Pengantar Bisnis (Analisa Respon Konsumen Terhadap Merek Harian Banten )

BAB III

KUMPULAN DATA

Berdasarkan latar belakang usaha yang telah dijelaskan diatas, adapun masalah yang akan saya analisa adalah “ Bagaimana respon konsumen tehadap suatu merek produk “ yang dalam hal ini adalah merek Harian Banten yang dihasilkan PT. Wahana Semesta Banten.

Adapun data responden yang saya dapatkan dari perusahaan Banten untuk menganalisa respon konsumen terhadap merek Harian Banten :

A. Analisa Respon Konsumen terhadap Merek Harian Banten

3.1 Data Responden.

Data Mengenai Usia Responden

Tabel 1

Usia

Jumlah

%

20 – 24 tahun

10

22

25 – 29 tahun

15

33

30 – 34 tahun

20

45

Jumlah

45

100

Sumber : Data Kuesioner yang telah diolah.

Berdasarkan data table 1 diketahui usia responden terbanyak adalah 30-34 tahun sebanyak 20 orang (45%), usia 25-29 tahun 15 orang (35%) dan usia 20-24 tahun 10 orang (22%).

Data Mengenai Jenis Kelamin Responden.

Tabel 2

Jenis Kelamin

Jumlah

%

Pria

35

78

Wanita

10

22

Total

45

100

Sumber : Data Kuesioner yang telah diolah.

Berdasarkan data pada table 2, diketahui bahwa jumlah responden berjenis kelamin pria adalah 35 orang (78%), dibanding dengan responden berjenis kelamin wanita yang berjumlah 10 orang (22%).

3.2 Penilaian responden tentang Performance ( kinerja ) Harian  Banten.

Penilaian responden tentang Harian Banten memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pembacanya.

Tabel 3

Kategori

Jumlah responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

27

60

135

Setuju

16

36

64

Cukup setuju

2

4

6

Tidak setuju

0

0

0

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

205

Sangat baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Berdasarkan data table 3, maka diperoleh hasil sebanyak 27 orang (60%), yang mengatakan sangat setuju bahwa Harian Banten telah memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pembacanya, 16 orang (36%) setuju, dan 2 oarang (4%) cukup setuju.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kionsumen atau responden sangat setuju bahwa Harian Banten telah memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembacanya.

Penilaian responden tentang Harian Banten merupakan alat komunikasi bagi masyarakat Banten dan daerah sekitar.

Tabel 4

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

18

40

90

Setuju

24

54

96

Cukup setuju

2

4

6

Tidak setuju

1

2

2

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

194

Sangat Baik

Sumber : Data Kuesioner yang telah diolah.

Berdasarkan pada table 4, maka diketahui bahwa 18 orang(40%), yang mengatakan sangat setuju Harian Banten merupakan alat komunikasi bagi masyarakat Banten dan Pemerintah setempat, 24 orang (53%) setuju, 2 orang (5%) cukup setuju, 1 orang (2%) tidak setuju.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumen atau responden sangat setuju Harian Banten merupakan alat komunikasi bagi masyarakat Banten dan Pemerintah setempat.

Penilaian responden tentang Harian Banten menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya.

Tabel 5

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

25

56

125

Setuju

15

33

69

Cukup setuju

3

7

9

Tidak setuju

2

4

4

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

198

Sangat Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Berdasarkan pada table 5, maka diketahui bahwa 25 orang (56%), yang mengatakan sangat setuju Harian Banten menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya, 15 orang (33%) setuju, dan 3 orang (7%) cukup setuju, 2 orang (4%) setuju.

Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahawa responden sangat setuju terhadap Koran Harian Banten menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya.

3.3 Penilaian responden tentang Features ( Ciri khas ) Harian    Banten.

Penilaian responden tentang Harian Banten mempunyai Desain yang berbeda dengan Koran lain.

Tabel 6

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

15 34 75

Setuju

23 51 92

Cukup setuju

4 9 12

Tidak setuju

2 4 4

Sangat tidak setuju

1 2 1

Total

45 100 184 Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menyatakan Harian Banten mempunyai desain yang berbeda dengan Koran lain.

Penilaian responden tentang Harian Banten mempunyai ukuran yang berbeda dengan Koran lain.

Tabel 7

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

16

36

80

Setuju

23

51

92

Cukup setuju

4

9

12

Tidak setuju

2

4

4

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

188

Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menyatakan Baik, Harian Banten mempunyai ukuran yang berbedadengan Koran lain.

Penilaian responden tentang Harian Banten memuat berita local 70%, Nasional 20% dan Internasional 10%.

Tabel 8

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

10

22

50

Setuju

30

67

120

Cukup setuju

5

11

15

Tidak setuju

0

0

0

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

185

Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menyatakan Baik, Harian Banten memuat harian local lebih besar.

3.4 Penilaian responden tentang Reability (Dapat Dipercaya) Harian Banten.

Penilaian responden tentang informasi yang diberikan dapat dipercaya karena berdasarkan dengan fekta-fakta yang terjadi dilapangan.

Tabel 9

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

15

33

30

Setuju

20

45

80

Cukup setuju

5

11

30

Tidak setuju

4

9

8

Sangat tidak setuju

1

2

1

Total

45

100

149

Cukup Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menyatakan cukup baik yang diberikan dapat dipercaya karena berdasarkan dengan fekta yang terjadi dilapangan.

3.5 Penilaian Responden Tentang Fit dan Finish (Berkualitas) Harian Banten.

Penilaian Responden tentang Fit & Finish (Berkualitas) Harian Banten mempunyai hasil cetak yang memuaskan bagi pembacanya.

Tabel 10

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

4 9 20

Setuju

33 73 132

Cukup setuju

8 18 24

Tidak setuju

0 0 0

Sangat tidak setuju

0 0 0

Total

45 100 176 Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menilai baik Harian Banten dalam hasil cetakannya.

Penilaian Responden tentang Headline Harian Banten selalu menarik.

Tabel 11

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

5

11

25

Setuju

30

67

120

Cukup setuju

9

20

27

Tidak setuju

1

2

2

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

174

Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil yang telah disimpulkan responden menilai baik Headline Harian Banten yang selalu menarik.

Penilaian responden tentang Harian Banten mempunyai kualitas kertas yang memuaskan bagi pembacanya.

Tabel 12

Kategori

Jmlh. Responden

%

Nilai

Penilaian

Sangat setuju

8

18

40

Setuju

30

67

120

Cukup setuju

7

15

21

Tidak setuju

0

0

0

Sangat tidak setuju

0

0

0

Total

45

100

181

Baik

Sumber : Data kuesioner yang telah diolah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden menilai baik kualitas kertas yang dipakai oleh Harian Banten.

Dari rangkuman penelitian secara keseluruhan dilihat dari Respon Konsumen terhadap merek Harian Banten berdasarkan Dimensi Persepsi Kualitas Merek, pembaca membeli Harian Banten karena kinerjanya baik, pembaca membeli Harian Banten karena ciri khasnya baik, pembaca membeli Harian Banten karena dapat dipercaya, pembaca membeli Harian Banten karena kualitasnya baik.

Artinya pembeli atau pembaca membeli Harian Banten karena memiliki ciri khas, dapat dipercaya serta Harian Banten berkualitas.

BAB IV

PEMECAHAN PERMASALAHAN

Dari kumpulan data-data yang saya dapat dari perusahaan, respon konsumen pada merek Harian Banten masih mencakup konsumen yang berusia 30-34 tahun saja. Sedangkan konsumen dengan usia 20-24 tahun masih kurang tertarik untuk membaca Harian Banten ini. Hal ini dikarenakan masih kurangnya minat membaca Koran pada usia tersebut. Tapi hal tersebut dapat disiasati dengan menambahkan berita atau tampilan-tampilan yang lebih menarik lagi.

Dan data respon menunjukan bahwa jumlah responden laki-laki lebih tinggi, itu artinya laki-laki lebih merespon pada Harian Banten. Sedangkan wanita masih dibawah responden laki-laki jumlahnya. Hal ini tentu saja bisa diatasi dengan menambahkan berita-berita yang menarik untuk dibaca oleh wanita. Seperti adanya resep-resep memasak, berita-berita tentang artis yang lebih menjadi pilihan untuk dibaca oleh para wanita.

Respon kononsumen Harian Banten merupakan variable yang ditunjukan berdasarkan nilai yang diperoleh dari kuesioner tentang tanggapan konsumen terhadap merek Harian Banten dari dimensi kualitas produk. Di dalam data hanya empat indikator dimensi kualitas produk yang saya analisa.

Indikator pertama adalah kinerja atau performance, hal ini berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan dalam membeli barang tersebut. Respon indikator ini dapat dilihat dari nilai yang ada pada tabel 3, yaitu penilaian respon tentang Harian Banten memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pembacanya. Nilai dalam tabel tersebut menunjukan penilaian “ sangat baik “ untuk Harian Banten dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pembacanya. Tapi masih ada 4% responden yang hanya menyatakan cukup setuju dengan hal di atas. Hal itu menunjukan bahwa masih ada yang perlu dibenahi Harian Banten dalam mamberikan informasi.

Masih dalam respon indikator kinerja Harian Banten, penilaian “ sangat baik “ juga ditunjukan pada tabel 4 dan 5 yang menilai respon konsumen tentang Harian Banten merupakan alat komunikasi bagi masyarakat Banten dan Pemerintah setempat serta penilaian responden tentang Harian Banten menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Dengan adanya penilaian tersebut Harian Banten harus bisa mempertahankan kinerja atau performancenya di pasaran.

Indikator yang kedua adalah cirri khas atau features dari Koran Harian Banten ini. Penilaiannya meliputi  desain yang berbeda dengan Koran lain, ukurannya yang berbeda dengan Koran lain dan beritanya yang memuat berita local 70%, nasional 20% dan internasional 10%. Semua penilaian responden adalah “ baik “, maka Harian Banten memperbaiki lagi desainnya agar lebih menarik dan menambah cirri khas dari Koran Harian Banten itu sendiri.

Indikator yang ketiga adalah dapat dipercaya atau reability. Dalam penilaian ini, responden masih kurang yakin dengan berita-berita yang dimuat pada Koran Harian Banten. Karena penilaian responden masih “ cukup baik “, itu menunjukan bahwa responden belum bisa percaya tentang berita di Harian Banten, apa benar-benar sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan atau tidak. Dalam hal ini, Harian Banten harus membuktikan lagi dengan mnyuguhkan berita-berita yang lebih aktual dan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

Indikator yang keempat adalah berkualitas atau fit & finish. Dalam indikator dimensi kualitas produk ini, lebih banyak membahas penilaian responden tentang tampilan-tampilan pada Harian Banten. Seperti hasil cetak dan kualitas kertas yang memuaskan bagi pembaca dan Headline yang menarik. Semua penilaian masih menyatakan “ baik “.

Berbicara mengenai kualitas, dalam konsep produk pemasar beranggapan bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.

Respon konsumen tidak dapat secara langsung dikendalikan oleh perusahaan, perlu dicari informasinya semaksimal mungkin. Menurut para ahli, yaitu Engel dan kawan-kawan (1994) dalam buku riset pemasaran dan perilaku konsumen karya Husein Umar (2000;49) yang dimaksud dengan respon konsumen adalah suatu tindakan yang langsung dalam mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan tersebut.

Respon konsumen melibatkan interaksi, berarti bahwa untuk memahami konsumen dam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat kita harus memahami apa yang mereka pikirkan (kognis) dan mereka rasakan (pengaruh), apa yang mereka lakukan (perilaku), dan apa serta dimana (kejadian sekitar) yang mempengaruhi serta dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan, dirasa, dan dilakukan oleh konsumen.

Dalam menganalisi respon konsumen, perlu diperhatikan factor yang menjadi dasar respon konsumen itu sendiri, diantaranya :

  1. 1. Pengaruh Lingkungan antara lain seperti budaya, kelas social, pengaruh pribadi dan situasi.
  2. 2. Perbedaan individu antara lain mencakup sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, kepribadian serta gaya hidup dan demografi.
  3. 3. Proses Psikologis antara lain yaitu pengolahan informasi pembelajaran serta perubahan sikap dan perilaku.

Merek merupakan nama, istilah, symbol, lambang, logo, desain, warna atau kombinasi, atribut-atribut produk yang diharapkan mampu memberikan identitas ataupun untuk mengenali produk atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual sehingga mampu dibedakan dari produk pesaing.

Pada dasarnya merek juga merupakan janji produsen untuk secara konsisten menyampaikan ciri-ciri atau fitur, manfaat dan layanan tertentu kepada para konsumen.

Merek memegang peranan penting, salah satunya adalah menjembatani harapan konsumen pada saat kita menjanjikan sesuatu kepada konsumen. Dengan denikian dapat diketahui adanya ikatan emosional yang tercipta antara konsumen dengan perusahaan penghasil produk melalui merek. Pesaing bisa saja menawarkan produk yang mirip tapi mereka tidak mungkin menawarkan janji emosional yang sama.

Dalam konteks strategi bisnis, merek merupakan magnet kuat yang bisa diperjualbelikan, bahwa merek itu asset yang sangat berharga, banyak yang mengakui.

Dari sudut pandang bisnis, merek merupakan magnet kuat yang bisa menimbulkan customer loyality (loyalitas pelanggan), meningkatkan nilai produk, menyebarluaskan dan menanamkan identitas perusahaan yang memproduksi merek tersebut.

Merek yang sudah diterima dan diakui, sangat berpotensi meningkatkan kualitas produk. Salah satu syarat utama untuk memperoleh merek yang baik adalah dengan selalu menjaga kualitas produk, antara lain dengan menyerap kritik dan saran konsumen, menyimak trend kepuasan konsumen, beradaptasi terus dengan tuntutan pasar, menciptakan kondisi psikologis yang membuat konsumen selalu membutuhkan produk kita, sehingga bila produk dengan merek tertentu itu menghilang di pasaran, maka orang akan terus mencarinya kemana-mana. Tentu saja itu bukan keseluruhan cara, masih banyak cara lain seperti beriklan secara kontiniu dan lain-lain.

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

  1. A. Kesimpulan .

Berdasarkan analisa dan uraian pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa PT. Wahana Semesta Banten merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang surat kabar yang cukup besar yang berskala nasional dan memiliki reputasi yang baik dimasyarakat khususnya di daerah Banten.

Harian Banten memiliki persepsi kualitas merek, yaitu persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan yang berkaitan dengan apa yang diharapkan pelanggan.

Hasil data responden menunjukan bahwa sebagian besar pemakai produk Harian Banten adalah berjenis kelamin laki-laki, dengan usia 30-34 tahun.

Berdasarkan hasil penelitian dari Persepsi Kualitas Merek ( kinerja, ciri khas, dapat dipercaya, berkualitas ) Harian Banten dapat disimpulkan bahwa pada indikator kinerja, responden telah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan membaca Harian Banten, Harian Banten merupakan alat komunikasi bagi masyarakat dan Pemda setempat dan membaca Harian Banten dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Penilaian total nilai yang dikumpulkan oleh indicator kinerja ( performance ) adalah sebesar 199, berdasarkan table 6 nilai dalam kelas interval termasuk dalam kategori “ sangat baik “.

Dalam indicator ciri khas, Harian Banten tampil dengan desain dan ukuran yang berbeda dengan produk lainnya serta dengan memuat berita local sebesar 70% Harian Banten dinyatakan oleh responden baik. Berdasarkan hasil kuesioner pada indicator ciri khas ( features ), nilai yang terkumpul adalah sebanyak 185,7 baerdasarkan tabel 10 nilai 185,7 berada pada kelas interval “ baik “.

Pada indicator dapat dipercaya ( reability ), bahwa dengan informasi yang dapat dipercaya karena berdasarkan dengan fakta yang ada dan dengan produk yang mudah didapatkan, karena banyaknya agen dan pengecer, maka Harian Banten dinyatakan oleh responden dan pembaca baik. Berdasarkan hasil kuesioner pada indicator dapat diercaya, nilai yang terkumpul adalah sebesar 159,5.Dan pada tabel 13 berada pada kelas interval “ baik “.

Dalam indicator berkualitas ( fit & finish ), Harian Banten mempunyai hasil cetak yang memuaskan, kualitas kertas yang bagus serta Headline yang selalu menarik, maka responden atau pembaca ingin membeli produk tersebut. Berdasarkan hasil kuesioner pada indicator berkualitas nilai yang terkumpul adalah 177, berdasarkan tabel 17 berada pada kelas interval “ baik “.

  1. B. Saran.

Berdasarkan data-data yang diperoleh, maka penulis mengajukan beberapa saran yaitu :

  1. 1. Sebaiknya perusahaan memperluas saluran distribusi, supaya penyebarannya lebih merata dan ini mempermudah pembaca untuk mendapatkan produk tersebut.
  2. 2. Memperbaiki yang kurang dan mempertahankan kualitas yang sudah ada, hubungan antara pelanggan dengan konsumen juga perlu dibina dengan cara mengetahui apa yang menjadi kepuasan konsumen.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image