MENGENAL JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT

Oleh : Prof. Hembing Wijayakusuma
Kulit merupakan organ terluas penyusun tubuh manusia yang terletak paling luar dan menutupi seluruh permukaan tubuh. Karena letaknya paling luar, maka kulit yang pertama kali menerima rangsangan seperti rangsangan sentuhan, rasa sakit, maupun pengaruh buruk dari luar. Fungsi kulit antara lain : melindungi permukaan tubuh, memelihara suhu tubuh, dan mengeluarkan kotoran-kotoran tertentu. Kulit juga penting bagi produksi vitamin D oleh tubuh yang berasal dari sinar ultraviolet. Mengingat pentingnya kulit sebagai pelindung organ-organ tubuh di dalamnya, maka kulit perlu dijaga kesehatannya. Selain sebagai pelindung tubuh, kulit juga memiliki nilai estetika. Kulit yang bersih dan terawat akan tampak indah dilihat.
Gangguan pada kulit sering terjadi karena berbagai faktor penyebab, antara lain yaitu iklim, lingkungan tempat tinggal, kebiasaan hidup yang kurang sehat, alergi, dan lain-lain. Beberapa jenis gangguan kulit antara lain yaitu :

1. Eksim (ekzema)
Merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari (eksim kering), timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah, bengkak, melepuh, tampak merah, sangat gatal dan terasa panas

1. dan dingin yang berlebihan pada kulit (eksim basah). Bagian tubuh yang sering diserang eksim yaitu tangan, kaki, lipatan paha, dan telinga .
Eksim disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan dan kosmetik, kepekaan terhadap jenis makanan tertentu seperti udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (MSG), dan lain-lain. Eksim juga dapat disebabkan karena alergi serbuk sari tanaman, debu, rangangan iklim, bahkan gangguan emosi. Eksim lebih sering menyerang pada orang-orang yang berbakat alergi. Penyakit ini sering terjadi berulang-ulang atau kambuh. Oleh karena itu harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi (alergen.)
2. Kudis (Skabies)
Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit/tungau yang gatal yaitu Sarcoptes scabiei var hominis. Kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk dan menyerang orang yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya. Gejala yang timbul antara lain : timbul gatal yang hebat pada malam hari, gatal yang terjadi terutama di bagian sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerola (area sekeliling puting susu), dan permukaan depan pergelangan. Penyakit ini mudah sekali menular ke orang lain secara langsung misalnya bersentuhan dengan penderita, atau tidak langsung misalnya melalui handuk atau pakaian.
3. Kurap
Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejalanya antara lain yaitu ; kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan terasa gatal, kemudian timbul bercak keputih-putihan. Kurap biasanya timbul karena kurang menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk, leher, dan kulit kepala.
4. Bisul (Furunkel)
Bisul merupakan infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang akan membesar, berisi nanah dan terasa panas, dapat tumbuh di semua bagian tubuh, namun biasanya tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti : leher, lipatan lengan, atau lipatan paha, kulit kepala. Bisul disebabkan karena adanya infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat yang kemudian menimbulkan infeksi lokal. Faktor yang meningkatkan risiko terkena bisul antara lain kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetika yang menyumbat pori, dan pemakaian bahan kimia.
5. Campak (Rubella)
Merupakan penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus, dan biasanya menyerang anak-anak. Gejala dari penyakit ini adalah demam, bersin, pilek, sakit kepala, badan terasa lesu, tidak napsu makan, dan radang mata. Setelah beberapa hari dari gejala tersebut timbul ruam merah yang gatal, bertambah besar, tersebar ke beberapa bagian tubuh.

Sumber: CBN

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/10 (55 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +9 (from 15 votes)
MENGENAL JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT, 5.0 out of 10 based on 55 ratings
Share

There Are 43 Responses So Far. »

  1. kpd warta warga saya mau tanya, kalo penyakit kulit misalnya kurap bisa di cegah atau mengobatinya gimana ya? thanx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.6/5 (12 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +3 (from 9 votes)
  2. makasih infonya..:))

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.5/5 (4 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  3. Keren Gan Infonya …
    Thanks Ya ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.3/5 (4 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  4. diantara semua jenis penyakit kulit yg dijelaskan kayaknya belum ada yang pas buat penyakit aku. sekitar 13 tahun yg lalu aku mulai menderita penyakit kulit di sekitar betis paha, lengan saya terasa gatal setiap saat da semakin digaruk akan semakin menebal kulitnya kemudian menghitam dan muncul kutil2 kecil hitam kemudian pori-porinya membesar kira2 itu masuk jenis penyakit kulit apa penyebabnya apa dan pengobatannya gimana

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.3/5 (14 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 13 votes)
  5. cara pengobatan scaies bagaimana ya dok?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.7/5 (6 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  6. cara pengobatabnya dok

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 4.0/5 (4 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Halo prof,
    Saya mau tanya, bila dikulit saya muncul bulat seperti bentol yg lama2 mengering dan terkelupas, kemudian jd bulat lebar dan kulitnya berbekas kering agak bersisik bekasnya, tetapi tidak gatal, tumbuh di dada, tangan bahu, punggung, paha. Itu apa yah prof? Dan penanganannya bagaimana? Terimakasih.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.5/5 (15 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 10 votes)
  8. aq punya peyakit kulit, gejalany gatal, ada cairan putih, kalo di garuk terasa nyaman, ters kadang perih. .pernah dibawa k rumah sakit, dan cuma dikasih obat bethametason. .tpi kambuh lg, kira” obat yg cocok apa ya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.8/5 (8 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 4 votes)
  9. susy pengen nayak,
    buat meyembuhkan payakit.
    EKSIM (EKSEMA)TU OBAT APA?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.5/5 (10 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 3 votes)
  10. askum…dok saya mau nanya,,saya bingung dengan penyakiy saya ini dok
    kalau digaruk akan timbul putih-putih gitu…gmn cara menyembuhkannya…sebelumnya terimakasih…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.2/5 (6 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  11. assallamualaikum…
    aku mau tanya?
    kulit aku mati disentuh itu tidak berasa..
    itu kena penyakit apa…
    dan gimana cara mengatasinya….
    wassallam..
    trimakasih..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.7/5 (9 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 4 votes)
  12. mnta lbh banyak lg info tentang penyakit yg menular

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.0/5 (2 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  13. bagaimane untuk mendapakkan ubat yang berkesan untuk mengubati penyakit kulit ekzima secara berkesan dengan cara traditional?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  14. […] sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/20…enyakit-kulit/ […]

  15. Dokter ….salam kenal,mau nanya
    saya sekarang lg sakit kulit,di muka Dok,jadi gak pd kl keluar rumah,gejalanya gini dok:pertama gatal2 trus bentol2 merah setelah beberapa hari kulitnya yang bentol jadi kaku trus mengelupas,kulit trasa ketat,sekarang menjalar sampek ke bibir juga,…..aduh dok jadi bingung saya ini,padahal udah makan pake tempe n tahu aja,kok msh belum sembuh jga malah bertambah parah,saya udah kasih salep dari dokter kulit saya dan minum vitamin A.
    Tolong sarannya dari dokter sebenarnya saya sakit apa dan apa yang harus saya lakukan.Trimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.4/5 (5 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 5 votes)
  16. Aq mau tny.
    Klw di bwh tlang antra lhr dan dada kulitny memerah, ada bntik” kecil yg brisi air, rasany gatal dan panas. Kira” itu t’masuk pnykit apa y?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  17. Alhamdulillah… ternyata penyebab Gatal ku di samping Alergi Udang, ikan laut, telur, ayam, bisa jg di sebabkan makanan yg mengandung Vetsin ( MSG), krn slama ini sy jg mengkonsumsi SNACK & Mie Instan yg slalu menggunakan MSG…di tambah lg kestabilan Emosi yg terganggu jg menjadi Penyebab Penyakit Kulit Alergi tdk sembuh.. smoga dgn mbaca Artikel ini mulai besok saya akan STOP makan yg memicu Alergi kulit saya. trims.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  18. […] JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT January 6th, 2010 • Related • Filed […]

  19. selamt mlm pak…
    mau tnya knp y kulit telapak tangan saya terkelupas???
    pertamanya gatal n merah2 kmudian tmbul gelemmbung kecil kemudian terkelupas dgn sendirinya,
    ini sudah berlangsung slm 1mggu lbh…minta saran n kira2 saya harus pakai obat apa y..pak cz rasanya ga enak sekali telpak tangan saya jadi kasar
    terima kasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.0/5 (4 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  20. saya ingin mau bertanya tentang penyakit kulit dg ciri ciri berawal dari kulit kemerahan namun berlanjut menjadi hitam dan timbul. terimakasih!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 1.0/5 (3 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  21. Kalo banyak bercak di punggung, tapi gak gatal, jenis penyakit apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.5/5 (2 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. Hi saya mass,
    Saya nak bertanya kalau mengalami kegatalan yang berlanjutan…di sekitar leher,tangan dan perut berwarna kemerah-merahan adakah di sebabkan kulat.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  23. sudah seminggu kulit saya di bagian tangan,leher,kulit kepala,,punggung,dan perut terasa gatal,
    awalnya terasa panas.kemudian gatal(tapi belum kelihatan bentol-bentol)setelah digaruk,,bentol bentolnya baru kelihatan,,kelihatan seperti digigit nyamuk,dan setelah kering dia jadi hitam.bekasnya itu terkadang gatel lagi,,.
    untuk penanganannya saya sudah ke dokter,saya disuntik,dikasih antibiotik(sirop,tablet),dan salep.
    obat nya sudah habis,tapi tak kunjung sembuh,,saya coba minum jamu,tetap saja tak ada perubahan,saya usapkan salicyl talk 2 kali sehari,tapi sama saja.
    saya sudah gak kuat lagi harus melihat kulit saya tiap hari merah merah,,
    buat yang punya saran tolong dibantu ya..
    terimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. menurut saya sudah bagus tapi kurang lengkap karena tidak disertai cara penyembuhan.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. […] MENGENAL JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT […]

  26. pak dokter,,, saya penyakit kulit di bibir, kemerah-merahan tpi tidak gatal dan tidak mengganggu dan tdak menyebar,, tolong dijelaskan pak penyakit apa yg sedang sy alami dan bagaimana cara pengobatannya ??
    terimakasih pak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.5/5 (2 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. makasih atas infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. tutorialnya sanagat bagus,maksihnya atas infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -2 (from 2 votes)
  29. infonya bagus,makasihya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. bgusssss deh tp bsa gak di bnyakin lagi cos q pengen tau

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Selamat pagi dok..saya mau nanya..anak saya umur hampir 10 th,awalnya kulit timbul bintik merah seperti biang keringat tp lama2 besar dan melebar..stlh diperiksakan dokter pertama katanya infeksi kulit trs stlh minum obat & disalepin tambah merebak & subur..trs priksa k dokter anak satunya…katanya cacar..tp stlh minum obat tambah meluas dan melebar sampai telapak kaki tangan jg telinga hingga dipusar,paling parah leher,lipatan ketiak& lipatan paha.tadi malam priksa lagi katanya bukan cacar tp karena kena virus..dikasih obat methyl-prednisolone 4mg,intrizin 10mg dan puyer..mohon petunjuknya..dan doanya…anak saya hampir semesteran sudah 1 Minggu tidak masuk sekolah…terima kasih atas perhatian dokter..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +4 (from 4 votes)
  32. Numpang tanya,
    Istri saya mengalami masalah penyakit yang semula seperti gigitan nyamuk (didaerah perut), setelahnya seperti kuman atau apa yang hidup (berjalan semaunya didalam kulit seperti cacing) memang bekas yang dilewati mengering sendiri, disekitar itu terasa gatal bila kuman tersebut lagi beraksi. Prof, penyakit apa dan disebabkan oleh apa? karena diolesi salap tidak mempan. mohon jawabannya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Pak dokter saya mau nanya
    9 tahun lalu saya punya penyakit kulit yang tidak tau apa itu namanya?dikulit saya tumbuh bitik” seperti pori” membesar dan jika di pencet seperti keluar cairan, dan lama” bintik” itu melebar keseluruh badan cara untuk menghilangkanya gimana ya dok

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. halo…Dok mau tanya saya punya penyakit kulit warnaya putih kecil kecil pertama kecil/sedikit saya sudah kedokter katanya penyebabnya virus saya sudah tiga kali kedokter tapi abelum sembuh juga. Katanxa kalau kena luka langsung timbul putih putih itu dok itu penyakit apa dan bagai mana mengobatinya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Ada yang belum ditulis, yaitu Jerawat. Padahal kan itu penyakit kulit yang cukup banyak diderita orang-orang :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  36. permisi mau tanya….kalo mata ikan termasuk penyakit kulit kan??selain diobati pake callusol&dioprasi,bisa sembuh pake apa ya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. dok saya mau tanya,tangan saya tu awalnya kaya mengelupas,terus kok jadi meremen ke semua telapak tangan,rasanya panas dan gatal itu apa obatnya ya dok,?makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. dok saya punya penyakit kulit awalny bentol2 kecil seperti digigit nyamuk terus gatal banget pi beberapa menit kemudian dia membesar setelah itu hilang tapi tiap kali kenak air,keringetan,udara panas to dingin penyakit ini pasti kambuh sudah 6bulan ini dok mungkin lebih mirip dengan penyakit eksim (ekzema),sudah beberapa dokter saya kunjungi tapi tak bisa sembuh juga ,apakah ada pengobatan arternatip to obat kusus buat penyakit saya??????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  39. saya menderita penyakit yang semacam biduran dok,,awalnya di sebabkan karena keringat berlebih, selanjutnya karena dingin. dan penyakit itu selalu kambuh dan kambuh,,,
    harus selalu menkomsumsi obat untuk mengempeskan biduran itu, itupun hanya berjangka 2 hari setelah itu kambuh lagi dok.
    saya coba tanya ke dokter umum langganan, coba konsultasikan ke dokter kulit.
    yang saya tanyakan dok, apakah penyakit saya termasuk penyakit kulit?
    dan bagaimana cara penyembuhannya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  40. saya mau nanya nihhh muka saya bintik2 merah seperti digigit nyamuk tambah banyak di muka saya adakah obat alami agar muka saya cepat sembuh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  41. dok…
    mamak saya sekarang menderita penyakit kulit yang tidak saya tau..
    di kuklit mamak saya ada bercak2 putih disekitar telapak tangan, telapak kaki, leher dan juga perut…
    putih2 itu semakin hari semakin menyebar keseluruh tubuhnya…
    sebelum timbul terasa gatal.
    terimaksih dokter.
    mohon bantuan dan saran pengobatannya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  42. Penyakit kulit dan obatnya lantas menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika seseorang terkena penyakit kulit, secara naluriah ia pun akan segera mencari obatnya. maka mesti teliti dalam mencari obat, dipastikan tidak ada efek samping yang justru menjadi mempurburuk kondisi tubuh.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. askum dok saya mau nanya saya punya penyakit kulit sdh lama kira kira 5 tahun yang lalu awal hanya di kedua paha timbul bintik2 merah yg tumbuh di pori2 kulit tapi makin lama makin banyak menyebar hingga ke lengan siku betis dan juga pergelangan tangan tapi tidak terasa gatal hanya bintik2 merah saja kalau di pencet berair kira2 penyakit apa itu dan apa obat nya,apakah bisa di hilangkan? krna sudah sangat mengganggu penampilah,trims

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image