Fungsi-fungsi yang terdapat pada sistem operasi Linux ubuntu 9.10 Karmic Koala version (Tugas Sistem Operasi Bapak Setiawirawan)

Oleh Kemompok  :

Muhammad Arsah Novel Simatupang.      (12108268)

Rangga Adhitya P.    ( 11108585)

Satrio Wibisono.        ( 11108792)


Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai Fungsi-fungsi dari Operating System berbasis Open Source yang sedang populer saat ini yaitu Ubuntu 9.10 bertema Karmic Koala.

Di dalam Operating System Ubuntu ini Fungsi utama terbagi dua yaitu System Preferences dan System Administration.

Ok langsung saja yang pertama akan kami bahas adalah Fungsi yang ada di dalam System Preferences.

image001

  1. About Me berisi info-info mengenai pemilik dari Operating System Ubuntu tentunya dalam hal ini milik user yang memiliki komputer tersebut yang terdiri dari Contact, Address, dan Personal Info. Serta dari sini kita dapat juga mengubah password dengan mengklik Change Password.
  2. Apperance berfungsi untuk banyak hal di antaranya adalah mengatur tema, mengatur background, mengatur font, interface, dan visual effects. Uniknya di Ubuntu ini dalam pengaturan fontnya juga bisa merubah style fontnya dan langsung terintegrasi secara  otomatis ke seluruh tampilan Ubuntunya jadi semua font ikut terganti serta kita juga dapat mengganti ukuran sub-font yang telah kita ganti tersebut.
  3. Dalam Assistive Technoogy kita bisa mengatur Preferred Application seperti Internet, Multimedia, System dan Accessibility sesuai dengan keinginan user.
  4. Bluetooth digunakan untuk mengatur pengiriman data secara nirkabel kepada sesame Notebook, PC, iPod ataupun ke Handphone.
  5. Default Printer digunakan untuk memilih seri printer apa yang akan kita gunakan apabila kita menginstall lebih dari satu buah printer serta dapat menyetting printer sesuai kebutuhan kita secara default atau custom.
  6. Display digunakan untuk mengatur resolusi, refresh rate, dan rotasi serta mendeteksi jenis monitor yang kita gunakan misalnya kita menggunakan resolusi sebesar 1440×900 serta refresh rate sebesar 75 Hz dengan rotasi yang normal dan deteksi monitor yaitu Apple.
  7. IBus Reference digunakan untuk mengatur metode input dan mengganti bahasa pada keyboard kita.
  8. Keyboard berfungsi untuk mengatur delay, speed yang berada di dalam repeat key dan cursor blinking. Serta bisa juga mengatur layout yaitu model keyboard yang dipakai. Accessibility, Mouse Keys, dan Typing Break.
  9. Keyboard Shortcuts digunakan untuk mengatur shortcut pada keyboard sesuai keinginan user.
  10. Main Menu digunakan untuk mengubah aplikasi-aplikasi yang akan ditampilkan pada menu utama.
  11. Mouse digunakan untuk mengatur kustomisasi dari mouse misalnya pointer speed, double click timeout. Dan bisa juga melakukan pengaturan typing jika menggunakan touchpad.
  12. Network Connection digunakan untuk mengatur dan merubah koneksi jaringan yang kita gunakan baik melalui broadband, LAN, Wifi, dan lainnya.
  13. Network Proxy digunakan untuk mengatur proxy dari jaringan yang kita gunakan.
  14. Palm OS Device digunakan untuk men-synchronize antara Smartphone dengan OS Palm.
  15. Power Management digunakan untuk mengatur kondisi baterai pada saat baterai tersebut dalam kondisi pengisian ulang ataupun tidak dalam pengisian ulang misalnya ketika baterai terpasang kita mematikan waktu yang menyebabkan komputer ter-shutdown apabila waktu yang ditentukan terlewati. Bisa juga mengatur tampilan untuk segera mematikan monitornya jika waktu yang diberikan telah selesai tentunya dalam keadaaan komputer sedang tidak terpakai. Pengaturan pencahayaan juga bisa dilakukan dalam Power Management.
  16. Preferred Application digunakan untuk memilih aplikasi default yang kita inginkan.
  17. Remote Desktop berfungsi untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan komputer lain untuk mangakses komputer kita ketika sedang melakukan sharing.
  18. Screensaver berfungsi untuk mengatur tanpilan-tampilan unik dan lucu ketika komputer sedang idle dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  19. Sound digunakan untuk mengatur volume suara dan efek suara, dalam hal ini kita juga bisa mengganti suara yang akan dikeluarkan atau tema suara dari Operating System yang digunakan.
  20. Startup Application digunakan untuk memilih aplikasi yang akan mucul pada tampilan Desktop setelah kita melakukan login.
  21. Windows berfungsi untuk mengatur property jendela pada Operating System kita.

Penjelasan di atas ialah penjelasan mengenai Fungsi dari System Preferences Ubuntu 9.10 Karmic Koala, selanjutnya kami akan membahas Fungsi yang ada pada system Adiminstration.


image004

  1. Computer Janitor berfungsi untuk membersihkan sistem dari registri-registri yang telah rusak dan tidak dipakai lagi, dalm Operating system windows sama fungsinya dengan Disk Clean Up
  2. Disk Utility berfungsi untuk melakukan partisi harddisk dari harddisk yang kita miliki atau mengkelompokan harddisk yang besarnya disesuaikan oleh banyak nya aplikasi yang akan kita masukan didalammnya
  3. Hardware Driver berfungsi mengenali hardwre-hardware yang ada pada komputer kita.
  4. Language Support berfungsi mengatur bahasa yang akan kita gunakan secara defaut dari operating system ubuntu
  5. Log File Viewer berfungsi untuk melihat log dari file-file yang ada didalam Operating System ubuntu
  6. Login Screen digunakan untuk mengatur tampilan pada saat kita melakukan login.
  7. Network Tools digunakan untuk melihat traffic monitor jaringan yang sedang aktif saat itu.
  8. Printing berfungsi untuk melakukan pengaturan printer yang kita gunakan, misalnya mengkonfirasi ketebalan tinta printer sehingga bisa menghemat pemakaian tinta printer.
  9. Software Source berfungsi untuk melakukan pengaturan ketika kita sedang melakukan update maka, software-software yang akan diambil berasal dari software-software open source penyedia layanan ubuntu.
  10. Synaptic Package Manager berfungsi untuk menginstal, mengremove dan mengupgrade software-software yang ada didalam ubuntu. Software-software yang akan dinstal telah tersedia didalam Synaptic Package Manager.
  11. System Monitor berfungsi untuk melihat proses-proses yang sedang berlangsung pada Operating System ubuntu, dalam hal ini proses ini mirip dengan task manager yang berada pada Operating System windows
  12. System Testing berfungsi untuk melihat report dari sistem ubuntu
  13. Time and Date berfungsi untuk mengatur waktu dan tanggal
  14. Update Manager : untuk melakukan dan melihat software-software yang tersedia untuk di update secara berkala.
  15. USB Startup Disk Creator berfungsi untuk membuat startup pada USB dengan mengunakan CD atau disk image.
  16. User and Group digunakan untuk menambah dan membuang user dan grup yang telah kita buat.

Demikian lah penjelasan yang telah kami berikan dalam menjelaskan fungsi-fungsi yang berada didalam operating sytem ubuntu 9.10 kamic koala.

Kami menyimpulkan adanya keunikan dalam  operating system ini, karena pada control panelnya bisa ditambah dengan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya misalnya Compiz fusion yang berfungsi untuk memperindah tampilan ubuntu 9.10 karmic koala.

Sekian penjelasan dari kelompok kami, lebih dan kurang nya kami mohon maaf, jika ada hal yang kurang menegenai penjelasan kami ini, kami dengan senang hati menerima masukan yang berguna bagi memperbaiki penjelasan kami ini…

TERIMA KASIH…

^-^.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Fungsi-fungsi yang terdapat pada sistem operasi Linux ubuntu 9.10 Karmic Koala version (Tugas Sistem Operasi Bapak Setiawirawan), 5.5 out of 10 based on 2 ratings
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. makasih ya om , ngebantu banget .
    mantaB , pke’ B .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image