Prinsip – Prinsip Etika Bisnis

1. Beberapa Prinsip Umum Etika Bisnis

– Prinsip Otonomi
– Prinsip Kejujuran
– Prinsip Keadilan
– Prinsip Saling Menguntungkan
– Integritas Moral

2. Etos Bisnis

Etos Bisnis adalah Suatu kebiasaan atau budaya moral menyangkut kegiatan bisnis yang dianut dalam suatu perusahaan dari satu generasi ke generasi yang lain.

Inti etos ini adalah pembudayaan atau pembiasaan penghayatan akan nilai, norma atau prinsip moral tertentu yang dianggap sebagai inti kekuatan dari suatu perusahaan yang sekaligus juga membedakannya dari perusahaan lain.

Berkembang tidaknya sebuah etos bisnis dalam sebuah perusahaan sangat ditentukan pula oleh gaya kepemimpinan dalam perusahaan tersebut.

3. Relatifitas Moral dalam Bisnis

Menurut De George ada tiga pandangan yang umum dianut, yaitu:
1. Bahwa norma etis berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain.
2. Bahwa norma sendirilah yang paling benar dan tepat.
3. Immoralitas naif.

Menurut De George Prinsip yang paling pokok yang berlaku universal, khususnya dalam dunia bisnis, adalah prinsip integritas pribadi atau integritas moral.

4. Pendekatan Stakeholder

Pendekatan Stakeholder adalah cara mengamati dan menjelaskan secara analitis bagaimana berbagai unsur dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan dan tindakan bisnis.

Pada umumnya ada dua kelompok Stakeholder, yaitu:
1. Kelompok Primer
Terdiri dari pemilik modal atau saham, kreditor,karyawan, pemasok, konsumen, penyalur, dan pesaing atau rekanan.

2. Kelompok Sekunder
Terdiri dari pemerintah, kelompok sosial, media massa, dan masyarakat pada umumnya.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image