Perbedaan website perbankan pada masa sekarang dan masa lalu

  1. sejarah perbankan Indonesia

Sebelumnya akan di jelaskan tentang sejarah perbankan Indonesia. kata bank tersebut berasal dari bahasa italia yaitu banca atau uang. Sejarah perbankan di indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia belanda. Pada masa itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda. Bank-bank yang ada itu antara lain:

  1. De Javasce NV.
  2. De Post Poar Bank.
  3. Hulp en Spaar Bank.
  4. De Algemenevolks Crediet Bank.
  5. Nederland Handles Maatscappi (NHM).
  6. Nationale Handles Bank (NHB).
  7. De Escompto Bank NV.

Di samping itu, terdapat pula bank-bank milik orang Indonesia dan orang-orang asing seperti dari tiongkok, jepang dan eropa dan  Bank-bank tersebut antara lain:

  1. NV. Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank
  2. Bank Nasional indonesia.
  3. Bank Abuan Saudagar.
  4. NV Bank Boemi.
  5. The Chartered Bank of India.
  6. The Yokohama Species Bank.
  7. The Matsui Bank.
  8. The Bank of China.
  9. Batavia Bank.

Di zaman kemerdekaan, perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang lagi. Beberapa bank Belanda dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia. Bank-bank yang ada di zaman awal kemerdekaan antara lain:

  1. NV. Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank (saat ini Bank OCBCNISP), didirikan 4 April 1941 dengan kantor pusat di Bandung
  2. Bank Negara Indonesia, yang didirikan tanggal 5 Juli 1946 yang sekarang dikenal dengan BNI ’46.
  3. Bank Rakyat Indonesia yang didirikan tanggal 22 Februari 1946. Bank ini berasal dari De Algemenevolks Crediet Bank atau Syomin Ginko.
  4. Bank Surakarta Maskapai Adil Makmur (MAI) tahun 1945 di solo
  5. Bank Indonesia di palembang tahun 1946.
  6. Bank Dagang Nasional Indonesia tahun 1946 di medan
  7. Indonesian Banking Corporation tahun 1947 di yogyakarta kemudian menjadi Bank Amerta.
  8. NV Bank  di manado tahun 1946.
  9. Bank Dagang Indonesia NV di samarinda tahun 1950 kemudian merger dengan Bank Pasifik.
  10. Bank Timur NV di semarang berganti nama menjadi Bank Gemari. Kemudian merger dengan Bank Central Asia (BCA) tahun 1949.

Di Indonesia, praktek perbankan sudah tersebar sampai ke pelosok pedesaan. Lembaga keuangan berbentuk bank di Indonesia berupa (BPR) dan juga  (BPRS).

B. pemaanfaatan web perbankan di masa lalu

Sejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah pada zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Pada awalnya perbankan hanya berfungsi sebagai lembaga yang membantu pemerintah dalam penyaluran keuangan, terutama dalam sektor perdagangan. sistem perbankan masa kolonial. dan kegiatan perbankan pada masa lampau masih dilakukan dengan cara manual. perkembangan dalam internet pun berkembang pusat.

pada saat itu website perbankan layanannya masih sangat sedikit sekali yang hanya terdapat:

a. Tentang bank tersebut.

Terdiri dari : sejarah bank tersebut, visi dan misi bank tersebut dan struktur organisasi.

b. Produk

Terdiri dari: produk dana, produk kredit, jasa dan layanan

c. fasilitas lainnya

Terdiri dari : info, promo, dan jaringan kantor.

Fasilitas website di masa lalu sangat banyak kekurangan. Dan proses akses yang lama. Tapi perkembangan pesat website terjadi pada masa sekarang.

c. Pemanfaatan web perbankan di masa sekarang.

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang semakin pesat, khususnya dalam bidang teknologi internet. Dengan adanya teknologi website telah menciptakan banyak perubahan dalam dunia perbankan. setiap perbankan baik di dalam negeri maupun luar negeri bersaing untuk memberikan layanan kepada nasabahnya dengan cepat dan mudah. disamping itu masyarakat Indonesia semakin meningkatnya dalam penggunaan internet. ini menyebabkan hal yang sangat penting bagi perbankan untuk menciptakan website terbaik dan memiliki kualitas karena tidak hanya sebagai media komunikasi tetapi juga sebagai media transaksi. transaksi perbankan lewat website sangat membantu keduanya baik dari nasabah maupun pihak bank, mengingat transaksi ini lebih efektif dan efisien dari segi biaya.

Telepas dari keuntungan website perbankan. ini juga bisa mengalami resiko dalam masalah keamanan data nasabah dll. masalah keamanan ini sangat penting apabila sebuah bank tidak dapat menjaga keamanannya. maka akan mengalami resiko dalam reputasi perbankan itu sendiri. memang kendala yang di hadapi pihak perbankan dalam menjaga keamanan system bank sangat kompleks dan mahal. dan software dalam keamanan data pun harus selalu up to date.

Dan kualitas website perbankan harus di jaga dengan baik dan di tingkatkan lagi dalam layanannya. apabila kualitas website baik maka meningkatkan kepercayaan nasabah untuk menggunakan fasilitas website dan sebaliknya apabila kualitas website buruk maka nasabah tidak akan percaya kepada pihak bank.

Adapun kriteria penilaian website terbaik dan berkualitas:

1. aksebilitas

aksebilitas menjadi salah satu faktor penentu kualitas web. Web dengan aksebilitas yang baik akan mudah di akses oleh : orang, web browser, search engine. apabila susah di akses maka website ini tidak berkualitaskecepatan

2. kecepatan

kecepatan merupakan faktor yang penting juga. karena apabila akses ke website perbankan lama akan menyebabkan rasa tidak percaya kepada pihak bank dalam segi layanan.

3. navigability

navigability di ukur dari beberapa faktor, yakni ketersediaan sitemap dan kualitas hasil yang pencarian yang di sediakan oleh web.4.

4. site content

isi merupakan faktor yang paling besar dalam kualitas web perbankan dan harus disesuaikan dengan keperluan nasabah.

perbedaan web perbankan pada masa lalu dan web pada masa sekarang sangat berbeda sekali dalam layanannya di website semakin banyak macam-macam fitur-fitur menu yang di sajikan pada masa sekarang. sedangkan website perbankan pada masa lalu fasilitas layanan websitenya sangat sedikit pilihan menu layanannya.

kami disini akan memberikan contoh salah satu layanan website bank mandiri terdapat:

a. Layanan 24 jam.

Terdiri dari : mandiri internet, mandiri sms, mandiri call, mandiri atm, mandiri m-atm dan keamananku

b. Consumer banking

Terdiri dari: mandiri tabungan, mandiri deposito, mandiri giro, mandiri debit, mandiri prabayar, mandiri kartu kredit.

c. Small & mikro business

Terdiri dari : mandiri mikro, fasilitas pembiayaan small bisnis, dan kantor layanan kredit

d. Commercial banking

Terdiri dari: pembiayaan, trend financial dan sevice, pembiayaan khusus, cash management dan produk dana.

e.Corporate banking

f. Treasury dan internasional

g.Investor relations

Selain itu layanan dalam website bank mandiri terdapat sitemap dan pilihan bahasa yang terdiri dari Indonesia dan English serta contact us.

Salah satu bank yang paling mutakhir dengan teknologi hi-end nya adalah MANDIRI, dimana dengan asset teknologi mutakhir yang dimilikinya MANDIRI mampu menjadi leader dalam hal pelayanan Internet banking. Dengan jumlah ATM terbesar yang dimilikinya, fasilitas internet banking,dll. Padahal ukuran kecanggihan sebuah teknologi perbankan tidak hanya dilihat dari coverage ATM-nya semata, tapi seharusnya dilihat pada data centernya, khususnya di aplikasi core bankingnya. Melalui penggunaan internet sebagai sarana pertukaran informasi di bidang komunikasi, maka waktu dan tempat bukanlah menjadi penghalang untuk melakukan transaksi perbankan. Oleh karenanya, internet banyak dipergunakan dalam kegiatan perbankan diberbagai negara maju, sebagai alat untuk mengakses data maupun informasi dari seluruh penjuru dunia. Electronic Fund Transfer (EFT) merupakan salah satu contoh inovasi dari penggunaan teknologi internet yang mendasar dalam Teknologi Sistem Informasi (TSI) di bidang perbankan. Contoh dari produk-produk EFT antara lain meliputi Anjungan Tunai Mandiri (ATM), electronic home banking (biasa disebut sebagai internet banking), dan money transfer network. Kejahatan internet banking juga merupakan salah satu bentuk kejahatan di dalam dunia maya atau disebut sebagai cyber crime di bidang perbankan.

Dengan semakin banyaknya kejahatan di dunia internet pemerintah membuat  suatu undang-undang untuk melindungi kepada penggunaan internet dengan di buatnya:

  1. Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik
  2. Regulasi itu dituangkan dalam Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 27/164/KEP/DIR dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 27/9/UPPB tentang Penggunaan Teknologi Sistem Informasi Perbankan keduanya tanggal 31 Maret 1995.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image