BANJIR D JAKARTA

BANJIR DI JAKARTA
Nama Penulis : YOGY FIRMANSYAH
NPM/KELAS : 30409456/1 ID 01
EMAIL :deSah_mOnyet@yahoo.com

PENDAHULUAN
Definisi banjir
Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar, peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai.
Di banyak daerah yang gersang di dunia, tanahnya mempunyai daya serapan air yang buruk, atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air. Ketika hujan turun, yang kadang terjadi adalah banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air kering dengan air. Banjir semacam ini disebut banjir bandang.
Banjir adalah keadaan terlalu banyak air di sebuah lokasi.
PEMBAHASAN
Memasuki bulan Oktober Indonesia memiliki curah hujan yang begitu tinggi, hingga menimbulkan banjir di sebagian kota besar di Indonesia.
Jakarta contohnya, sebagian daerah di Jakarta menjadi langganan banjir di tiap tahunnya.Entah itu dari kurangnya daya resap air ketanah ataupun banjir kiriman yang berasal dari kota BOGOR.
Sebenarnya untuk masalah banjir kiriman, warga Jakarta tidak perlu takut. Sebab, jika warga Jakarta terutama warga yang bertempat tinggal di dekat sungai/kali. Minimal jarak terdekat bangunan ke sungai/kali berkisar 1 km, dan adanya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai/kali. Selain menyumbat mengalirnya air, juga menyebabkan dangkalnya sungai/kali.
Sedangkan untuk masalah kurangnya daya resap air ke dalam tanah, itu dikarenakan hilangnya sudah tanah-tanah diJakarta yang sebagian sudah menjadi jalan aspal dan bangunan beton.
Lebih parahnya lagi, banyak sudah rawa-rawaa atau setu atau danau-danau yang hilang begitu saja tanpa adanya pengganti untuk menampung dan meresapi apabila hujan datang mengguyur kota Jakarta.
Untuk itu Jakarta membutuhkan danau-danau buatan atau taman-taman kota untuk menampung dan meresapi air hujan kedalam tanah.
Apa yang menyebabkan banjir?
Sejumlah faktor dapat menyebabkan banjir, meliputi:
1. hujan deras, terus menerus dalam beberapa hari
2. permukaan tanah tidak dapat menyerap air, karena jenuh atau karena diplester.
3. debit air sungai yang tinggi karena hujan terus menerus
4. permukaan tanah yang lebih rendah dari daerah sekitarnya, di mana tidak terdapat saluran-saluran pembuangan air yang berfungsi untuk memindahkan air ke lokasi lain menyeberangi daerah sekitarnya yang lebih tinggi
5. permukaan tanah yang lebih rendah dari permukaan laut yang sedang pasang

Terdapat dua jenis banjir, yaitu:
1. Banjir biasa di mana permukaan air secara perlahan naik;
2. Banjir bandang, yakni banjir yang datang secara cepat menyapu sebuah area. Banjir bandang lebih berbahaya, karena datangnya tiba-tiba dengan kecepatan yang dapat menghancurkan. Banjir bandang dapat disebabkan hujan sangat deras yang terjadi di hulu sungai, atau bendungan yang jebol. Tsunami adalah banjir bandang yang datangnya dari laut yang disebabkan oleh gempa.
Waspadalah akan datangnya banjir, apabila:
1. terjadi hujan terus menerus dalam beberapa hari,
2. anda tinggal di wilayah, di mana tidak terdapat cukup daerah resapan air, seperti di kota, di daerah sekitar hutan gundul,
3. sungai di daerah anda menunjukkan debit air yang bertambah tinggi,
4. anda tinggal di daerah rawan banjir, yakni daerah anda memiliki ketinggian lebih rendah dari daerah sekitarnya,
5. selokan-selokan atau parit-parit di daerah anda tidak berfungsi karena dipenuhi sampah yang menghambat aliran air
Waspadalah akan datangnya banjir bandang, apabila:
1. terjadi hujan deras terus menerus di daerah hulu, atau
2. terdapat bendungan yang jebol di daerah hulu, atau
3. terjadi hujan deras di daerah pembalakan hutan
ANALISIS
Banjir di Jakarta di akibatkan karna curah hujan yang tinggi dan kurangnya daya resap air ke dalam tanah serta banjir kiriman yang berasal dari kota Bogor.
KESIMPULAN
Untuk itu Jakarta sangat membutuhkan Danau-danau buatan dan taman-taman kota untuk daya tamping dan meresapi air hujan ke dalam tanah.

DAFTAR PUSTAKA

http://9hkelompokbanjir.blogspot.com/

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image