PELUANG BERWIRA USAHA

Nama              : Armada

NPM               : 36409196

Kelas               : 1ID05

Mata Kuliah : Ekonomi dan manajemen 2

Tugas            : PELUANG BERWIRA USAHA


1. PELUANG USAHA RENTAL PLAYSTATION

Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa menyukainya. Karena harga dari alat play station ini relatif mahal maka banyak dari pemain game lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet) mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan.

Target pasar

Pangsa pasar dari usaha ini paling banyak datang dari anak-anak remaja yang mempunyai waktu luang.Tapi tidak menutup kemungkinan rental playstation ini juga dimainkan oleh orang dewasa,karena permainannya yang tidak butuh ketrampilan tinggi,anak-anak ramaja pun cukup menggandrungi permainan ini.

Hal-hal yang dibutuhkan

Untuk memulai usaha ini maka penetuan lokasi menjadi faktor yang cukup penting. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini. Untuk ukuran ruangan anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal sehingga alat play station dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan. Langkah pertama kita lakukan survey kecil-kecilan di tempat penyewaan play station yang ada sehingga kita dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para pemain. Bila kita telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Untuk mengurangi jumlah uang yang harus dikeluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila kita membeli televisi dari merek yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan maka ada baiknya kita memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan kita buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol keuangan yang masuk.

Estimasi modal:

Televisi 21 inchi 4 unit @Rp.1.000.000                     Rp.4.000.000

Playstation  4 unit @Rp.1.500.000                             Rp.6.000.000

Sewa tempat kios 3 x 4 meter/tahun                           Rp.8.000.000

Perlengkapan,meja,kabel,kipas angin                          Rp.1.000.000

Total                                                                                         Rp.19.000.000

Terbilang Sembilan Belas Juta Rupiah.


Kendala

Semakin lama akan semakin banyak jenis usaha ini. Untuk itu kita perlu menyiasatinya agar tempat usaha kita tetap ramai di kunjungi pelanggan.Kerusakan properti juga harus kita antisipasi,karena playstation memang rentan rusak.Untuk itu kita perlu mengawasi agar para pemakainya tidak asal memakai.Kita bisa kontrol ini dengan memasang playstationnya tersembunyi dan yang mengoperasionalkannya hanya operator pengawasnya saja.Jarak  stick dengan playstation pun bisa kita atur agar tidak cepat rusak.Caranya yaitu dengan mengatur jarak tempat duduk pelanggan dengan palysatation yang tidak terlalu jauh.Karena stick ini adalah spare part yang paling cepat rusak setelah optik playstation.

Tips

Karena biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini. Hal ini menyangkut peralatan play station yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.Tersedianya makanan dan minuman juga menjadi faktor pelengkap tempat usaha ini. Selain membuat para pemain semakin lama berada ditempat kita,juga akan memberikan tambahan pemasukan untuk kita.Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin kita dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama lima jam maka akan ada bonus selama satu jam.                                           Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar tempat ini, tidak menutup kemungkinan kita akan diminta untuk memindahkan tempat usaha ini.

2. MERINTIS USAHA BENGKEL MOTOR

Pertambahan pengguna sepeda motor tidak hanya terjadi di kota-kota besar namun juga tersebar diseluruh Indonesia. Memang saat ini sudah terdapat banyak bengkel dengan sparepart motor lengkap di sekitar kita namun dengan jumlah sepeda motor yang semakin bertambah maka bengkel-bengkel yang ada tidak mungkin dapat menampung seluruh sepeda motor yang ada. Sehingga alternatif peluang usaha dan peluang bisnis ini menjadi semakin terbuka.

Bisnis ini membutuhkan keahlian dan pengetahuan di bidang sepeda motor dan tentu juga sparepart. Bila seandainya kita tidak mempunyai keahlian ini maka kita dapat menggaji beberapa montir sepeda motor.

Target Pasar

Target pasar dalam usaha ini sangatlah jelas yakni para pengguna sepeda motor.

Hal-hal Yang Dibutuhkan

Hal yang paling utama yang harus kita sediakan adalah tempat. Ukuran yang diperlukan tidak terlalu luas. Cukup untuk penempatan rak display, sparepart dan tempat untuk beberapa sepeda motor jika terjadi antrian.

Kita dapat memulai usaha ini dengan tiga orang tenaga mekanik dan kita sendiri sebagai pengawas dan pencatat transaksi. Untuk display dan sparepart motor kita bisa mencarinya dari agen dan bengkel-bengkel resmi.

Estimasi modal:

Spare part                                                                          Rp.10.000.000

Peralatan(kunci/tools)                                                   Rp.5.000.000

Kompressor                                                                         Rp.2.000.000

Perlengkapan                                                                       Rp.1.000.000

Sewa tempat kios 3 x4 meter/tahun                          Rp.8.000.000

Total                                                                                      Rp.26.000.000

Terbilang Dua Puluh Enam Juta Rupiah

Kendala

Di dalam usaha ini dibutuhkan tenaga mekanik yang handal untuk itu dalam tahap pemilihannya harus selektif.

Tips

Kepuasan pelanggan adalah nomor satu dalam usaha ini. Untuk membuat usaha kita mempunyai nilai tambah dan membuat pelanggan kita kembali maka kita dapat meminta kepada pelanggan untuk mengumpulkan bon pembayaran setiap kali mereka melakukan perbaikan di bengkel kita. Apabila jumlah pada bon sudah mencapai jumlah tertentu maka si pelanggan berhak memperoleh potongan harga atas kunjungan berikutnya.

3. PELUANG USAHA REFLEKSI

Dizaman serba sibuk dengan mobilitas tinggi dan kegiatan orang yang super padat ini,tentunya banyak orang yang membutuhkan relaksasi dengan memanjakan tubuh.Tentunya refleksi menjadi salah satu pilihan yang utama bagi kita.Ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan.Karena bidang usaha ini sedang menjamur,bisa diprediksi usaha ini akan semakin banyak merambah sampai ke perumahan-perumahan.Disini saya akan mencoba untuk membahas peluang usaha dibidang jasa ini. Apa saja kira-kira hal-hal yang harus kita perhatikan?

Penentuan lokasi

Pertama kali adalah penentuan lokasi.Karena lokasi merupakan hal yang paling utama untuk kita pikirkan,lokasi akan menentukan betah tidaknya dan banyak sedikitnya konsumen..Tentunya lokasi yang baik untuk usaha ini adalah wilayah dengan ekonomi menegah keatas.Karena pemakai jasa ini kebanyakan orang dengan penghasilan yang cukup tinggi dengan kebiasaan atau gaya hidup mewah.Ruko dengan area parkir kendaraan yang memadai dan lokasi dijalan utama dimana banyak orang lewat dijalan tersebut adalah tempat yang cocok.Dengan memasang plang atau neon box dengan tulisan nama usaha refleksi kita tentunya orang akan lebih mudah untuk melihat dan mengingatnya.

Target pasar

Pemakai jasa refleksi ini kebanyakan dari ekonomi menengah keatas yang tentunya dengan gaya hidup yang mewah.Para karyawan atau pegawai negeri dan juga pengusaha-pengusaha yang telah jenuh seharian bergelut dengan kesibukan kerja dan bisnisnya tentunya akan memanjakan diri dengan refleksi ini.Tidak menutup kemungkinan masyarakat yang dengan penghasilan pas-pasan pun akan memanjakan diri dengan refleksi ini.

Hal-hal yang dibutuhkan

Tenaga ahli pijat minimal 3 orang,yaitu mereka yang telah ditraining pijat syaraf dan refleksi dan 1 orang kasir yang bertugas menerima tamu atau pelanggan dan menerima pembayaran dari konsumen.Kasir ini sekaligus bertugas menjaga kebersihan ruanagan dikarenakan tugasnya yang tidak terlalu banyak.

Estimasi modal:

Bangku pijat 4 unit @Rp.700.000                                          Rp.2.800.000

Handuk dan perlengkapan pijat lainnya                             Rp.3.700.000

Televisi 21 inchi 1 unit                                                                Rp.1.500.000

Neon box/Plang nama                                                                 Rp.   500.000

Sewa tempat/ruko/tahun                                                       Rp.12.000.000

Total                                                                                                 Rp.20.000.000

Terbilang Dua Puluh Juta Rupiah.

Kendala

Karena bidang usaha ini adalah memuaskan konsumen dengan pelayanan maksimal,maka tenaga pijat diharapkan menjaga kondisi tubuh agar tidak cepat lelah,karena kepuasan pelanggan adalah nomor satu.Sesekali pemilik usaha ini mendatangkan pengajar ahli syaraf dan pijat refleksi untuk meningkatkan skill para tenaga pijat.

Tips

Agar suasana tidak kelihatan sepi dan dapat meningkatkan konsumen, jika memungkinkan,bidang usaha ini bisa dikombinasikan dengan salon pangkas rambut.Karena terkadang para konsumen dari bidang jasa refleksi ini sekaligus melakukan pangkas rambut.Sesekali kita lakukan survei didaerah sekitar,untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat kita pelajari dari usaha refleksi disekitar tempat kita.Hal tersebut bisa kita lakukan dengan mencoba memakai jasa refleksi tersebut.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image