Etika Profesi (sekretaris)

Sekretaris?
what do you think about secretary? wanita cantik? berbusana sexy? selalu berdandan ala bintang hollywood? dan siap 24 jam melayani semua kebutuhan pimpinan? Harap segera hilangkan pikiran anda tentang hal-hal tersebut!! Karena berbagai perkembangan menunjukkan, bahwa pandangan positif terhadap seorang sekretaris harus sudah mulai diterapkan. Eksistensi dan fungsi sekretaris tidaklah sekedar “pembantu atasan”. Lebih jauh lagi, sudah jadi merupakan bagian penting didalam suatu instansi. Ibarat dalam sebuah mesin, sekretaris merupakan item penting yang keberadaan dan kinerjanya akan berpengaruh terhadap kinerja mesin itu secara keseluruhan. Seorang sekretaris sering disebut sebagai Queen of Time Kingdom, seorang yang “berkuasa” atas pengaturan “waktu” kerja dan memiliki wewenang untuk secara cepat dan tepat mengelola berbagai perubahan waktu atau jadwal kerja atasannya, yang harus dilakukan dalam kaitannya dengan prioritas kerja dan dengan memperhatikan derajat urgency yang terkandung didalamnya. Posisi seorang sekretaris sering menuntut adanya kemahiran tersendiri untuk menjadi public relations officer.
Berikut akan saya jelaskan sedikit mengenai kode etik Sekretaris yang saya dapatkan dari ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia):

Ketentuan Dasar
1. Menjunjung tinggi kehormatan, kemuliaan dan nama baik profesi sekretaris

a. Anggota ISI akan berusaha keras untuk menjaga wibawa dan status serta menunjukan kemampuannya dengan berpegang pada pedoman-pedoman dasar profesi dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

b. Anggota ISI wajib untuk saling mengingatkan akan tingkah laku yang tidak beretika.

c. Anggota ISI tidak mengadakan kegiatan-kegiatan yang langsung atau tidak langsung merugikan dan mencemarkan nama baik ISI.

2. Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah lakunya, baik dalam melaksanakan tugasnya maupun melayani lingkungannya dan masyarakat.

a. Anggota ISI tidak akan ikut serta dalam sesuatu usaha atau praktek keprofesian yang ia ketahui bersifat curang atau tidak jujur.

b. Anggota ISI selalu bertindak demi kepentingan pemberi tugas dengan setia dan jujur.

c. Anggota ISI tidak bekerjasama dengan rekan-rekan atau pemberi tugas yang menyalahgunakan kedudukan mereka untuk kepentingan pribadi.

3. Menjaga kerahasiaan segala informasi yang didapatnya dalam melaksanakan tugas dan tidak mempergunakan kerahasiaan informasi itu demi kepentingan pribadi.

a. Anggota ISI bertindak sebagai seorang yang dapat dipercaya dalam hubungan profesional, melaksanakan tanggung jawabnya dengan cara yang paling kompeten, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilannya untuk memajukan kepentingan pemberi kerja (tugas).

b. Anggota ISI tidak menggunakan dengan cara apapun, kerahasiaan informasi yang didapatnya yang dapat menimbulkan pertentangan bagi perusahaan dimana ia bekerja atau di tempat kerja yang telah ditinggalkannya.

4. Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan atau melalui kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi baik pada tingkat nasional maupun internasional.

a. Tukar menukar pengetahuan dalam bidang keahliannya pada tingkat nasional maupun internasional secara wajar dengan rekan-rekan ISI dan kelompok profesi lain, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap profesi sekretaris.

b. Anggota ISI memberikan nasehat, dorongan dan bimbingan kepada sesama anggota jika diminta, kalau permasalahannya berada dalam pengetahuan dan pengalamannya.

c. Menyelenggarakan/mengikuti seminar, panel diskusi dan ceramah dengan rekan-rekan seprofesi, secara bebas, mengenai masalah-masalah yang bertalian dengan praktek kesekretarisan.

5. Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi baik di dalam maupun di luar negeri.

a. Anggota ISI memberikan bantuan dalam praktek kesekretarisan kepada sesama rekan baik di dalam maupun di luar negeri jika diminta.

b. Anggota ISI tidak berbuat sesuatu dengan sengaja atau tidak sengaja merugikan nama baik sesama rekan ISI maupun sesama rekan seprofesi di luar negeri.

Sumber :
http://www.jakartaconsulting.com/art-15-10.htm
http://www.orgsites.com/ny/isi-balikpapan/_pgg2.php3
http://pengetahuankesekretarisan.blogspot.com/2008/05/prolog.html

Tulisan ini telah diposting didalam “Tugas Penulisan” di http://studentsite.gunadarma.ac.id/

dan

http://adamayomi.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image