Masyarakat Demokratis

Masyarakat demokratis

Kedudukan manusia terbagi menjdi 3 macam :
-sebagai mahluk ciptaan tuhan
-sebagai mahluk individu
-sebagai mahluk social

Kedudukan yang di maksud diatas adalah suatu staus atau persamaan yang ada dan berkaitan dengan kewajiban yabg harus di lakukan sesuai dengan kedudukan orang tersebut.
Sebagai mahluk ciptaan tuhan , manusia diberi hak hidup dengan segala kelengkapan jasmani dan rohaninya,Oleh karena itu , manusia mempunyai kewajiban untuk melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Tuhan dan menjauhi apa yang dilarang oleh tuhan.Dengan kata lain , manusia harus beriman dan bertakwa kepada tuhan.
Sebagai mahluk individu manusia mempunyai keinginan atau cita-cita dalam hidupnya , karena sejak kelahirannya setiap manusia di lengkapi dan di bekali dengan cipta , ras , dan karsa,Oleh karma itu manusia dengan segala kekuatan dan kemampuannya berupaya untuk mencapai apa yang di ingin kan dalam hidupnya.
Sebagai mahluk social manusia selalu memerlukan bantuan orang lain .Oleh karma itu setiap manusia harus berbuat baik kepada sesama manusia.Antar manusia harus dapat bekerja sam karma pada hakikatnya mereka saling ketrgantungan.
Manusia mempunyai sifat monodualis , artinya sebagai mahluk individu juga sebagai mahluk social.Oleh karna itu mempunyai sifat saling membutuhkan , maka antara manusia yang satu dengan manusia yang lain harus menjalin interaksi dan komunikasi yang baik.
Interaksi adalah hubungan timbale balik antara individu yang satu dengan yang lain sedangkan , individu adalah suatu proses yang menghubungkan sekurang-kurangnya dua pihak , yaitu memberi pesan dan penerima pesan , jadi untuk menyebarakan informasi atau apabila terjadi masalah dalm setiap aspek kehidupan dapat di sosialisasikan melalui komunikasi.
Dalam komunikasi di perlukan sekali system terbuka agar dapat di wujudkan suasana timbale balik.sikap demikian proses komunikasi yang demokratis.

Komunikasi mempunyai 4 unsur :
-pelaku
-sarana
-pesan
-penerima
Agar komunikasi berhasil , pesan haruslah relevan dengan lingkungan komuniksai , di sesuaikan berdsarkan , disesuaikan , dan memanfaatkan nilai yang dihayati oleh komunikasi.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.3/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: -1 (from 1 vote)
Masyarakat Demokratis, 7.3 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image