman Kav. 3
Jakarta 10220 – Indonesia
Phone : +62 – 21 – 5723848

2) Perseroan Komanditer (CV)

CV (commanditaire vennootschap) adalah suatu perusahaan yang didirikan oleh seseorang atau dua orang, dalam menjalankan perusahaanya dapat dijalankan sendiri sebagai pepimpin atau diserahkan orang lain ( mengankat pegawai ). CV merupakan sekutu komanditer yang didirikan dengan akta dan harus didaftarkan,namun kegiatan usaha ini tidak berbadan hukum sehingga tidak memiliki kekayaan sendiri.
Berikut contoh CV :

1. CV PMJ Nusantara

Suatu perusahaan yang kegiatan awalnya mendisain mechanical alat-alat sedeharna,dan sekarang ini CV PMJ Nusantara kegiatannya bergerak dibidang pembuatan Stone / Jaw Crusher Plant & Portable,Coal Crusher Plant & Portable,Hammer Crusher / Hammer Mill,Crusher Plant & Portable,Conveyor / Conveyor Portable,Curb, Paving Stone & Hollow Block Press Machinery,Plastic Recycling Crusher. Sealian itu ia juga menghasilkan produk dan jasa seperti Menjual Rempah Rempah Blended Powder,perusahaan ini mempunyai divisi consumer goods, yang memproduksi bumbu masak berupa rempah rempah bubuk blended. CV PMJ Nusantara beralamat di Perumahan Sutorejo Utara IV no. 1 (Kantor)
Surabaya 60113, Jawa Timur
Indonesia. Nomer Telpon: 031-5963516,Nomer HP: +62-081332178797,Nomer Faks: 031-5933751

2. CV Darmacitra Rahmat budang usahanya adalah menjual kegiatan utamanya menjual Golf Carts/ Golf Car/ mobil golf / sudah direkondisi. Selain itu juga menjual Alat potong Rumput lapangan Golf sudah direkondisi,suku cadang golf car dan menerima service golf carts,alat penyiraman rumput Taman/ Lapangan golf,Jual: Karpet golf, mesin cuci bola golf, jaring lapangan golf.,Sedia: Battery mobil golf 6volt/ 8volt merk: NS deep Cycle. CV ini beralamat di Jl.Kapuk Raya No:146,Jakarta Barat
Jakarta 11720, Jakarta Indonesia
Nomer Telpon: 021-5449801 Nomer HP: 62-0811-931850 Nomer Faks: 021-54374935

3. CV Wirani Group
CV. WIRANI Group adalah perusahaan Agrobis dan Advertising. Kegiatan usahanya adalah Export, Manufacture, dan General Trading.
Produk usahanya adalah :

1. Kapok Fiber
2. Kapok Seed / Biji kapuk
3. Kapok Pillow
4. Advertising out door & in door.
Beralamat di JL. Raung No.46 Pepelegi Waru
Sidoarji,jawa Timur
Indonesia.

4. CV Nafila Semesta
Perusahaan yang memproduksi Phosphate PowderKadar P205 15%, 25-30% up dengan kapasitas produksi ribuan tin/bulan dan harga kompetitif. Selain itu perusahaan ini juga menjual tepung kaftan 80-100 Mes, 4 MM Ziolite 80-100 mes dan segala jenis ikan asin untuk local dan export.
Selain menjual perusahaan ini juga membeli Ziolite karena perusahaan ini membutuhkan batu ziolite dengan kapasitas banyak, ziolite yang kami butuhkan dari tasik dan baya.
CV ini beralamat di JL. Jl. Klapa nunggal
Bogor 17115, Jawa Barat
Indonesia
Nomer Telpon: 622133747776, 62218219442 Nomer HP: 081213029124 Nomer Faks: 6221821944

5. CV Tunggal Perkasa
CV.Tunggal Perkasa merupakan DISTRIBUTOR & STOCKIST dalam bidang Pipa-pipa( EX: Spindo, PPI, Bakrie, China) , Besi-besi( EX: Master, KS, GG, Kayafit) , Val ve-valve( EX: KITZ, TOYO, SHOWA, CHINA) , Fitting-fitting( EX: import)
Alamat: jalan pangeran jayakarta 117 Blok C 18
jakarta pusat 10730, Jakarta
Indonesia Nomer Telpon:
021-6264016,6264017,6009370,6590391 Nomer HP: 08161945876 Nomer Faks: 021-6590393

3) Perseroan Terbatas (PT)

PT adalah suatu perusahaan yang didirikan lebih dari satu orang,di dalam PT modal terdiri dari saham saham,setiap pemilik saham yang berdada di dalam PT memiliki bagian dalam kepimilikan perusahaan sebesar saham yang ia miliki. Karena di dalam pT saham-saham dapat diperjual belikan maka perubahan kepemilikan dapat dilakukan tanpa harus membubarkan perusahaan.

Dalam PT setiap orang diperbolehkan memiliki lebih dari satu kepemilikan saham,dan pemilik saham bertanggung jawab yang terbatas sebesar saham yang ia miliki. Apabila perusahan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagaikan sesuai dengan ketentuan yang ada dan keuntungan tersebut berupa deviden yang besarnya tergantung dengan besar kecilnya keuntungan yang diperoleh oleh suatu PT

Selain dari saham keuntungan yang diperoleh oleh PT dapat berupa obligasi,Keuntungan obligasi itu adalah keuntungan yang berupa bunga tetap tanpa menghiraukan rugi atau tidaknya suatu perusahaan tersebut. Berikut berberapa contoh Perseroan terbatas yang ada di Indonesi :

1. PT Tiara Jaya Makmur
PT Tiara Jaya Makmur adalah suatu perusahaan dagang yang menyediakan barang dan alat-alat untuk kebutuhan industry yang ada di Indonesia meliputi bidang Automation System dan Electrical Components. PT Tiara Jaya beralamatkan di JL.Cilandak Permai No.5
Cilandak Barata
Jakarta Selatan12430,Jakarta
Indonesia
No. Telp : 62-21 751 5582 – 7590 3226 – 3215 4805
Nomer HP: 081213638212 / 081213148788 / 0813 18713253
Nomer Faks: 62-21 7591 6404

2. PT. Persisi Technologies
PT persisi Technologies adalah suatu perusahaan yang memiliki divisi khusus untuk product Laboratory Equipment, ( d/ h ” Mitra Karya Sejati” ) yang ditangani oleh tenaga ahli yang berpengalaman yang siap melayani konsumen untuk service,repair, dan pengadaan peralatan laboratorium. PT persisi Technologies beralamat di JL.Pulo Ribung Raya Np.36 Pekayon Jakarta,Bekasi, Indonesia. Nomer Telpon: 021 – 92 96 98 53,Nomer HP:0812 829 33 00, Nomer Faks: 021 – 856 44 30.

3. PT Global Nuansa Investasi
PT Global Nuansa Investasi adalah distributor tunggal merk ox3med ( oxtrimed ) – Indonesia untuk produk produk Incineratoe,Needle Destroy, dan ESC Rlectroconvulsive Therapy. PT Global Nuansa Investasi beralamat di JL.Raya Lenteng Agung No.15 Jakarta Selatan,12610 Indonesia. Nomer Telpon: 62217806865
Nomer HP: 081399583043, 081519729928
Nomer Faks: 62217822689

4. PT Adiyasa Abadi
PT Adiyasa Abadi adalah perusahaan yang bergerak di bidang General Kontraktor,perawatan gedung,mekanikal,elektrikal,dan general supply. Perusahaan ini menyediakan berbagai kebutuhan industry,spart part mesin,Panel Listrik,mechanical part, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini juga melayani jasa untuk perawatan ducting, pembersihan ducting, instalasi ducting baru, exhaust fan, overhaul dan repair mesin. PD Adiyasa Abadi beralamat di JL. Jl. Puri Cendana BLok C7 No. 4, Telajung – Setu
Cikarang Barat, Bekasi 17520, Jawa Barat Indonesia. Nomer Telpon: (021) 32 699 599 / (021) 8026 7955 / (021) 8330 3562
Nomer HP: 08128341837
Nomer Faks: (021) 8260 3562

5. PT TRIKOMINDO KARUNIA UTAMA
PT TRIKOMINDO KARUNIA UTAMA adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang Tehnologi Informasi. Perusahaan ini memiliki berberapa divisi yang mendukung kinerja kerja dan profesionalismenya sebagai perusahaan tehnologi informasi yaitu DEVISI KOMPUTER HARDWARE dan TELEKOMUNIKASI HARDWARE, DEVISI KOMPUTER SOFTWARE ORIGINAL, DEVISI PENJUALAN RETAIL dan DEVISI TEKNIK COMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI HARDWARE, DEVISI KOMPUTER SOFTWARE ORIGINAL, DEVISI PENJUALAN RETAIL dan DEVISI TEKNIK COMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI serta DEVISI PROJECT.
Berberapa layanan yang diberikan perusahaan ini pada konsumennya adaah
• PENJUALAN HARDWARE dan SOFTWARE ORIGINAL,
• SYSTEM NETWORK INTERGRATOR.
• PERANGKATKOMUNIKASI DAN SECURITY.
• PENGEMBANGAN SOFTWARE.
• PENYEDIA JASA SERVICE MAINTENACE.
• INSTALASI KABEL DATA.
• TELEPHONE serta FIBER OPTIC.
Perusahaan ini beralamt di Komplek Harco Mangga Dua. Ruko Apartemen Pesona Bahari Blok R17
Jakarta pusat 14470, Jakarta
Indonesia
Nomer Telpon: 021-6126941, 6120196, 6120197
Nomer HP: 0811-911372 – 02171003711
Nomer Faks: 021-62203154

Nomer Telpon: 021-6126941, 6120196, 6120197
Nomer HP: 0811-911372 – 02171003711
Nomer Faks: 021-62203154
TELEKOMUNIKASI serta DEVISI PROJECT.
Berberapa layanan yang diberikan perusahaan ini pada konsumennya adaah
• PENJUALAN HARDWARE dan SOFTWARE ORIGINAL,
• SYSTEM NETWORK INTERGRATOR.
• PERANGKATKOMUNIKASI DAN SECURITY.
• PENGEMBANGAN SOFTWARE.
• PENYEDIA JASA SERVICE MAINTENACE.
• INSTALASI KABEL DATA.
• TELEPHONE serta FIBER OPTIC.
Perusahaan ini beralamt di Komplek Harco Mangga Dua. Ruko Apartemen Pesona Bahari Blok R17
Jakarta pusat 14470, Jakarta
Indonesia
Nomer Telpon: 021-6126941, 6120196, 6120197
Nomer HP: 0811-911372 – 02171003711
Nomer Faks: 021-62203154

4) Perseroan Terbatas Negara (Persero)
Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham–saham. Persero dipimpin oleh direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT (Persero). Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara. Jadi dari uraian di atas, ciri–ciri Persero adalah:
• Tujuan utamanya mencari laba (Komersial)
• Modal sebagian atau seluruhnya berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan yang berupa saham–saham
• Dipimpin oleh direksi
• Pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
• Badan usahanya ditulis PT (nama perusahaan) (Persero)
• Tidak memperoleh fasilitas Negara

Contoh perusahaan yang mempunyai badan usaha persero

1. PT Garuda Indonesia Airways

Garuda Indonesia merupakan layanan komersial pertama dengan nama “Indonesia Airways”. Itu selama waktu perubahan dan pergolakan untuk negara, yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Pertama perusahaan pesawat terbang, seorang bernama DC3 Seulawah (Good Gunung) adalah disumbangkan oleh masyarakat Aceh untuk membantu dalam kampanye untuk kemerdekaan, dan memainkan peran penting dalam perjuangan.

Garuda Indonesia bersama dengan negara secara keseluruhan, telah mengalami periode perubahan dinamis. Garuda Indonesia telah trus menerus melakukan upayanya untuk memperbaiki layanan dan untuk menyediakan fasilitas keaman dan dapat diandalkan jasa angkutan udara.

Melalui usaha-usaha tersebut, sekarang garuda Indonesia telah berhasil dalam meningkatkan kinerjanya dalam bidang keberangkatan tepat waktu, faktor beban dan hasil, dan perusahaan baru-baru ini kembali ke posisi aliran cahs positif dan keuntungan operasional.

Garuda Indonesia juga menyadari bahwa tantangan bisnis di masa depan akan semakin kompleks dan sulit. Akibatnya, Garuda Indonesia menetapkan untuk meningkatkan kualitas dalam semua aspek kegiatan perusahaan dan untuk mempersiapkan privatisasi akan terwujud dalam waktu dekat.

Melalui usaha ini adalah harapan tulus kami bahwa Garuda Indonesia akan tetap menjadi sumber kebanggaan nasional yang besar untuk Indonesia, dan bahwa kita akan terus menjadi salah satu negara Asia yang paling dihormati penerbangan

2. PT Pos Indonesia (Persero)

Sejarah PT Pos Indonesia (Persero)

Tahun Uraian
26 – 8- 1746 Kantorpos pertama di Indonesia adalah di Batavia didirikan oleh Gubernur Jendral GW Baron
1906 Posts Telegraafend Telefoon Diensts
27-9 – 1945 Jawatan PTT Republik Indonesia ditandai Pengambilalihan Kantor Pusat PTT di Bandung oleh Angkatan Muda PTT dari pemerintahan Militer Jepang. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bakti Postel
1961 Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.240 Tahun 1961 status Jawatan PTT berubah menjadi Perusahaan Negara (PN) Pos dan Telekomunikasi
1965 PN Pos dan Telekomunikasi dibagi dua menjadi : PN Pos dan Giro berdasarkan Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 1965 dan PN Telekomunikasi berdasarkan Peraturan Pemerintah No 30 Tahun 1965
1978 Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.9 Tahun 1978, status PN Pos dan Giro diubah menjadi Perusahaan Umum (Perum) Pos dan Giro.
20 – 6-1995 Dasar Hukum :
Undang-undangNomor 1 Tahun 1995 tentang Perusahaan Perseroan;
Peraturan Pemerintah RI Nomor 5 Tahun 1995 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Pos dan Giro menjadi Perusahaan (Persero) (Lembaran Negara RI Tahun 1995 Nomor 11);
Anggaran Dasar PT Pos Indonesia (Persero) yang tercantum dalam akta Notaris Sutjipto, SH Nomor117 tanggal 20 Juni 1995 tentang Pendirian Perusahaan Persero PT Pos Indonesia, sebagaimana telah diubah dengan akta Notaris Sutjipto, SH Nomor 89 tanggal 21 September 1998 dan Nomor111 tanggal 28 Oktober 1998

3. PT Tambang Bukit Asam (Persero)
Kantor Pusat PTBA-Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Tipe Perusahaan
Persero

Lini Bisnis
Industri Pertambangan

Deskripsi Bisnis

Dasar Hukum
Menjadi Perusahaan Energi yang berdaya saing dan memberikan nilai optimal bagi stakeholders, dengan misi memproduksi danm emasarkan batubara dengan cara dan harga terbaik serta berkembang harmonis bersama lingkungan.

Komposisi Kepemilikan Saham PTBA akhir tahun 2008

Pemerintah : 65.00%

Investor Domestik : 8.7%

Asing : 13.6%

4. PT Pelni (Persero)

Kegiatan Usaha
Usaha Pokok
Usaha pokok PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 28 unit armada kapal penumpang yang diklasifikasi berdasarkan kapasitas jumlah penumpang, , diantaranya : Kapal tipe 3.000 pax, tipe 2.000 pax, tipe 1.000 pax, tipe 500 pax, tipe Ro-Ro (Roll on – Roll off) dan 1 unit kapal ferry cepat dengan kapasitas seluruhnya berjumlah 36.913 penumpang. Disamping itu PT Pelni juga mengoperasikan 4 unit armada kapal barang dengan total bobot mati berjumlah 1.200 ton.

Wilayah Indonesia yang terdiri dari 17.503 pulau, sangat membutuhkan sarana transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai SK Dirjen Perla no. AT 55/I/8/DJPL-06 Tgl 5 April 2006 tentang penetapan jaringan trayek tetap dan teratur (Liner) angkutan laut penumpang dalam negeri untuk PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Tempat yang disinggahi berjumlah 91 pelabuhan dengan 47 kantor cabang dan kurang lebih 300 travel agent yang tersebar diseluruh Indonesia.

Sesuai misinya ‘Mengelola dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang terwujudnya wawasan nusantara’. PT Pelni melaksanakan tanggung jawabnya dengan tidak hanya terbatas melayari route komersial, tetapi juga melayani pelayaran dengan route pulau-pulau kecil terluar (Pepres No.78 tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar). Disamping itu pemanfaatkan sumber daya alam dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dapat tercapai sesuai target sasaran.
Usaha Terkait Lainnya
Usaha Sampingan
• Rumah sakit Pelni
• Wisma Bahtera Cipayung
Usaha Penunjang
• Angkutan Bandar
• Keagenan Kapal
• Dock / Perbengkelan Kapal
Anak Perusahaan
• PT. SBN : Bongkar Muat & EMKL
• PT. PIDC : Freight Forwarding, Pengelolaan Over bagasi

5. PT Angkasa Pura I
Profil PT (Persero) Angkasa Pura I

PT (Persero) Angkasa Pura I adalah badan usaha Milik Negara dalam lingkungun Departemen Perhubungan dipimpin oleh Direksi yang menjalankan tugas pokoknya bertanggung jawab kepada Rapat Umum Pemegang saham yang mengusahakan dan menyelenggarakan penyediaan jasa pelayanan Bandar Udara.

Pada awalnya PT (Persero) Angkasa Pura I didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 1962 dengan
nama Perusahaan Negara (PN) Angkasa “Kemayoran” dengan tugas pokok mengurus dan mengusahakan Bandar
Udara Kemayoran. Pada tahun 1965 Perusahaan Negara (PN) Angkasa “Kemayoran” berubah nama menjadi Perusahaan Negara (PN) Angkasa Pura. Selain itu juga dapat mengurus dan mengusahakan Bandar Udara di daerahdaerah sebagai cabang.

Kemudian melalui Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 1974, ditetapkan bahwa dari perusahaan Negara berubah menjadi perusahaan umum yang selanjutnya disebut Perusahaan Umum (PERUM) Angkasa Pura, pada tahun 1974 Bandar Udara Halim Perdana Kusuma ditetapkan menjadi Bandar Udara Internasional dan merupakan Bandar Udara yang kedua yang dikelola manajemen Angkasa Pura.

Dengan selesainya Pembangunan Bandar Udara Cengkareng yang saat ini dikenal sebagai Bandar Udara Soekarno Hatta pada tahun 1985, merupakan titik awal dibentuknya PERUM Angkasa Pura II serta disusul dengan ditutupnya. kegiatan operasional di Bandar Udara Kemayoran sementara PERUM Angkasa Pura I bertugas untuk mengelola beberapa Bandar Udara di daerah, dengan kantor pusat tetap di Jakarta (Bandar Udara Kemayoran). Pada tahun 1985 tersebut, sebenarnya telah keluar Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1985 yang mengatur kembali tentang PERUM Angkasa Pura, yang dimaksud sebagai langkah penyesuaian atas peraturan pemerintah nomor 37 tahun 1974 terhadap perkembangan terakhir pada waktu itu. Adapun realisasi pemisahan manajemen ditandai dengan keluarnya peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1986 terjadi perubahan nama perusahaan dari PERUM Angkasa Pura menjadi PERUM Angkasa Pura I.

Sejalan dengan kebijaksanaan pemerintah yang menginginkan agar terhadap BUMN (BadanUsaha Milik Negara) yang telah dinilai baik mampu untuk lebih menekankan dan berorientasi pada keuntungan, maka dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 1992 PERUM Angkasa Pura I berubah bentuk menjadi PT (Persero) Angkasa Pura I, setelah akta pendirian perusahaan ditandatangani pada tanggal 2 Januari 1993, maka PT (Persero) Angkasa Pura I resmi berdiri. Dengan berlakunya pembagian wilayah kerja perusahaan berdasarkan wilayah timur dan barat berdampak terhadap pengelolaan Bandar Udara Polonia Medan terhitung tanggal 1 Januari 1993 tidak lagi berada dalam pengelolaan (Persero) Angkasa Pura I melainkan masuk menjadi PT (Persero) Angkasa Pura II yang disahkan pada tanggal 24 Maret 1994.

5) Perusahaan Negara Umum (PERUM)

yaitu perusahaan unit bisnis Negara yang seluruh modal dan kepemilikan dimliki oleh pemerintah dengan tujuan dengan memberikan penyediaan barang danjasa public yan baik demi melayani masyarakat umum serta mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolahan perusahaan.
Contoh PERUM

1. Perum damri adalah kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia yang dibentuk berdasarkan Makloemat Kementerian Perhoeboengan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 Nopember 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan orang dan barang diatas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan orang dan barang dengan menggunakan bus dan truk.
Alamat:
Jl. Raya Matraman, Jakarta Timur
MOU : 687/AA.005/DU-2005 – MOU.04/KU/DPN/V/2005 tanggal 11 April 2005
Berlaku : 1 (satu) tahun, tmt 11 April 2005 s/d 11 April 2006
Potongan : 10% untuk tiket bus antar kota, 20% charter. Tidak berlaku selama angkutan lebaran

2. Perum peruri:
Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) satu-satunya yang dipercaya oleh Negara untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) Penyajian informasi yang cepat, tepat dan akurat merupakan suatu kebutuhan di era keterbukaan informasi. Menyadari hal tersebut, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERUM PERURI) melalui media komunikasi dan informasi berbasis internet, berupaya menyajikan informasi yang tidak saja cepat, tepat dan akurat, tetapi sesuai dengan perkembangan perusahaan.

Alamat:
Perum Percetakan Uang Republik Indonesia
Jl. Palatehan 4, Kebayoran Baru Blok K-V Jakarta 12160, Indonesia
Phone: +62 21 7395000, Fax: +62 21 7221567, E-mail: contact@peruri.co.id

3. Perum PNRI Merupakan Perusahaan melakukan kegiatan pencetakan dan produk-produk pemerintah, meliputi dokumen-dokumen pemerintah dan lembaga tertingi/lembaga tinggi, Lembaran Negara (LN) / Tambahan LembaranNegara (TLN), Berita Negara (BN) / Tambahan Berita Negara (TBN) dan produk perundang-undangan.
Perum PNRI juga melayani pencetakan barang-barang cetakan dari BUMN lain, swasta dan masyarakat pada umumnya secara cepat, tepat dan berkualitas, antara lain surat kabar, majalah, tabloi, buku, agenda, kalender, buklet, brosur, annual report, company profile dan kartu identitas.
Kantor Cabang Surabaya
Alamat :
Jl. Achmad Yani No.34
Surabaya
Phone :( 031)8288326
email :
Fax : (031)8288326
Website : www.pnri.co.id

4. Perum Perhutani memelihara hutan sebagai life support system dan menjaga keseimbangan fungsi lingkungan, sosial dan ekonomi. Oleh karenanya partisipasi masyarakat, pemerintah daerah, investor dan pihak lainnya bersinergi bersama Perum Perhutani untuk menyelamatkan hutan. No Forest No Future.
HEAD OFFICE PERUM PERHUTANI
Gedung Manggala Wanabakti Blok VII lt.9-11
Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270, Indonesia
Telp. 62-21-5721282 (hunting)
Facs.62-21-5733616
Email : marketing@perumperhutani.com

5. Perum pengadaian Perum Pegadaian sebagai BUMN yang bergerak di bidang penyaluran kredit untuk Perorangan maupun Pengusaha Mikro Menengah dan Kecil di Indonesia dengan visi “
Pegadaian pada tahun 2010 menjadi perusahaan yang modern,dinamis dan inovatif dengan usaha utama gadai”, dan motto : Mengatasi Masalah Tanpa Masalah, dengan ini mengundang putra-putri terbaik Indonesia yang berkualitas, memiliki komitmen, integritas dan moralitas tinggi serta sanggup bekerja keras untuk bergabung sebagai tenaga administrasi terampil dan handal

6) Perusahaan Daerah
Perusahaan daerah ( PD ) adalah suatu perusahaan yang kegiatan produksinya bersifat menghasilkan jasa yang memberikan manfaat untuk umum dan juga memperoleh pendapatan dari jasa yang diberikannya. Perusahaan daerah dipimpin oleh suatu direksi dan susunan anggotanya ditetapkan dalam peraturan pendirian. Dalam perusahaan daerah suatu direksi berada dibawah pengawasan kepala daerah atau pemegang saham,atau pum badan yang dirunjuk.
Dalam perusahaan daeerah apabila terjadi suatu kerugian yang disebabkan oleh pihak ketiga kedua atau pihak manapun maka daerah lah yang bertanggung jawab atas terjadinya kerugian tersebut. Berikut berberapa contoh perusahan daerah yang ada di Indonesia :

1. PD Farmasi
PD Farmasi adalah suatu perusahaan daerah yang kegiatan usahanya adalah apotik dan perbekalan farmasi yang melakukan penjualan obat-obatan dan perbekalan farmasi lainnya yang bertujuan mendapatkan Profit Oriented. Apotik dan perbekalan farmasi merupakan tempat melakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan kefarmasian (obat, bahan obat maupun alat kesehatan) kepada masyarakat. PD Farmasi Apotik Kendal beralamat di Jl. Laut no. 2C Kendal Telp.(0294) 381580 dan Apotik Sukorejo, beralamat di Jl. Bunderan Alun-alun no.7 Sukorejo Telp.(0294) 451197

2. PD. BPR BKK Boja
PD. BPR BKK Boja adalah suatu lembaga intermediasi dibidang keuangan yang menjalankan usaha dibidang Bank Perkreditan rakyat yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Perusahan ini memiliki visi untuk menjadi bank yang sehat dan prima dalam pelayanannya, dan misi yang jelas yaitu mudah dalam pelayanan dan jangkauan,murah dalam biaya,mengarah untuk usaha. Bank PD.BPR BKK Boja ini berkantor pusat di JL.Pahlawan No.1732 A Boja.

3. PD. BPR Kendali artha
PD BPR Kendali artha adalah suatu bank daerah yang ruang lingkup usahanya adalah memfasilitasi suatu kegiatan usaha yang membutuhkan modal dengan cara pemberian kredit,menghimoun dana masyarakat berupa deposito, dan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat. Dan calon debitur yang dibiayai adala perorangan,kelompok,dan perusahaan. Kantor pusat PD BPR Kendali Artha ini beralamat di Jl. Soekarno-Hatta No. 287 Kendal 11 Kantor Kas Pelayanan (KKP).

4. PD Pasar Jaya
PD Pasar Jaya adalah suatu perusahaan milik pemerintah daerah khusus ibu kota Jakarta yang bergerak dalam bidang pelayanan umum perpasaran,pengurusan serta pengelolahan pasar-pasar umum di Jakarta. PD Pasar Jaya di dirikan untuk meningkatkan efisiensi umum dibidang pemasaran di lingkungan Jawatan Perekonomian Rakyat Indonesia. Dengan adanya PD Pasar Jaya menjadikan unit usaha mandiri dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, dan memberikan sumber penghasilan riil bagi daerah. PD Pasar Jaya beralamat di JL.Raya Pramuka,Pasar Pramuka Lantai IV,Jakarta Timur Telp( 021 ) -8580981,8580421,8506428,8506429 Fax : ( 021 ) 8580629.

5. BPD Lampung
Bank Pembangunan Daerah lampung atau yang di sebut dengan Bank Lampung merupakan suatu bank daerah yang didirikan dengan tujuan membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian serta membangun daerah di segala bidang dan juga sebagai salah satu pendapatan daerah. BPD Lampung berkantor pusat di Jalan Wolter Monginsidi No.182 Bandar Lampung, 35215. Telepon : (0721) 487175 – 489127 (3 saluran) Telex : 26262 BPDLPGFaksimili : (0721) 485530

Lampung berkantor pusat di Jalan Wolter Monginsidi No.182 Bandar Lampung, 35215. Telepon : (0721) 487175 – 489127 (3 saluran) Telex : 26262 BPDLPGFaksimili : (0721) 485530
di lingkungan Jawatan Perekonomian Rakyat Indonesia. Dengan adanya PD Pasar Jaya menjadikan unit usaha mandiri dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, dan memberikan sumber penghasilan riil bagi daerah. PD Pasar Jaya beralamat di JL.Raya Pramuka,Pasar Pramuka Lantai IV,Jakarta Timur Telp( 021 ) -8580981,8580421,8506428,8506429 Fax : ( 021 ) 8580629.

7) Perusahaan Negara Jawatan (PERJAN)

Perusahaan Jawatan (perjan) sebagai salah satu bentuk BUMN memiliki modal yang berasal dari ublic. Besarnya modal Perusahaan Jawatan ditetapkan melalui APBN.
Sifat Perjan adalah pelayanan masyarakat (public service). Perjan melakukan tugas-tugas perusahaan sekaligus tugas Pemerintah yang tercermin dalam susunan organisasi departemen. Berikut contoh-contoh Perusahaan Negara Jawatan di Indonesia :

1. perusahaan jawatan kereta api.:
Pertamina sebagai BUMN sudah pasti memiliki fungsi dan peranan sebagai aparatur perekonomian Negara seperti disebutkan tadi. Dalam ublic Administrasi Negara fungsi dan peranan aparatur perekonomian Negara itu adalah:
1. Pelaksanaan kebijaksanaan Pemerintah di bidang ekonomi;
2. Pemupukan dana bagi pembiayaan pembangunan;
3. Mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha;
4. Memenuhi barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat.
Email: cs@stratos-online.org
Phone: (021) 7278-1012
Fax: (021) 7278-0940

2. Perusahaan jawatan Pegadaian adalah sebuah BUMN di Indonesia yang usaha intinya adalah bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar ubli gadai. Jajaran direksi Pegadaian saat ini adalah Direktur Utama Chandra Purnama, Direktur Keuangan Budiyanto, Direktur Pengembangan Usaha Wasis Djuhar, Direktur Operasi Moch. Edy Prayitno, dan Direktur Umum dan SDM Sumanto Hadi.

3. Perusahaan jawatan Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh ublic sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham ublic (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Tipe Publik (IDX: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK)
Didirikan 23 Oktober 1856 Letak Kantor Pusat di Bandung,Jawa Barat Indonesia Tokoh penting Rinaldi Firmansyah,
CEO Industri Informasi & Komunikasi Produk Telepon Tetap,
Seluler,Aplikasi, Content dan Datacom, Properti dan Konstruksi Pendapatan IDR 60,689 miliar (2008) Slogan “The World in Your Hand” Situs www.telkom.co.id

4. Rumah sakit, Hospital Bylaws (HBL) bagi rumah sakit (RS) di Indonesia ublic e masih baru, sekitar 1 – 2 tahun belakangan ini. Wajar apabila terjadi perbedaan persepsi dan aspirasi di antara para pengambil keputusan serta pelaksanaannya di rumah sakit, (baik milik pemerintah pusat atau daerah), RS-Perjan maupun RS Swasta.

5. TVRI adalah sebuah lembaga penyiaran ublic. Di mana bertanggung jawab memuaskan khalayaknya. Sehingga perlu menyadari pentingnya hubungan dengan semua pihak. Bagaimana bisa hubungan baik dengan pihak luar, padahal di dalam sendiri hubungan internalnya retak.
Sumber: www.pnri.co.id

Sejarah Perusahaan Percetakan Negara berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda pada tahun 1809 dengan nama “Lands Drukkerij”, sebelum namanya menjadi Percetakan Negara Republik Indonesia(1950), Di tahun 1942

8) Koperasi
Koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.
Berdasarkan pengertian tersebut, yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu:
• Perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi;
• Badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas.
Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.

Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
• Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
• Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
• Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya
• Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
• Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar

Menurut UU No. 25 tahun 1992 Pasal 5 disebutkan prinsip koperasi, yaitu:
• Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
• Pengelolaan dilakukan secara demokratis
• Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota (andil anggota tersebut dalam koperasi)
• Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
• Kemandirian
• Pendidikan perkoprasian
• kerjasama antar koperasi

Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen, koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya.
• Koperasi Simpan Pinjam
• Koperasi Konsumen
• Koperasi Produsen
• Koperasi Pemasaran
• Koperasi Jasa
Koperasi Simpan Pinjam Adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman
Koperasi Konsumen Adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi
Koperasi Produsen Adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.
Koperasi Pemasaran Koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya
Koperasi Jasa Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya.
A. Jenis koperasi berdasarkan fungsinya :

1. Koperasi Konsumsi

Koperasi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya. Yang pasti barang kebutuhan yang dijual di koperasi harus lebih murah dibantingkan di tempat lain, karena koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya.

2. Koperasi Jasa

Fungsinya adalah untuk memberikan jasa keuangan dalam bentuk pinjaman kepada para anggotanya. Tentu bunga yang dipatok harus lebih renda dari tempat meminjam uang yang lain.

3. Koperasi Produksi

Bidang usahanya adalah membantu penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkannya hasil produksi tersebut. Sebaiknya anggotanya terdiri atas unit produksi yang sejenis. Semakin banyak jumlah penyediaan barang maupun penjualan barang maka semakin kuat daya tawar terhadap suplier dan pembeli.

B. Jenis koperasi berdasarkan tingkat dan luas daerah kerja

1. Koperasi Primer
Koperasi primer ialah koperasi yang yang minimal memiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan.

2. Koperasi Sekunder
Adalah koperasi yang terdiri dari gabungan badan-badan koperasi serta memiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer.

Koperasi sekunder dapat dibagi menjadi :
a. koperasi pusat – adalah koperasi yang beranggotakan paling sedikit 5 koperasi primer
b. gabungan koperasi – adalah koperasi yang anggotanya minimal 3 koperasi pusat
c. induk koperasi – adalah koperasi yang minimum anggotanya adalah 3 gabungan koperasi

Seperti halnya bentuk badan usaha yang lain, untuk menjalankan kegiatan usahanya koperasi memerlukan modal. Adapun modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman.
modal sendiri meliputi sumber modal sebagai berikut:

• Simpanan Pokok

Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. Simpanan pokok jumlahnya sama untuk setiap anggota.

• Simpanan Wajib

Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.

• Simpanan khusus/lain-lain misalnya:Simpanan sukarela (simpanan yang dapat diambil kapan saja), Simpanan Qurba, dan Deposito Berjangka.

• Dana Cadangan

Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil usaha, yang dimaksudkan untuk pemupukan modal sendiri, pembagian kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi, dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan.

• Hibah

Hibah adalah sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah/pemberian dan tidak mengikat.

adapun modal pinjaman koperasi berasal dari pihak-pihak sebagai berikut:
• Anggota dan calon anggota
• Koperasi lainnya dan/atau anggotanya yang didasari dengan perjanjian kerjasama antarkoperasi
• Bank dan Lembaga keuangan bukan banklembaga keuangan lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku
• Penerbitan obligasi dan surat utang lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
• Sumber lain yang sah

Mekanisme pendirian koperasi terdiri dari beberapa tahap. Pertama-tama adalah pengumpulan anggota, karena untuk menjalankan koperasi membutuhkan minimal 20 anggota. Kedua, Para anggota tersebut akan mengadakan rapat anggota, untuk melakukan pemilihan pengurus koperasi ( ketua, sekertaris, dan bendahara ). Setelah itu, koperasi tersebut harus merencanakan anggaran dasar dan rumah tangga koperasi itu. Lalu meminta perizinan dari negara. Barulah bisa menjalankan koperasi dengan baik dan benar.

Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen (1771-1858), yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia.
Gerakan koperasi ini dikembangkan lebih lanjut oleh William King (1786–1865) – dengan mendirikan toko koperasi di Brighton, Inggris. Pada 1 Mei 1828, King menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator, yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi.
Koperasi akhirnya berkembang di negara-negara lainnya. Di Jerman, juga berdiri koperasi yang menggunakan prinsip-prinsip yang sama dengan koperasi buatan Inggris. Koperasi-koperasi di Inggris didirikan oleh Charles Foirer, Raffeinsen, dan Schulze Delitch. Di Perancis, Louis Blanc mendirikan koperasi produksi yang mengutamakan kualitas barang. Di Denmark Pastor Christiansone mendirikan koperasi pertanian.

Koperasi diperkenalkan di Indonesia oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896. Dia mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI. Belanda yang khawatir koperasi akan dijadikan tempat pusat perlawanan, mengeluarkan UU no. 431 tahun 19 yang isinya yaitu :
• Harus membayar minimal 50 gulden untuk mendirikan koperasi
• Sistem usaha harus menyerupai sistem di Eropa
• Harus mendapat persetujuan dari Gubernur Jendral
• Proposal pengajuan harus berbahasa Belanda
Hal ini menyebabkan koperasi yang ada saat itu berjatuhan karena tidak mendapatkan izin Koperasi dari Belanda. Namun setelah para tokoh Indonesia mengajukan protes, Belanda akhirnya mengeluarkan UU Nomor 91 pada Tahun 1927, yang isinya lebih ringan dari UU no. 431 seperti :
• Hanya membayar 3 gulden untuk materai
• Bisa menggunakan bahasa daerah
• Hukum dagang sesuai daerah masing-masing
• Perizinan bisa didaerah setempat
Koperasi menjamur kembali hingga pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no. 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. Jepang lalu mendirikan koperasi kumiyai. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan, dan menyengsarakan rakyat.
Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.

Rapat Anggota
Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu., termasuk pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas.
Pengurus
Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi, baik dibidang organisasi maupun usaha. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Dalam menjalankan tugasnya, pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi. Namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota.
Pengawas
Pengawas adalah suatu badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. Dalam pelaksanaannya, pengawas berhak mendapatkan setiap laporan pengurus, tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota
Logo gerakan koperasi Indonesia

Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut :

1. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh.
2. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus.
3. Kapas dan padi berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi.
4. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.
5. Bintang dalam perisai artinya Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi.
6. Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
7. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
8. Warna merah dan putih menggambarkan sifat nasional Indonesia.

9) Perusahaan Perseorangan

Artikel 1
Kompas, Jumat, 25 September 2009
Lebaran, Etalase Inovasi Aneka Buah Tangan

Lebaran menjadi momen spesial bagi produsen buah tangan disejumlah daerah dan berlomba menyajikan buah tangan dengan berbagai kreasi yang menarik hati. Bagi pemudik, merasa tidak akan lengkap jika mereka tidak membeli buah tangan saat mudik atau pulang Lebaran. Kesibukan menyiapkan jajanan ditemui di ruang produksi enting-enting Cap Gedung di Kecamatan Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (2/9) yang berusaha memproduksi 130 boks berisi 10 bungkus kecil per hari. Lebaran merupakan waktu yang tepat dalam mendapatkan keuntungan karena hasil penjualan meningkat dua kali dari hari biasa, sekitar 2.000 boks.
“Makanya saya mencoba membuat inovasi baru dan memperkenalkan saat Lebaran. Saya membuat ‘enting-enting’ gepuk rasa gula merah yang belum pernah diproduksi,” ujar Dani Krisnanto (51), pemilik enting-enting gepuk Cap Gedung sambil tertawa bangga. Harga barangnya sesuai dengan cita rasanya, Rp 15.000 untuk setengah boks berisi lima kemasan kecil dan Rp 30.000 untuk sepuluh kemasan kecil. Tahun ini, ia menyiapkan 20% produk rasa gula merah. Rasa enting gula merah sangat berbeda dibanding dengan enting gepuk yang menggunakan gula pasir. Rasa enting gepuk gula merah ini tidak semanis rasa konvensional, tapi tetap menyajikan rasa kacang yang sedikit pahit. “Sekarang persaingan semakin ketat. Kalau tidak membuat terobosan, susah untuk bertahan sekaligus berusaha ingin mencoba menaikkan penjualan enting-enting merk saya,” ujarnya.
Produsen enting-enting gepuk tertua di Salatiga, Cap Klenteng dan 2 Hoolo melakukan inovasi baru. “Lebaran ini, kami mengenal kemasan baru yang lebih kecil, belajar dari Lebaran tahun lalu,” ujar Lanny Kurniawan (27), pengelola usaha. Lanny tetap mempertahankan rasa asli enting-enting yang diperkenalkan kakeknya. Dia khawatir akan penggunaan bahan baku gula merah, akan menurunkan daya tahan produk. Untuk Lebaran kali ini, Lanny menyiapkan satu kemasan berisi satu bungkus kecil seharga Rp 4.000, satu kemasan berisi dua bungkus kecil Rp 8.000 dan harga setengah boks berisi lima kemasah seharga Rp 17.000.
Bandung, Jawa Barat juga tidak mau ketinggalan soal kreasi buah tangan Lebaran. Peuyeum atau tape singkong merupakan oleh-oleh khas Bandung. Dulu, peuyeum hanya digantungkan di tepi jalan, tapi sekarang peuyeum sudah diolah menjadi kue bolen. Dari segi tampilan, bolen peuyeum hampir sama dengan bola pisang atau keju. Parutan keju kering menghiasi bagian atas kue bolen dan kulit bolen yang empuk berpadu dengan rasa legit peuyeum yang ada didalamnya. Bolen peuyeum bisa dijumpai di Toko Roti Mayasari di depan Stasiun Kota Bandung, seharga Rp 20.000 pembeli memperoleh satu dus bolen peuyeum berisi 12 potong.
Martabak keju menjadi alternatif lain kreasi oleh-oleh terbaru dari Bandung. Makanan yang menyerupai kue terang bulan berbahan dasar terigu, telur dan keju, tapi daging martabak bolu jauh lebih tebal dari kue terang bulan. Martabak bolu memliki lima rasa, seperti keju, keju cokelat, kacang cokelat, keju kismis dan campuran keju kacang cokelat seharga Rp 30.000 – Rp 35.000. “Martabak bolu lebih enak disajikan saat dingin, dapat bertahan sampai tiga hari di luar ruangan dan jika dimasukkan ke lemari es tidak akan mengeras serta rasanya tetap terjaga,” ujar Nadia Damara, pemilik usaha martabak Bolu Golden Bell, Jalan Dangdeur Indah II No. 1, Bandung. Warga dari luar kota yang ingin menikmatinya juga bisa memesan dan diantar sampai tempat tujuan. “Sepanjang Ramadhan, ada ratusan pesanan martabak bolu ke sejumlah daerah, terutama ke Jakarta,” ujarnya.

Artikel 2
Kompas, Rabu, 30 September 2009
Pembatik Tidak Ragu Berkreasi agar terus Diminati

Kota Banten juga memiliki koleksi batik yang menarik, tapi tidak banyak orang yang tahu. Pembatik Banten juga terus berusaha mengembangkan motif khas daerah setempat agar memiliki ciri khas sekaligus mempu memikat pembeli karena belakangan ini batik mulai naik daun.
Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Kalimantan dan daerah lain yang ada di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas dan penamaanya tidak sama. Misalnya, warga Kalimantan Tengah menyebutnya sebagai benang bintik, batang garing atau pohon kehidupan sebagai motif utama. Batik Jawa juga tersohor dengan ragam coraknya. Misalnya, motif lereng parang rusak, lereng parang klitik, lereng parikesit, motif anggun ceplok, kawung, sido mukti serta sido luhur. Keanekaragaman corak batik merupakan khazanah seni batik dan menjadi daya tarik bagi pencinta kain eksotik. Keharusan menciptakan batik yang yang apik, kreatif dan inovatif perlu dijaga supaya mendapatkan perhatian dari konsumen.
Pengrajin batik di Banten, memilih motif sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. Misalnya, motif lereng yang tersusun dari jajaran golok (senjata khas Banten), motif menara Masjid Agung Banten sebagai bangunan yang tersohor di Banten. Gunung Krakatau di Selat Sunda dijadikan motif batik, seperti halnya Gapura Istana Surosuwan yang berada di situs Banten Lama. Flora dan fauna khas Banten, seperti badak bercula satu dan anggrek menjadi objek bagi pembatik Banten. Belakangan, para pembatik menyesuaikan motif batik sesuai dengan selera konsumen.
Dicintainya batik Banten merupakan dambaan para pengrajin dan pengusaha batik di Banten. Wakil Gubernur Banten, Mohammad Masduki, mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat berusaha meningkatkan minat batik khas Banten. Salah satu usahanya adalah meminta pegawai negeri sipil pemerintah Provinsi Banten untuk mengenakan batik setiap hari Jumat. Meski batik yang digunakan para pegawai negeri sipil ini tidak seluruhnya batik khas Banten, paling tidak bisa mempopulerkan pemakaian batik. Langkah ini patut diapresiasikan sebab kian banyak kalangan yang mulai menggunakan batik mulai dari kalangan muda sampai kalangan tua. Fikri (30), yang tinggal di Kota Serang, Banten beberapa waktu yang lalu, ia membeli batik di Pasar Rau, pasar utama Kota Serang.
Gerakan bersama memakai batik di kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Banten diharapkan bisa ditiru oleh masyarakat luas. Tempat penjualan batik khas Banten sering didirikan pada saat diselenggarakan suatu acara yang dihadiri banyak orang dari berbagai daerah supaya seni batik Banten dikenal khalayak. Saat ini, digelar konferensi pemuda yang dihadiri delegasi dari 20 negara dua hari terakhir di Hotel Marbella, Anyer, didirikan stan batik khas Banten bersebelahan dengan stan yang menampilkan batu fosil, batu mulia dan aneka kriya olahan tangan pengrajin Banten lainnya. Sebagian delegasi asing yang berlalu lalang sebelum dan seusai acara pembukaan konferensi tampak mengenakan batik.
Selembar kain batik khas Banten memiliki harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per meter. Penetapan harga kain batik ini sesuai tingkat kerumitan motif dan jenis kain yang dijadikan bahan.

Artikel 3
Rabu, 28 Oktober 2009 | 12:15 WIB
Mi Edan Mbah Bagong
KOMPAS.com – Siapa pun tak akan menyangka jika sebuah warung kecil semi permanen dan berdinding triplek, Sunter Agung, Jakarta Utara, terkenal dengan menu makanan sederhana yang unik dan nikmat. Apa itu? Sebagian warga Sunter menyebut menu masakan itu dengan Mi Edan Mbah Bagong. Dengan merogoh kocek Rp 10.000, Anda bisa merasakan nikmatnya Mi Edan. Mi Edan Mbah Bagong cukup familiar di kalangan warga Sunter dan Kembayoran, terutama di beberapa daerah lain yang berada di utara kota Jakarta. Berita santer terdengar mengenai mi ini. Alasan inilah yang menarik perhatian semua orang untuk mendatangi warung Mie Edan.

Di warung milik Mbah Bagong ini, banyak menu makanan tersedia, mulai dari mi rebus, mi goreng hingga mi edan. Harganya pun bervariasi tergantung menu makanan yang dipesan. Untuk mi rebus harganya Rp 4.000 per porsi, mi goreng Rp 4.500, dan mi edan Rp 7.000 hingga Rp 10.000. Bahan mi pun sangat sederhana, yakni dengan menggunakan mi instan yang banyak dijual di masyarakat. Yang membuat beda antara mi edan dengan mi lainnya adalah, kuahnya kental berwarna kekuning-kuningan. Meski secara fisik terlihat aneh, ternyata Mi Edan Mbah Bagong cukup lezat. Rasa rempah yang disangrai atau digoreng begitu kental di bibir. Irisan bawang dan cabai merahnya membuat rasa mi edan terasa pedas. Uniknya, meski tak terbuat dari santan, kuah mi edan rasanya seperti ada santannya dan sedikit kental layaknya kuah sayur opor.
Adonan mi edan cukup beragam. Mulai dari sosis, baso, ayam hingga telur yang dapat dipesan oleh pembeli. Untuk mi edan menggunakan sosis dan telur harganya sedikit berbeda, yakni Rp 7.500. Perbedaan isi mi inilah yang memengaruhi harga. Makin lengkap isinya, tentu saja makin mahal harganya.
Suwoto, pemilik warung, mengatakan mi edan buatannya diberi berbagai variasi bumbu agar mendapatkan rasa yang lengkap. Sebelumnya Suwoto menggoreng telur dengan mengacaknya terlebih dulu. Untuk memberi keharuman, irisan sambal dan bawang dimasukkan, hingga akhirnya dicampur air. “Tunggu sampai mendidih dan masukan mi instan,” papar Suwoto. Setelah diaduk dan tercampur, Suwoto kemudian memberikan isi mi sesuai pesanan pembeli. Apakah akan diberikan sosis, baso, atau ayam, semuanya diserahkan pada selera pembeli. Dari hasil masakan inilah, menu mi buatannya begitu berbeda dengan mi lainnya, baik dari isi ataupun kuahnya. Terbukti mi edan ini cukup diminati karena kelezatan rasanya.
Nama Mi Edan Mbah Bagong ini dikenal karena pemiliknya atau pedagangnya memiliki tubuh tinggi besar bak menyerupai tokoh di dunia pewayangan, Bagong. Sedangkan, nama ‘edan’ diambil karena rasa mi yang disajikannya selalu sangat pedas, hingga orang menyebut pedasnya keedanan. Akhirnya, orang lebih akrab menyebutnya mi edan buatan Mbah Bagong.

Artikel 4

Kompas, Sabtu, 26 September 2009
Dari ‘Jipe Jinggo’ Jadi Saudagar
Kisah ini dialami Lulut, Lesung dan Suratmin dari Magetan, Jawa Timur yang kini menjadi saudagar di Lampung. Siapa sangka Lulut (55) yang kini bergelar haji, dulu pernah tidur di emperan pasar beralaskan kardus dengan pakaian siji dipepe siji dienggo atau jipe jinggo, yang artinya satu baju dijemur dan yang satu dipakai. Bumi memang terus berputar dan menjanjikan kepada mereka yang bekerja keras, ulet dan jujur untuk memperbaiki hidupnya. Begitulah kehidupan Lulut ditemui di kios miliknya, di Pasar Terminal Induk Pringsewu.
Lelaki asal Desa Karangrejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan merupakan anak ketiga dari Sembilan bersaudara. Di tengah perekonomian keluarga yang semakin sulit, Lulut nekat merantau ke Pringsewu saat berumur 19 tahun dan hanya berbekal uang untuk ongkos pergi ke Lampung. “Tidur di emperan hanya beralaskan kardus saya lakukan, tahun 1973-1976. Di pasar saya menjadi buruh ngepak sayuran dengan upah Rp 25 per karung”, kata lelaki tamatan SMP. Di pasar itu pula ia bertemu Sukati (55), perempuan yang dinikahinya 32 tahun silam. Latar belakang Sukati sama dengan dirinya, dari keluarga tidak mampu, merantau jadi buruh dan tidur ala kadarnya di pasar. “Saking sengsaranya, tidak hanya jadi jipe jingo, tapi makan sehari-hari biar ngirit beli pisang sesisir lalu direbus”, ujar Sukati. Keuletan Lulut- Sukati membuahkan hasil. Kini, mereka memiliki rumah, mobil dan kios untuk menjaul hasil bumi dengat omzet Rp 20 juta per hari.
Kerja keras dan jujur, membawa Lesung Sudarsono (55) menjadi saudagar. Lelaki tamatan SD di Desa Nguntolonadi, Takeran, Magetan dan mengalami nasib yang sama seperti Lulut. Ia merantau ke Lampung tahun 1980 dan enam tahun tidur di pasar. “Begitu datang ke Lampung, saya langsung menjadi buruh angkut dan belajar dagang di tempat Haji Sarkun”, kata Lesung. Berbekal semangat, kerja keras, ulet, jujur dan cerdik membuat Lesung menjadi pedagang hasil bumi yang sukses di Pasar Pringsewu. Ia juga memiliki usaha kos-kosan, rumah walet, memiliki sawah yang luas dan mendirikan pedepokan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (cabang dari perguruan silat di Jawa Timur). Sama seperti Lulut, Lesung pun menangis terharu saat menceritakan riwayatnya, khususnya saat pamit kepada ibunya untuk merantau. “Saya sungkem simbok dan pamit, simbok nangis. Sebenarnya, simbok tidak rela saya merantau jauh, tapi tekad saya sudah bulat untuk memperbaiki nasib”, kata Lesung sambil mengenang peristiwa tersebut.
Kisah sukses lain datang dari Suratmin (45), pendatang asal Gorang Goreng, Magetan yang merantau dari tahun 1990 yang hanya bermodal Rp 250.000. Sebagian dari uang itu digunakan untuk ongkos bus, sisanya untuk modal usaha berdagang sayuran seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kol dan kacang-kacangan. “Dulu saya hanya jualan sayur kecil-kecilan antara 10-20 kilogram. Sekarang, saya bisa jualan sampai puluhan kuintal”, kata Suratmin. Omzet penjualan mencapai Rp 30 juta per hari dan mencapai Rp 60 juta menjelang Lebaran. Meski sering merasa rindu akan kampung halamannya, Suratmin tidak ingin kembali ke Jawa karena ia tidak rela meninggalkan usahanya di Lampung. “Walaupun saya dibayar satu juta per hari, saya tidak mau tinggal di Jawa”, ujar Suratmin.
Kisah berbeda dialami Sabar Mulyono (27) bersama istrinya, Rosna dan putrinya, Primisa Yunita Sari. Bersama keluarga besarnya, Rosna memilih kembali ke kampung halamannya untuk mengembangkan usaha perikanan keluarga. Tekad Sadar dan Rosna sudah bulat untuk meninggalkan pekerjaanyan di Jakarta. Menjelang Lebaran lalu, keluarga Sabar ikut larut dalam gemuruh perebutan jalan masuk menuju Kapal Motor Sinambung yang akan berlayar ke sejumlah kota di Sulawesi hingga Manokwari, Papua Barat. Sudah lima tahun Rosna meninggalkan desanya, Raha yang ditempuh selama satu hari dari Bau-Bau, Sulawesi Tenggara untuk bekerja di Jakarta. Pasangan Rosna dan Sabar bertemu di pabrik garmen, tempat mereka bekerja, tapi dua tahun lalu Sabar terkena PHK. Sejak saat itu, ia bekerja sebagai tukang ojek. Beruntung, Rosna tetap bekerja di pabrik itu sebagai pengontrol kualitas produk. “Gaji pokok saya Rp 1,7 juta, sementara pendapatan suami saya tidak menentu, sekitar Rp 50.000 per hari. Dari situ sedikit demi sedikit uang dikumpulkan untuk dibawa pulang”, kata Rosna.
Artikel 5
Mie Ayam Jamur Sehat Bugi ( Sulabakti )

- Mie yang dibuat sendiri dari sayur-sayuran ( bit, kangkung ) dengan 3 warna.
- Tanpa pengawet dan tanpa formalin.
- Mie ayam jamur sehat, sangat nikmat dan satu-satunya yang mempunyai rasa khas.
- Harga terjangkau.

Hubungi :
Jl. Sulabakti IV / No. 60
Tangerang Kota.
Tel : 021-5537667

Contoh Koperasi
Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) (The Indonesian Cooperation Council (DEKOPIN))
Graha Inkud, 2nd Floor,Jl. Warung Buncit Raya No. 18-20, Pejaten,Jakarta Selatan 12510,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 79195718
Telp.(021) 79195712, Telp.(021) 79195713, Telp.(021) 79195715
Cooperation
Gabungan Koperasi Batik Indonesia(GKBI) (Indonesian Batik Cooperative Association (GKBI))
Wisma GKBI, 6th Floor Suite 601,Jl. Jend. Sudirman No. 28,Jakarta Pusat 10210,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 5713430
Telp.(021) 5713433, Telp.(021) 5713434
Batik
Koperasi Karyawan Pulomas (KOPKARMAS), PT.
Pulomas Satu Building II, Ground Floor,Jl. Jend. A. Yani No. 2, Pulomas,Jakarta Timur 13210,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 47866962
Telp.(021) 47866962
Wholesale, retailer, cooperative
Koperasi Karyawan Garuda Indonesia
Graha Sejahtera, 7th Floor,Jl. Gunung Sahari No. 52,Jakarta Pusat 10610,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 4262062
Telp.(021) 4262058, Telp.(021) 4262060, Telp.(021) 4262063
Cooperative consumer
Induk Koperasi Unit Desa (INKUD)
Graha Inkud,Jl. Warung Buncit Raya No. 18-20, Pejaten,Jakarta Selatan 12510,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 79190354
Telp.(021) 79191740, Telp.(021) 79191741
Cooperative consumer association
Mitra Bina Seraya Koperasi
Jl. Kebon Kacang Raya No. 3,Jakarta Pusat 10240,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 3905496
Telp.(021) 3905496, Telp.(021) 3147086, Telp.(021) 3147085
Transport of cement
Margasatwa Koperasi (Koprimas)
Taman Margasatwa Ragunan DKI,Jl. RM. Harsono No. 1,Jakarta Selatan 12550,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 7805280
Telp.(021) 7806975, Telp.(021) 7805280, Telp.(021) 78833150
Cooperative consumer association
Koperasi Tritunggal
Wisma PSM,Jl. Swadaya II No. 7, Tanjung Barat – Pasar Minggu,Jakarta Selatan 12530,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 7820525, Fax.(021) 7800757
Telp.(021) 7803300, Telp.(021) 7815760
Cooperative consumer; Printing; General supplier
Koperasi Supir Taksi Jakarta Raya
Jl. SD Ragunan, Pasar Minggu,Jakarta Selatan 12250,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 7801292
Telp.(021) 7801333, Telp.(021) 7801290
Taxi service
Pusat Koperasi Pelayaran Rakyat (Puskopelra)
Jl. Gunung Sahari Raya No. 84-B,Jakarta Pusat 10610,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 4253638
Telp.(021) 4242519, Telp.(021) 4240162
Cooperative consumer association
Induk Koperasi Veteran Republik Indonesia(Inkoveri)
Wisma Niaga Veteran RI Building, 3rd Floor,Jl. Gajah Mada No. 13,Jakarta Pusat 10130,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 6338709
Telp.(021) 6338709
Cooperative consumer
Induk Koperasi Pegawai Republik Indonesia(IKPRI)
Jl. RP. Soeroso No. 21,Jakarta Pusat 10330,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 3100959
Telp.(021) 3100448, Telp.(021) 3100422
Cooperative consumer
Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia(Inkoppolri)
Jl. Tambak No. 2,Jakarta Pusat 10320,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 3162375
Telp.(021) 31931330, Telp.(021) 31931332, Telp.(021) 31931348
Cooperative
Induk Koperasi TNI Angkatan Darat(Inkopad)
Inkopad Building,Jl. Letjen. S. Parman Kav. 97,Jakarta Barat 11480,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 5658994
Telp.(021) 5658514
Cooperative consumer
Induk Koperasi Perikanan Indonesia(IKPI)
Jl. Ir. H. Juanda No. 2,Jakarta Pusat 10120,Indonesia
DKI Jakarta
Fax.(021) 3806177
Telp.(021) 3451118, Telp.(021) 3440741
Fishing equipment; Cooperative consumer

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image