MASALAH SOSIAL BUDAYA YANG ADA DI MASYARAKAT SEKARANG

NAMA: SUHADI DARU SAPUTRO

KELAS: 1EA13

NPM: 16209280

masalah sosial budaya sekarang banyak terjadi di sekitar kita, masalah sosial disebabkan oleh perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. mungkin mereka hanya memandang sosial budaya hanya hal yang sepele dan juga kurang penting.

Dan Masalah ini muncul karena perbuatan atau kenakalan remaja, Remaja adalah sesosok manusia yang menjadi harapan besar generasi di masa depan nanti. Harapan besar para orang tua, negara bahkan agama. Zaman terus berubah seiring perjalanan waktu yang lambat tapi pasti akan menuju ke titik akhir kehidupan. Seiiring berputarnya waktu, budaya dan kebiasaan manusia pun berubah yang diikuti dengan perubahan perilaku generasinya.

Perubahan ini begitu cepat dalam teknologi informasi. Ia telah merubah budaya sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat di seluruh dunia telah mampu melakukan transaksi ekonomi dan memperoleh informasi dalam waktu singkat berkat teknologi satelit dan komputer. Pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar mampu memperoleh kekuasaan melalui kekuatan militer dan pengaruh ekonomi. Bahkan perusahaan transnasional mampu menghasilkan budaya global melalui pasar komersil global.

Perubahan budaya lokal dan sosial akibat revolusi informasi ini tidak dapat dielakkan. Masyarakat perkotaan yang memiliki akses terhadap informasi merupakan kelompok masyarakat yang langsung terkena pengaruh budaya global. Akses informasi dapat diperoleh melalui media massa cetak maupun elektronik, internet, dan telepon.

Dampak budaya global

Budaya global seperti di atas telah menggusur budaya lokal Indonesia (Ibrahim, pengantar dalam Lifestyles oleh Chaney, 1996). Contoh untuk hal ini dapat kita lihat pada masyarakat keraton Indonesia. Dalam dua abad terakhir tata masyarakat kerajaan mulai memudar. Kedudukan bangsawan dikudeta oleh kaum pedagang dengan senjata teknologi dan uang. Legitimasi istana yang bersemboyan kawula gusti kini diinjak-injak oleh semangan individualisme, hak asasi, dan kemanusiaan. Mitos dan agama digeser sekularisme dan rasionalitas. Tata sosial kerajaan digantikan oleh nasionalisme. Akibat runtuhnya kerajaan yang mengayomi seniman-cendekiawan istana, berantakanlah kondisi kerja dan pola produksi seni-budaya istana (Heryanto, 2000).

Masalah sosial budaya tidak hanya ditimbulkan karena kenakalan remaja dan teknologi informasi yang begitu cepat saja tetapi banyak para pejabat-pejabat yang menimbulkan masalah sosial budaya seperti melakukan tindak korupsi yang sering pada saat sekarang. Diakui atau tidak korupsi sudah membudaya  atau dengan kata lain menjadi budaya  di tengah kehidupan bangsa Indonesia atau secara spesifik di dunia politik dan birokrasi di Indonesia dan yang berkaitan dengannya.

Korupsi, adalah faktor penghambat pembangunan dan kemajuan bangsa, sikap korupsi sangat tidak baik dan mencerminkankan sikap serakah yang dilakukannya dengan cara yang sangat salah. seorang koruptor akan sangat memungkinkan untuk menurunkan keturunan yang juga menjadi koruptor nantinya.

kebiasaan yang pada awalnya berasal dari ruang lingkup kecil  perorangan  bisa menjadi suatu kebiasaan dan budaya yang melibatkan banyak orang. Dari hanya seorang koruptor kemudian bisa menularkan sifat buruknya sampai ke tingkat bagian, biro, departemen, sampai institusi Negara.

Dari masalah sosial ini sangat tidak baik dan akan merugikan semua bila tidak di tanggulangi. oleh sebab itu kita perlu berantas  masalah sosial budaya yang diatas itu dengan bersama-sama agar Negara ini terbebas dari tindak korupsi dan kenakalan remaja.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image