Elemen multimedia Suara, Animasi, dan Vidio

SUARA

Pola Gelombang analog – pola gelombang ini memiliki dua komponen, diantaranya :

Volume =  tinggi setiap puncak dalam gelombang suara

Frequency = (kadang disebut sebagai pitch) jarak antara puncak-puncak. Semakin besar jarak,

semakin rendah suara.

Sampling

Untuk memasukkan suara dalam aplikasi multimedia, gelombang suara harus dikonversi dari analog ke bentuk digital. Konversi ini disebut sampling = setiap sepersekian detik sampel suara yang direkam dalam bit digital.

Dua faktor yang mempengaruhi kualitas suara digital :

Sample rate – banyaknya sampel yang diambil. Tingkat sampling yang paling umum adalah: 11.025, 22.05, and 44.1 kHz

Ukuran Sample – jumlah informasi yang disimpan tentang sampel. Ukuran sampel yang paling umum adalah: 8 and 16 bit.

Format File Suara

  • WAV format – filename.wav
  • AIFF (Audio Interchange File Format)
  • AIFFC (compressed)
  • RealAudio – filename.ra
  • MP3

Suara di Internet

  • Pertimbangan pertama Anda ketika menggunakan suara di Internet adalah ukuran
  • FileTak terkompresi dapat sangat besar sebuah rekaman 10 detik CD audio dapat

sebesar 2MB

Tips Suara di Internet

  1. Metode Alternatif = mempertimbangkan kelayaakan menggunakan suara. Beberapa suara yg berhubungan dengan konten, seperti mendengar frase asing diucapkan.
  2. Streaming = Pertimbangkan streaming audio, khususnya untuk file besar.
  3. Pertimbangan Biaya = Saat merekam file audio, mungkin biaya menjadi penghalang untuk kontrak dengan menyewa studio rekaman dan bakat profesional. Berinvestasi dalam peralatan yang cukup high-end (seperti kartu suara,mikrofon, dan merekam dan mengedit perangkat lunak),bagaimanapun, akan terbukti berharga.
  4. Metode alternative = pertimbangkan untuk suara dan gambar diam sebagai alternative video untuk mengurangi ukuran file.
  5. Streaming = Pertimbangkan streaming audio, khususnya untuk file besar.
  6. User Control = Jika sesuai, menyediakan cara untuk memberikan pengguna kontrol atas audio. Pertimbangkan memungkinkan pengguna untuk melewatkan klip suara atau menyesuaikan volume. Masalah ini khususnya penting jika pengenalan musik akan diputar saat pertama kali pengguna memasuki sebuah situs Web. Kedua kalinya

mengunjungi situs ini, pengguna mungkin tidak ingin mendengar musik pengantar.

Animasi di Internet

Animasi adalah cara terbaik untuk memberikan daya tarik pada situs web, pilih

dari berikut

  • Animated text
  • Animated GIF’s
  • Marcomedia Director applications
  • 3-D environments

Animasi 2-D

Dua jenis animasi antara lain :

  • Cel Animation – didasarkan pada bentuk perubahan yang terjadi satu frame berikutnya
  • Path animation – memindahkan objek di sepanjang jalan yang telah ditetapkan pada layar

Animasi 3-D

Animasi 3-D Meliputi tiga langkah

1) Modeling – menciptakan kontur yang luas dan struktur 3-D benda dan adegan

2) Animation – mendefinisikan gerakan objek

3) Rendering – memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan, dan jumlah    transparansi

Animasi 3-D Special Effects

  • Morphing – mencampur bersama dua gambar ke dalam serangkaian gambar
  • Warping – mendistorsi satu gambar
  • Virtual Reality – menciptakan lingkungan yang mengelilingi user sehingga ia menjadi bagian dari pengalaman

Animasi

  • Animated text – menggunakan perintah HTML<blink> yang membuat teks berkedip on & off
  • Animated gif – memakai program perangkat lunak untuk menciptakan serangkaian file gif seperti GIF Builder
  • Director movie – animasi dimainkan menggunakan Shockwave plug-in
  • 3-D environments – sebuah bahasa computer yg digunakan untuk membuat gambar 3-D

Video

  • Video, seperti suara, dicatat dan diputar seperti layaknya sinyal analog
  • Video analog Harus di digitized agar dapat dimasukkan ke dalam sebuah file multimedia
  • Video Digital memiliki banyak keuntungan,tetapi ukuran file penting

Elemen yang mempengaruhi ukuran File

 Frame rate

 Image size

 Color depth

Rumus untuk menentukan ukuran file :

 Frames per second X image size X color depth / 8 = file size

Compresi dan Editing Video

Ada dua jenis kompresi video

 Lossless – mempertahankan citra yang tepat diseluruh kompresi

 Lossy – menghilangkan beberapa data dalam gambar (menyediakan rasio kompresi lebih besar

dari lossless)

 Remember – akan selalu ada trade off, ukuran file versus kualitas gambar

Video di Internet

Ada dua jenis transfer video melalui Internet

 HTTP (Hypertext Transfer Protocol) – mendownload seluruh video ke hard drive pada

komputer pengguna

 RTSP (Real-Time Streaming Protocol) – adalah memainkan secara kontinyu, teknologi streaming di mana pengguna komputer ini terus-menerus kontak dengan server yang memainkan video

Tips Video

  • Color depth = Mengurangi kedalaman warna hingga kurang dari 256 warna akan menjadi mencolok karena memberikan kualitas gambar yang lebih rendah.
  • Frame rate = Mengurangi frame rate kurang dari 15 frame per detik menyebabkan gangguan yang nyata dan biasanya tidak dapat diterima.
  • File size = Teknik untuk mengurangi ukuran file dengan meminimalkan penggunaan video dalam gambar yang muncul di layar – yaitu, untuk membuat video hanya untuk bagian-bagian dari sebuah benda yang berubah, seperti lilin yang berkelap-kelip. Video bisa dimainkan berulangulang untuk menciptakan gerak sebuah lilin berkelap-kelip.
  • Display size = Pada sebagian besar judul multimedia, Anda tidak perlu untuk menunjukkan video layar penuh. Video dapat diputar dalam sebuah jendela yang dapat sekecil 1/4 atau bahkan 1/16 ukuran layar.
  • Conclusion: Mengubah ukuran gambar dan mengompresifile menjadi cara utama untuk mengurangi ukuran file. Dalamkebanyakan kasus, 1/4 gambar layar (320 X 240), sebuah 8-bit (256 warna) kedalaman warna, dan 15 frame per detik frame rate dapat diterima dalam multimedia.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image