opsi c di rapat paripurna

Jakarta, (Analisa).

Anggota DPR RI mengumandangkan lagu-lagu perjuangan serta desakan untuk memilih opsi C di sela-sela penundaan Sidang Paripurna DPR RI pengambilan keputusan Kasus Bank Century, Rabu (3/3).

Mayoritas anggota DPR RI memilih opsi C dalam proses voting tahap kedua Rapat Paripurna DPR RI yang membahas penetapan kesimpulan laporan Panitia Angket DPR RI tentang Pengusutan Kasus Bank Century, di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu malam.

Opsi C, yang menyatakan proses ‘bail out’ bank Century bermasalah dipilih oleh 325 anggota dari 537 anggota yang hadir. Sedangkan opsi A, yang menyatakan proses prosedur ‘bail out’ tidak bermasalah, dipilih oleh 212 anggota DPR

Dengan hasil voting itu, berarti sebagian besar anggota DPR RI menyatakan kebijakan ‘bail out’ (penggelontoran dana talangan dari uang negara senilai Rp6,7 triliun) kepada Bank Century, termasuk proses merger, dan akuisisi atas bank tersebut terjadi sejumlah pelanggaran berindikasi tindak pidana korupsi, penyimpangan kebijakan perbankan dan keuangan negara, pidana pencucian uang maupun tindak pidana umum lainnya.

“Apakah hasil pemungutan suara ini dapat disetujui?” tanya Ketua DPR RI, Marzuki Alie selaku pimpinan sidang. Spontan dijawab oleh seluruh anggota DPR RI: “Setuju…!!!” Marzuki Alie langsung mengetuk palu, dan mengucapkan kata-kata: “terima kasih!”

Dikutip dari harian ANALISA

Tanggapan saya :

Menurut saya ‘bail out’  untuk bank century itu tidak salah, karena ‘bail out’ tersebut diambil dalam masa-masa Indonesia mengalami krisis yang apabila tidak diambil langkah ‘bail out’ akan berdampak sistemik dalam perekonomian negara kita ini, seperti yang sudah dijelaskan oleh ibu Sri Mulyani dalam sidangnya.

Jadi menurut saya, yang salah adalah dibentuknya bank century yang merupakan merger dari ketiga bank yang memang keadaan dari bank tersebut tidak baik, yaitu bank Picco, bank Danpac, dan bank CIC. Seharusnya dari dulu bank-bank tersebut dilikuidasi sejak awal dan tidak perlu dibentuk menjadi bank Century.

Sekarang pertanyaannya, mengapa bank-bank kecil seperti di atas yang memiliki keadaan yang tidak baik harus dipertahankan dan diperintahkan untuk melakukan merger menjadi bank Century??

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image