Sistem Operasi Windows

Macam-macam Sistem Operasi Windows :

1. Sistem Operasi Windows 3.1.1

Kelebihan dari sistem operasi ini adalah :

a. Memudahkan komunikasi antar anggota workgroup lainnya

b. Menggunakan sharing printer

c. Memudahkan mengakses file dan program aplikasi yang berada

di komputer lain.

d. Administrasi sistem jaringan (network) relative lebih mudah

2. Sistem Operasi Windows 95

Windows 95 merupakan generasi penerus di MS.DOS dan sistem operasi microsoft windows 3.x yang mendukung pengoperasian komputer pribadi serta bekerja dengan modus grafik/Graphical User Interface (GUI) yang lebih baik dan kompatibel dengan sebagian besar hardware dan software yang sekarang beredar di dunia

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah :

a. Sangat mudah dan cepat :

-   Setiap saat kita dapat menggunakan seluruh kemampuan Windows 95, yaitu dengan mengklik tombol start untuk menjalankan program aplikasi, membuka dokumen, mencari data dan menggunakan fasilitas lainnya.

-   Pada taskbar Windows 95 ditampilkan seluruh program aplikasi yang sedang anda gunakan, hal ini akan memudahkan anda untuk berpindah program aplikasi.

b. Berbagai fasilitas baru

1. Dengan sistem 32-bit, Kemampuan pengkodeaan 32-bit dari prosesor seri 80386, 80486, dan 80586 dapat dimanfaatkan secara optimal.

2. Dilengkapi fasilitas multithreading dan preemptive multitasking : multitasking lebih responsive dan dengan fasilitas ini dapat menjalankan beberapa program aplikasi secara bersama-sama.

3. Kemampuan memberi nama yang panjang pada file dan folder (maksimal 250 karakter).

4. Lalu lintas input/output yang lebih cepat yang membuat operasi baca tulis, dan mencetak ke printer menjadi lebih ditingkatkan kecepatannya.

5. Visual device driver 32-bit yang mengelola sumber daya sistem sehingga memungkinkan lebih dari satu aplikasi dapat mengunakan daya pada saat yang bersamaan.

- Securiti secara terpusat :

Sistem pengamanan dapat dilakukan secara terpusat pada server. Windows 95 dilengkapi dengan pengamanan tersebut untuk Netware dan Windows NT baik pada level server maupun pada level user, dengan pengamanan ini sekuriti pada jaringan lebih mudah dikendalikan.

c. Fasilitas Bantuan (Help) yang terintegrasi

Fasilitas Help apabila pemakai sedang menghadapi kesulitan dalam pengoprasian, program ini lebih luas.

3. Sistem Operasi Windows 98

Windows 98 adalah jendela control panel yang menyediakan fasilitas Accessibility Options yang akan membantu anda dalam memilih dan mengatur cara kerja Windows 98, terutama untuk pemakai Windows 98 yang mempunyai keterbatasan dalam menggunakan tangan, penglihatan, dan pendengaran.

Keunggulan dari sistem operasi ini dalah :

a. Lebih mudah digunakan :

Menjelajahi isi komputer kini jauh lebih mudah dari sebelumnya, cukup melakukan klik sekali untuk membuka file, serta banyak tambahan tombol jelajah pada tiap jendela. Kita dapat menggunakan sembilan buah monitor pada satu komputer tunggal guna untuk meningkatkan ukuran bidang kerja. Dan instalasi perangkat keras baru akan lebih mudah karena Windows 98 mendukung Standar Universal serial Bus (USB). Standar ini memungkinkan kita menancapkan perangkat keras baru dan langsung menggunakannya tanpa perlu melakukan restart computer.

b. Lebih terjamin :

Kita akan memiliki akses ke Windows Update, ekstensi berbasis web untuk Windows 98. Menggunakan situs ini kita akan menemukan jawaban untuk permasalahan yang biasa ditemui, serta menjaga Windows 98 kita selalu up to date. Fasilitas pemecahan masalah yang baru dilengkapi perangkat diagnosa Dr.Watson akan membantu kita memecahkan masalah komputer.

c. Lebih cepat :

Windows dan program yang ada didalamnya dapat dijalankan lebih cepat daripada sebelumnya. Memanfaatkan Windows Tune-Up Wizard, kita dapat secara mudah meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Begitu juga dengan fasilitas Power Management dan kita pun dapat menggunakan FAT 32 untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan file dan menghemat pemakaian ruang hard disk.

d. Lebih menghibur :

Windows 98 dapat mendukung DVD dan digital audio, jadi kita dapat memutar film dan audio digital berkualitas sangat tinggi pada komputer kita dan didukung oleh paket wallpaper, screen saver, icon 3-D, pointer mouse yang unik.

4. Sistem Operasi Windows NT

Sistem Operasi Windows NT yaitu sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal. Sedangkan Microsoft Windows NT adalah sebuah sistem operasi yang penting untuk industri komputer. Software ini dirancang khusus untuk memecahkan dilema-dilema yang dihadapi oleh pemakai komputer perusahaan.

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah :

a. Menjalankan software-software yang dibuat di dalam lingkungan sistem operasi MS-DOS dan Microsoft Windows.

b. Bekerja dengan kinerja tinggi, dapat menjalankan Windows NT sebagai platform untuk critical-mission applications perusahaan, juga bagi aplikasi personal-productivity.

c. Bekerja pada komputer-komputer produksi berbagai pabrik, termasuk mesin-mesin yang berdasarkan jalur mikroprosesor  Intel dan mikroprosesor yang berdasarkan RISC.

d. Bekerja pada mesin-mesin prosesor tunggal atau multiprosesor.

e. Bekerja sebagai sebuah jaringan klien dan server.

f. Mendukung program-program kelas baru 32-bit, dengan begitu dapat menyerap keuntungan dari kemajuan teknologi hardware yang dibuat berbagai pabrik pada masa yang akan datang.

g. Dapat menampilkan keamanan built-in serta Networking dan juga tersedia dalam versi workstation dan server.

Kemampuan yang dimiliki Windows NT adalah

a. Keamanan (security) : Windows NT memungkinkan kita mengontrol orang yang dapat menggunakan komputer kita dan cara menggunakannya.

b. Penyimpanan data yang luwes dan terpercaya juga merupakan kebutuhan untuk critical-mission application.

c. Windows NT dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi

d. Windows NT mempunyai preemptive multitasking untuk menyelesaikan multitasking. Pada metode ini, sistem operasi menduduki lebih dulu setiap perintah aplikasi mikroprosesor. Hasilnya, sistem operasi memegang kontrol atas komputer bukan menunggu aplikasi memberikan perintah tersebut.

e. Memiliki kemampuan untuk mengeksekusi beberapa threads dalam satu aplikasi.

5. Sistem Operasi Windows 2000

Microsoft Windows 2000 adalah “ pintu gerbang “ dimana anda bias mengakses file dan folder, drive komputer, semua komputer yang merupakan bagian dari Network atau Workgroup kita, serta tentu saja mengakses internet.

Keunggulan sistem operasi ini adalah :

a. Dapat mencari dan mengakses informasi yang lebih cepat. Dilengkapi kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan Web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, dan kemudahaan lainnya. Untuk memudahkan mengelola file dan dokumen, Windows 2000 dilengkapi dengan My Network Places untuk menyimpan semua folder favourites anda pada sistem jaringan, My Documents untuk memudahkan menyimpan dan membuka file pribadi kita, dan lain-lain.

b. Pengguna dan Network Administrator. Pengguna dapat bekerja dengan lebih efisien karena sebagian besar computer management task telah diotomatiskan. Disertakannya wizard-wizard baru yang akan membantu mengatur konfigurasi perangkat keras. Selain itu Windows 2000 memberikan beberapa sarana dukungan jika komputer kita mengalami masalah.

c. Windows 2000 menawarkan kelebihan kompatibilitas dengan berbagai jenis sistem jaringan dan dengan berbagai jenis hardware dan software.

d. Kita dapat mengatur sendiri area kerja, menu dan tool bar Windows 2000 sesuai dengan kebutuhan agar berkesan lebih pribadi. Windows 2000 akan mempelajari bagaimana cara anda menggunakan komputer dan akan terus mengatur dan menyesuaikan lingkungan Windows 2000 sesuai dengan usernya.

e. Windows 2000 menyediakan ratusan driver printer baru. Menunjang percetakan Internet dan telah menggunakan Image Color Management 2.0. Selain driver printer, Windows 2000 mendukung lebih dari 7000 device driver, sehingga kita bias lebih mudah menginstall berbagai peralatan.

f. Proses instalasi Windows 2000 akan secara otomatis memperbaiki file yang berbentrokan, memperbaiki proses instalasi yang tidak lengkap, memperbarui komponen yang telah usang, dan lain-lain.

g. Windows 2000 lebih andal dan aman digunakan karena telah menunjang sistem file NTFS, mendukung teknologi autentikasi yang terbaru, serta untuk mengatur keamanan pada komputer kita.

h. Untuk mengefisiensikan pemakaian media penyimpanan (hard disk). Windows 2000 menggunakan sistem penyimpanan file FAT 32 dan juga menggunakan penyimpanan file NTFS.

6. Sistem Operasi Windows XP

Windows XP kepanjangan dari “experience” dimana pada sebuah komputer pribadi (PC) Windows ini akan memberikan fasilitas video dan suara langsung. Microsoft windows XP adalah sistem operasi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft yang dibangun dengan menyatukan kernel Microsoft Windows NT yang stabil dan kompatibilitas yang disempurnakan dari Microsoft Windows 9x atau Me.

Keunggulan sistem operasi ini adalah :

a. Semua yang dikerjakan dengan komputer pribadi akan terasa lebih menyenangkan, mudah dipakai, lebih cepat, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia terbaru.

b. Registrasi : Microsoft ini telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA), yang artinya Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunaanya.

c. Performance yang handal : Penambahan kecepatan pada event-event tertentu, yaitu saat booting, kecepatannya dapat melampaui Windows 2000, kita dapat melakukan pergantian user dengan menggunakan switch user, desktop gaya baru yang disebut Luna serta Windows XP memberikan tooltips yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri.

d. Firewall : Dapat digunakan sebagai sistem keamanan data, yang dapat menyaring penggunaan ping, bahkan dapat membuat komputer yang digunakan tak tampak bagi port scanner yang biasa digunakan.

e. Kelengkapan Driver : Dibentuk dengan kompatibilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang sehingga dapat lebih mudah dalam menggunakan software-software lama berarsitektur Windows 9x/Me/NT/2000.

Jadi, Kesimpulan dari berbagai sistem operasi windows diatas yang lebih menguntungkan dan yang lebih baik digunakan adalah sistem operasi windows XP karena windows tersebut adalah hasil dari perkembangan Windows 3.0, Windows 3.1.1, Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan sebagainya sehingga lebih berkembang dalam berbagai macam fasilitas, kegunaan, dan kemampuan yang dimiliki Windows XP daripada Windows-windows yang lainnya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image