MASALAH SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA

MASALAH SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA
( NI MADE DESTHIARINI, 1EA12 )
Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
Akhir akhir ini di Indonesia sering terjadi berbagai masalah,terutama masalah sosial budaya yang disebabkan oleh berbagai macam factor. Masalah sosial budaya yang saya jadikan topic adalah masalah sosial budaya yang disebabkan oleh munculnya berbagai aliran agama yang menyimpang dari ajaran agama yang sebenarnya.

Di Indonesia kita mengenal ada 5 ajaran agama dan diatur didalam undang undang. Tapi belakangan ini muncul aliran agama yang menyimpang dari ajaran yang sebenarnya dan mengatasnamakan sabagai utusan TUHAN. Misalnya aliran Ahmadiyah di bogor, aliran Mahdi di sulawesi tengah. Selain itu aliran sesat berkedok agama juga dialami umat kristiani. Hali itu terlihat dari beredarnya video kekerasan yang dilakukan pemimpin ibadah di Manado,Sulawesi utara beberapa waktu lalu,tepatnya pada bulan September. Dalam video tersebut terlihat jelas bahwa pemimpin ibadah tersebut memukuli umatnya yang sedang mengikuti ibadah.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran berbagai masalah sosianl budaya yang disebabkan oleh munculnya berbagai aliran sesat, maka kita hendaknya menjaga hubungan baik dengan para penduduk Indonesia dan saling menghormati antar pemeluk agama yang lainnya serta tidak terpengaruh pada aliran sesat yang beredar

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.5/10 (11 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 5 votes)
MASALAH SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA, 8.5 out of 10 based on 11 ratings
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. makasih postingannya..
    nice

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image