OKSIGEN O2

OKSIGEN O2

Oksigen adalah suatu zat yang di hasilkan oleh hasil dari fotosintesis tumbuh-tumbuhan yang berbentuk gas. Sudah kita ketahui akan pentingnya peranan oksigen di dalam kehidupan ini, khususnya bagi semua mahluk hidup entah itu manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, yang sangat memerlukan oksigen untuk kelangsungan hidupnya. Oksigen zat yang berbentuk gas ini memang sekilas tidak tampak oleh mata kita, tapi kita bisa merasakanya karena setiap hari kita selalu menghirup udara atau oksigen tersebut. Oksigen juga tak lepas dari peranan tumbuh-tumbuhan dan cahaya matahari yang tentunya di perlukan untuk melakukan proses fotosintesis, sehingga dapat menghasilkan Oksigen atau O2. karena pentingnya peranan tumbuh-tumbuhan bagi mahluk hidup, tentunya kita harus menjaga kelestarian agar oksigen masih dapat kita hirup. Karena kalau tidak ada oksigen atau udara mahluk hidup tidak akan bisa bernafas.

Dengan adanya oksigen mahluk hidup di dunia dapat hidup karena semua mahluk hidup memerlukan oksigen. Fungsi oksigen bagi mahluk hidup yaitu : untuk bernapas,untuk pertumbuhan, dan tentunya untuk kelangsungan hidup bagi semua mahluk hidup. Tumbuh-tumbuhan yang sangat berperan karena sebagian besar oksigen di hasilkan oleh tumbuh-tumbuhan. Contohnya pada siang hari pastinya tumbuh-tumbuhan akan terkena cahaya matahari sehingga menghasilkan oksigen, karena tumbuhan itu pada saat siang hari akan menghasilkan atau mengeluarkan oksigen, tetapi jika pada saat malam hari tumbuhan akan menghasilkan karbondioksida atau CO2.

Oksigen juga dapat tercemar oleh mahluk itu sendiri yang tidak bertanggung jawab, dan kelalaian manusia yang menyebabkan kurangnya oksigen, misalnya banyaknya bangunan-bangunan, gedung-gedung yang di bangun. Kemudian banyaknya penebangan pohon liar, banyaknya pohon-pohon yang di tebang dan di bangun gedung-gedung. Sehingga hasil oksigen makin sedikit, coba kita rasakan sendiri bagaimana daerah yang tidak terdapat oksigen yang kurang. Misalnya daerah desa-desa dengan daerah perkotaan, kita lihat perbandingan keduanya, lalu kita rasakan bagaimana pada saat berada di desa yang banyak pohon-pohon dengan daerah perkotaan yang lebih banyak gedunbg-gedung di bandingkan pepohonan. Tentunya kita akan merasakan kesegaran dan kesejukan apabila kita berada di tempat yang banyak pepohonan, tetapi di daerah yang kebanyakan gedung-gedung seperti di kota-kota akan terasa kepanasan yang menyengat , kepenakan, akan terasa gersang.

Betapa pentingnya oksigen dalam hidup ini, salah satu contoh yaitu adanya oksigen yang bernilai mahal, misalnya ada seseorang yang mengalami sakit tertentu yang susah untuk bernafas, tentunya butuh pengobatan yang medis, dan harus memerlukan oksigen yang banyak agar bisa bernafas, yaitu dengan menggunakan Tabung Oksigen yang di gunakan kepada pasien tersebut agar bisa bernafas dengan lancar. Oleh karena itu kita harus bersyukur kepada sang Pencipta karena telah diberikan oksigen dan kita tidak perlu membayar mahal, coba kita bayangkan kalo bernafas saja kita harus membayar tentunya banyak orang yang tidak bisa hidup, jadi demi kelestarian oksigen kita harus benar-benar memanfaatkan oksigen tersebut dengan sebaik mungkin.

Dengan demikian kita harus sudah memikirkan bagaimana cara untuk menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup, khususnya tentang oksigen yang setiap hari kita hirup, misalnya dengan menciptakan lingkungan kehidupan yang nyaman dan seimbang dengan kelangsungan hidup, menanam pohon-pohon di tempat yang strategis misalnya di pinggiran jalan kota yang penuh dengan bangunan-bangunan supaya lebih nyaman dan sejuk. Mengurangi kendaraan karena dapat menyebabkan polusi udara yang tentunya akan mengganggu kelestarian oksigen dan udara yang kita hirup, mencegah penebangan pohon liar, dan tentunya kesadaran manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan tentang oksigen dalam kehidupan, kita bisa mengetahui betapa pentingnya oksigen dalam kelangsungan mahluk hidup di dunia ini, dan tugas kita bersama yaitu untuk menjaga kelestarian hidup, membangun kehidupan yang lebih sehat dan dinamis, dan bisa menyeimbangkan antara kepentingan udara dan oksigen dengan bangunan-bangunan yang ada, sehingga bisa memberikan solusi yang baik dan membangun tataruang tempat yang nyaman dan sejuk untuk di singgahi. Harus lebih bersyukur kepada Sang Pencipta karena kita di berikan Oksigen yang setiap waktu kita hirup untuk bernafas.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
OKSIGEN O2, 2.0 out of 10 based on 1 rating
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image