Pengertian ATM & Perbedaan 2 ATM

Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine) sudah tidak asing lagi buat Kita .namun siapakah yang pertama menemukannya ??

Luther George Simjian adalah salah seorang Penemu dan ilmuwan yang berumur cukup panjang. Ia dilahirkan di Turki pada 28 Januari 1905, dan meninggal pada 23 Oktober 1997 dalam usia 92 tahun.

Simjian muda hijrah ke Amerika Serikat pada usia 15 tahun, karena dipisahkan dari keluarganya pada masa Perang Dunia I. Setelah bertemu dengan kerabatnya di Connecticut, dia mulai belajar mandiri dengan bekerja sebagai Fotografer sesuai dengan bidang ketertarikannya. Pada awal mulanya, Simjian belajar di Universitas Yale dengan mengambil bidang Kedokteran. Namun minatnya berubah ketika Pihak Universitas memberikan pekerjaan di Laboratorium Foto. Pada tahun 1928, dia telah menduduki jabatan Direktur pada Departemen Fotografi di Universitas tersebut.

gambar

Pada tahun 1934 Simjian pindah ke New York, di mana dia mengembangkan mesin X-ray warna dan self-posing portrait camera, yang memungkinkan subyek untuk melihat ke dalam cermin dan melihat gambar yang tepat yang akan diambil.

gambar

Dengan berbekal penemuannya ini, Simjian mendirikan sebuah perusahaan manufaktur kamera dan menjual lisensi untuk menggunakan kamera tersebut di studio mini yang diletakkan dalam Departement Store dengan nama Photoreflex yang kemudian diganti dengan nama Reflectone. Perusahan inilah yang kemudian terus melakukan pengembangan optik, dan perangkat elektro mekanik.

Ketika Simjian menawarkan ide untuk membuat pelanggan bank melakukan transaksi finacial tanpa bertemu dengan teller, ia diragukan banyak orang. Tak kenal menyerah, pada tahun 1939, Simjian mendaftarkan 20 paten yang berkaitan dengan perangkat temuan barunya tersebut, dan menawarkan temuannya kepada sebuah perusahaan besar yang sekarang dikenal dengan nama Citicorp. Baru setelah 6 bulan kemudian, Citicorp merespon tawaran Simjian tersebut.

“Tampaknya, orang yang akan menggunakan mesin ini hanyalah sejumlah kecil pelacur dan penjudi yang malu dan tidak mau bertemu muka dengan tellers” tulis Simjian.

Ups, ternyata hari ini pada setiap sudut jalan, kita dapat dengan mudah menemukan mesin “ajaib” ini. Apa yang menjadi keraguan banyak orang pada masa tersebut sangat tidak terbukti. ATM sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Penemuan Simjian yang pada awalnya diragukan, kini telah membantu banyak orang dengan hadirnya kemudahan malalui mesin ATM.

gambar

Disini saya akan membahas perbedaan 2 atm. yaitu ATM Bank BCA dan ATM Bank Mandiri

1. ATM Bank BCA

ATM BCA

BCA selalu memberi yang terbaik bagi nasabahnya. Sebagai nasabah BCA Prioritas, lewat kartu ATM BCA (Paspor BCA), apapun jenis tabungan Anda baik itu Tahapan BCA, Tapres, BCA Dollar maupun Giro perorangan, Anda akan mendapatkan layanan jaringan ATM kami yang mudah ditemui di mana saja. Berbagai transaksi perbankan tunai dan non-tunai dapat Anda lakukan di lebih dari 6.000 ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia . Didukung dengan teknologi komunikasi canggih jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan jaringan ATM terluas di Indonesia . Berbelanja kini menjadi semakin menyenangkan karena Paspor BCA dapat digunakan sebagai kartu Debit BCA dan Tunai BCA.

Jenis-Jenis Automatic Teller Machine BCA / ATM BCA

ATM BCA kini semakin effisien. Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan dan untuk menghindari antrian panjang, sekarang terdapat beberapa jenis ATM BCA di antaranya:

1.     ATM BCA Multifungsi

ATM BCA multi fungsi adalah ATM BCA untuk bebagai transaksi perbankan baik tunai maupun non-tunai:

  • Tarik Tunai
  • Transfer antar rekening BCA
  • Transfer antar bank secara real time online
  • Pembayaran*:
    Telepon, Telepon Selular/Genggam, PLN, Kartu Kredit, Pendidikan, Internet, angsuran pembiayaan, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), PAM (Perusahaan Air Minum), Asuransi, TV Kabel dan lain-lain. Fasilitas ini hanya berlaku untuk pemilik rekening dalam mata uang Rupiah.
  • Informasi Saldo
  • Isi Pulsa*:
    simPATI, Bebas, Mentari, IM3 Smart, StarOne, dan lain-lain
  • Informasi Kurs:
    USD dan SGD
  • Pembelian:
    Pembelian Tiket Garuda Indonesia, Reksadana, dan Saham
  • Ubah Pin
  • Registrasi:
    Internet Banking klikBCA, Mobile Banking m-BCA, dan Isi Ulang Pulsa via SMS

* khusus untuk rekening IDR

2.     ATM BCA Tarik Tunai

ATM BCA Tunai adalah ATM BCA yang disediakan khusus untuk transaksi penarikan uang tunai.

3.     ATM BCA Non-Tunai

ATM BCA non-Tunai adalah ATM BCA yang disediakan khusus untuk transaksi perbankan non-Tunai. ATM non-Tunai memiliki semua fitur yang terdapat pada ATM multifungsi kecuali untuk transaksi tarik tunai

4.     ATM BCA Setoran Tunai

ATM BCA Setoran Tunai adalah ATM BCA yang disediakan khusus untuk transaksi setor tunai bebas bea baik ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah BCA lain sampai Rp. 5 juta per hari. Transaksi langsung masuk saat itu juga. Setoran tunai Anda dapat dalam pecahan Rp, 20.000, Rp. 50,000 ataupun Rp. 100.000. Jadi sekarang Anda dapat melakukan transaksi penyetoran  kapan saja tanpa harus antri di teller dan mengisi form setoran.

Selain untuk pemegang kartu Paspor BCA dan BCA Dollar, ATM BCA juga dapat digunakan untuk mengecek saldo dan mengambil uang tunai (cash advance) untuk seluruh pemilik:

  • BCA Card
  • Visa Plus/Electron
  • MasterCard/Cirrus
  • Kartu berlogo Prima

Kartu ATM BCA (Paspor BCA)

Segudang manfaat dan keuntungan memiliki Paspor BCA / Kartu ATM BCA.
Memiliki Paspor BCA memberi Anda akses terhadap begitu banyak kemudahan transaksi perbankan seperti:

Penarikan Tunai
Anda dapat melakukan penarikan uang tunai/cash, kapan saja dan di mana saja Anda berada, 24 jam sehari 7 hari seminggu di ATM BCA (Multifungsi/Tarik Tunai) yang tersebar di seluruh Indonesia dan di tempat-tempat berbelanja yang memasang logo Tunai BCA.

Transfer Uang antar Rekening BCA
Apapun keperluan Anda, kapan pun dan di mana pun juga, Anda dapat melakukan pengiriman uang ke sesama pemilik rekening BCA lain dengan mudahnya baik lewat ATM BCA, ATM jaringan Prima maupun melalui fasilitas internet banking KlikBCA atau mobile banking m-BCA

Transfer Uang antar bank secara real time online
Lakukan transaksi transfer antar bank secara real time online melalui ATM BCA Multifungsi, ATM BCA Non-Tunai dan ATM jaringan Prima ke bank-bank yang tergabung dalam jaringan Prima

Pembayaran Tagihan
Tidak perlu lagi buang waktu berjam-jam untuk mengantri di loket-loket pembayaran untuk membayar berbagai tagihan Anda. Dengan kartu Paspor BCA, segalanya jadi praktis. Anda dapat melakukan pembayaran tagihan: Telepon, Telepon Selular, PLN, Kartu Kredit, Pendidikan, Internet, angsuran pembiayaan, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), PAM (Perusahaan Air Minum), Asuransi, TV Kabel, dan lain-lain. Fasilitas ini hanya berlaku untuk pemilik rekening dalam mata uang Rupiah.

Pulsa Isi Ulang
Pulsa Telepon. Kini, tak perlu lagi repot mencari counter penjualan pulsa telepon bila Anda ingin membeli/mengisi ulang. Dengan mudahnya, Anda dapat membeli isi ulang telepon selular simPATI, XL Voucher, Mentari, IM3 Smart, 3 (Three), Axis, Smart, dan lain-lain. Khusus untuk pemilik rekening dalam mata uang Rupiah.

Pembelian
Pembelian Tiket Garuda Indonesia, Reksadana, dan Saham. Semuanya dapat dilakukan melalui ATM BCA.

Informasi Saldo
Dengan ATM BCA, Anda dapat melakukan pengecekan saldo rekening Anda.

Informasi Kurs
ATM BCA menyediakan informasi kurs untuk mata uang USD dan SGD.

Mengubah PIN
Anda dapat mengganti PIN sesuai dengan yang Anda inginkan.

Semua transaksi yang disebutkan di atas, dapat Anda lakukan melalui jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Kapan saja, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu termasuk hari-hari libur.

Berbelanja dengan Kartu ATM BCA
Selain berfungsi sebagai kartu untuk pengambilan uang pada ATM, Kartu Paspor BCA dapat juga berfungsi sebagai kartu debit yang dapat Anda gunakan untuk berbelanja di ribuan tempat berbelanja yang berlogo Debit BCA. Dengan Debit BCA, Anda tidak perlu lagi membawa uang kontan dalam jumlah besar dan tidak perlu repot dengan receh. Anda dapat membayar dengan kartu Paspor BCA. Akan tetapi, fasilitas ini hanya berlaku untuk pemilik rekening dalam mata uang Rupiah.

Fasilitas pengambilan uang tunai di merchant/toko
Saat berbelanja menggunakan Debit BCA, Anda juga dapat mengambil uang tunai dari merchant/toko yang memasang logo Tunai BCA.

Cara Memperoleh Kartu ATM BCA
Cukup dengan membuka rekening Tahapan BCA / Tapres /BCA Dollar /Giro Perorangan, Anda akan mendapatkan kartu ATM BCA (Paspor, Tapres, atau BCA Dollar) dan menikmati fasilitasnya.

Limit ATM BCA per Hari

ATM BCA Card daily limits

2. ATM Bank Mandiri

Fitur dan Menu Layanan

Mandiri ATM.. Semakin Dekat, Semakin Mudah

Mandiri ATM, Semakin dekat

Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 4.194 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.

Mandiri ATM, Semakin mudah

Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.

Mandiri ATM, 24×7

Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu

Mandiri ATM, Multi akses.

Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron

Mandiri ATM, bebas biaya transaksi

Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi).

Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000

Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000

Fitur/Layanan Mandiri ATM

  1. Fitur Standar / Akses ke Rekening
    Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir
  2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
    Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata
  3. Pembayaran Tagihan Telepon
    Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi
  4. Isi Ulang Pulsa;
    Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas
  5. Registrasi
    SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri
  6. Kartu Mandiri Visa
    Cash Advance, Inquiry Tagihan

Tips Penting bagi Nasabah

  1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
    • Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.
    • Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.
    • Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
    • Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain
    • Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
  2. Selama Menjadi Nasabah
    • Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS
    • Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
    • Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.
    • Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
    • Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
    • Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
  3. Saat Bertransaksi
    • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
    • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
    • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
    • Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
    • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
    • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
    • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka
    • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.

Demikianlah perbedaan 2 atm menurut saya, mohon maaf bila masih banyak kesalahan.

Referensi :

http://www.forumkami.com/forum/sejarah/23097-inilah-sejarah-mesin-atm.html

http://www.klikbca.com/individual/Prioritas/product.html?s=7

http://www.bankmandiri.co.id/article/faq-atm-fitur.asp

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: -1 (from 1 vote)
Pengertian ATM & Perbedaan 2 ATM, 7.0 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image