KEMACETAN LALU LINTAS

KEMACETAN LALU LINTAS

Rully Ulpian

34409582 / 1ID02

Rully_zendoel@yahoo.co.id

1.PENDAHULUAN

Kemacetan Lalu Lintas di jalan raya menjadi suatu persoalan yang rumit. Sebenernya ini merupakan hal yang tidak aneh terutama kota-kota besar di Indonesia. Akhir-akhir ini kemacetan lalu lintas semakin parah, harus sudah di pikirkan bagaimana cara mengatasi masalah ini. Jika di perhatikan pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga masyarakat mulai berangkat ke tempat mereka bekerja dan para pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan lalu lintas semakin parah dan tidak terkendalikan lagi.

Banyak hal yang menjadi kemacetan lalu lintas. Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. Kedua, semakin banyak kendaraan berlalu lalang di jalan-jalan. Ketiga, banyak jalan di gunakan sebagai tempat parkir kendaraan dan sebagai tempat pedagang kaki lima berjualan. Keempat sering terjadi lampu lalu lintas mati. Kelima, sikap kurang terpuji para pengemudi, seperti memberhentikan kendaraan tidak pada tempatnya dan saling mendahului dengan kendaraan lain. Keenam tidak adanya polisi lalu lintas pada tempat tugasnya apalagi pada saat lampu lalu lintas mati.

Dengan demikian akibat kemacetanpun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma., selain itu bahan bakar juga terbuang percuma. Kemacetan lalu lintas juga dapat mengakibatkan  polusi udara dan suara. Bahkan dapat mengakibatkan stress yang menyerang kesehatan rohani kita.

Oleh karena itu harus di pikirkan bagaimana solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Penyebab kemacetan salah satunya adalah pertumbuhan yang tidak seimbang antara jalan dan kendaraan pribadi. Hal ini di pengaruhi oleh daya beli serta pentingnya mobilitas. Kemacetan lalu lintas juga terkait dengan perencanaan kota, manajemen lalu lintas, serta prilaku dan di siplin manusianya sebagai pengguna jalan. Selain itu hal ini di dukung dengan meningkatnya jumlah populasi yang ada pada kota-kota besar tiap tahunya.

Tujuan tulisan kemacetan lalu lintas.

Tujuanya adalah untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas dan menemukan kebijakan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Dan bagaimana kita bisa terhindar dari kemacetan tersebut.

2.PEMBAHASAN

Kemacetan adalah suatu kondisi dimana situasi atau keadaan tersendatnya atau terhentinya lalu lintas yang di sebabkan oleh banyaknya kendaraan yang melebihi kapasitas jalan sehingga arus lalu lintas terhambat. Kemacetan banyak sering terjadi di kota-kota besar. Sumber kamacetan lalu lintas adalah keterbatasan prasarana lalu lintas, dan jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas, dan juga di sebabkan oleh tingginya perkembangan dan aktivitas penduduk.

Para pelaku penyebab kemacetan di kota-kota besar adalah pemerintah kota tersebut, pengusaha, pedagang kaki lima, supir angkutan kota, petugas lalu lintas dan pengguna jalan. Kendala pemerintah kota yaitu tentang tataruang, keuangan dan penegakan hukum, sedangkan alternative kebijakanya adalah kerjasama dengan pemerintah kota, mengenai penataan kawasan penting, meningkatkan prasarana lalu lintas, pengaturan trayek, penegakan di siplin dan mengurangi angkutan kota. Karena angkutan kota yang beroperasi sangat banyak bahkan sampai melebihi kapasitas, sudah di ketahui fasilitas-fasilitas juga yang kurang memadai, seperti jalan yang sempit, tidak adanya tempat parkir dan banyaknya kendaraan yang ada, mungkin ini yang mengakibatkan banyaknya kemacetan.

Kemacetan juga bisa di sebabkan oleh pengusaha, pedagang kaki lima, dan pengguna jalan. Sudah di ketahui fasilitas jalan di kota-kota besar kurang memadai tetapi masih banyak orang yang membangun usaha-usaha di pinggir jalan dan banyaknya orang yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga makin menambah penyebab kemacetan di lalu lintas.

Pada saat mengalami kemacetan lalu lintas seseorang akan merasa tidak nyaman dan tentunya sangat menjengkelkan sekali karena di ketahui kemacetan tersebut hanya akan menyebabkan kerugian, misalnya siswa-siswi karena macet menjadi terlambat datang kesekolah, pekerja kantor karena terjebak macet jadi kena teguran oleh bosnya, dan tentunya waktu juga akan terbuang percuma saja. Saat mengalami kemacetan tentunya yang di rasakan kejengkelan apalagi macet yang memakan waktu lama, sampai berhenti atau kendaraan tidak bisa bergerak sedikitpun, di tambah cuaca yang tidak mendukung sama sekali, misalnya cuaca saat itu panas sekali sehingga menyebabkan sumpek dan pengapnya di tengah kemacetan, hanya panas yang dirasakan dan keringat yang mengalir.

Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari, dan kemacetan dapat menimbulkan dampak negatif, antara lain :

  • Kerugian waktu, waktu terbuang percuma karena percepatan perjalanan yang rendah.
  • Meningkatkan stress bagi pengguna jalan.
  • Pemborosan energi bahan bakar.
  • Meningkatnya polusi udara dan suara.
  • Menggangu aktifitas sehari-hari, seperti berangkat sekolah kesiangan.
  • Keausan kendaraan, seperti radiator dan penggunaan rem yang lebih tinggi.

Kemacetan lalu lintas yaitu di sebabkan oleh beberapa hal yaitu sebagai berikut :

  1. Adanya persilangan jalur kereta api.
  2. Tidak adanya pelebaran jalan.
  3. Makin meningkatnya pengguna kendaraan pribadi.
  4. Banyaknya kendaraan umum yang berhenti di sembarang tempat.
  5. Persimpangan tanpa lampu lalu lintas, dan tidak tampak polisi pada tempat tugasnya.
  6. Adanya kesalahan teknis, matinya lampu lalu lintas.
  7. Banyaknya parkir sembarangan dan pedagang kaki lima di tepi-tepi jalan.
  8. Rendahnya sikap di siplin para pengguna jalan.
  9. Adanya kecelakan yang terjadi, yang mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas.
  10. Adanya perbaikan jalan.
  11. Adanya demo yang di lakukan di jalan.

Kemacetan lalu lintas kelalaian dalam mengemudi. Banyaknya pengemudi yang mengendarai kendaraan secara kurang hati-hati dan melebihi kecepatan maksimal, merupakan prilaku yang kurang baik dan tidak terpuji. Walau demikian kebanyakan pengemudi menyadari akan bahaya yang di hadapi apabila mengendarai melebihi kecepatan maksimal. Dan banyaknya para pengemudi yang tidak menaati peraturan lalu lintas, seperti mengemudi secara ugal-ugalan, menerobos lampu merah, kebut-kebutan, mendahului kendaraan lain.

3.ANALISIS

Kemacetan lalu lintas kini telah menjadi pemandangan sehari-hari di kota-kota besar di Indonesia dan menjadi sebuah persoalan yang sulit di selesaikan baik di tingkat lokal daerah maupun secara nasional. Dengan berjalanya waktu permasalahan kemacetan lalu lintas ini tentunya tidak boleh di biarkan begitu saja, kita harus menganalisis dan mencari solusi bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan ini. Walaupun terkadang di akui memang ini adalah persoalan yang cukup sulit untuk di pecahkan. Oleh karena itu di bawah ini diterangkan bagaimana cara atau upaya penyelesaian permasalahan kemacetan lalu lintas ini, antara lain :

a.peningkatan kapasitas.

Yaitu salah satu langkah yang di lakukan untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas ini adalah dengan meningkatkan kapasitas, seperti membangun jalan yang lebih koefisien seperti pelebaran jalan, mengatur atau mengubah sirkulasi arus lalu lintas menjadi satu arah, meningkatkan kapasitas persimpangan jalan, meningkatkan kapasitas khusus untuk angkutan umum seperti busway.

Memperbaiki kapasitas merupakan solusi yang baik untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ini, karena sudah kita ketahui bahwa keadaan kapasitas dan fasilitas dengan kendaraan yang ada tidak seimbang, sehingga mengakibatkan kemacetan. Terlalu banyaknya kendaraan, misalnya pada saat ada tikungan atau belokan ada kendaraan mobil yang mau belok, pasti ada kemacetan yang terjadi mobil yang mau belok akan berhenti dulu dan otomatis kendaraan yang di belakanganya akan berhenti juga untuk menunggu mobil tersebut belok, dan dari arah berlawanan ternyata mobil banyak yang berlalu lalang, jadi hanya untuk berbelok saja sulit untuk di lakukan sehingga mengakibatkan kemacetan, dapat di ketahui bahwa kemacetan tersebut terjadi karena kurangnya fasilitas jalan dan terlalu banyaknya kendaraan.

Dengan demikian harus ada tindakan untuk memperbaiki kapasitas yang sudah ada menjadi lebih baik. Adalagi yaitu masalah para pedagang kaki lima. Hal ini juga yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas banyaknya para pedagang kaki lima yang berjualan di pinggiran jalan dan banyak bangunan-bangunan liar yang tentunya dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas, sudah di ketahui fasilitas jalan yang kurang memadai, tetapi di salah gunakan oleh para pedagang kaki lima yaitu di gunakan sebagai tempat berjualan, padahal mereka sudah tahu bahwa tempat jalan itu di larang untuk berjualan, sehingga mengakibatkan pemda setempat tidak tinggal diam dan membongkar paksa lahan tersebut, karena ini di lakukan untuk kepentingan dan kebaikan bersama demi mencegahnya kemacetan lalu lintas. Agar para pedagang khususnya pedagang kaki lima tidak berdagang atau berjualan di tempat-tempat sembarangan khususnya di tepi-tepi jalan yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Hal lainya yaitu pemberian perizinan untuk kawasan perdagangan, yaitu terpusatnya fasilitas perdagangan di pusat kota.

b. Pembatasan kendaraan pribadi.

Langkah ini juga merupakan suatu cara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, karena dari tahun ke tahun penggunaan kendaraan pribadi semakin meningkat dan semakin banyaknya para pengemudi yang memakai kendaraan hingga sampai melebihi batas akibatnya munculnya kemacetan lalu lintas. Jadi harus ada penaggulangan tentang penggunaan kendaraan pribadi yaitu seperti membatasi pemilik kendaraan pribadi, meningkatkan pajak dan biaya kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas. Hal ini dapat terjadi karena dari tahun ke tahun jumlah kendaraan selalu meningkat, baik itu kendaraan roda dua, kendaraan umum maupun kendaraan penumpang umum. Hal ini juga di sebabkan kurang ketatnya pemerintah kota, dalam penegakan aturan, seperti membatasi perizinan jumlah kendaraan di kota, karena setiap tahun jumlah kendaraan semakin meningkat. Seharusnya memang benar kita harus mengurangi atau membatasi penggunaan kendaraan pribadi atau kendaraan yang lainya, karena selain dapat mengurangi masalah kemacetan lalu lintas juga dapat mengurangi masalah lainya misalnya dapat mengurangi polusi udara, karena dengan berkurangnya kendaraan tentunya juga mengakibatkan polusi udara yang semakin berkurang sehingga alam kita ini dapat lebih terjaga kelestarianya dan dapat terhindar dari pemanasan global.

4.KESIMPULAN

Dari tulisan di atas, kesimpulan yang dapat saya ambil adalah bahwa masalah kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota-kota besar khususnya di Indonesia merupakan masalah kita bersama, yaitu dengan meningkatkan kedisiplinan dan menaati semua peraturan mengenai lalu lintas, tidak hanya itu kita juga harus mempunyai jiwa dan raga yang sehat karena dalam berkendara apabila kita terjebak macet, pasti mengakibatkan seseorang menjadi emosional karena terbawa oleh keadaan. Dan yang lebih parah kemacetan juga dapat mengakibatkan stress, oleh karena itu kita harus bisa mengendalikan diri, lebih sabar, dan lebih meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara. Dapat juga di ketahui bahwa dalam mengatasi sebuah permasalahan tentang kemacetan lalu lintas itu tidak bisa di lakukan secara maksimal, karena dalam mengatasi hal ini juga di perlukan kebersamaa dan kesadaran diri masing-masing akan tingkah laku yang di perbuat oleh setiap orang.

DAFTAR PUSTAKA

1. http://umum.kompasiana.com/2009/02/06/kemacetan-lalu-lintas-dan-transportasi-di-dki-jakarta/

2.http://74.125.155.132/search?q=cache:9sF7gpQ41sQJ:donkoping.wordpress.com/2009/07/16/internet-adalah-sebuah-solusi-mengatasi-kemacetan-lalu-lintas-dan-global-warming/+tulisan+tentang+kemacetan+lalu+lintas&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image