Iril Juara Dunia Rubiks

feature photo

Depok: Gemuruh tepuk tangan membahana, Selasa (16/2) pagi, di ruang Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, ketika Muhammad Iril Khairul Anam (19 tahun), yang akrab disapa Iril, dengan mata tertutup, mampu menyelesaikan permainan ketangkasan Rubiks Cube ( Kubus berwarna –warni) hanya dengan hitungan menit.

Sebelum memulai aksinya, Menpora Andi Mallarangeng mengacak-acak kubus itu sehinga warnanya tidak beraturan. Dengan kelincahan jari tangan Iril mengocek kubus kiri dan kanan, akhirnya kubus itu bisa kembali ke posisi semula dengan warna yang sama. Menpora yang hadir sebagai pembicara utama dalam acara Seminar dan penganugerahan Mind Sport Award, yang diadakan Universitas Gunadarma itu, menyampaikan dukungannya, karena kegiatan Mind sport ini sangat cocok dilakukan dilingkungan akademik, karena mengasah otak serta logika. Untuk itu Menpora berharap kampus juga bisa berkontribusi terhadap dunia olahraga di Indonesia. “Dengan melahirkan atlet-atlet handal dibidang mindsport ini, yang juga dikenal sebagai permainan olah otak,” tutur Andi. Ternyata Iril, saat ini, tercatat peringkat pertama dunia Rubiks Cube kategori Multiple Blindfold, yang diraihnya pada Jakarta Open Internasional tahun 2010 dengan kecepatan waktu 56 menit 54 detik dengan 16 buah Rubiks dengan mata tertutup. Selain itu, Iril juga tercatat sebagai peringkat pertama Asia dan Peringkat pertama Nasional .

Iril, yang juga mahasiswa universitas Gunadarma, mengenal permainan ini sejak tahun 2009, awalnya hanya penasaran, lalu lama kelamaan ketagihan. “Ketika kecanduan permainan ini, orangtua sempat melarang, karena belajar saya menjadi terganggu, namun setelah melihat manfaatnya, seperti, melatih otak, mengasah ingatan, dan memperkuat logika, mereka tidak melarang lagi,” jelas Iril yang berlatih setiap minggu bersama teman-temanya di LTC Glodok yang tergabung dalam Jakarta Rubik’s Club.

Rubiks diperkenalkan oleh Erno Rubiks, seorang arsitektur kelahiran Hongaria pada tahun 1974. Saat ini, Rubiks telah menyebar ke seantero dunia, termasuk Indonesia. Komunitas Rubiks Indonesia malah telah membentuk wadah dengan nama Nusantara Speed Cubing Association. (win)

There Are 4 Responses So Far. »

  1. Beuhhh manteepp juara dunia?? keren2…

  2. boleh tau dia jrusan apa?hehe:D jagoo bgt ya

  3. Mantap… ternyata Juara Dunia Rubiks adalah Mahasiswa Gunadarma, aku sebagai mahasiswa Gunadarma ikut bangga…. ^_^

  4. iya tuh sebenernya ane pgen liat langsung sekalian liat wujud si om andi…

    sayang sudah kehabisan tiket

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image