Langkah-Langkah Membentuk Organisasi

Dalam sebuah organisasi perusahaan, haruslah mempunyai langkah-langkah dasar yang kuat. Langkah-langkah dasar yang kuat itu dapat disebutkan sebagai berikut:
– Nilai dan visi
– Misi
– Aturan
– Profesionalisme
– Insentif
– Sumber daya
– Rencana kerja
jika organisasi perusahaan mempunyai atau menjalankan langkah-langkah dasar tersebut maka tujuan dari organisasi akan tercapai sehingga memungkinkan majunya organisasi perusahaan tersebut.

Nilai adalah sesuatu yang abstrak yang diberikan seseorang kepada kita. Visi adalah tujuan. Nilai dan visi ini dalam organisasi perusahaan berguna untuk memacu kita mendapatkan tujuan yang kita inginkan. Apabila tidak ada nilai dan visi maka organisasi perusahaan yang dijalankan akan rusak dan kehilangan arah.
Misi adalah penerapan/usaha-usaha untuk mencapai tujuan itu sendiri. Organisasi perusahaan yang tidak mempunyai misi akan bingung sebab penerapan dalam pelaksanaan untuk mencapai tujuan itu tidak dipunyai.
Aturan adalah batasan-batasan dalam tindakan, tatakrama, dsb. Berperan untuk menjaga kestabilan dalam organisasi perusahaan sehingga tidak menimbulkan konflik kepentingan.
Profesionalisme adalah keahlian dalam suatu bidang. Profesionalisme ini banyak orang kenal dengan spesialisasi kerja yaitu hanya bekerja di bidang dimana dia ahli di bidang itu. Banyak organisasi perusahaan tidak menerapkan langkah dasar ini. Salah satu contohnya saja seperti programmer yang dimana dia bekerja bukan hanya sebagai programmer tetapi bisa merangkap seperti membetulkan peralatan elektronik yang rusak, membuat keuangan, mengurus pengeluaran, dsb. karena memang banyak orang awam yang menganggap programmer sebagai orang yang handal dalam bidang elektronik. Ini menyimpulkan bahwa orang-orang yang ahli tidak ditempatkan sesuai dengan keahliannya sehingga membuat keresahan pada orang-orang tersebut.
Insentif menurut Anwar Prabu Mangkungara adalah suatu penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan oleh pihak pemimpin organisasi kepada karyawan agar mereka bekerja dengan motivasi yang tinggi dan berprestasi dalam pencapaian tujuan-tujuan organisasi. Untuk itu insentif dibutuhkan agar para karyawan dapat bekerja dengan giat sehingga organisasi dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
Sumber daya adalah sesuatu yang dimanfaatkan untuk berbagai kepenitngan. Dalam hal ini sumber daya manusia dan juga sumber daya bahan baku dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan output/hasil yang diinginkan
Rencana kerja adalah langkah-langkah kerja dimana dalam mengambil langkah-langkah tersebut sudah di pikirkan terlebih dahulu akibatnya. Bila organisasi perusahaan salah dalam melakukan rencana kerja akan menimbulkan salah langkah yang berakibat organisasi perusahaan jatuh.
Setiap orang yang bekerja di organisasi perusahaan sangatlah penting. Dari presiden direktur, direktur, manajer sampai kepada karyawan haruslah saling bekerjasama untuk mencapai tujuan. Apabila ada langkah dasar tersebut tidak diterapkan/dilaksanakan maka perusahaan akan mengalami kemunduran sehingga memungkinkan ketimpangan pada peran masing-masing pengerja sehingga tujuan yang diinginkan tidak akan tercapai yang menjurus kepada kehancuran pada organisasi perusahaan itu sendiri.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image