Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem perekonomian Indonesia pada saat ini menurut saya sangat lah teramat rumit, sebab pada saat ini seluruh sistem perekonomian Indonesia sangatlah berubah jauh dari landasan sistem yang di anut oleh Indonesia. Ideologi pancasila seakan tidak ada dalam perekonomian Indonesia. Sistem ekonomi Indonesia semakin lama terlihat menuju sistem liberal yg dianut oleh Amerika, sebab pada saat ini persaingan usaha lebih didominasi oleh pihak swasta. Menurut saya pemerintah seakan-akan dikendalikan oleh pihak swasta bukan nya mengendalikan perekonomian Indonesia.

Menurut saya tidak ada satu negarapun yang bisa menerapkan suatu sistem perekonomian secara ekstrim, apakah ekstrim liberalisasi atau ekstrim proteksionisme. Negara China misalnya, menggabungkan komunisme dan kapitalis. Amerika Serikat, yang dikenal menganut sistem kapitalis juga kembali ke regulated economy (ekonomi dengan kontrol pemerintah), setelah perekonomiannya rusak karena ulah para kapitalisnya.

Di Indonesia pun berlaku demikian, perekonomian tidak bisa diterapkan dengan sistem liberal atau sistem proteksionisme saja. Pemerintah tetap mempunyai peran penting sebagai wasit, dalam mengawasi jalannya perekonomian.

Pemerintah perlu mendukung dan melindungi para pelaku ekonomi atau masyarakat ekonomi lemah demikian pula terhadap para pengusaha muda, dengan berbagai kebijakan yang meringankan, sehingga pada akhirnya dapat tumbuh mandiri.

Memberikan dukungan dan perlindungan bukan berarti memanjakan pengusaha, sehingga terus-menerus tergantung pada pemerintah atau menjadi pengusaha cengeng dan kurang tahan banting, sehingga akan sulit untuk bersaing ditingkat internasional.

Selain itu, pasar bebas antar negara asean yang sudah dimulai akhir-akhir ini membawa pengaruh buruk yang dirasakan oleh para pengusaha di Indonesia. Kebijakan yang di ambil oleh pemerintah sangat tidak wajar, sebab merugikan pengusaha dalam negeri. Seakan-akan sektor industri rumahan pun dibuat menjadi ajang permainan oleh barang-barang impor dari berbagai Negara asean yang masuk ke Indonesia. Mungkin pada saat ini perekonomian Indonesia bisa dibilang sangat membebani para pengusaha dalam negeri, karena mereka dipaksa bekerja keras menghadapi serbuan barang-barang impor yang masuk ke Indonesia. Akan tetapi, bapak Presiden Susilo Bambang Yudiono mengatakan sangat optimis bahwa pertumbuhan perekonomian Indonesia pada 2010 dapat mencapai sekitar 5,5%. Hal ini diyakini setelah ada jajak pendapat dan rapat sidang antar anggota DPR.

Agar perekonomian dapat tumbuh dengan baik, perlu pemerintahan yang bersih dan efektif serta pemerintahan yang sehat dan memiliki birokrasi yang efisien dan dapat mengawasi aliran modal yang masuk kedalam negeri sehingga terhindar dari praktek monopoli. Salah faktor penyebab kompetisi ekonomi yang tidak sehat adalah pemerintahan yang tidak sehat.

Nama : Hidayat Siddiq Kurniawan
NPM : 10108972
Kelas : 2 KA 15

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image