Udara Bersih

Udara adalah benda yang berbentuk gas. Udara tidak dapat dilihat dan tidak dapat diraba, tetapi dapat dirasakan. Udara ada dimana-mana. Ada udara yang tidak bergerak dan ada udara yang bergerak. Udara yang bergerak disebut angin. Udara yang bersih adalh udara yang belum tercampur dengan gas-gas yang berbahaya. Ciri-ciri udara bersih yaitu : tidak berwarna, tidak berbau, terasa segar dan ringan saat dihirup.

Udara bersih sangat dibutuhkan oleh manusia. Manusia bernapas menghirup udara kedalam paru-paru. Udara yang baik untuk paru-paru adalah udara yang bersih.

Udara yang tercemar adalah udara yang tidak bersih. Udara menjadi teidak bersih karena adanya pencemaran udara. Pencemaran udara disebut juga polusi udara. Udara yang tercemar mengandung gas-gas yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Udara yang tercemar juga dapat merusak keindahan alam.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, penyebab pencemaran udara yang utama adalah kendaraan bermotor. Sekitar 80 persen atau sebagian besar penyumbang polusi udara di Jakarta adalah asap kendaraan bermotor. Sementara pabrik menyumbang 20 persen polusi udara di Jakarta.

Kendaraan bermotor mengeluarkan asap dan gas buang dari knalpot. Udara akan bercampur dengan asap dan gas buang, kemudian akn tertiup angin. Selanjutnya, udara tersebut akan dihirup juga oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Padahal gasĀ  buang itu mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia yang menghirupnya.

Di samping itu, pencemaran udara juga disebabkan oleh asap pembakaran dari kompor minyak apalagi jika kompor minyak itu tidak dirawat. Secar sepintas, memang sangat kecil pencemaran yang disebabkan oleh kompor minyak ini. Namun, jika seluruh penduduk Jakarta menggunakan kompor minyak dihitung, pencemaran yang dihasilkan juga mungkin tidak kalah dengan asap pabrik.

Sumber pencemaran udara lainnya adalah sampah dan asap rokok. Pembakaran sampah juga menimbulkan pencemaran udara, disamping juga dapat menyebabkan kebakaran. Membakar sampah di pemukiman padat, haruslah dengan pengawasan. Asap rokok juga mempunyai andil dalam pencemaran udara. Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi penghisap rokok tapi juga orang-orang yang ada di sekitar perokok.

Ada banyak dampak pencemaran udara. Udara yang tercemar dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan pada manusia.

Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia yaitu timbulnya berbagai macam penyakit baik penyakit yang ringan sampai penyakit yang menyebabkan kematian.

Bahaya yang ditimbulkan akibat pencemaran udara sangat besar dan mengerikan. Jika kita tidak berusaha menguranginya, dampak yang besar akan menanti kita di masa depan. Jajarta akan menjadi kota yang semakin yang tidak nyaman untuk ditinggali. Pada saat itu, kita semua akan menderita. Kita juga akan menjadi sakit-sakitan dan mengalami masalah kesehatan lainnya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara. Contohnya : merawat mesin kendaraan secara teratur, menanam tumbuh-tumbuhan yang berdaun lebat, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan masih banyak lagi cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara.

VN:D [1.9.22_1171]
Rating: 6.1/10 (7 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)
Udara Bersih, 6.1 out of 10 based on 7 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image