MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS Bag 1

MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS

PENGENALAN BAHAN :

Sebelum kita membuat bodi motor yang kita inginkan, harus mengenali dahulu bahan-bahan yang di perlukan dalam proses pembuatan body motor yang terbuat dari fiberglass nanti. Berikut adalah nama bahan-bahannya serta ciri-cirinya :

Katalis : Cair, berwarna bening, baunya sangat menyengat, sering disebut juga hardener, berfungsi sebagai pengering saat dicampur resin. penggunaan katalis 1% dari resin dalam kondisi dingin. kalau cuaca panas cukup 0.8% dari resin.

Pigmen/Pewarna : Berbentuk kental atau pasta. manfaatnya untuk memberi warna atau sebagai perwarnaan dasar dr adonan fiberm sehingga saat finishing dan pengecatan, fiber tidak memerlukan banyak cat. tersedia dlm berbagai warna. pigmen dicampur pada resin dengan komposisi sesuai kebutuhan : dibuat pekat atau hanya samar-samar.

Resin : wujudnya cairan kental seperti oli berwarna putih kekuning-kuningan atau pink, berbau sangat menyengat. resin berguna sebagai bahan dasar fiber atau campuran perekat. zat ini diadon bareng katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.

Talc/Powder : berbentuk bubuk seperti bedak atau tepung berwarna putih. lazimnya difungsikan sbg dempul atau campuran adonan fiber, bahan ini dipakai untuk membantu proese produksi fiber agar tidak terlalu banyak memakai resin. intinya, bubuk ini digabung dengan resin dengan komposisi tertentu. umumnya talk juga diisebut kalsium karbonat.

Fumed silica : berwujud bubuk bening sangat halus seperti kapas, berguna sbg campuran resin untuk membuat permukaan fiber lebih keras, terutama saat membuat master cetakan. ada beberapa merk seperti Hdk.

Matt : Bentuknya anyaman benang-benang halus berwarna putih. berguna sebagai bahan pembentuk fiber dan mengikat zat kimia adonan.

Roving/Matt : ini juga material pengikat. sekaligus penguat fiber. bentuknya juga anyaman seperti matt, hanya lebih kasar seperti karung. ada ukuran 200, 400,600,800

Cobalt : Berupa zat cair bening yang memiliki aroma menyengat. kegunaannya mirip katalis, tapi untuk mempercepat pengeringan. cobalt akan bereaksi panas jika kena katalis. makanya resin yang sudah ada cobaltnya jika terkena katalis akan panas. pakenya 0,1 – 0,2 persen dari resin.

Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat,seperti compound dan dimanfaatkan sebagai pelapis antara bidang mal atau cetakan dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling menempel.

PVA : Mirip mirror glaze. bahan ini juga berfungsi sebagai pelapis antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. penggunaanya bisa digabung dengan mirror atau mengganti fungsi mirror.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/10 (6 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)
MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS Bag 1, 5.0 out of 10 based on 6 ratings
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. hmm… stlah baca postingan ini.. jadi ingin buat buat body sendiri.. hehe

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image