Arti Penting Organisasi dan Metode

1. Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses.

Organisasi sebagai wadah adalah tempat bagi sekelompok manusia untuk saling bekerja sama guna mencapai suatu tujuan. Organisasi juga dapat diartikan sebagai proses, yaitu pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien.

2. Yang dimaksud dengan pimpinan dalam pengertian universal.

Pimpinan adalah seseorang yang memimpin suatu kelompok atau organisasi. Pemimpin diangkat oleh seluruh anggota organisasi berdasarkan caranya masing-masing. Pemimpin bertanggung jawab terhadap organisasi yang ia pimpin.

3. Mengapa markets dan methods tidak dimasukan ke dalam sumber manajemen.

Karena market & methods merupakan satu acar bagaiman agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan denga tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan denga tepat pula.

4. Yang dimaksud material dalam arti fisik dan material dalam arti non fisik.

Material dalam arti fisik, adalah material yang memiliki wujud dan dapat di sentuh. Contoh material fisik adalah barang-barang, seperti alat kantor, kendaraan, dan lain-lain. Sedangkan material dalam arti non fisik adalah kebalikan dari material dalam arti fisik, yaitu tidak berwujud dan tidak dapat di sentuh. Contoh material non fisik adalah ide dan pemikiran-pemikiran.

5. Uang dapat menjadi motivasi kerja .

Uang dapat menjadi motivasi bekerja. Karena setiap orang bekerja demi mendapatkan uang. Dengan iming-iming gaji yang besar, maka setiap orang akan lebih terpacu lagi semangatnya dalam bekerja. Karena uang adalah kebutuhan primer setiap orang. Dan demi menafkahi keluarganya.

Ruang Lingkup Organisasi dan Metode

1. Arti efisiensi.

Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang di peroleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang di gunakan. Diharapkan dengan mengefesiensikan sesuatu dapat menghasilkan sesuatu yang sebesar mungkin dengan usaha yang seminimal mungkin.

2. Cara meningkatkan efisiensi kerja.

Efisiensi kerja dapat ditingkatkan dengan cara pelaksanaan fungsi manajemen, pemanfaatan sumber
daya ekonomi yang tepat, pelaksanaan fungsi organisasi sebagai alat pencapain tujuan yang setepat-tepatnya, pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan

Selain itu, efisiensi kerja dapat juga dilakukan dengan pengembangan pegawai untuk meningkatkan kinerja nya. Pengembangan pegawai sendiri dapat dilakukan dengan cara memberikan kursus atau pelatihan pelatihan, seminar, workshop yang berkaitan dengan pekerjaan yang pegawai lakukan dengan cara ini peningkatan efisiensi kerja akan tercapai.

3. Ruang lingkup organisasi dan metode.

Ruang lingkup organisasi dan metode adalah menyangkut bidang – bidang khusus dari organisasi dan manajemen yang detail dan luas scopenya. Adapun kegiatan – kegiatan yang termasuk ke dalam scopenya adalah sebagai berikut :

1. Analisis organisasi.

2. Komunikasi dalam orrganisai.

3. Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.

4. Pentingnya filing dari segi organisasi & metode.

5. Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen.

6. Pentingnya formulir dari segi organisasi & metode.

7. Pendayagunaan mesin kantor.

8. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor.

9. Pentingnya penulisan laporan.

10. Pentingnya buku pedoman kerja.

11. Pentingnya anggaran belanja.

12. Analisis kepegawaian.

13. Pentingnya penyederhanaan kerja.

14. Orgaisasi unit.

15. Kesimpulan akhir.

4. Ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang diberikan.

Pengefisiensian wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang diberikan. Karena tanggung jawab yang telah dibebankan kepada seseorang harus didukung dengan wewenang yang pas pula agar memudahkan orang tersebut menjalankan tanggung jawabnya. Namun harus ada batasan dalam pemberian wewenang, agar tidak terjadi kesemena-menaan yang dapat merugikan organisasi tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image