Titian Ke Pintu Hatimu (Mira W.)

RESENSI NOVEL

Judul : Titian ke Pintu Hatimu

Pengarang : Mira W.

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2002

Halaman Buku : 128 halaman

Novel “ Titian ke Pintu Hatimu “ karya Mira W. merupakan sebuah kisah suka duka remaja di balik dinding SMP.


Cerita ini pernah diterbitkan dengan judul Di Balik Jendela SMP pada tahun 1981 . Alur yang dipakai dalam cerita ini adalah maju – mundur – maju . Pada alur mundur menceritakan tentang kisah cinta monyet Dedi dengan Rosi ketika masih duduk di bangku SD. Ternyata setelah kelulusan, mereka mendapat sekolah yang sama. Namun , kisah mereka tidak dilanjutkan karena Dedi sudah mendapat pacar baru yaitu Ira .

Dalam novel ini diceritakan seorang gadis tingkatan SMP yang bernama Wina yang merasa minder dengan kecantikkan sahabatnya yaitu Ira. Ira mengandalkan kecantikan dan tubuhnya yang ramping itu untuk mendapatkan pacar. Ternyata , Ira memang mendapat kemudahan dalam memperoleh pacar. Salah satu pacarnya bernama Dedi yang ternyata menjadi pria idaman Wina .

Sebenarnya Wina itu mempunyai wajah yang manis dan otak yang sangat pintar. Namun, ia kurang merasakannya. Ia hanya merasa bahwa dirinya kurang cantik , berkacamata minus dua, dan bertubuh agak gemuk. Karena perasaannya tersebut, Wina harus memendam perasaan suka terhadap kekasih sahabatnya. Lagipula menurutnya, Dedi tidak mungkin suka dengan ‘model’ perempuan sepertinya. Tetapi pada akhirnya, menurut Dedi kecantikan bukan segala-galanya. Itu terbukti ketika mereka semua lulus, Dedi dan Wina mendapat sekolah yang sama dan mereka sekelas. Ira masih dengan kebiasaannya yaitu mengganti pacar lama dengan pacar baru.

Pada akhir cerita ini baru terlihat tujuan pengarang yang ingin menyampaikan bahwa sebenarnya cinta tidak dapat dilihat dari fisiknya saja. Ketulusan hati untuk menerima apa adanya juga salah satu faktor penting. Pengarang pun menyiratkan secara abstrak bahwa jodoh ada di tangan Tuhan dengan segala usaha kita .

http://nadyachaerunnisa.blogspot.com/2009/11/titian-ke-pintu-hatimu-karya-mira-w.html

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image