ARTIKEL : UPAYA MENCEGAH MEMUDARNYA BUDAYA DAN JATI DIRI BANGSA

Apabila kita amati dewasa ini, budaya dan jati diri bangsa indonesia telah mengalami pengikisan yang luar biasa. Bahkan boleh dikatakan generasi muda seperti menjadi orang asing dinegeri sendiri. Hal ini karena proses pewarisan budaya kepada masyarakat indonesia kurang mendapat perhatian sehingga yang terjadi hanya proses pewarisan secara alamiah dan tidak terprogram. Oleh karena itu, perlu suatu upaya untuk mencegah memudarnya budaya dan jati diri bangsa.
Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah memudarnya budaya dan jati diri bangsa adalah :
1. Melakukan reorientasi budaya (culture reorientation)
Masyarakat indonesia yang majemuk memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam. Budaya-budaya tersebut ada yang masih bertahan, hampir hanyut, bahkan telah hanyut dan tidak dikenal sama sekali oleh generasi sekarang. Oleh sebab itu, budaya-budaya yang kita miliki perlu ditengok kembali dan sedapat mungkin dipublikasikan hingga dikenal dan berfungsi secara normal. Aktifitas seperti ini adalah reorientasi budaya
2. Melakukan revitalisasi budaya (culture revitalization)
Jika kita ingin unsur-unsur budaya lokal terus digunakan oleh generasi baru maka perlu ada upaya perombakan dan penyesuaian sedemikian rupa sehingga unsur-unsur budaya tersebut menjadi penting kembali. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan hakikat revitalisasi budaya lokal.
3. Melakukan refungsionalisasi budaya (culture refungsionalization)
Sering kali unsur-unsur budaya lokal tidak lagi menarik dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu perlu upaya tertentu agar suatu budaya kembali berfungsi dalam pergaulan hidup sehari-hari. Upaya seperti ini adalah refungsionalisasi budaya.
4. Mengupayakan pelembagaan budaya (culture institusional)
Fungsi budaya perlu didukung oleh adanya lembaga sosial, seperti sanggar kesenian, sekolah-sekolah tinggi kesenian, taman hiburan rakyat, dan taman rekreasi. Lembaga-lembaga sosial seperti ini sudah selayaknya diberi pembinaan dan dipelihara oleh pemerintah dinas kepariwisataan. Suatu sub kebudayaan dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang ketika ada pelembagaan yang jelas antara pemerintah dengan lembaga-lembaga budaya serta kelompok seniman sebagai pelaku budaya. Ini hakikatnya dari upaya pelembagaan budaya sebagai perwujudan untuk mempertahankan budaya sendiri dalam jangka panjang.

5. Melakukan implementasi budaya (culture implementation)
Unsur-unsur budaya yang telah dikenalkan kepada generasi baru, harus dikemas dalam tampilan yang menarik, dibina dan dikembangkan, diberi kesempatan untuk berkembang melalui kegiatan-kegiatan masyarakat serta diberi wadah kelembagaan. Ketika hal itu dilakukan maka unsur budaya tersebut akan terimplementasikan secara bertahap kedalam kehidupan masyarakat luas. Implikasinya kebudayaan tersebut akan bertahan untuk jangka waktu yang relatif panjang karena telah memberikan manfaat dalam kehidupan masyarakat. Jadi, implementasi budaya merupakan cara untuk mewujudkan pemanfaatan suatu struktur budaya kedalam fungsi yang bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Pada akhirnya implementasi budaya merupakan ujung tombak paling menentukan untuk menyelamatkan pengaruh budaya lokal, regional, dari budaya asing.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (5 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)
ARTIKEL : UPAYA MENCEGAH MEMUDARNYA BUDAYA DAN JATI DIRI BANGSA, 7.0 out of 10 based on 5 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image