ATMOSFER (Lapisan Udara)

A. Latar Belakang

Atmosfer adalah suatu lapisan gas yang melindungi bagian planet dari permukaan planet sampai bagian yang paling jauh dari planet tersebut. Atmosfer merupakan suatu lapisan gas yang sangat dibutuhkan bagi seluruh planet, termasuk Bumi, hal ini disebabkan karena segala peristiwa cuaca atau iklim terjadi pada lapisan ini. Selain itu atmosfer sangat berpengaruh bagi kehidupan muka bumi salah satunya adalah atmosfer merupakan lapisan gas yang melindungi bumi dari bahaya radiasi matahari, bisa dibayangkan jika Bumi tidak memiliki atmosfer seluruh makhluk di muka bumi akan terbakar oleh panasnya matahari.

B. Pembahasan

Atmosfer merupakan lapisan yang memiliki ketebalan kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi dan pada bumi atmosfer memiliki ketinggian antara 0 km di atas permukaan tanah sampai 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa gas yang merupakan unsur-unsur dan senyawa kimia, gas-gas tersebut didominasi oleh 4 macam gas utama yaitu:

Nama Gas

Jumlah Kadar

Nitrogen (N2)

78.17%

Oksigen (O2)

20.97%

Argon (Ar)

0.9%

Karbondioksida (CO2)

Sekitar 0.0357%

Selain itu atmosfer memiliki gas-gas lainnya yang terkandung dalam lapisan ini yaitu:

  • Neon (Ne)
  • Helium (He)
  • Ozon (O3)
  • Hidrogen (H2)
  • Krypton (Kr)
  • Metana (CH4)
  • Xenon (Xe)

kondisi dan manfaat gas dalam atmosfer yaitu:

  1. Nitrogen (N2) merupakan bagian gas yang paling banyak dalam kandungan lapisan udara  meliputi 78 bagian. Nitrogen tidak langsung bergabung dengan unsur lainnya, tapi merupakan bagian dari senyawa organik.
  2. Oksigen (O2) sangat penting bagi kehidupan, yaitu untuk mengubah zat makanan menjadi energi hidup.
  3. Karbon dioksida (CO2) menyebabkan efek rumah kaca (greenhouse) transparan terhadap radiasi gelombang pendek dan menyerap radiasi gelombang panjang, hal inipun yang melindungi bagian muka bumi terlindung dari radiasui matahari. Dengan demikian kenaikan kosentrasi CO2 di dalam atmosfer akan menyebabkan kenaikan suhu di bumi.
  4. Ozon (O3) adalah gas yang sangat aktif dan merupakan bentuk lain dari oksigen. Gas ini terdapat pada ketinggian antara 20 hingga 30 km. Ozon dapat menyerap radiasi ultra violet yang mempunyai energi besar dan berbahaya bagi tubuh manusia.

Selain itu atmosfer memiliki kandungan unsur yang tidak kalah penting yaitu uap air yang berguna untuk merubah wujud gas melalui proses kondensasi dan deposisi. Uap air merupakan senyawa kimia udara dalam jumlah besar yang tersusun dari dua bagian hidrogen dan satu bagian oksigen. Uap air terbentuk karena terjadinya proses penguapan dari lapisan hydrogen (laut, sungai, danau)  permukaan bumi dan transpirasi tanaman. Atmosferpun memiliki fungsi yaitu antara lain:

  1. Mengurangi radiasi sinar matahari,
  2. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi,
  3. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida yang bersungsi untuk kehidupan muka bumi, dan
  4. Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi.

Berdasarkan perbedaan suhu, atmosfer bumi terbagi atas 5 bagian yaitu:

a)   Troposfer, merupakan lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari. Lapisan ini adalah lapisan yang   paling tipis dari lapisan lainnya kurang lebih 15 km dari permukaan muka bumi, sehingga ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat dikarenakan adanya penyerapan radiasi sinar matahari.

b)  Stratosfer, merupakan lapisan yang terletak di bagian atas troposfer yang memiliki ketinggian antara 50-60 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon yang berguna untuk menyerap radiasi ultraviolet, sehingga sebagian besar tidak akan mencapai permukaan bumi.

c)  Mesosfer, merupakan bagian yang terletak di bagian atas stratosfer, dan memiliki ketinggian 50-70 km dari permukaan bumi. Lapisan ini memiliki tingkat keseimbangan radiasi yang negatif.

d)  Thermosfer, merupakan lapisan yang terletak di bagian masosfer, yang memiliki ketinggian sekitar 75 km sampai 650 km dari permukaan bumi. Lapisan ini memiliki suhu yang berubah-ubah dengan waktu yang disebut insolasi (incoming solar radiation).

e)   Eksosfer, merupakan lapisan atmosfer yang paling tinggi. Pada lapisan ini, kandungan gas-gas atmosfer sangat rendah. Daerah yang masih termasuk ekosfer adalah daerah  yang masih dapat dipengaruhi daya gravitasi bumi.  Garis imajiner yang membatasi ekosfer dengan angkasa luar disebut magnetopause.

Sumber:

  • Blog Henny Niey. 2008. Struktur Lapisan Bumi Kita. Jakarta.
  • My Blogs. 2009. Bumi. Jakarta.
  • Wikipedia. Atmosfer. Jakarta
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (3 votes cast)
VN:D [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
ATMOSFER (Lapisan Udara), 7.0 out of 10 based on 3 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image