cara menghilangkan jamur pada gurame

Menghilangkan Jamur Pada Ikan Gurame

Banyak Masyarakat saat ini membutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan yang dilakoni setiap hari tidak menjaminkan hidup dapat dipenuhi. Banyak masyarakat saat ini mempunyai suatu bisnis atau usaha sampinagan. Banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh banyak orang untuk mendapat tambahan penghasilan  diantaranya adalah pada bidang perikanan yang disampaikan pada penulisan ini.

Bagi Masyarakat daerah mungkin banyak dijumpai bidang perikanan disana, tetapi bagaimana bila di daerah kota besar seperti JABODETABEK. Dengan fisikly daerah tempat yang memmpunyai kepadatan penduduk yang menumpuk dan pembangunan dimana-mana. Mungkin sedikit sekali lahan yang kosong yang bisa digunakan  untuk perikanan. Selain itu bila kita membuat empang, kita harus mempunyai peraiaran yang cukup dekat dengan empang tersebut.

Kendala diatas dapat teratasi dengan sebuah solusi yang pada saat ini sudah sering kita jumpai dengan pembuat kolam yang tidak perlu membuat lubang dan dengan lahan yang terlalu besar, yaitu dengan membuat kolam dengan bahan terpal yang bisa kita tempati dengan ikan-ikan konsumsi atau pasar, seperti contohnya : patin, gurame, mujaer, dll.

Di penulisan kita akan membahas ikan gurame, siapa yang tidak mengenal ikan ini ? dengan dagingnya yang lembut dan gurih ikan ini menjadi favorit banyak konsumen. Disamping enkanya daging ikan tersebut ikan ini termasuk ikan golongan menengah keatas dilihat dari harga ikan tersebut. Harga tersebut sebanding dengan pemeliharaanya. Banyak saat ini ikan gurame dengan mengunakan media pemeliharaan terpal banyak disenangi konsumen dengan kelebihan daging ikan tersebut tidak berbau Lumpur.

Pemeliharaan tersebut sangat tidak mudah, disamping ikan tersebut adalah ikan air tadah yang mempunyai habitat air tenang. Ikan tersebut mempunyai kekurangan pada temperatur air. Bila temperatur terlalu rendah atau dingin penyakit yang timbul pada ikan ini adalah tumbuhnya jamur pada tubuh ikan tersebut yang bisa mengakibatkan kematian. Cara untuk mengobatinya adalah dengan menjaga ketinggian air kolam dengan kondisi cuaca yang sedang ada dan bila ikan tersebut terkena jamur kita pindahkan ikan tersebut dari kolam ke wadah yang disediakan dengan catatan wadah tersebut berisi air endapan(bukan air baru) fungsinya adalah menormalkan pH air tersebut, lalu kita seduh beberapa helai daun ketapang dengan garam kira-kira sekitar 0,01 % berbanding air yang sudah diendapkan tadi. Diamkan seduhan itu sampai agak mendingin atau hangat kuku. Setelah itu kita masukan kedalam air endapan tersebut yang berisi ikan gurame yang terkena jamur. Hal ini mengakibatkan kesembuhan pada ikan dan membuat kekebalan semacam anti body pada ikan tersebut.

Selain dengan cara itu, bila anda tidak ingin memindahkan ikan yang terkena jamur, ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencacah tubuh pohon(kedebong) pisang Mas yang masih muda lalu sebarkan pada kolam, tetapi pada pra kejadian penyakit itu anda harus membersihkan atau mengangkat cacahan(potongan) pohon pisang tersebut. Karena jamur pada tubuh ikan akan menempel pada potongan pohon pisang tersebut.

Sumber : Atas penelitan penulis

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
cara menghilangkan jamur pada gurame, 7.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image