Resensi Novel

RESENSI NOVEL

Isi Novel

Novel ini berisikan tentang cerita dua orang cowok yang bersahabat dan mereka memperebutkan seorang cewek. Mereka bersaing secara sehat untuk mendapatkan cewek tersebut.

Tujuan Pengarang

  • Menuliskan imajinasi yang ada dipikiran pengarang dan mengembangkan cerita itu ke dalam sebuah paragraf (sebuah buku).
  • Memberikan efek komedi, membuat seseorang termotivasi bahkan terhibur.

Tujuan Penyusunan Resensi Novel

  • Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
  • Untuk menambah wawasan dan mengasah kemampuan untuk membuat resensi
  • Untuk melatih diri dalam bekerja dan kami ingin memberitahukan kepada seluruh masyarakat tentang isi novel ini layak atau tidak untuk dibaca.

Manfaat Novel

Novel ini bermanfaat bagi semua masyarakat khususnya para remaja. Selain itu, untuk mengetahui cerita kehidupan sehari-hari para remaja.

Audiens (Sasaran)

Novel ini ditujukan untuk masyarakat luas dari bawah, menengah, dan atas. Khususnya para remaja, para siswa SMA, dan mahasiswa.

Sistematika Novel

Novel ini tersusun secara sederhana, dimulai dari pembuka cerita, isi cerita, dan penutup cerita.

Dari Segi Kebahasaan dan Ejaan

Dilihat dari segi bahasa, sebenarnya pengarang novel ini belum seluruhnya menggunakan Bahasa Indonesia. Masih banyak kata ejaan atau bahasa yang kurang baku.

Sinopsis

Status Edward Culun sekarang adalah vampir kucrut. Hubungan Edward dengan Bella yang menggantung, akhirnya mendapat kepastian juga. Sayangnya, Emon malah kesel begitu mengetahui pilihan Bella. Emon pun bergabung dengan Rosella, vampir ganas yang pengen balas dendam sama Bella.

Pada saat bersamaan, Jessica juga hadir untuk membalas dendam kepada Bella. Edward ingin membantu Bella untuk menghadapi mereka yang ingin balas dendam, hanya Edward masih bingung apa yang harus dia lakukan? Berhasilkah Edward membantu Bella?

Identitas Buku

  1. Judul Buku : e’pliss ( Catatan Si kucrut Berebut Cinta Vampire )
  2. Jenis Buku : Fiksi
  3. Pengarang : Oben Cedric
  4. Penerbit : Gradien Mediatama
  5. Cetakan : I- Jakarta, 2010
  6. Halaman Buku : 136 halaman
  7. Panjang dan Tebal Buku : 19 cm ; 0,5 cm
  8. Berat Buku – Jenis Cover Soft Cover Dimensi(L x P) 130×190mm
  9. Kategori Lifestyle Bonus – Text Bahasa Indonesia
  10. Jenis Kertas : Quarto
  11. Harga Buku : Rp 22.000,00

Isi Resensi

a. Susunan Penyajian

Novel yang berjudul e’pliss ini dalam penyajiannya sudah cukup baik sebagai bacaan para remaja. Dimulai dari pembukaan cerita sampai penutup cerita sudah baik karena dari satu cerita ke cerita lainnya tidak bertele-tele atau menyambung. Dan pengarang banyak memberikan lelucon, sehingga pembaca tidak bosan membacanya.

b. Gaya Bahasa

Pengarang menggunakan bahasa yang tidak baku supaya masyarakat umum, khususnya para remaja mudah mengerti dari isi novel ini.

c. Hal-hal yang menarik dari novel

Novel ini bisa menarik perhatian para pembaca. Dari setiap bagian cerita ke bagian cerita yang lain bisa membuat penasaran para pembaca dan para pembaca ingin cepat menyelesaikan membaca novel ini dan mengetahui akhir cerita. Selain itu banyak hal-hal lucu yang diceritakan dalam novel ini.

d. Kelemahan Novel

• Isi cerita dari novel ini tidak sempurna (jalan cerita agak rumit ) karena pengarang tidak menyelesaikan akhir dari cerita sehingga para pembaca harus memikirkan akhir cerita novel ini sendiri.
e. Kelebihan Novel

  • Cover (sampul) novel sangat menarik
  • Kertas novel menggunakan kertas quarto
  • Perwatakan tokoh mudah dimengerti
  • Menceritakan kehidupan para remaja sekarang
  • Khususnya menceritakan kehidupan mahasiswa/i

Menurut kami, novel ini patut untuk dibaca / dimiliki karena isi cerita dari novel ini memceritakan kisah cinta remaja dan persahabatan, dan akhir dari cerita novel ini membuat seseorang dapat menghargai satu sama lain.

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik

A. Unsur Instrinsik

1. Tema : Percintaan dan persahabatan

2. Alur : Maju Mundur

3. Bahasa : Bahasa Indonesia tidak baku

4. Penokoh

a. Edward       :           Bisa menghipnotis Orang

“Kenapa nggak boleh?” Nyaris gue menghipnotisnya biar nurut.

b. Bella            :           Baik hati, selalau membantu teman yang sedang kesulitan dan

dia bisa membaca pikiran seseorang.

c. Emon           :           Bisa membaca pikiran orang.

d. Jasper          :           Bisa melihat kejadian yang berada jauh dari dia

“Tunggu sebentar…” Jasper tiba-tiba aja memegang kepalanya

yang tak bersalah. Kata Bella, ini kebiasaan Jasper kalo lagi

dapat sinyal penampakan.

e. Bang Davy  :           Mantan bencong

“Ih, emang eke cowok apa. Dulu eke tuh bukan bencong

penggemar berondong kok” kata Bang Davy keluar aslinya.

f. Bang Romi  :           Security apartemen

5. Amanat

  • Terkadang cinta tidak harus memiliki
  • Pilihan itu segala ada tetapi siap atau tidak kita menanggung resiko dari pilihan yang kita buat itu, karena kadang kita dihadapkan pada pilihan yang terlalu sulit.

6. Setting

a. Tempat    :    kampus, apartemen, kafe, lapangan golf

b. Waktu      :    pagi, siang, sore, dan malam

c. Suasana   :    sepi, ramai, sedih, gembira, takut, panik, haru, dan tegang

7. Sudut Pandang    :   orang pertama

B. Unsur Ekstrinsik

Sosial Agama

Dilihat dari segi nama, pengarang merupakan seorang muslim

Sosial Ekonomi

Keadaan ekonomi pengarang tergolong menengah ke atas karena dilihat dari segi cerita yang ada dalam novel. Disamping itu, gaya bahasa yang digunakan juga menunjukkan status sosialnya.

Sosial Budaya

Pengarang merupakan seorang yang tekun bekerja. Pengarang menempatkan karirnya diposisi pertama tapi itu didukung oleh orang tuanya.

Biografi Pengarang

Setelah sukses dengan novel gokil TUILET dan NEW EMON, Oben nekad nerusin dengan novel terbarunya E’PLISS. Di luar seri vampir kucrut ini, Oben juga sempet nulis bareng Iwok Abqary, sebuah novel gokil berjudul GOKIL SCHOOL MUSICAL yang merupakan parodi dari seri High School Musical. Sebenernya, masih ada beberapa bukunya yang lain yang sudah terbit, tapi tidak beredar di indonesia karena berbahasa Zimbwabwe. Selain nulis novel gokil, aktivitas lainnya adalah belajar membatik. Soalnya, Oben bercita-cita benget punya mobil bermotif batik. Tolong doain ya semoga cita-citanya berhasil. Buat doa yang paling mujarab, bakal dapat doorprize menarik, yakni doa khusyu dari Oben.

PENUTUP

Kesimpulan

Novel ini berisikan tentang cerita dua orang cowok yang bersahabat dan mereka memperebutkan seorang cewek. Mereka bersaing secara sehat untuk mendapatkan cewek itu. Kurang lebih 3 bulan Edward dan Emon menunggu keputusan Bella, dan akhirnya pada suatu malam Bella memutuskan untuk memilih Edward.

Emon langsung menghilang karena sakit hati dan bergabung dengan Jesicca ( yang sebenarnya adalah musuh mereka ) untuk balas dendam kepada Bella. Tetapi itu hanya rekayasa Emon dan Bella untuk menjebak Jesicca dan pada akhirnya Emon dan Bella berhasil mengalahkan Jesicca.

Di akhir cerita novel ini Bella memutuskan untuk bertunangan dengan orang yang dicintai sepenuh hatinya, yakni Edi Wardiman dan Edward Montok.

Saran

Redaktur

Penerbit seharusnya mengadakan launching kumpulan novel-novel terbaru karya satrawan muda agar lebih dikenal masyarakat

Pengarang

  • Pengarang seharusnya mencantumkan data diri lengkap agar pembaca mudah memahami latar belakang kehidupan pengarang
  • Pengarang seharusnya memperjelas akhir dari cerita novelnya supaya lebih dimengerti oleh pembaca

Pembaca

  • Pembaca supaya mau membaca dan memahami maksud dari isi cerita dari pengarang
  • Pembaca dituntu untuk mengambil segi positif yang ada di dalam novel

RESENSI KARYA SATRA

“ e’pliss ( catatan si kucrut berebut cinta vampire) ”

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Soft Skill Bahasa Indonesia

Guru Pembina :  Sitti Rabiah

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image