KEMACETAN LALU LINTAS

KEMACETAN LALU LINTAS

EMIR HUDA

35409108 / 1 ID02

emirzecson@gmail.com

  1. Pendahuluan

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta dan Bangkok.

Dan dewasa ini, Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

2. Pembahasan

Mengatasi masalah kemacetan jalanan di wilayah yang padat penduduknya bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan keseriusan dan komitmen dari berbagai pihak untuk bisa konsisten menjalankan segala peraturan yang ada agar kota terbebas dari masalah yang biasa terjadi di kota-kota besar tersebut.

Salah satu pihak yang bertanggung jawab mengatasi masalah kemacetan yaitu aparat kepolisian lalu lintas. Aktivitas warga dari pagi sampai dini hari membuat Depok misalnya, seolah tidak pernah mati. Situasi jalanan macet yang hampir terjadi setiap hari seakan menjadi suatu hal yang biasa di kota Depok.

Situasi dan Kondisi ini pula yang menjadi perhatian Pemkot Depok yang mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah kesemrawutan lalu lintas di kota Depok, khususnya Jalan Margonda.

Permasalahan kemacetan di Depok ini harus diatasi dengan IT (teknologi). Kalau hanya penambahan jumlah pertambahan personel polisi, tidak akan bisa, karena perbandingan jumlah personil dan warga yang terlalu signifikan.

TMC adalah salah satu teknologi yang bias digunakan dalam mengawasi dan mengatur lalu lintas di Depok. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki TMC diantaranya adalah GPS (Global Positioning System) yang digunakan untuk melakukan pemantauan kendaraan petugas di lapangan.

GIS (Global Information Sistem) yaitu sebuah peta yang dapat menginformasikan lokasi kecelakaan , lokasi kemacetan serta sebab timbulnya kemacetan,  Penempatan anggota di lapangan dan lain sebagainya.

Berikutnya adalah CCTV (Closed Circuit Television) yang berfungsi untuk memonitor dan memantau situasi lalu lintas terkini. SMS (Short Messaging Service) untuk menerima informasi dari masyarakat melalui layanan SMS 1717. Namun, terkadang fasilitas ini digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang menyesatkan. Contohnya adalah teror bom di Kedutaan Besar Australia dan Amerika beberapa waktu lalu.

Kemudian ada Internet Service (website) untuk memberikan berita seputar lalu lintas terkini, jadwal layanan SIM keliling dan informasi kegiatan masyarakat juga menerima informasi dari masyarakat melalui email, forum dan konsultasi. Selanjutnya, Identification Service seperti SIM, STNK, dan BPKB untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor.

Traffic Accident Service (Pelayanan Informasi Laka Lantas) yang mencatat data kecelakaan di seluruh wilayah hukum PMJ. Law Enforcement Service atau Pelayanan Penegakkan Hukum. Dan yang terakhir adalah Call Centre untuk menerima informasi dari masyarakat melalui nomor telepon 021-5276001.

3. Analisis

Pemecahan masalah lalu lintas itu tidak bisa dilakukan secara parsial. Seluruh pihak dan berkomitmen untuk mengatasi persoalan ini. Misalnya, Pemkot Depok harus bekerja sama agar penataan kota ditertibkan. Dalam hal membangun tempat-tempat umum seperti mal di lokasi-lokasi yang bisa menimbulkan kemacetan harus diperhatikan.

Selain itu, kemacetan di Depok juga disebabkan kurangnya kesadaran warga untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, karena baik angkutan umum dan mobil pribadi seringkali berhenti untuk menaikkan atau menurunkan orang-orang di tempat yang seharusnya tidak boleh berhenti sehingga memperparah kondisi lalu lintas di Depok, kemacetan juga diperparah dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak terkontrol, Siapa saja, bisa menambah kendaraan sesuai keinginannya, sehingga jumlah kendaraan yang beredar sekarang ini sangat menimbulkan potensi-potensi macet di tempat lain.

4. Kesimpulan

Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:

Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan. Terjadi kecelakaan lalu-lintas sehingga terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas. Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan. Ada perbaikan jalan. Bagian jalan tertentu yang longsor. Dan kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas yang harus dirumuskan dalam suatu rencana yang komprehentip yang biasanya meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

Salah satu langkah yang penting dalam memecahkan kemacetan adalah dengan meningkatkan kapasitas jalan/parasarana. Untuk meningkatkan daya dukung jaringan jalan dengan adalah mengoptimalkan kepada angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan.

DAFTAR PUSTAKA

http://beritapendidikan.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image