CARA KERJA MODEM

Modem kabel: peranti yang menyediakan akses Internet kecepatan tinggi melalui jaringan televisi kabel.

Saat ini, jaringan kabel yang membawa acara CNN, Cartoon Network, Discovery, dan MTV ke rumah Anda juga dapat digunakan sebagai sarana mengakses Internet. Beberapa perusahaan televisi kabel di Amerika Serikat (dan juga satu di Indonesia) telah menyertakan koneksi Internet kecepatan tinggi kepada para pelanggannya di rumah-rumah. Seperti teknologi pesaingnya, DSL (digital subscriber line), layanan modem kabel memungkinkan Anda mengakses Internet tanpa harus memutar nomor telepon ISP terlebih dahulu. Ini yang harus Anda ketahui mengenai modem kabel:

· Tingkat transmisi data yang sangat cepat
· Koneksi yang selalu menyala (always-on)
· Layanan cukup murah untuk solusi koneksi broadband
· Biasanya pilihan ISP-nya tidak terlalu beragam
· Bandwith harus berbagi dengan pemakai lainnya
· Hanya tersedia di tempat tertentu saja

Akses Internet melalui jaringan televisi kabel memiliki kecepatan downstream hingga 38 megabit per detik (Mbps), tetapi tingkat kecepatan sebenarnya biasanya lebih lambat lagi. Berdasarkan tes yang dilakukan PC World untuk layanan modem kabel di Amerika Serikat, bahwa kecepatan downstream (yaitu aliran data dari Internet kepada Anda) melalui modem kabel rata-rata berkisar 382 kbps, sementara kecepatan upstream (aliran data dari Anda ke Internet) rata-rata berkisar 315 kbps. Tetapi kecepatan tersebut dibanding koneksi modem dial-up masih lebih tinggi enam hingga tujuh kali.

Ada alasan mengapa Anda tidak dapat mencapai kecepatan puncak: Pengguna modem kabel harus berbagi bandwith Internet mereka dengan pemakai lainnya dalam jaringan. Semakin banyak orang yang online menggunakan jaringan modem kabel, semakin lamban akses Internet yang Anda terima. Berbeda dengan akses modem biasa yang menciptakan suatu jaringan tersendiri antara PC Anda dengan penyedia akses Internet (ISP), para pemakai modem kable menggunakan jaringan yang disebut jaringan cabang. Dalam jaringan semacam itu, sebuah peranti berupa sebuah sistem terminasi modem kabel pada kantor pusat perusahaan kabel tempat Anda berlangganan mengirimkan sebuah sinyal di sepanjang jalur utama. Jalur utama itu akan dipecah-pecah lagi menjadi “jalur feeder”, yaitu kepada setiap pelanggannya. Akibatnya semua pelanggan jalur tersebut harus berbagi bandwith secara keseluruhan. Modem kabel Anda akan mengubah sinyal yang masuk menjadi data yang dapat dimengerti komputer Anda dan kemudian mengirimkannya ke kartu Ethernet dalam komputer Anda.

Ada dua sistem kabel yang saat ini digunakan: coaxial dan serat optik. Kabel coaxial memiliki kemampuan maksimum 350MHz dan tidak dapat mengirim sinyal secara upstream. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya penyedia jasa kabel menggunakan jalur telepon untuk mengirim data secara upstream. Jaringan kabel serat optis yang baru mampu mencapai kecepatan 750MHz serta memungkinkan terjadinya lalu lintas dua arah, dimana proses upstream biasanya menggunakan frekuensi 5 hingga 40MHz dari seluruh bandwith yang ada. Para perusahaan kabel, baik yang menggunakan kabel coaxial atau pun serat optis akan membagi bandwith yang ada menjadi jalur-jalur sebesar 6MHz dan menugaskan setiap jalur menjadi satu jaringan individual, misalnya menjadi kanal MTV atau CNN. Untuk akses Internet, salah satu jalur tersebut dipakai untuk melewatkan data Internet secara downstream. Pada jaringan kabel serat optis, jalur lain digunakan untuk mengirim sinyal upstream.
Implementasi Modem Kabel

Sistem televisi kabel telah ada sebelum ditemukannya DSL–saat ini lebih dari 1 juta orang di Amerika menjelajahi Internet melalui jaringan televisi kabel, dan masih ada 32 pelanggan kabel yang menunggu layanan tersebut (bila mereka menginginkannya). Lembaga riset Forrester Research memperkirakan bahwa pada tahun 2003 diperkirakan akan ada 20 juta orang yang menggunakan modem kabel sebagai sarana ber-Internet, jauh lebih banyak dibanding perkiraan pelanggan DSL yang hanya berkisar 8 juta saja.

Saat ini, akses Internet melalui jaringan kabel terbatas bagi para pemakai rumahan saja; walau mungkin beberapa perusahaan kabel juga menyediakan jasa ini untuk para kalangan kantoran. Kebanyakan biaya berlangganan per bulannya mencapai US$30 hingga US$40 per bulan, tergantung dari jarak serta kebijakan perusahaan penyedia jasa koneksinya. Kecepatan downstream dengan biaya langganan sebesar itu biasanya dibatasi antara 256 hingga 512 kbps. Untuk akses yang lebih cepat maka biaya langganan per bulannya bisa lebih tinggi: Beberapa perusahaan menetapkan biaya untuk akses downstream 2 mbps, upstream 1 mbps dapat mencapai US$500 per bulan.

Yang Anda butuhkan untuk mendapatkan akses ini pertama adalah mencari tahu apakah wilayah dimana Anda tinggal merupakan cakupan layanan televisi kabel. Bila iya dan Anda menginginkan akses Internet tersebut, berhati-hatilah: tidak seperti DSL dan layanan modem standar, layanan kabel tidak banyak memberikan pilihan ISP. Contoh, layanan KabelVision hanya memiliki pilihan ISP LinkNet dan Indosat Net, walau mungkin di masa depan jumlah pilihan ISP ini akan bertambah dengan dijalinnya kerja sama dengan ISP lainnya.

Terakhir, Anda membutuhkan sebuah komputer yang memiliki kartu Ethernet di dalamnya dan sebuah modem kabel. Modem ini biasanya diproduksi oleh perusahaan tertentu, seperti 3Com, Motorola, dan General Instruments. Di Amerika, beberapa perusahaan menyewakan modem kabel ini kepada para pelanggan televisi kabelnya dan menyertakan biaya penyewaan di dalam biaya langgan per bulan; opsi lain adalah membeli sendiri modem kabel dengan harga berkisar US$200 hingga US$300.

Dimana Anda bisa membeli modem kabel? Sebaiknya Anda membeli modem kabel dari perusahaan Anda berlangganan televisi kabel, untuk mencegah ketidakkompatibelan sistem Anda dengan sistem yang digunakan perusahaan penyedia jasa kabel, karena skema sistem perusahaan kabel biasanya bersifat unik, dan modem Anda harus mengikuti skema sistem tersebut.

Di masa depan para pengusaha penyedia jasa Internet kabel harus mengikuti standar yang telah disetujui yaitu DOCSIS (data over cable service interface specification). Bila standar ini telah diterima secara universal maka Anda dapat membeli modem kabel sesuai keinginan Anda, tidak terpaku lagi pada sistem penyedia jasa.

Seorang teknisi dari layanan kabel mungkin perlu datang untuk memasang modem dan splitter pada komputer Anda. Bila Anda telah berlangganan televisi kabel, Anda memerlukan splitter untuk memisahkan data saluran televisi dengan data Internet. Anda bisa saja hanya menginginkan akses Internet, bukan saluran televisi. Tetapi biasanya untuk hal demikian, perusahaan penyedia layanan kabel akan menagihkan biaya tambahan pada Anda.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image