Bentuk-bentuk Serikat Pekerja / Buruh

Bentuk-bentuk Serikat Pekerja / Buruh

Menurut buku yang diterbitkan oleh sebuah organisasi pekerja / buruh internasional yaitu International Union of Foon and Allied Worker’s Association dalam Buku Pegangan Serikat Buruh edisi 5 (10-16) pada prinsipnya serikat pekerja / buruh memiliki beberapa bentuk organisasi yaitu :
A. Serikat Buruh Kejuruan
Serikat buruh ini merupakan jenis organisasi serikat buruh yang paling tua, serikat jenis ini adalah kumpulan dari orang-orang yang memiliki jenis dan keterampilan yang sama. Cara kerja organisasi serikat buruh ini ada dua, yaitu:
• Mengawasi bagaimana penambahan jumlah tenaga kerja dalam
bidang ini dengan sistem magang.
• Mengawasi tingkat upah yang dibayarkan terhadap pekerjaan
mereka, dengan cara ini mereka dapat menekan majikan untuk membayar
upah buruh sesuai dengan tingkat yang ditentukan.

B. Federasi Umum
Jenis organisasi serikat buruh ini terdiri dari para buruh tanpa memperhatikan perbedaan keterampilan, tempat kerja dan siapa majikan mereka. Pada awalnya serikat jenis ini cenderung mengorganisir buruh tidak terampil seperti serikat buruh kejuruan.
Bentuk organisasi ini merupakan alternatif yang terbaik dalam proses pengorganisasian serikat buruh di negara-negara kecil dimana tidak ada satu serikat buruh yang cukup maju.
Organisasi serikat ini biasanya sangat kuat dan besar karena menyatukan para buruh di dalam satu payung organisasi untuk menghadapi para majikan di berbagai tempat, di tingkat lokal, wilayah, dan nasional. Kemampuan mobilisasi buruh di berbagai
perusahaan atau jenis industri menyebabkan cukup kuat dalam menghadapi majikan. Serikat ini juga dapat membangun aksi solidaritas atau bantuan keuangan bagi buruh di perusahaan-perusahaan lain.
Meskipun demikian, bentuk organisasi buruh seperti ini bukan tanpa kelemahan. Mulanya mungkin saja ada persaingan di antara anggota serikat buruh ini yang dapat memperlemah kekuatan gerakan buruh. Selain itu, organisasi serikat buruh jenis ini sering kesulitan untuk membentuk suatu kebijakan yang dapat memuaskan setiap anggotannya yang berbeda-beda jenis pekerjaan dan perusahaan.
Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan membentuk struktur organisasi perwakilan per wilayah yang berimbang.

C. Serikat Buruh Industri Nasional atau Federasi
Jenis organisasi ini menyatukan seluruh buruh di dalam suatu cabang industri tertentu, seperti serikat buruh makanan atau industri sejenis, logam atau industri kimia. Dengan demikian, tidak ada perbedaan antara buruh terampil dan buruh tidak terampil, buruh kerah putih (white color) atau kerah biru (blue color). Semuanya
bersatu dalam satu organisasi yang bergerak dalam satu cabang industri tertentu.
Para buruh di dalam satu cabang industri biasanya memiliki suatu masalah bersama. Tidak seperti dalam organisasi serikat buruh berbentuk Federasi atau keahlian, dalam serikat buruh yang berasaskan nasional seperti ini, perbedaan kepentingan di setiap
bidang dapat diatasi dengan mudah.
Selain itu, serikat buruh industri dapat menyatukan tindakan- tindakan mereka dalam tingkat nasional, seperti bagaimana menghadapi suatu perundang-undangan nasional atau ketika mereka membutuhkan jasa yang biayanya terlalu mahal.

D. Serikat Buruh Sekerja
Bentuk organisasi ini mengorganisir para buruh di dalam satu pabrik atau perusahaan yang sama. Bentuk organisasi ini memerlukan proses pengorganisasian buruh karena mereka dapat merumuskan suatu tindakan yang memperjuangkan kepentingan mereka menghadapi perusahaan. Meskipun demikian, organisasi ini cenderung tidak
terlalu besar dan biasanya juga lemah dalam menghadapi kekuatan para majikan, kerugian lainnya adalah kemungkinan dominasi kalangan manajemen dalam struktur organisasi serikat buruh ini karena mereka juga termasuk buruh dalam satu perusahaan atau pabrik tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Bentuk-bentuk Serikat Pekerja / Buruh, 2.5 out of 10 based on 2 ratings
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. URUSLAH MASYARAKAT CENTANG PERENANG SAAT INI UDAH SEBEGITU BANYAK….
    WONG NDESO BILANG…
    indonesia not just Jawa Bali Kalimantan Sumatera
    Sedapat mungkin kementerian departemen institusi terkait perekonomian membuka celah bagaimana caranya lukm / koperasi / kelompok usaha / syarikat usaha / dsb – agar bisa mengakses informasi prosedur mendapatkan dana talangan pemberdayaan usaha, ..
    JANGAN SIBUK MENGURUS POLITICAL SAKLEK, BERITAS KORUPSI MELULUI, GEMBAR-GEMBOR ISYU MENIMBUN MASALAH DIATAS MASALAH, BELUM TUNTAS SATU – NYUSUL MAKE SKENARIO LAIN, MANAJEMEN KONFLIK…. ITU BUKTI ORANG INDONESIA TIDAK PROFESIONAL. terlalu banyak pengamat dan peneliti, yang kerja ga ada. INDONESIAN BERKERINGAT KALAU MAKAN, GA KERINGATAN KALW KERJA.
    terlalu banyak sdm indonesia yang bekerja bukan pada spesifikasi keahliannya, terlalu banyak pake otak kiri isinya sejarah humaniora pmp geografi ekaprasetia pancakarsa. GA ADA PENDIDIKAN POLITIK DI INDONESIA, coz majapahitisme penjajahan sentral jawa yang menentukan hitam putih indonesia adalah salah satu momok dari seribu sebab.
    SEDIKIT2 JAWA, SEDIKIT2 JAKARTA….
    lucu juga kalaw kami dari desa nonton tv…. yang mw jd politikus n pemimpin berbekal kharisma, keturunan, terlalu pede, asal bunyi…. SEKALI2 EKONOM AJA YANG JADI PRESIDEN BOIAR GA SIBUK POLITIK PARTAI TRUZZZZ….
    kalian yang intelektual ga ada yang survey kemiskinan, ketimpangan pembangunan dsb…. NYANG PNTING JUG solusi-nya…. JANGAN BERITA KORUPSI TRUZZZ DI GOSIPIN GA KETEMU SOLUSI N PNYELESAIAN…. ISYU TRUZZZ
    coba jalan2 ke pelozok skali2, knapa papua aceh sulawesi maluku dsb pengen (ada yang mw) independent dari NKRI (majapahitisme / soekarnoisme / idealisme asbun )… KARENA MEREKA RASA INDONESIA GA ADIL… PEMBANGUNANNYA TERLALU SENTRALISTIK KE JAWA, DIBALIK ITU JAWA JUGA NYEBAR SBGAI GURITA PADA SAMA2 INDONESIA… ini realita, CARI SOLUSI KONKRIT, BAHAS PERMASALAHAN INTI BANGSA INI, MASING2 SESUAI SKILLL, JANGAN KUMPUL KEBO SAPI….
    ada yang lucu juga, yang POPULAR ARTIS DAN ENTERTAINMENT ADALAH PASTI KETURUNAN INDO non pribumi indonesia, INDONESIA ASLI MAIN KETOPTAK…. yang asli indonesian kebagian yang lucu muka bengkok en ge juntrungan….
    LIHAT ARTIS CUMA BEKAL KEAHLIAN BERMAIN SANDIWARA IKUTAN NGURUS RAKYAT…. untung di kampung2 belon ketularan….
    PARA AHLI OBAT MORAL malah dijadikan guyonan : AA GYM diserupai pelawak muka sampah, udah ada yang mw kasih pencerahan moral ditiru, di jadi`in lomba kemiripan,,,, LAMA2 NEGARA INI JADI GUYONAN….
    rcti OK (REZQY CINA TERHADAP INDONESIA ok), ampi (anak menantu ponakan ipar),… de el el…. knapa? KARENA KEGILAS BUDAYA KISRUH GOSHIP LATAH ASBUN….
    lebih baek mulai dari yang dekat …. baru yang jauh…. >>> atawa yang kecil dulu di uruzzz baru yang besar…. >>>> dahulukan yang dekat dulu baru yang jauh…..> kalian orang kota bilang itu tuh PRIORITAS DAN TARGET yang jelas……
    <<<>>> MAAF KALAU GA BERATORAN…. keburu mazzz,,,, maklum jauh dari ujung timur pulau sumbawa (kami kerja diperusahaan orang gerindra PRABOWO cs udah 26 tahun di gaji dibawah UMP NTB, 26 thn kerja gaji 1,6 jt, 10 thn kerja gaji 800 rb, 15 thn krja gaji 1,2 jt… di PT BIMA SAKTI MUTIARA LAMBU SAPE BIMA NTB…. hasyim itu adike prbowo ya… katanye cinta rakyat wong cilik ekonomi kerakyatan,,,,, di perusahaannya sendiri kami orang BIMA diperah …. SDM Indonesia Kami di klingar kli8ngur…. call me TIM 20 di 0374 71111>>>> MAAF TUAN SAYA PAMIT, UDAH SORE… JARAK RUMAH SAYA DI LAJU LAMBU 45 KM PAKE OJEK KE WARNET NE…. yang baca pilahin sndiri…. kalian kan pintar…………………>>>>>>>>>

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image