SOSIAL BUDAYA YANG ADA DI MASYARAKAT SEKARANG

PIPIT AJI SAPUTRI

1EA13

12209236

Indonesia terkenal karena keragaman budaya dan keramahtamahan penduduknya. Sosial budaya yang ada di masyarakat sekarang cenderung berubah. Terkadang kita melihat seolah-olah dalam suatu masyarakat tidak terjadi perubahan, padahal perubahan sosial selalu terjadi meskipun mungkin sangat sedikit dan lambat. Masyarakat seperti ini dinamakan masyarakat statis. Sementara itu, masyarakat yang mengalami perubahan secara cepat dinamakan masyarakat dinamis.

Perubahan sosial dapat terjadi karena adanya faktor- faktor pendorong, yaitu kontak dengan kebudayaan lain, system pendidikan formal yang maju, toleransi, sistem stratifikasi terbuka, penduduk yang heterogen, ketidakpuasan masyarakat terhadap berbagai bidang kehidupan, orientasi kemasa depan, dan pandangan bahwa manusia harus senantiasa berikhitar untuk memperbaiki hidupnya.

Modernisasi merupakan bentuk perubahan sosial yang penting. Didalam modernisasi terjadi perubahan sosial budaya. Masyarakat yang sedang memperbaharui diri berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakterisik yang dimiliki oleh suatu masyarakat modern. Dampak dari modernisasi adalah disorganisasi sosial yaitu proses memudar atau melemahnya norma dan nilai sosial dalam masyarakat karena adanya perubahan sosial, adanya unsur dalam masyarakat yang berubah secara cepat, tapi beberapa unsur itu berkaitan erat dengan unsur-unsur yang  berubah dengan sangat lambat. Keadaan demikaian disebut kesenjangan budaya. Perubahan yang terjadi di dalam masyarakat tidak selalu diikuti dengan penyesuaian-penyesuaian, sehingga masyarakat mengalami disintegarasi sosial.

Globalisasi adalah suatu proses perubahan sosial yang menyebabkan seseorang, sekelompok orang, atau suatu Negara saling dihubungkan dan saling membutuhkan dengan masyarakat. Dampak globalisasi yaitu gegar budaya, kesenjangan kebudayaan, memperkaya unsur-unsur kebudayaan Indonesia.

Tantangan global yang dihadapi bangsa Indonesia sehubungan dengan upaya mempertahankan jati diri bangsa, yaitu melemahnya penghayatan terhadap pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, pemakaian bahasa Indonesia, berkurangnya legitimasi agama, dekadensi moral dan kekacauan kemanusiaan, serta perubahan pola perilaku dalam pergaulan.

Oleh karena itu, masyarakat harus bersikap tegas dari perubahan yang negative, kita harus menyaring berbagai pengaruh kebudayaan yang masuk agar terhindar dari masalah kebudayaan dan social.

Refrensi :

Muin, Idianto. 2006. Sosiologi SMA/MA untuk kelas XII.Jakarta:Erlangga

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image