HUKUM BISNIS

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Penduduk diindonesia setiap tahunnya selalu bertambah.Karena itu jumlah tenaga kerja saat ini juga semakin bertambah,sedangkan lapangan pekerjaan sekarang semakin sedikt.Apalagi sekarang sudah banyak perusahaan yang menginginkan para pekerja yang kreatif,cerdik,terlatih dan handal dalam bidangnya.sehingga para pekerja yang tidak terlatih sulit untuk mendapatkan suatu pekerjaan.Sehingga banyak diantara mereka yang jadi pengangguran.Apalagi dijaman sekarang sangat sulit dalam mencari pekerjaan.oleh sebab itu bagi tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan,sebaiknya dapat mencoba membuka peluang untuk menjadi wirausaha.untuk dapat menjadi seorang wirausaha,harus mempunyai modal,keterampilan dalam mengetahui adanya proses jual beli.dengan adanya modal dan kemampuan yag kita miliki,kita akan dapat menjalankan usaha tersebut dangan baik.

Untuk menjadi seorang tenaga kerja yang baik pun harus mempunyai kemampuan dan pendidikan yang tinggi,kreatif dan terlatih dalam bidangnya.dimana suatu perusahaan menginginkan pekerja yang seperti itu,karena untuk kemajuan suatu perusahaan.Oleh karena itu kegiatan perusahaan tidak lepas dari kegiatan wirausaha.karena itu tenga kerja harus dapat mengetahui kegiatan apa saja yang akan sering terjadi didalam berwirausaha.dalam lulusan S1 Manajemen sudah mempelajari tentang kegiatan-kegiatan yang ada dalam berwirausaha,yaitu dalam pelajaran hukum bisnis yang sudah mempelajari tentang pangertian jual beli, perikatan, perjanjian, penanaman modal, dan sengketa perusahaan.

1.2 Perumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dijelaskan diata, seharusnya kita bisa dapat mengetahui profesi atau bidang apa yang akan kita pilih untuk masa depan?? Dan untuk menjadi seorang wurausaha yang berhasil, kita harus bisa dalam memanaj sesuatu pekerjaan dan keuangan yang kita punya,dan mangetahui tempat atau lokasi yang strategis dan nyaman dalam membuka suatu usaha yang kita jalankan?? Kita harus mengetahui produk apa yang banyak diminati para masyarakat untuk membuka usaha.

Kita juga bisa mencari tenaga kerja yang kreatif, kompeten dan berwawasan luas dalam segala bidang agar kita dapat bersaing dipasaran,dengan adanya tenaga kerja yang kita miliki.Oleh karena itu kita ingin bersaing secara sehat,dengan memngetahui kelemahan dari pesaing kita.bagaimana agar kita bisa membagun daya saing yang baik terhadap para pesaing?? Cara apa yang kita gunakan dalam bersaing?? Dalam membuka suatu usaha,mengapa kita memilih usaha tersebut untuk masa depan.

1.3 Maksud Dan Tujuan

Dalam pendahuluan dan perumusan masalah,saya akan merumuskan makasud dan tujuan dalam suatu profesi untuk masa depan yang harus kita capai.Sebagai mahasiswa yang ingin menjadi calon tenaga kerja mesti memiliki ilmu untuk dapat menjalankan suatu usaha yang akan dijalankan.karena dengan adanya kemampuan dan ilmu yang kita miliki,banyak dibutuhkan perusahaan.oleh sebab itu dapat mengurangi tingkat pengangguran diindonesia.

Selain itu untuk mengetahui profesi apa yang bisa kita pilih dan tantangan apa saja yang dapat kita hadapi dimasa depan. Dan seharusnya mahasiswa harus dapat menentukan usaha apa yang akan dijalankan dimasa depan.Karena untuk dapat memudahkan kita,agar dapat menjalankan suatu usaha.oleh karena itu dibutuhkan keterampilan dan kemampuan dalam segala bidang,terutama dibidang usaha.

BAB II

PROGRAM STUDI SEBAGAI HARAPAN

2.1 Pengertian Manajemen

Manajemen Merupakan suatu ilmu atau seni.karena antara keduanya tidak bisa dipisahkan.Manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi sebuah teori.

Definisi manajemen menurut James F.Stoner dan Harold Koontz Manejemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.Atau usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

Definisi menurut George R Terry Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Manajemen juga diartikan dalam berbagai istilah atau sebutan,seperti:

1. Manajemen sebagai proses kegiatan.

2. Manajemen sebagai suatu ilmu atau seni.

3. Manajemen sebagai profesi.

4. Manajemen sebagai kumpulan orang untuk mencapai tujuan.

2.2 Latar Belakang Pilihan

Latar belakang saya pilih Manajemen, karena menurut saya dengan mempelajari ilmu manajemen kita dapat mengetahui bagaimana pentingnya menjadi seorang manajemen yang baik dan dapat memanaj suatu pekerjaan dengan lebih baik.Oleh karena itu dimana dalam pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian , dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

* Efisiensi Dan Evektifitas Manajemen

Efesiensi mengacu pada hubungan antara keluaran dn masukkan (output / input).Menurut Drucker, efesiensi berarti mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things).Dalam bahasa yang sederhana efesiensi menunjukan kemamapuan organisasi dalam menggunakan sumber daya dengan benar dan tidak ada pemborosan.Sebaliknya, efektivitas menunjukan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai sasaran-sasaran (hasil akhir) yang telah ditetapkan secara tepat.

* Fungsi Dan Proses Manajemen

a) Perencanaan

Perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah strategis gna mencapai tujuan tersebut.

b) Pengorganisasian

Kegiatan-kegiatan yang terlibat dalam pengorganisasian mencakup tiga kegiatan,yaitu:

v Membagi komponen-komponen kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam kelompok-kelompok.

v Membagi tugas kepada manajer dan bawahan untuk mengadakan pengelompokan tersebut.

v Menetapkan wewenang diantara kelompok atau unit-unit organisasi.

c) Pengarahan

Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat bekerja keras dan giat.Melalui pengarahan,seorang manajer menciptakan komitme, mendorong usha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan.

d) Pengendalian

pengendalian dimaksudkan untuk melihat, apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya.Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yaitu:

v menentukan standar prestasi.

v mengukur prestasi yang telah dicapai selama ini.

v membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi.

v Melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditetapkan.

* Fungsi Dan Proses Manajemen

a) Planning

b) Organizing

c) Leading

d) Controlling

* Bidang-bidang Manajemen

Dalam kontek bisnis,manajemen dapat dibagi menjadi empat bidang utama, yaitu:

a) Bidang Pemasaran

Empat aspek utama dalam manajemen pemasaran meliputi perencanaan produk (product), menetapkan harga (price), mengembangkan periklanan (advertising ), dan memilih saluran distribusi (chanel of distribution).

b) Bidang Operasional

Bidang produksi adalah suatu bidang yang ada dalam perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi.

c) Bidang Keuangan Atau Financial

Tugas utama bidng keuangan adalah mencari sumber pendanaan dan mengalokasikan dana yang diperoleh.secara umum kebutuhan financial dalam perusahaan dibagi menjadi dua macam,yaitu kebutuhan modal kerja dan kebutuhan modal tetap.

d) Bidang Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia digunakan untuk menerangkan keanekaragaman aktivitas yang terlibat dalam penarikan, pengembangan, dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan yang berbakat dan bersemangat.

2.3 Peranan Manajemen Dimasa Depan

Peranan manajemen dimasa depan sangat penting dan dibutuhkan dibanyak perusahaan.Dimana manajer harus mengetahui peranannya dalam menjadi seorang manajer yang baik.

Manajer juga harus dapat mempertahakan suatu visi yang mereka miliki dan bekerja sama yang baik.dengan karyawan lainnya.Dan harus dapat memberikan motivasi kepada para karyawan, agar para karyawan dapat bekerja dengan giat dan semangat peranan manajer sangatlah penting bagi setiap karyawan dan dapat melengkapi kegiatan didalam suatu parusahaan.

Manajemen mempunyai peran dalam suatu bidang,yaitu:

a) Peran Intrapersonal

Manajer juga berperan sebagai pemeliharaan suatu jaringan hubungan luar yang berkembang dan memberikan dukungan dan informasi

b) Peran Informasional

Manajer memantau perkembangan-perkembangan dari lingkungan yang ada diluar organisasi dengan membaca informasi, baik dari surat kabar ataupun media elektronik.

c) Peran Memutuskan

Manajer juga berperan dalam mengawali dan mengawasi suatu pekerjaan-pekerjaan baru yang akan memperbaiki kinerja perusahaan mereka.

BAB III

HUKUM BISNIS

3.1 Pengertian Hukum Bisnis

Hukum adalah aturan-aturan perilaku yang dapat diberlakukan/ diterapkan untuk mengatur hubungan antar manusia dan masyarakatnya.

Bisnis adalah sutu organisasi yang menjual barang atas jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,untuk mencari atau mendapatkan laba .

Hukum bisnis adalah aturan-aturan perilaku yang dapat diberlakukan/ diterapkan untuk mengatur hubungan antar manusia dan masyarakat yang memiliki pengaturan pada masalah kegiatan bisnis yang akan mungkin muncul didalam dunia bisnis.

3.2 Materi-Materi Penting

Didalam kita mempelajari tentang hukum bisnis banyak materi yang telah dibahas, tetapi ada materi yang sangat penting.Karena dalam mempelajari hukm bisnis kita dapat mengetahui lebih banyak tentang pengertian hukum bisnis yang ada. Dan dapat mendidik kita sebagai pengusaha. Agar bisa menjadi seorang paengusaha yang dapat menerapkan ilmu yang telah kita dapat didalam pelajaran hukum bisnis.Dan materi lain juga sangat penting,antara lain:

* Perseroan terbatas adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melaksanakan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi pesyaratan sesuai undang-undang.
* Lembaga-lembaga pembiayaan(LEMBIA) adalah suatu badan usaha yang dalam melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana/ barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.
* Penanaman modal adalah segala bentuk giat menanam modal, baik oleh penanamanmdal dalam negeri maupun penanaman modal asing untuk lakukan usaha diwilayah negara RI.
* Perikatan adalah perhubungan antara dua orang atau dua pihak yang satu berhak menuntut sesuatu hal dari pihak yang lain .pihak yang lain berkewajiban untuk memenuhi tuntutan itu.
* Jual beli adalah perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikat dirinya untuk menyerahkan hak milik atas suatu barang dan pihak yang lainuntu membayar harga yang telah dijanjikan,dapat pula dikatakan suatu perjanjian konsensuil dimana jual beli dengan mencapai kesepakatan meskipun barang belum diserahkan dan belum ada pembayaran.

3.3 Dasar Hukum Yang Selalu Berubah

Dasar hukum yang selalu berubah,disesuaikan dengan aturan negara Dan tidak diberlakukan kembali dasar hukum yang lama,karena sudah tidak sesuai dengan aturan, yaitu didalam hukum bisnis yang mengenai perum UU No.9/1998, PP No.13/1998 diganti dengan UU No.19/2003.Persero(perseroan terbatas) UU No.1/1995,sudah tidak diberlakukan lagi dan diganti dengan UU No.40/2007.PMDA UU No.6/1968, diganti dengan UU No.11/1970.Jadi dasar hukum tersebut telah dirubah,karena telah disesuaikan dengan aturan negara dan disesuikan dalam dasar hukum yang baru saat ini.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.6/10 (5 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)
HUKUM BISNIS, 7.6 out of 10 based on 5 ratings
Share

There Are 2 Responses So Far. »

  1. minta uraian yang lebih panjang penjabaran nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. siip siip txxxxxx……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image