LINGKUNGAN HIDUP KOPERASI INDONESIA

Adapun keadaan lingkungan yang mempengaruhi hidup koperasi di Indonesia ini dapat dikelompokkan ke dalam :

  1. Lingkungan hukum politik;
  2. Lingkungan ekonomi;
  3. Lingkungan sosial;
  4. Lingkungan etika dan kebudayaan;
  5. Lingkungan pertahanan dan keamanan;
  6. Lingkungan teknologi;
  7. Lingkungan internasional.

1.         Lingkungan Hukum dan Politik

Yang dimaksud di sini ialah adanya usaha pemerintah untuk mengadakan tertib hukum serta politik, sehingga diperoleh kestabilan pemerintah.

2.         Lingkungan Ekonomi

Menurut Robert J. Holloway dan Robert S. Hancock lingkungan ekonomi dapat dibagi ke dalam :

a)       Lingkungan konsumen yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial terdiri dari keadaan-keadaan sosiologis, psikologis dan antropologis

b)       Situasi persaingan

c)       Situasi harga-harga

3.         Lingkungan Sosial

Secara sosiologis terdapat perkembangan yang pesat dalam hal bahwa konsumen/anggota koperasi merasa dirinya dapat berbuat bebas sesuai dengan apa yang dirasakannya akan menguntungkan dirinya. Oleh karena itu pengurus koperasi harus dapat menyesuaikan kegiatannya pada kecenderungan seperti ini, yaitu harus dapat memberikan jasa yang ”melawan” dibandingkan dengan kegiatan badan usaha lainnya.

4.         Lingkungan Etika dan Budaya

Dalam hal ini menyangkut segi-segi etika dan kebudayaan manusia, akan ditinjau para anggota terhadap koperasi hal mana merupakan faktor yang perlu diperhatikan dengan baik di dalam pengurus menjalankan koperasi .

5.   Lingkungan Pertahanan dan Keamanan

Pada hakekatnya berupa lingkungan/situasi stabilitas politik yang dapat dipertahankan baik dari kekuatan-kekuatan dari dalam maupun dari luar. Apabila kesadaran ini menguntungkan baik nasional maupun lokal maka pengelolaan koperasi dapat dijalankan secara lebih baik.

6.   Lingkungan Teknologi

Apabila koperasi tidak ikut serta memanfaatkan teknologi modern karena satu dan lain hal, seperti tingkat edukasi, kekurangan modal dan lain-lain maka persoalan-persoalan yang kompleks itu jelas tidak akan dapat diselesaikan. Padahal sebenarnya teknik-teknik (ilmiah) sudah tersedia/ada, tinggal menerapkannya saja.

7.   Lingkungan Internasional

Secara tidak langsung pengaruh lingkungan internasional ini dapat dirasakan oleh koperasi, misalnya dengan naiknya harga minyak yang mendorong naiknya harga-harga pada umumnya sehingga anggota tidak membeli pada koperasi.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.3/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
LINGKUNGAN HIDUP KOPERASI INDONESIA, 4.3 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image