Faktor Internal yang Mempengaruhi Perkembangan dan Pertumbuhan pada Tumbuhan

Hormon merupakan Faktor Internal yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan. Hormon pada tumbuhan disintesis di tempat tertentu pada bagian tumbuhan dan diangkut ke bagian tumbuhan yang membutuhkan. Hormon yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan yaitu auksin, giberelin, sitokinin, ABA dan gas etilen.

Diartikel ini sayang akan menjelaskan satu-persatu hormon-hormon yang saya sebutkan tadi, tetapi yang saya ketahui selama ini.
1. Auksin
Auksin diproduksi di meristem apikal, selain itu juga ditemukan pada daun muda, bunga dan buah. Auksin merangsang pertumbuhan melalui pemanjangan sel. Auksin yang dproduksi oleh biji menyebabkan pematangan buah. Selama Auksin terkonsentrasi pada buah dan daun, maka buah dan daun tersebut tidak akan jatuh atau gugur dari asalnya.
2. Giberelin
Giberelin ditemukan pada tahun 1926, Giberelin merupakan Hormon yang dapat merangsang pertumbuhan pada batang melalui pemanjangan dan pembuahan sel. Hormon ini bekerja sama dengan Auksin dan Sitokinin. Giberelin dihasilkan oleh beberapa organ yang berbeda. Giberelin juga mempengaruhi Pertambahan ukuran buah, merangsang perbungaan dan merangsang pembentukkan tabung polen.
3. Sitokinin
Sitokinin berfungsi untuk merangsang pembelahan dan diferensiasi sel. Sitokinin dihasilkan di daerah akar dan ditransportasikan melalui xilem kebagian tumbuhan di sebelah atas. Sitokinin mempunyai efek yang berlawanan dengan auksin.
4. ABA
ABA adlah singkatan dari ASAM ABSISAT. yang biasa disebut juga stress hormon. Hormon ini mempunya cara kerja yang sangat berlawanan dengan hormon-hormon lainnya. ABA dapat menyebabkan biji dan tunas dalam keadaan dorman. sealin itu, dapat juga menyebabkan penutupan stomata.
5. Gas Etilen
Salah satu ungsi gas Etilen adalah merangsang pematangan buah dengan meningkatkan aktifitas enzim yang membantu melunakkan buah. selain itu, gas etilen juga berfungsi untuk merangsang penebalan batang sebagai respon terhadap lingkungan yang kurang menguntungkan.

sekian yang bisa say jelaskan tentang faktor internal yang saya ketahui yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 6.6/10 (5 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Faktor Internal yang Mempengaruhi Perkembangan dan Pertumbuhan pada Tumbuhan, 6.6 out of 10 based on 5 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image