PERTAHANAN NEGARA DAN UPAYA BELA NEGARA

PERTAHANAN NEGARA DAN UPAYA BELA NEGARA

Pertahanan Negara merupakan faktor sangat penting guna menjamin kelangsungan hidup Negara. Tanpa kemampuan mempertahankan diri dari ancaman dari dalam negeri ataupun luar negeri, maka Negara kita tidak akan dapat mempertahankan keberadaannya.
Apa itu pertahanan Negara? Menurut UU No. 3 tahum 2002, Pertahanan Negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedulatan Negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara.
Tujuan pertahanan Negara adalah sbb : Menjaga dan melindungi kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan segenap bengsa dari segala bentuk ancaman. Sedangkan fungsi pertahanan Negara adalah : untuk mewujudkan dan mempertahankan seluruh wilayah NKRI sebagai satukesatuan pertahanan.
Adapun pandangan bangsa Indonesia tentang pertahanan Negara, sebagaimana terdapat dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945, adalah sbb :
1. kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan kareena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan;
2. pemerintah Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial;
3. hak dan kewajiban setiap Negara untuk ikut serta dalam usaha pembelaan Negara;
4. bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Bentuk sistem pertahanan Negara yang dianut di Indonesia adalah sistem pertahanan rakyat semesta (Sishankamrata). Sishankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh waraga Negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggrakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut unttuk menegakkan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala ancaman.
Ada 3 komponen dalam sistem pertahanan rakyat semesta, antara lain :
Komponen utama adalah Tentara Nasional Indonesia yang siap digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas pertahanan;
Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama;
Komponen Pendukung adalah sumber daya nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.
Penanggungjawab tertinggi dalam pengelolaan pertahanan Negara adalah Presiden, dibantu oleh Dewan Pertahananan Nasional yang berfungsi sebagai penasihat Presiden dalam menetapkan kebijakan umum pertahananan Negara. Kebijakan umum pertahanan Negara antara lain : upaya membangun, memelihara, dan mengembangkan secara terpadu dan terarah segenap komponen pertahanan Negara. Selain itu, Presiden juga dibantu oleh Mentri Pertahanan.

VN:D [1.9.22_1171]
Rating: 7.9/10 (12 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: -1 (from 5 votes)
PERTAHANAN NEGARA DAN UPAYA BELA NEGARA, 7.9 out of 10 based on 12 ratings
Share

There Are 2 Responses So Far. »

  1. makasii ya jadi tugas skola aku terselesaikan sudah…
    :)

    VA:D [1.9.22_1171]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:D [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  2. ank ryan ngentoto abisan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:D [1.9.22_1171]
    Rating: -2 (from 2 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image