ETIKA KOMPUTER

Pendahuluan

Etika dan moral memliki arti yang sama, tetapi dalam pemakaian sehari-harinya memiliki sedikit perbedaan.oral atau moralitas biasanya dipakai untuk perbuatan yang sedang dinilai, sedangkan etika dipakai untuk pengkajian system nilai-nilai yang ada.

Perbedaan antara Etika,Etiket,Moral,Hukum,dan Agama

Etika berati moral, sedangkan Etiket berarti sopan santun. Namun meskipun berbeda,ada persamaan antara keduanya, yaitu :

• Keduanya menyangkut prilaku manusia.
• Etika dan Etiket mengatur perilaku manusia secara normatif,artimya memberi norma bagi perilaku manusia dan dengan

Perbedaan Moral dan Hukum

Kualitas Hukum ditentukan oleh moralnya. Oleh karena itu,hukum harus dinilai/diukur dengan norma moral. Undang-undang moral tidak dapat diganti apabila dalam kesadaran moral suatu masyarakat mencapai tahap cukup matang. Sebaliknya moral pun membutuhkan hukum.

Perbedaan Etika dan Agama

Perbedaan antara etika dan ajaran moral agama yakni etika mendasarkan diri pada argumentasi rasional, sedangkan agama menuntut seorang untuk mendasarkan diri pada wahyu Tuhan ajaran agama.

ETIKA DAN MORAL
Etika lebih condong ke arah ilnu tebtang baik atau buruk .Selain itu,etika lebih sering dikenal dengan kode etik.Moralitas adalah Moral atau keseluruhan asas dan atau nilai yang berkenan dengan baik buruk.

Peran Etika dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Untuk jadi manusia secara utuh,tidak cukup dengan mengandalkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi,manusia juga harus menghayati secara mendalam kode etik ilmu,teknologi dan kehidupan.Oleh karena itu,ilmu dan teknologi yang dikembangkan oleh manusia harus tidak mengabaikan nilai-nilai Kehidupan dan Keluhuran.

Etika Komputer
Pada Tahun 1940-an dan awal 1950-an,bidang studi yang kini disebut etika komputer (computer ethics). Telah memberikan dasar penuh oleh professor Norbert Wiener dari MIT.
Pada tahun 1970-an dan 1980-an etika komputer didefinisikan dan dibuat ulang kembali oleh pemikir-pemikir yang tidak menyadari bahwa wiener juga telah banyak melakukan pekerjaan dalm bidang ini.Lebih dari 50 tahun setelah Wiener menciptakan etika komputer,beberapa pemikir masih mencoba untuk mendefinisikan.

Definisi Etika Komputer

Ada 5 pertimbangan definisi yang berbeda mengenai etika komputer yang telah dikembangkan sejak tahun 1970-an :

 Definisi menurut Walter Maner
Ia mendefinisikan bidang studi ini serentak menguji permasalahan etika,yang diubah atau diciptakan oleh teknologi komputer.
 Definisi Menurut Deborah Johnson
Di dalam bukunya, Computer Ethics (1985) Deborah Johnson mengatakan bahwa belajar etika komputer adalah cara dimana komputer ”merupakan versi baru dari standar permasalahan moral,memperburuk permasalahan masa lampau, dan memaksa kita untuk menerapkan norma-norma moral biasa di dalam dunia yang belum direncanakan”.
 Definisi Menurut James Moor
Dia mendefinisikan etika komputer sebagai bidang yang terkait dengan”Kekosongan Kebijakan” dan ”Mencampur aduk konseptual”mengenai sosial dan penggunaan etika teknologi informasi.
 Definisi Menurut Terrell Ward Bynum
Ia memberikan pandangan ini,Computer ethics identifies and analyzes the Impact of information technology on such social and human values as health,wealth,work,opportunity,freedom,democrazy.knowledge,privacy,security,self-fulfillment,etc.
 Definisi Menurut Donald Gotterbarn
Dari perspektifnya, etika computer harus dipandang sebagai suatu cabang dari etika profesional (profesional ethics), Terutama menyangkut standar praktik yang baik dan kode tingka laku .

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
ETIKA KOMPUTER, 2.0 out of 10 based on 1 rating
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image